10 Tempat Wisata di Bandung Selatan yang Paling Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung Selatan merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di kawasan Bandung Raya. Di tempat ini terdapat sejumlah objek wisata alam yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, terdapat pula beberapa objek wisata buatan yang dikombinasikan dengan keindahan alam di sekitarnya.

Setelah dibukanya akses tol yang menghubungkan Soreang (ibu kota Kabupaten Bandung) dan Pasirkoja (Kota Bandung), Bandung Selatan menjadi lebih ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bandung Selatan yang populer untuk disambangi bersama teman maupun keluarga.

1. Kawah Putih

Kawah Putih

* sumber: pixabay.com

Bisa dibilang kalau Kawah Putih merupakan objek wisata yang paling terkenal di Bandung Selatan. Ini adalah sebuah danau alami hasil letusan Gunung Patuha di masa lampau. Dinamakan demikian karena air di danau ini berwarna putih (terkadang berubah warna) oleh sebab adanya belerang, sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat spektakuler.

Kawah Putih dikelilingi oleh tebing dan hutan pegunungan yang hijau dan menyegarkan. Pengunjung bisa berkendara ke puncak dengan kendaraan pribadi atau kendaraan wisata yang telah khusus disediakan. Karena sewaktu-waktu bau belerang bisa sangat menyengat, maka jangan lupa untuk memakai masker saat menjelajahi tempat yang sering berkabut ini.

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat (administratif: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat)
  • Jam buka: Setiap hari (07:00 – 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)
  • Telepon:

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/black_claw/

Situ Patenggang atau Patengan adalah sebuah danau vulkanik yang terletak sekitar 7 km dari Kawah Putih ke arah barat. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang rimbun dan perkebunan teh yang sangat luas. Jadi, tak perlu ditanyakan lagi bagaimana suasana dan keindahan Situ Patenggang yang memiliki pulau di tengah situ atau danau.

Saat ini objek wisata Situ Patenggang dibuat lebih lengkap dengan hadirnya sejumlah tempat penginapan bergaya glamping (glamour camping) lengkap dengan tempat makan berbentuk kapal. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan di Situ Patenggang adalah menjelajahi danau dengan menggunakan perahu, lalu berkunjung ke Pulau atau Batu Cinta di tengahnya.

  • Alamat: Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 – 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)
  • Telepon:

3. Ranca Upas

Ranca Upas

* sumber: commons.wikimedia.org

Ranca Upas adalah tempat wisata di Bandung Selatan lainnya yang wajib Anda kunjungi. Ini merupakan salah satu bumi perkemahan yang paling terkenal di Bandung. Kawasan wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh pegiat camping dari berbagai kota, khususnya di akhir pekan.

Selain camping, pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan di Ranca Upas, termasuk berenang di kolam pemandian air panas, memberi makan rusa di penangkarannya, dan melakukan sejumlah kegiatan outdoor lainnya bersama kelompok. Anda tidak perlu khawatir kehabisan makanan karena di sana terdapat banyak warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)
  • Telepon: 0812-2345-6911

4. Pemandian Air Panas Walini

Air Panas Walini

*Sumber: https://youtu.be/MYINX-SvzlA

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Bandung Selatan adalah berenang atau berendam di kolam Pemandian Air Panas Walini. Ini adalah tempat yang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman yang ingin merelaksasi diri setelah lelah beraktivitas di hari-hari kerja.

Terdapat beberapa kolam di Pemandian Air Panas Walini, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Fasilitas-fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini adalah masjid, toilet, kamar rendam perorangan, kamar ganti, waterboom untuk anak-anak, pusat jajajan dan oleh-oleh, tempat parkir yang luas, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Senin – Kamis (07:00 – 17:00), Sabtu & Minggu (06:00 – 17:00)
  • Telepon: 0821-1546-9863

5. Kawah Rengganis

10 Tempat Wisata di Bandung Selatan yang Paling Populer 1

* sumber: travel.detik.com

Ini adalah sebuah tempat pemandian air panas yang masih alami di Bandung Selatan, meskipun telah mengalami sejumlah pembangunan untuk mempermudah pengunjung. Karena menawarkan pengalaman berendam yang berbeda, kini Kawah Rengganis menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Bandung Selatan.

Di pemandian air panas Kawah Rengganis Anda bisa berendam di tempat yang benar-benar terbuka. Uap dan air panas dari kawah aktif tersebut dapat langsung dinikmati oleh pengunjung yang datang. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dan menaati semua peraturan yang ada agar petualangan Anda di Kawah Rengganis tetap menyenangkan.

  • Alamat: Cibuni, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (07:00 – 17:00)
  • Telepon:

6. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar

* sumber: commons.wikimedia.org

Bandung Selatan yang bergunung-gunung dan dingin merupakan tempat yang cocok untuk menanam teh. Oleh karena itu, ribuan hektar perkebunan teh telah ada di Bandung Selatan sejak zaman Belanda. Salah satu perkebunan teh yang populer di Bandung Selatan adalah Perkebunan Teh Malabar yang terletak di Pangalengan.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Perkebunan Teh Malabar. Beberapa di antaranya adalah menjelajah perkebunan, mengunjungi pabrik pengolahan teh, dan berkunjung ke rumah Bosscha (pendiri Perkebunan Teh Malabar dan merupakan seorang Belanda yang peduli terhadap kehidupan warga pribumi. Beliau meninggal dan dimakamkan di Perkebunan Teh Malabar).

  • Alamat: Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 – 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)
  • Telepon:

7. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

* sumber: commons.wikimedia.org

Anda juga bisa menikmati pemandangan Perkebunan Teh Rancabali yang menakjubkan di sepanjang jalur wisata Ciwidey Rancabali. Terdapat beberapa titik yang bisa Anda jelajahi di sini, terutama yang dekat dengan Pemandian Air Panas Walini di mana jalan yang berkelok-kelok dan hijaunya perkebunan teh menghadirkan pemandangan yang luar biasa.

Di sejumlah lokasi Perkebunan Teh Rancabali juga terdapat beberapa taman cantik yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke pabrik pengolahan teh yang dekat dengan kawasan wisata Situ Patenggang.

  • Alamat: Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 – 17:00, waktu kunjungan yang direkomendasikan)
  • Telepon:

8. Sungai Palayangan

Sungai Palayangan

*Sumber: https://youtu.be/_TO4ERtOV1o

Jika Anda pecinta rafting atau arung jeram, maka Sungai Palayangan adalah tempat yang harus Anda kunjungi saat liburan di Bandung Selatan. Sungai ini terletak di Pangalengan yang berawal dari Situ Cileunca dan berakhir di Hutan Pinus Rahong yang sangat indah dan memanjakan mata.

Arung jeram di Sungai Palayangan cocok dilakukan oleh pemula maupun profesional. Hal itu karena Sungai Palayangan memiliki tingkat jelajah arung jeram yang berbeda-beda. Terdapat beberapa penyedia jasa arung jeram di Pangalengan dengan biaya per paket yang cukup terjangkau.

  • Alamat: Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 – 17:00)
  • Telepon:

9. Situ Cileunca

Situ Cileunca

* sumber: commons.wikimedia.org

Meskipun bukan danau alami, Situ Cileunca yang mempunyai luas sekitar 1.400 hektar ini juga telah menjadi objek wisata yang populer di Bandung Selatan. Selain berfungsi sebagai sumber air dan pendapatan bagi warga sekitar, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Di sekitar Situ Cileunca terdapat banyak tempat makan yang menawarkan berbagai hidangan khas Sunda yang lezat. Selain makan-makan, pengunjung juga bisa naik perahu dan menjelajahi danau yang memiliki kedalaman sekitar 17 meter ini.

  • Alamat: Warnasari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (08:00 – 17:00)
  • Telepon:

10. Strawberry Petik Sendiri

Strawberry Petik Sendiri

* sumber: id.wikipedia.org

Nah, kawasan Bandung Selatan juga sangat identik dengan buah strawberry. Di sepanjang jalur wisata Ciwidey Rancabali, Anda akan menemukan banyak kebun strawberry yang menawarkan layanan strawberry petik sendiri. Jadi, Anda bisa membeli buah strawberry yang benar-benar masih fresh karena langsung dipetik di kebunnya.

Meskipun tersedia sepanjang tahun, Anda tetap harus memilih waktu yang tepat jika ingin memetik strawberry sendiri. Karena masih ditanam di lahan terbuka, ketersediaan dan kualitas buah strawberry di sini pastinya sangat dipengaruhi oleh musim.

  • Alamat: Jalan Raya Ciwidey Rancabali
  • Jam buka: Setiap hari pada jam kerja (tutup bila sedang kosong atau habis)
  • Telepon:

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Bandung Selatan yang populer untuk dikunjungi. Agar tempat-tempat wisata di sana tetap lestari, mohon untuk menjaga lingkungannya bersama-sama dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan hal lain yang dapat merusak ekosistem.

Oh iya, kalau Anda membutuhkan beberapa rekomendasi untuk tempat wisata yang menarik di Cimahi, kami punya beberapa rekomendasi terbaiknya di artikel 10 Tempat Wisata di Cimahi ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *