10 Tempat Wisata di Bandung untuk Liburan di Akhir Pekan

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung, salah satu kota di Jawa Barat yang menjadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk liburan. Lokasinya tak jauh, banyak akses menuju Bandung, hotel dan penginapan pun banyak pilihan, tempat makan melimpah, udara sejuk menjadi nilai tersendiri. Bandung pun seakan punya sejuta alasan untuk terus dikunjungi.

Liburan di Bandung tentu memberikan suasana berbeda dibandingkan di Jakarta. Udara sejuk, tempat rapi dan tertata menjadi ciri khas tempat wisata di Bandung. Nah, kalau kamu terlintas ingin quick getaway bersama keluarga, simak rekomendasi tempat wisata yang sudah Keluyuran rangkum berikut ini!

1. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole

* sumber: www.pegipegi.com

Orchid Forest Cikole adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang baru muncul sekitar 3 tahun lalu, tepatnya Agustus 2017. Kalau ke Cikole memang lebih dulu terkenal adalah Grafika Cikole. Nah, Orchid Forest Cikole memiliki pintu masuk tepat setelah Grafika Cikole. Namun kamu perlu masuk lebih dalam lagi menuju Orchid Forest Cikole.

Kalau dari namanya, terlintas pasti tentang anggrek. Sebenarnya tidak salah. Memang ada satu lokasi rumah kaca yang di dalamnya merupakan tempat budidaya kira kira 157 jenis anggrek. Sisanya adalah suasana nyaman khas kalau kamu berada di hutan. Lokasinya sendiri memang berada di dalam hutan lindung. Sudah pasti rimbun dan dingin di sini.

Untuk masuk ke Orchid Forest Cikole perlu membayar Rp30.000 per orang. Bila kamu datang membawa motor ada biaya parkir sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk mobil. Terlihat cukup menguras kantong, tapi percayalah kamu tak akan merasa rugi bila sudah masuk ke dalam.

Di dalamnya kamu bisa menikmati pemandangan, dan banyaknya spot foto tersedia gratis tanpa biaya tambahan! Spot fotonya tak hanya satu, lebih dari 10 malah. Menarik ya. Tak ingin di spot foto pun bisa karena lokasinya sudah keren. Jadi, sesuka hati kamu saja mau foto asal tetap jaga kerapihan dan kebersihan tempat wisata.

Selain spot foto, ada juga rumah kelinci. Kamu bisa mengajak si kecil melihat kelinci dari dekat. Kalau hanya melihat, kamu dan si kecil tinggal masuk saja. Tak ada biaya. Bila ingin memberi makan, bisa dengan membeli seikat wortel seharga Rp7.000. Jangan lupa diabadikan saat si kecil memberi makan kelinci, ya.

Ada yang gratis, ada juga yang berbayar, misalnya saja Sky Bridge. Jembatan gantung ini dibuat dari kayu dan tali tambang dengan panjang 50 meter. Uniknya, saat malam, lampu-lampu di sini langsung menyala.

Ini karena sudah dipasang sensor cahaya. Bisa dikatakan, Sky Bridge merupakan salah satu daya tarik dari Orchid Forest Cikole. Bila ingin menaikinya sekaligus berfoto, kamu perlu membayar sekitar Rp15.000 per orang.

  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: mulai dari Rp30.000

2. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Bila kamu mencari wisata alam, bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Lokasinya memang sekitar 20 kilometer dari kota Bandung. Namun, udara sejuk menjadi nilai tambah di tempat ini. Kalau ke sini, lebih baik pakai jaket atau lengan panjang agar tak kedinginan, ya.

Bisa dibilang Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang masih aktif tapi bisa dikunjungi wisatawan. Bila sedang tak aktif, ia akan mengeluarkan uap belerang. Sedangkan saat meletus, biasanya mengeluarkan lava, belerang, serta mineral. Ada tiga kawah yang bisa kamu lihat, yaitu kawah upas, kawah domas, dan kawah ratu.

Tak perlu khawatir, kamu dan keluarga bisa dengan tenang mengunjungi dan berdekatan dengan kawah karena ada pagar pembatasnya. Kalau ingin lebih nyaman, coba kunjungi Gunung Tangkuban Perahu saat hari biasa. Karena tempat ini lumayan populer dikunjungi saat weekend, lho.

Untuk menikmati kawasan Gunung Tangkuban Perahu, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang serta Rp10.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp5.000 untuk kendaraan roda dua.

  • Alamat: Cikahuripan, Lembang, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: mulai dari Rp15.000 per orang

3. Taman Balaikota Bandung

Taman Balaikota Bandung

* sumber: travelingyuk.com

Salah satu tempat wisata enak dan gratis yang ada di Bandung adalah Taman Balaikota Bandung. Lokasinya berada di depan Balaikota Bandung. Tempat ini paling pas untuk dikunjungi bila kamu hanya punya satu hari ke Bandung.

Di sini kamu bisa mencoba Taman Labirin sederhana yang hijau. Selain disusuri, tempat ini menjadi spot foto para pengunjung. Selain itu ada juga area bermain anak dan tempat olah raga. Ingin jogging pun ada jalurnya sendiri. Yang seru adalah adanya aliran Sungai Cikapayang di taman. Si kecil bisa bermain air di sini, lho!

  • Alamat: Jalan Wastukancana Nomor 2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
  • Tiket masuk: gratis

4. Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda

Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda

* sumber: idetrips.com

Jalan Dago merupakan salah satu jalanan populer yang ada di Bandung, selain Jalan Braga. Di sini kamu bisa menemukan banyak factory outlet, tempat makan, penginapan, sampai toko oleh-oleh. Nah, selain terkenal dengan namanya, Dago punya tempat wisata seru bersama keluarga yang bisa kamu kunjungi bernama Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda.

Lokasinya berada di Dago Pakar tak membutuhkan waktu banyak untuk sampai. Ada banyak pintu masuk yang bisa kamu pilih, bisa dari PLTA Bengkok, Gerbang Tahura di Lembang atau Gerbang Tahura di Pakar Dago. Bila sudah sampai di depan pintu masuk jangan lupa untuk membayar retribusi sebesar Rp15.000 per orang.

Sesampai di dalam, kamu akan terkesima bahwa di dalamnya benar-benar hutan lebat yang ditata untuk bisa dikunjungi. Udara segar pun langsung menerpa wajah. Kalau kamu beruntung, akan bertemu dengan kawanan kera yang memang dibiarkan liar. Tak perlu takut. Mereka tak akan mengganggu bila tak diganggu.

Di dalamnya kamu bisa menikmati pemandangan. Ingin yang seru? Bisa mencoba jelajah Goa Jepang dan Goa Belanda di dalam kawasan ini. Fasilitas umum seperti mushola, toilet sampai tempat makan sudah disediakan.

  • Alamat: Jl. Pakar Kulon No.13, Ciburial, ,Cimenyan,Bandung,Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin-Jumat, 07.30 – 16.00 WIB. Sabtu-Minggu, 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp15.000 per orang

 5. D’dieuland

D’dieuland

* sumber: furnizing.com

Kalau kamu bosan mengunjungi kawasan yang itu-itu saja di Bandung, bisa coba ke kawasan Punclut. Punclut atau Puncak Ciumbeulit memiliki banyak tempat wisata yang bisa dieksplor, lho. Salah satunya adalah D’dieuland. D’dieuland memiliki tempat makan menarik dan instagramable.

Selain itu, area playgroundnya juga menarik untuk disambangi, flying fox, giant fox, serta outbond tersedia di sini. Bila ingin menikmatinya, kamu perlu masuk dengan membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang pada hari biasa dan Rp15.000 pada saat weekend. Kalau ingin masuk ke playground, flying fox, giant fox, atau outbond memiliki harga sendiri, ya.

  • Alamat: Pagerwangi, Lembang, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 21.30 WIB
  • Tiket masuk: mulai dari Rp10.000

6. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Mengarah ke Ciwidey, terdapat tempat wisata yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga, yaitu Kawah Putih. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Tanahnya berwarna putih dan airnya berwarna kehijauan karena ada unsur belerang. Suasana eksotis merupakan nilai tambah di tempat ini.

Ingin menikmatinya? Kamu perlu membayar Rp15.000 per orang. Bila membawa kendaraan, bisa parkir di area bawah dan membayar sebesar Rp6.000 untuk mobil dan Rp3.000 untuk motor. Dilanjutkan dengan naik ontang anting sebesar Rp15.000 per orang.

  • Alamat: Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: mulai dari Rp15.000 per orang

7. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Bila kamu dan anggota keluarga ingin mengenal kebudayaan Sunda lebih dalam lagi, bisa dengan mengunjungi Saung Angklung Udjo. Kalau kamu mengunjungi Saung Angklung Udjo akan disuguhi kesenian angklung, cara pembuatan, serta hal-hal yang berbau budaya Sunda.

Selain itu, kamu bisa menikmati pertunjukan wayang golek, helaran, tari topeng, angklung orkestra, menari bersama sampai bernyanyi. Setelahnya bisa menikmati makanan khas Sunda maupun masakan western. Semua bisa kamu nikmati dengan membayar tiket sebesar Rp 70.000 untuk dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak di atas 4 tahun.

Menonton pertunjukannya perlu memerhatikan jadwal. Hari Sabtu ada pertunjukan pukul 13.00 WIB serta pukul 15.30 WIB. Sedangkan hari Minggu jadwal pertunjukan pada pukul 10.00 WIB serta 15.30 WIB.

  • Alamat: Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 15.30 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: mulai dari Rp70.000

8. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Liburan berkonsep back to nature memang sanggup meluluhkan kepenatan karena aktivitas sehari-hari. Nah, bila ingin menikmati alam bersama keluarga, coba deh surga tersembunyi di Sanghyang Heuleut.

Sanghyang Heuleut merupakan danau kecil yang dikelilingi tebing tinggi, seperti Grand Canyon. Airnya berwarna tosca mengundang untuk menceburkan diri. Sebaiknya datang kalau cuaca bagus ya, kalau musim hujan airnya berubah menjadi coklat.

  • Alamat: Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: –

9. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan

Berendam di air sejuk bisa membuat semangat bangkit lagi. Itu bisa kamu lakukan dengan keluarga di Sendang Geulis Kahuripan. Danau yang berada di tengah hutan ini memberikan pesona air jernih. Kamu malah bisa selfie di dalam air ala underwater photography, saking jernihnya.

Fasilitas seperti ruang ganti, toilet, serta mushola sudah ada lho. Jadi tak perlu khawatir kelabakan mencari tempat berganti pakaian. Tak hanya itu, bila ingin menikmati pemandangan di sini bisa leyeh-leyeh di gazebo yang sudah disediakan.

  • Alamat: Ganjarsari, Cikalong Wetan, Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari. 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp10.000 per orang

10. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis

* sumber: travelingyuk.com

Air hangat memang tak ada matinya dijadikan tujuan wisata. Di kawasan Ciwideuy terdapat pemandian air hangat yang menggunakan pemandangan alam khas kawasan tersebut bernama Kawah Rengganis. Lokasinya tak jauh dari Kawah Putih. Jadi setelah puas berfoto dan mengunjungi Kawang Putih, bisa melipir ke Kawah Rengganis.

Kawah Rengganis muncul akibat letusan Gunung Sunda Purba sejak jutaan tahun lalu. Lalu muncul air hangat yang disinyalir bisa merontokan pegal-pegal. Di salah satu titik di sini tersedia pancuran buatan dari bambu yang menarik untuk dicoba. Suasananya sepintas mirip di Bali. Main air hangat di Kawah Rengganis bersama keluarga patut dicoba, ya.

  • Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk: Rp5.000 per orang

Sepuluh tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi untuk quick getaway memang menarik. Sepertinya ingin mengunjungi semua. Wisata alam memang seru dijadikan sarana melepas lelah. Adakah tempat favorit di Bandung yang bernuansa alam atau budaya versi kamu? Yuk share di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *