10 Tempat Wisata di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah mendapat rekomendasi hotel dan tempat nongkrong di Balikpapan, kini saatnya Anda mencari tempat wisata di kota tersebut. Ada beragam tempat wisata menarik di kota yang dikenal sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia ini. Jadi, siapkan dana dan diri Anda sendiri untuk berpelesir di Kota Balikpapan.

Bila Anda belum memiliki rencana untuk berwisata di Balikpapan, Keluyuran akan memberikan beberapa pilihan tempat wisata di Balikpapan yang paling bagus dan disukai oleh para wisatawan. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar selengkapnya berikut ini.

10 Tempat Wisata Di Balikpapan

1. Hutan Bakau Margomulyo

Hutan Bakau Margomulyo

* sumber: bpp.renyah.com

Dewasa ini, hutan bakau di beberapa wilayah sudah menjadi sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi. Pun begitu dengan Hutan Bakau Margomulyo yang berada di Balikpapan ini. Hutan yang dekat dengan pusat kota ini merupakan habitat bagi burung, ikan, dan beberapa hewan lainnya.

Ada jembatan sepanjang 800 meter yang dibangun agar wisatawan lebih nyaman dan mudah menjelajahi hutan bakau ini. Untuk masuk ke tempat wisata di Balikpapan ini Anda tidak perlu membayar karcis masuk sepeser pun.

2. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru Tempat Wisata Di Balikpapan

Jika sedang berada di Balikpapan, sempatkan diri untuk bersantai di tepi Pantai Lamaru. Pantai yang di sekitarnya ini banyak ditumbuhi pohon-pohon cemara ini menawarkan suasana yang asri dan pemandangan yang indah.

Meskipun pasir di pantai ini tidak putih bersih, tetapi toh Pantai Lamaru tetap menjadi idola bagi masyarakat sekitar dan wisatawan. Apabila Anda ingin bersantai di sini, datanglah pada sore hari. Anda bisa duduk-duduk atau jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam.

3. Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip

Tempat wisata yang satu ini mungkin sedikit seram. Pasalnya, tempat wisata yang akan kami bahas selanjutnya adalah Penangkaran Buaya Teritip. Penangkaran buaya yang berada di Jalan Mulawarman No. 66, Teritip, Balikpapan Timur ini memiliki ribuan ekor buaya. Jenis buaya yang dilindungi adalah buaya air tawar dan buaya supit.

Wisatawan yang datang ke taman buaya seluas 5 hektar bisa berfoto atau memberi makan buaya. Bahkan, kita juga bisa mencicipi sate buaya atau memberi berbagai kerajinan yang terbuat dari kulit buaya. Tenang saja, sate dan kerajinan ini berasal dari buaya muara yang spesiesnya masih cukup banyak.

4. Pantai Kemala

Pantai Kemala

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Kemala adalah satu-satunya tempat wisata di Balikpapan yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, suasana di pantai ini tentu saja akan mengingatkan kita pada pantai-pantai yang ada di Bali dan Lombok.

Pasir pantai yang bersih dan ombak yang tidak terlalu besar membuat banyak orang tertarik untuk menghabiskan waktu luang di Pantai Kemala. Di tepi pantai ada pula restoran seafood internasional yang perlu Anda coba. Bagi Anda yang berdomisili di Balikpapan, tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk berlibur di pantai yang cantik.

5. Taman Bekapai

Taman Bekapai

* sumber: ksmtour.com

Mengapa taman ini dinamakan Bekapai? Karena Bekapai artinya adalah santai. Ya, Taman Bekapai adalah tempat santainya masyarakat Balikpapan. Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Balikpapan, maka berkunjunglah ke Taman Bekapai ini.

Di tempat ini, ada banyak pedagang makanan dan minuman, terutama pada saat sore dan malam hari. Berbeda dengan taman-taman di kota lain, tampilan dari Taman Bekapai ini tergolong mewah dan meriah. Banyak lampu warna-warni yang menghiasi sekitar taman. Selain itu, di tengah taman juga ada air mancur yang menambah sejuk suasana.

6. Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) Balikpapan

Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA) Balikpapan

* sumber: www.klikbalikpapan.co

Monumen yang satu ini adalah bukti sejarah perjuangan rakyat Indonesia yang berdomisili di Balikpapan saat melawan penjajah. Monpera berada di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan markas Makodam VI Tanjung Pura. Akan tetapi, monumen ini berbeda dari monumen rakyat di kota lainnya. Lantas, apa yang membuat monumen ini berbeda?

Monpera berada di depan sebuah pantai dengan pasir putih. Jadi, monumen ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang juga ingin bersantai di pantai tersebut. Sambil mengenang sejarah bangsa kita di Monpera ini, tak ada salahnya jika kita juga sekaligus berlibur di pantai berpasir putih tersebut.

7. Pantai Banua Patra

Pantai Banua Patra

Menikmati sunset di Kota Balikpapan adalah pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, ada pantai-pantai eksotis yang terdapat di kota ini, salah satunya adalah Pantai Banua Patra. Di tepi pantai ini berdiri bebatuan karang yang sangat kokoh. Meskipun tidak memiliki pasir putih, tetapi banyak masyarakat yang berkunjung kemari untuk sekedar duduk di bebatuan karang tersebut.

Pantai Banua Patra tidak direkomendasikan untuk dipakai berenang. Hal tersebut dikarenakan tepi-tepi pantai ini dipenuhi dengan batu karang yang dapat melukai Anda. Pantai ini ramai dikunjungi pada sore hari karena banyak yang ingin melihat pemandangan matahari terbenam.

8. Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari

Kampung di atas air Margasari adalah tempat wisata di Balikpapan yang dikelola oleh pemerintah setempat. Anda akan menemukan pemandangan berupa rumah-rumah kayu yang berdiri di atas air. Transportasi utama di tempat ini adalah perahu motor. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini adalah memancing atau sekedar jalan-jalan melihat suasana di kampung ini.

Pada malam hari, pesona dari kampung di atas air Margasari ini akan semakin nampak. Lampu-lampu dari perkampungan ini akan berpadu dengan lampu dari kilang minyak yang berbatasan dengan kampung ini. Di siang hari, ada pemandangan hutan mangrove yang bisa Anda nikmati dari kampung di atas air Margasari.

9. Gunung Dubs

Gunung Dubs

Seolah tak ada habisnya, Balikpapan masih menawarkan beberapa tempat wisata yang bagus, seperti Gunung Dubs ini. Perlu Anda ketahui bahwa ini bukanlah sebuah gunung, melainkan dataran tinggi di dekat kompleks perumahan Pertamina yang menawarkan pemandangan kota yang mempesona, terutama pada malam hari.

Udara yang segar dan pepohonan yang rindang membuat kita semakin betah bersantai di Gunung Dubs. Jika di Bandung ada bukit bintang, di Balikpapan ada Gunung Dubs yang tak kalah indahnya.

10. Hutan Wanawisata

Hutan Wanawisata

Ingin piknik bersama keluarga di tempat yang tenang dan asri? Datang saja ke Hutan Wanawisata Balikpapan ini. Kawasan hutan lindung yang ditumbuhi dengan pohon-pohon rindang yang membuat udara terasa lebih sejuk.

Jika Anda membawa si kecil, Anda bisa mengajaknya untuk bermain di taman yang ada di Hutan Wanawisata ini. Pasalnya di taman tersebut ada beberapa alat bermain, seperti perosotan dan ayunan. Mengingat hutan ini sudah dikelola sebagai tempat rekreasi, maka dapat dipastikan bahwa tempat ini aman dan tidak ada hewan buas.

Tempat Wisata Lainnya di Balikpapan

Masih ingin mengunjungi berbagai tempat menarik di Balikpapan? Tenang saja, Keluyuran masih punya rekomendasi tempat lainnya yang harus Anda kunjungi. Berikut daftar lengkapnya:

11. Caribbean Island Waterpark

Caribbean Island Waterpark

* sumber: waterboom201.blogspot.co.id

Tempat wisata di Balikpapan tidak melulu berupa pantai, lho. Jika Anda ingin mengajak si kecil rekreasi selama di Balikpapan, Caribbean Island Waterpark mungkin adalah tempat wisata yang cocok. Taman bermain air ini menawarkan beragam wahana permainan menarik yang seru dan mengasyikkan.

Tidak cuma menawarkan wahana permainan saja, Caribbean Island Waterpark juga memiliki panggung untuk pertujukan air dan flying fox. Keseruan di Caribbean Island Waterpark ini bisa Anda rasakan di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II), Balikpapan.

12. Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Balikpapan memang dikenal sebagai kota yang memiliki beberapa pantai. Hal tersebut dikarenakan kota ini berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Jika sedang berada di Balikpapan, Pantai Manggar Segarasari adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan lembut. Terdapat pepohonan rimbun yang berada di sekitar pantai. Anda dapat melakukan aktivitas berenang, main layang-layang, naik jetski, main banana boat, atau hanya sekedar bersantai di tepi pantai.

13. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai

* sumber: www.getborneo.com

Yang satu ini adalah tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Balikpapan, namanya Bukit Bangkirai. Tempat wisata di Balikpapan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan dan menghirup udara segar.

Spot paling terkenal di Bukit Bangkarai adalah jembatan gantung yang menghubungkan lima pohon bangkarai. Jembatan yang alasnya hanya dari papan kayu ini memang cukup menguji adrenalin. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir saat menyusuri jembatan ini karena keamanannya sudah cukup terjamin.

14. Pantai Melawai

Pantai Melawai

* sumber: panduanwisata.id

Meskipun bibir pantainya tidak berupa pasir putih, Pantai Melawai merupakan tempat wisata di Balikpapan yang sangat layak untuk dikunjungi. Anda bisa berkunjung kemari saat matahari terbenam untuk menikmati panorama yang lebih indah.

Lokasi Pantai Melawai ini ternyata cukup dekat dengan Pantai Kemala. Jadi, setelah berwisata di Pantai Kemala Anda bisa melanjutkan berkunjung ke pantai ini. Di sekitar pantai juga terdapat sejumlah pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman.

15. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru

* sumber: www.dictio.id

Ada Pantai Lamaru, ternyata ada juga Danau Cermin Lamaru. Dinamakan sebagai Danau Cermin Lamaru karena air di danau ini sangat biru dan jernih seperti cermin. Padahal, ini adalah danau buatan, lho. Pada mulanya tanah ini dikeruk untuk lapangan tembak sebagai tempat berlatih TNI-AD. Akan tetapi, tanah itu justru tidak terpakai dan mulai digenangi air.

Danau seluas satu hektar ini benar-benar cantik. Bahkan, banyak orang yang berfoto di sekitar danau untuk memperoleh hasil foto dengan background yang terbaik. Berminat untuk berkunjung ke danau yang cantik ini?

Nah, tunggu apalagi, segera catat daftar tempat wisata di Balikpapan ini dan kunjungi untuk mengisi liburan Anda. Jangan lupa untuk menulis nama tempat wisata Balikpapan lainnya di kolom komentar jika tempat yang Anda maksud belum ada di daftar ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *