18 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Soreang dan Ciwidey

Ditulis oleh Muhamad Dikdik

Selain kawasan Lembang, Ciwidey dan Soreang juga terbilang populer di kalangan wisatawan. Dua lokasi ini menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah luar biasa dari Lembang, sehingga membuat siapa saja yang berkunjung dijamin merasa ketagihan.

Nah, pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas tentang 18 tempat wisata di sekitar Soreang dan Ciwidey yang menarik untuk kamu kunjungi. Berikut daftarnya.

1. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey
  • Alamat: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang

Bisa dibilang kalau Kawah Putih merupakan objek wisata yang paling terkenal di Bandung Selatan. Ini adalah sebuah danau alami hasil letusan Gunung Patuha di masa lampau. Dinamakan demikian karena air di danau ini berwarna putih (terkadang berubah warna) oleh sebab adanya belerang, sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat spektakuler.

Kawah Putih dikelilingi oleh tebing dan hutan pegunungan yang hijau dan menyegarkan. Pengunjung bisa berkendara ke puncak dengan kendaraan pribadi atau kendaraan wisata yang telah khusus disediakan. Karena sewaktu-waktu bau belerang bisa sangat menyengat, maka jangan lupa untuk memakai masker saat menjelajahi tempat yang sering berkabut ini.

Selama di Kawah Putih, kamu bisa melakukan beragam aktivitas. Mulai dari menikmati cantiknya pemandangan alam yang disuguhkan, berjalan-jalan di kawasan sekitar kawah atau pun foto-foto. 

2. Ranca Upas

tempat wisata di ciwidey ranca upas
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 s.d 17.00 WIB (Wisata harian)
  • Nomor Telepon: 0812-2345-6911
  • Harga Tiket: Rp22.000 per orang

Ranca Upas adalah tempat wisata di Bandung Selatan lainnya yang wajib kamu kunjungi. Ini merupakan salah satu bumi perkemahan yang paling terkenal di Bandung. Kawasan wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh pegiat camping dari berbagai kota, khususnya di akhir pekan. Tarif camping-nya pun di bawah Rp50.000 saja.

Selain camping, pengunjung juga bisa melakukan banyak kegiatan di Ranca Upas, termasuk berenang di kolam pemandian air panas, memberi makan rusa di penangkarannya, dan melakukan sejumlah kegiatan outdoor lain seperti memanah atau pun berkuda. 

Kamu tidak perlu khawatir kehabisan makanan saat berkunjung, karena di Ranca Upas ini terdapat banyak warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

3. Situ Patenggang

  • Alamat: Kp. Patengan Baru, Desa Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang

Situ Patenggang atau Patengan adalah sebuah danau vulkanik yang terletak sekitar 7 km dari Kawah Putih ke arah barat. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang rimbun dan perkebunan teh yang sangat luas. Jadi, tak perlu ditanyakan lagi bagaimana suasana dan keindahan Situ Patenggang yang memiliki pulau di tengah situ atau danau.

Saat ini objek wisata Situ Patenggang dibuat lebih lengkap dengan hadirnya sejumlah tempat penginapan bergaya glamping (glamour camping) lengkap dengan tempat makan berbentuk kapal. 


Salah satu hal yang dapat kamu lakukan di Situ Patenggang adalah menjelajahi danau dengan menggunakan perahu, lalu berkunjung ke Pulau atau Batu Cinta di tengahnya. Sangat menyenangkan, bukan?

Oh iya, kalau nggak mau pakai perahu, kamu juga bisa coba naik sepeda air untuk berkeliling danau. Tertarik untuk mengunjungi Situ Patenggang?

4. Glamping Lakeside Rancabali

tempat wisata di ciwidey glamping lakeside rancabali
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: 0812-2414-6441
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang (Regular), Rp75.000 (Terusan)

Mau menikmati glamour camping di daerah Ciwidey? Datang saja ke Glamping Lakeside Rancabali. Tempat rekreasi ini punya beragam jenis penginapan berbentuk tenda glamour camping yang nyaman. 

Salah satunya adalah tenda glamping di pinggir danau. Tenda-tendanya dibekali dengan tempat tidur dan kamar mandi, lho. Masing-masing tenda punya letak yang berbeda dan harga sewa yang bervariasi. 

Selain menginap, kamu bisa juga mencoba wahana-wahana atau mengunjungi spot-spot keren yang ada di sini. Dua di antaranya adalah jembatan gantung dan juga Teras Bintang. Biasanya, untuk masuk ke masing-masing wahana, pengunjung akan dikenakan tarif Rp25.000. 

Kalau berkunjung ke sini, jangan lupa coba hidangan-hidangan lezat yang ada di resto unik berbentuk perahu, yakni Phinisi Resto. Nah, di sinilah lokasi spot jembatan gantungnya berada. Jadi, setelah mengisi perut, kamu bisa main dan foto-foto di area jembatannya.

5. Pemandian Air Panas Ciwalini

tempat wisata di ciwidey pemandian air panas ciwalini
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Kamis, pukul 07.00 s.d 16.30 WIB, Sabtu & Minggu, pukul 07.00 s.d 17.00 WIB (Jumat tutup)
  • Nomor Telepon: 0811-1111-2018
  • Harga Tiket: Rp30.000 per orang

Salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Bandung Selatan adalah berenang atau berendam di kolam Pemandian Air Panas Walini. Ini adalah tempat yang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman yang ingin merelaksasi diri setelah lelah beraktivitas di hari-hari kerja.

Terdapat beberapa kolam di Pemandian Air Panas Walini, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Air kolamnya punya tingkat panas yang pas dan kadar belerangnya juga tidak banyak, sehingga kamu dan keluarga bisa berenang dengan nyaman.

Selain kolam renang air panas, fasilitas-fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini adalah masjid, toilet, kamar rendam perorangan, kamar ganti, waterboom untuk anak-anak, pusat jajanan dan oleh-oleh, saung untuk istirahat, tempat parkir yang luas, dan lain sebagainya.

6. Perkebunan Teh Rancabali

tempat wisata di ciwidey perkebunan teh rancabali
  • Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Selain tempat-tempat yang sudah dibahas sebelumnya, kamu juga bisa menikmati indahnya hamparan Perkebunan Teh Rancabali yang menakjubkan di sepanjang jalur wisata Ciwidey Rancabali. 

Terdapat beberapa titik yang bisa kamu jelajahi di sini, terutama yang dekat dengan Pemandian Air Panas Ciwalini di mana jalan yang berkelok-kelok dan hijaunya perkebunan teh menghadirkan pemandangan yang luar biasa.

Kamu bisa foto-foto di lokasi ini, lho. Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa berkunjung ke pabrik pengolahan teh yang dekat dengan kawasan wisata Situ Patenggang. Gimana, kamu tertarik untuk mencoba berwisata ke Kebun Teh Rancabal?

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram