Keluyuran / Wisata Bali / 10 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai yang Populer

10 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai yang Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Pulau Bali atau Pulau Dewata merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Setiap tahunnya pulau ini dikunjungi oleh jutaan wisatawan dari berbagai negara. Pantai-pantainya yang sangat indah adalah objek wisata utama di Pulau Bali.

Namun, Bali tidak hanya menawarkan wisata pantai saja. Sebagai pulau tropis yang sangat indah, di sana juga terdapat banyak atraksi wisata non pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah daftar 10 tempat wisata di Bali selain pantai pilihan Keluyuran.

1. Ubud

Jika Anda bosan dengan pantai, cobalah untuk bertandang ke Ubud. Dewasa wisata ini sudah sangat terkenal di kalangan turis mancanegara karena menawarkan paket wisata lengkap. Di sana Anda dapat menikmati berbagai atraksi budaya plus keindahan alamnya yang sangat memukau.

Cara terbaik menikmati Ubud adalah dengan bersepeda. Anda dapat berjalan-jalan mengarungi pesawahan bertingkat yang jarang atau bahkan tidak ditemukan di kota. Jangan lupa untuk mengunjungi rumah bambu, museum, taman yang dihuni binatang-binatang, dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga dapat menonton pertunjukan tari jalanan yang sering diadakan.

2. Gunung dan Danau Batur

gunung batur

Gunung Batur adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Kintamani. Kawasan Gunung Batur juga merupakan salah satu tempat wisata yang populer yang menarik untuk dikunjungi. Di sana Anda dapat menyaksikan pemandangan kaldera gunung berapi yang spektakuler ditambah dengan danau yang sangat indah yang mengisi sebagian besar kaldera.

Hal lain yang dapat Anda lakukan saat berada di sana adalah bersepeda melalui desa-desa yang indah, berendam di kolam air panas, menikmati matahari terbit di atas puncak, menyantap telur rebus di atas gunung, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan menarik lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan.

3. Pura Besakih

Pura Besakih

* sumber: www.pegipegi.com

Pura Besakih merupakan salah satu pura terpenting yang ada di Pulau Bali. Tempat ibadah umat Hindu ini terletak di lereng Gunung Agung yang juga merupakan salah satu tujuan wisata di Bali.

Pura Besakih terdiri dari puluhan struktur bangunan yang indah untuk dilihat. Selain itu, pura ini juga dikelilingi oleh sawah yang indah, hutan yang rimbun, dan tumbuh-tumbuhan hijau yang menyegarkan.

Karena ini adalah tempat ibadah, Anda harus mematuhi semua peraturan yang berlaku di sana. Menggunakan jasa pemandu lokal yang sudah terdaftar mungkin dapat lebih membantu.

  • Alamat: Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali 80863
  • Jam kunjungan: 08:00-17:00

4. Gunung Agung

* sumber: commons.wikimedia.org

Gunung Agung adalah puncak tertinggi di Pulau Bali di mana puncak-puncaknya sering diselimuti kabut dan awan. Gunung menawarkan pemandangan yang sangat indah, terutama saat fajar, sehingga sangat sempurna untuk aktivitas fotografi.

Trekking dan panjat tebing adalah dua kegiatan yang paling disukai wisatawan di Gunung Agung. Karena termasuk gunung berapi, Anda perlu mengecek kondisi Gunung Agung (melalui berita atau sejenisnya) sebelum siap mengunjunginya.

Catatan: Gunung Agung meletus pada tahun 2017, dan menyebabkan ribuan orang mengungsi dan mengganggu perjalanan udara.

5. Bali Bird & Reptile Park

Bali Bird Park

Jika Anda seorang pecinta alam dan binatang, cobalah untuk berkunjung ke Bali Bird & Reptile Park. Di sana Anda dapat menyaksikan sekitar seribuan burung yang indah-indah plus ratusan spesies reptil besar. Berkunjung bersama keluarga atau teman ke tempat ini bisa jauh lebih menyenangkan.

Jangan lupa membawa kamera agar momen-momen indah selama berada di taman bisa Anda abadikan. Anda dapat mencoba berfoto bersama burung-burung yang ada di sana (dengan bantuan staff yang sudah profesional). Selain itu, di Bali Bird & Reptile Park juga terdapat rumah makan dan toko souvenir yang dapat Anda kunjungi setelah tur yang melelahkan.

  • Alamat: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
  • Jam buka: Setiap hari (09:00-17:30)
  • Telepon: (0361) 299352

6. Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park

Satu lagi taman yang tidak boleh dilewatkan selama berada di Pulau Bali adalah Bali Safari & Marine Park. Salah satu taman hiburan paling populer di Bali ini adalah rumah bagi lebih dari 100 spesies hewan yang berasal dari berbagai negara, termasuk Indonesia pastinya. Terdapat beberapa spesies hewan yang sudah terancam punah di taman ini, seperti harimau putih, komodo, dan orangutan.

Hal yang paling menyenangkan dan tidak boleh dilewatkan selama berada di Bali Safari & Marine Park adalah bersafari dengan mobil jip dan hewan-hewan yang ditawarkan di sana. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera agar dapat mengabadikan berbagai momen indah selama bersenang-senang di dalam taman.

Yang tidak kalah menarik dari tempat ini adalah adanya Night Safari dimana Anda bisa berkeliling kebun binatang pada malam hari. Tentunya tempat ini bisa menjadi pilihan tempat wisata malam di Bali yang tidak boleh Anda lewatkan.

  • Alamat: Jl. Profesor Ida Bagus Mantra km 19,8, Serongga, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80551
  • Jam buka: Setiap hari (09:00-17:00)
  • Telepon:¬†(0361) 950000

7. Mandala Wisata Wenara Wana

mandala wisata wenara wana

Mandala Wisata Wenara Wana atau Monkey Forest Ubud adalah sebuah objek wisata di Bali yang berupa cagar alam dan kompleks candi. Ini adalah habitat alami bagi lebih dari 700 monyet ekor panjang. Selain itu, di sana juga terdapat lebih dari 100 spesies pepohonan yang membuatnya sangat menyenangkan bagi para pecinta alam.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan selama berkunjung ke tempat wisata ini adalah bermain dengan monyet dan melihat ukiran-ukiran naga dan monyet yang menakjubkan. Selain monyet, di sana juga hidup sejumlah rusa timor yang dapat Anda nikmati keindahannya. Agar jalan-jalan Anda tetap menyenangkan selama berada di sana, harap untuk mematuhi semua peraturan yang ada.

  • Alamat: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Jam buka: Setiap hari (08:30-17:30)
  • Telepon: (0361) 971304

8. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati

* sumber: www.baligetaway.co.id

Pasar Seni Sukawati adalah bangunan dua lantai yang didirikan sekitar tahun 80-an. Di pasar ini Anda dapat membeli berbagai produk-produk seni buatan tangan yang bisa dijadikan buah tangan untuk teman atau saudara di rumah.

Sebagai tempat belanja populer untuk para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai macam barang di sana, mulai dari pakaian hingga tas tangan, layang-layang tradisional, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
  • Jam buka: Setiap hari (06:00-18:00)

9. Campuhan Ridge Walk

tempat wisata di gianyar campuhan ridge

Jika Anda menghindari padatnya kota, Anda dapat berkunjung ke Campuhan Ridge Walk yang merupakan sebuah objek wisata yang berupa jalur pendakian hijau yang landai. Sebari jalan-jalan santai, di sana Anda akan disuguhi pemandangan indah dari puncak bukit.

Untuk masuk ke area wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Hal yang bisa Anda lakukan selama berada di tempat ini adalah pergi trekking, menjelajahi jalan-jalan setapak yang indah, dan berfoto ria.

  • Alamat: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

10. Goa Gajah

goa gajah

Goa Gajah adalah sebuah situs atraksi budaya dan spiritual yang populer di mata wisatawan. Tempat ini dipenuhi oleh berbagai peninggalan kebudayaan masa lalu serta ukiran-ukiran Buddha.

Tempat ini menggambarkan arsitektur serta sejarah Bali. Ukiran-ukiran rumit yang terdapat di tempat ini cocok dikunjungi oleh mereka yang ingin melihat arsitektur dan warisan budaya Indonesia secara lebih rinci. Hal yang menarik untuk dilihat selama berada di Goa Gajah adalah struktur gajah yang tersebar di seluruh kompleks gua, kolam, air mancur, dan kuil hutan.

  • Alamat: Ubud, Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam buka: Setiap hari (08:00-17:00)

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi ketika bertamasya ke Bali. Dari kesepuluh tempat wisata yang telah kami rekomendasikan, mana tempat yang ingin Anda kunjungi?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar