Daftar Tempat Wisata Terbaik di Bandung dan Sekitarnya

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 7 April 2021

Bandung, salah satu kota di Jawa Barat yang menjadi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk liburan. Lokasinya tak jauh, banyak akses menuju Bandung, hotel dan penginapan pun banyak pilihan, tempat makan melimpah, udara sejuk menjadi nilai tersendiri. Bandung pun seakan punya sejuta alasan untuk terus dikunjungi.

Liburan di Bandung tentu memberikan suasana berbeda dibandingkan di Jakarta. Udara sejuk, tempat rapi dan tertata menjadi ciri khas tempat wisata di Bandung. Nah, kalau kamu terlintas ingin quick getaway bersama keluarga, simak rekomendasi tempat wisata yang sudah Keluyuran rangkum berikut ini!

Kawasan Bandung Kota

Kawasan selanjutnya yang akan kita bahas tentu saja Kota Bandungnya itu sendiri. Jika di kawasan lembang tempat wisatanya lebih didominasi oleh wisata outdoor, maka di dalam Kota bandung tempat wisatanya lebih variatif. Apa saja kah itu?

1. Alun-Alun Kota Bandung

  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Belum ke Bandung rasanya kalau belum mengunjungi alun-alunnya. Lokasinya berada tepat di depan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat. Di sini terdapat area terbuka yang sangat luas dan dilapisi oleh rumput sintetis. Area ini sangat cocok untuk sekedar nongkrong bersama keluarga ataupun untuk tempat bermain anak-anak.

Jika kamu merasa lapar, kamu bisa langsung menuju area basement parkir karena di sana terdapat berbagai macam makanan dan minuman yang dijajakan. Oh iya, jika kamu ingin melihat Kota Bandung dari ketinggian, kamu juga bisa menaiki menara masjid raya lho. Asyik banget kan?

Alun-Alun Bandung juga berada di lokasi yang sangat strategis karena berdekatan dengan berbagai tempat keramaian. Sebut saja jalan Dewi Sartika dan Dalem Kaum yang menjadi surganya para pencari baju dan item fashion lainnya. Lalu ada juga jalan Banceuy dan ABC yang menjadi pusat barang elektronik.

2. Trans Studio Bandung

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Selasa s.d. Kamis, Sabtu dan Minggu pukul 11.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp180.000 per orang (Selasa s.d. Kamis), Rp280.000 per orang (Sabtu s.d Minggu dan Hari Libur)

Trans Studio Bandung merupakan indoor theme park yang paling populer di Indonesia. Semenjak kehadirannya, tempat wisata ini langsung menjadi salah satu landmark dari Kota Bandung. Lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Gatot Subroto.

Terdapat lebih dari 20 wahana seru yang bisa kamu coba ketika mengunjungi Trans Studio Bandung. Beberapa wahana yang populer di theme park ini di antaranya adalah Dunia Lain, Jelajah, Indosat Vertigo Galaxy, Sky Pirates, Dragon Riders, dan masih banyak lagi.

Jika kamu sudah merasa puas bermain di Trans Studio Bandung, kamu bisa langsung jalan-jalan atau belanja di Trans Studio Mall yang juga merupakan salah satu mall paling terkenal di Bandung. Kamu juga bisa beristirahat dan menginap di Trans Luxury Hotel Bandung. Baik theme park, mall, dan hotel semuanya berada di satu area yang sama.

3. Kebun Binatang Bandung

  • Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00- 16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp50.000 per orang dan gratis untuk balita

Kebun Binatang Bandung jadi destinasi wisata favorit sejak dulu. Hingga kini, kebun binatang Bandung masih banyak diminati masyarakat baik dari Kota Bandung sendiri, mau pun dari luar Kota Bandung.

Kebun Binatang Bandung yang sudah ada sejak tahun 1930-an ini berdiri di lahan seluas 14 hektar. Suasana di sini enak banget, masih asri dan adem. Cocok kalau kamu sedang ingin jalan-jalan santai bareng keluarga, sambil melihat koleksi satwa yang berjumlah lebih dari 500 individu.

Beberapa koleksi satwa populer yang ada di kebun binatang ini di antaranya adalah beruang madu, harimau benggala, harimau sumatera, jerapah, kuda nil, buaya, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa lho menunggangi beberapa binatang yang ada di sini, seperti gajah, kuda, dan juga unta.

Jika lapar, di dalam Kebun Binatang Bandung juga terdapat beberapa lokasi pujasera yang menyediakan berbagai makanan dan minuman yang lezat. Setelah selesai berkunjung, di pintu keluar terdapat banyak penjual yang menyediakan berbagai pernak-pernik khas kebun binatang atau oleh-oleh khas Bandung lainnya.

4. Museum Geologi

Museum Geologi
  • Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung
  • Jam operasional: Senin-Kamis, 08.00-16.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-14.00 WIB, Jumat tutup
  • Harga tiket masuk: Rp2.000 per orang (Anak & Mahasiswa), Rp3.000 per orang (Dewasa), Rp10.000 per orang (International Tourist)

Museum Geologi merupakan museum yang paling terkenal di Bandung. Museum yang bertempat di sebuah bangunan megah bergaya kolonial ini adalah wisata edukasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Di sini, kamu bisa mendapatkan banyak sekali ilmu mengenai geologi, sejarah, dan lainnya.

Museum Geologi didirikan pada 16 Mei 1928. Museum ini banyak menampilkan benda-benda pra-sejarah, salah satunya adalah rekonstruksi fosil T-Rex. Selain fosil binatang, Museum Geologi juga memiliki koleksi fosil-fosil manusia purba yang dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya memiliki koleksi sejarah, Museum Geologi juga memiliki auditorium untuk melakukan kegiatan seminar, pemutaran film, dan lainnya. Ada juga toko souvenir yang menjual berbagai macam cinderamata dengan tema geologi seperti buku, gantungan kunci, dan aksesoris-aksesoris sejenis lainnya.

5. Taman Balaikota Bandung

Taman Balaikota Bandung
*
  • Alamat: Jalan Wastukancana Nomor 2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 20.00 WIB
  • Harga tiket masuk: gratis

Salah satu tempat wisata enak dan gratis yang ada di Bandung adalah Taman Balaikota Bandung. Lokasinya berada di depan Balaikota Bandung. Tempat ini paling pas untuk dikunjungi bila kamu hanya punya satu hari ke Bandung.

Di sini kamu bisa mencoba Taman Labirin sederhana yang hijau. Selain disusuri, tempat ini menjadi spot foto para pengunjung. Selain itu ada juga area bermain anak dan tempat olah raga. Ingin jogging pun ada jalurnya sendiri. Yang seru adalah adanya aliran Sungai Cikapayang di taman. Si kecil bisa bermain air di sini, lho!

6. Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
  • Jam operasional: Senin – Kamis & Sabtu (08:00 – 15:00), Minggu (08:00 – 16:00)
  • Harga tiket masuk: Rp6.000 per orang (Selasa s.d Sabtu), Rp7.000 per orang (Minggu & Hari Libur)

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah taman kota sekaligus sarana pendidikan dan rekreasi bagi masyarakat. Taman dengan luas sekitar 3,5 hektar ini dipenuhi dengan pohon rindang sehingga kita akan merasa sejuk ketika berada di dalamnya.

Di tempat wisata edukasi ini anak-anak dapat belajar bagaimana tatakrama dalam berlalu lintas yang baik dan benar. Terdapat jalur sepeda yang dilengkapi dengan rambu lalu lintas sehingga anak-anak bisa belajar dan menghapal arti dari berbagai rambu lalu lintas tersebut.

Setelah belajar, anak-anak juga bisa bermain di wahana lainnya yang ada di sini, seperti kereta api, komedi putar, dan kolam renang. Jika lapar, Taman Lalu Lintas juga menyediakan foodcourt yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

7. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
  • Alamat: Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional:
    • New Normal (Sabtu s.d Minggu) 15.30 – 17.00 WIB
    • Setiap hari, 15.30 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk:
    • New Normal Dewasa & Anak, Rp75.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
    • Anak: Rp50.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp55.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
    • Dewasa: Rp70.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp75.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
    • Internasional Tiket
      • Anak: Rp70.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp80.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)
      • Dewasa:  Rp110.000 per orang (Senin s.d Jumat) & Rp120.000 per orang (Akhir Pekan & Libur)

Bila kamu dan anggota keluarga ingin mengenal kebudayaan Sunda lebih dalam lagi, bisa dengan mengunjungi Saung Angklung Udjo. Di sini kamu akan disuguhi kesenian angklung, cara pembuatan, serta hal-hal yang berbau budaya Sunda lainnya.

Selain itu, kamu bisa menikmati pertunjukan wayang golek, helaran, tari topeng, angklung orkestra, menari bersama sampai bernyanyi. Setelahnya bisa menikmati makanan khas Sunda maupun masakan western.

Jika kamu ingin menonton pertunjukannya, kamu perlu memerhatikan jadwalnya. Hari Sabtu ada pertunjukan pukul 13.00 WIB serta pukul 15.30 WIB. Sedangkan hari Minggu jadwal pertunjukan pada pukul 10.00 WIB serta 15.30 WIB.

8. Rumah Mode Factory Outlet

rumah-mode-bandung
*
  • Alamat: Jalan Setiabudhi no. 41F, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00 – 20.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp100.000-Rp1.000.000

Bandung sangat terkenal sebagai kota mode. Maka dari itu, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli baju atau item fashion lainnya di kota ini. Terdapat banyak factory outlet di Kota Bandung, seperti di Jalan Riau, Jalan Dago, Jalan Cihampelas, dan Jalan Setiabudhi.

Salah satu yang paling terkenal adalah Rumah Mode Factory Outlet. Meskipun berada di Kota Bandung, namun tempat ini didesain dengan arsitektur tradisional khas Indonesia bernuansa Pulau Dewata.

Rumah Mode hadir dengan konsep one stop shopping. Di sini kamu bisa membeli berbagai item branded dengan harga yang cukup miring. Selain belanja, kamu juga bisa nongkrong cantik di cafenya sambil mencicipi kopi dan makanan khas Bandung.

9. Lapangan Gasibu

  • Alamat: Jl. Diponegoro, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Untuk kamu yang hobi berolahraga, Lapangan Gasibu bisa menjadi tempat wisata pilihan. Lapangan yang berada tepat di seberang Gedung Sate ini memang diperuntukan untuk berolahraga, disamping sebagai tempat rekreasi.

Di lapangan ini tersedia trek lari, hamparan rumput hijau untuk bermain sepak bola, hingga air mancur yang akan menghibur anak-anak. Lapangan Gasibu sendiri termasuk objek wisata legendaris bagi warga Bandung karena sudah lama didirikan. Hingga saat ini, Lapangan Gasibu masih sangat padat dikunjungi terutama pada pagi hari dan weekend.

10. Jalan Braga

  • Alamat: Jl. Braga, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Kalau ingin mencari objek wisata unik dan ikonis khas Bandung, kawasan Jalan Braga tak boleh terlewatkan. Selain memiliki desain arsitektur kolonial yang dimodernisasi, di jalan ini juga tersedia berbagai toko, kafe, hingga bar untuk nongkrong atau beristirahat.

Bagi penyuka wisata selfie, Jalan Braga juga harus masuk list tempat yang perlu diabadikan dalam foto kala mengunjungi kota Kembang. Bahkan, para fotografer pernikahan sangat sering lho menjadikan Jalan Braga sebagai spot foto andalan mereka.

Kawasan Lembang

Pertama, kita akan membahas tempat wisata yang ada di kawasan Bandung Utara, seperti Lembang dan sekitarnya. Kawasan ini merupakan favorit wisatawan setiap akhir pekan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota.

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
  • Alamat: Cikahuripan, Lembang, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00-17.00 WIB
  • Harga tiket masuk:
    • Turis Lokal: Rp20.000 per orang (hari biasa), Rp30.000 per orang (hari libur)
    • Turis Mancanegara: Rp200.000 per orang (hari biasa), Rp300.000 per orang (hari libur)

Bila kamu mencari wisata alam, bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Lokasinya memang sekitar 20 kilometer dari kota Bandung. Namun, udara sejuk menjadi nilai tambah di tempat ini. Kalau ke sini, lebih baik pakai jaket atau lengan panjang agar tak kedinginan, ya.

Bisa dibilang Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang masih aktif tapi bisa dikunjungi wisatawan. Bila sedang tak aktif, ia akan mengeluarkan uap belerang. Sedangkan saat meletus, biasanya mengeluarkan lava, belerang, serta mineral. Ada tiga kawah yang bisa kamu lihat, yaitu kawah upas, kawah domas, dan kawah ratu.

Tak perlu khawatir, kamu dan keluarga bisa dengan tenang mengunjungi dan berdekatan dengan kawah karena ada pagar pembatasnya. Kalau ingin lebih nyaman, coba kunjungi Gunung Tangkuban Perahu saat hari biasa. Karena tempat ini lumayan populer dikunjungi saat weekend, lho.

2. Orchid Forest Cikole

  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam operasional: 09.00 – 18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp40.000 per orang

Orchid Forest Cikole adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang banyak diminati wisatawan. Kalau ke Cikole memang lebih dulu terkenal adalah Grafika Cikole. Nah, Orchid Forest Cikole memiliki pintu masuk tepat setelah Grafika Cikole. Namun kamu perlu masuk lebih dalam lagi menuju Orchid Forest Cikole.

Kalau dari namanya, terlintas pasti tentang anggrek. Sebenarnya tidak salah. Memang ada satu lokasi rumah kaca yang di dalamnya merupakan tempat budidaya kira kira 157 jenis anggrek. Sisanya adalah suasana nyaman saat kamu berada di hutan. Lokasinya sendiri memang berada di dalam hutan lindung. Sudah pasti rimbun dan dingin di sini.

Di dalamnya kamu bisa menikmati pemandangan, dan banyaknya spot foto tersedia gratis tanpa biaya tambahan! Spot fotonya tak hanya satu, lebih dari 10 malah. Menarik ya. Tak ingin di spot foto pun bisa karena lokasinya sudah keren. Jadi, sesuka hati kamu saja mau foto asal tetap jaga kerapihan dan kebersihan tempat wisata.

Selain spot foto, ada juga rumah kelinci. Kamu bisa mengajak si kecil melihat kelinci dari dekat. Kalau hanya melihat, kamu dan si kecil tinggal masuk saja. Tak ada biaya. Bila ingin memberi makan, bisa dengan membeli seikat wortel. Jangan lupa diabadikan saat si kecil memberi makan kelinci, ya.

Ada yang gratis, ada juga yang berbayar, misalnya saja Sky Bridge. Jembatan gantung ini dibuat dari kayu dan tali tambang dengan panjang 50 meter. Uniknya, saat malam, lampu-lampu di sini langsung menyala. Ini karena sudah dipasang sensor cahaya. Bisa dikatakan, Sky Bridge merupakan salah satu daya tarik dari Orchid Forest Cikole.

3. Farm House Susu Lembang

  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB (Senin s.d Jumat), 08.00-19.00 (Sabtu s.d Minggu & Libur Nasional)
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 30.000 per orang

Kamu ingin berfoto dengan latar Rumah Hobbit seperti di film? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena kamu bisa berfoto dengan latar tersebut di Farm House Susu Lembang. Ya, di sini kamu bisa berfoto sepuasnya di berbagai lokasi yang mirip seperti rumah hobbit.

Selain itu, bangunan lainnya di Farm House ini dibuat mirip seperti kawasan Eropa pada  jaman dahulu. Agar lebih lengkap, kamu juga bisa berfoto dengan menggunakan kostum khas Belanda yang disewakan oleh pihak Farm House. Menarik sekali bukan?

Konsep lainnya yang diusung oleh Farm House ini adalah peternakan. Kamu bisa masuk ke kandang untuk berfoto dengan berbagai binatang peliharaan dari dekat, seperti kambing, sapi, kelinci, dan lainnya. Kamu juga bisa memberi mereka makan dengan membeli pakan yang sudah disediakan.

4. Floating Market Lembang

  • Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Senin-Jumat 09.00-18.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-19.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 30.000 per orang

Floating Market merupakan tempat wisata yang sangat populer. Seperti namanya, tempat ini memiliki konsep ala pasar terapung. Di sini kamu bisa membeli berbagai makanan dan minuman dari pedagang yang berjualan di atas perahu. Makanan yang dijual juga sangat beragam, mulai dari sate, jagung bakar, colenak, hingga surabi dan makanan khas Bandung lainnya.

Selain pasar terapungnya, Floating Market juga memiliki berbagai wahana menarik lainnya seperti penyewaan kostum, outbound, hingga rainbow garden yang berisi aneka macam bunga. Buat kamu yang suka dengan kereta api, di sini juga terdapat miniatur kereta api yang sangat mirip dengan kereta api yang asli.

Di Floating Market juga terdapat wahana Kota Mini. Di sini anak-anak bisa bermain dengan berbagai macam kostum dan peran yang sangat seru. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

5. De Ranch

  • Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu 09.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp26.000 per orang

De Ranch merupakan tempat wisata dengan konsep yang sangat unik. Ya, di sini kamu bisa bergaya seperti layaknya seorang koboi. Kamu bisa memakai kostum koboi lalu berkeliling tempat wisata ini sambil menunggangi kuda. Sangat seru kan?

Selain menunggangi kuda, kamu juga bisa bermain di wahana air dan outbound yang ada di De Ranch ini. Jika kamu ingin melihat bagaimana cara memelihara hewan ternak, maka kamu bisa berkunjung ke kandang sapi dan kambing yang ada di sini.

Jika sudah puas menjajal semua wahananya, kamu bisa langsung menuju ke area kuliner untuk mengenyangkan perutmu. Terdapat banyak makanan lezat yang ada di sini. Kamu bisa menyantap makanan tersebut sambil menikmati padang rumput yang luas dan asri.

6. Taman Begonia

  • Alamat: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 08.00 - 17.30 WIB
  • Harga Tiket Masuk:
    • Turis Domestik Rp25.000/orang
    • Turis Mancanegara Rp30.000/orang

Wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Begonia. Di sini kamu bisa berfoto dengan berbagai koleksi bunga yang sangat cantik. Beberapa di antaranya adalah bunga salvia, impatients, celosia, balinea, dan masih banyak lagi.

Selain koleksi bunga, Taman Begonia juga memiliki area perkebunan yang berisi aneka buah dan sayuran seperti tomat, ceri, jagung, brokoli, dan lainnya. Di perkebunan ini kamu bisa memetik sendiri sayuran dan buah yang kamu inginkan. Asyik banget kan?

7. The Great Asia Africa

  • Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 09.00 – 18.00 (Senin s.d Jumat), 08.00 – 19. 00 (Sabtu s.d Minggu dan Libur Nasional)
  • Harga Tiket: Rp50.000

Sebelum kamu menjelajahi benua Asia dan Afrika sungguhan, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di kawasan Lembang ini. The Great Asia Africa merupakan taman miniatur yang menawarkan sensasi bertandang ke negara-negara yang ada di benua Asia dan Afrika.

Objek wisata dengan konsep seni yang edukatif ini akan membuat pengunjung memahami budaya negara-negara Asia Afrika contohnya Korea, Jepang, Afrika, dan India. Di tiap-tiap blok negaranya, kamu akan disuguhkan bangunan tradisional atau bangunan ikonis khas tiap negara, pakaian adat hingga pembuatan makanan tradisionalnya.

8. The Lodge Maribaya

  • Alamat: Jl. Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08. 00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp45.000

Tempat yang sempat viral beberapa tahun kebelakang karena memadukan konsep wisata alam yang unik namun ‘kekinian’, membuat The Lodge Maribaya tak luput dari ingatan bila bicara soal tempat wisata di Bandung yang tak boleh dilewatkan.

Selain memanjakan mata dengan pemandangan alam patahan Lembang yang indah, The Lodge Maribaya juga menawarkan berbagai wahana yang bisa memacu adrenalin pengunjung namun tetap instagrammable. Di sini kamu dapat menaiki balon udara, sepeda, ayunan yang digantung dari ketinggian, rumah pohon tinggi, dan masih banyak lagi.

The Lodge Maribaya yang berlokasi di kawasan Lembang ini juga bisa digunakan sebagai tempat berkemah. Objek wisata ini juga sudah punya kafe dan restoran di dalamnya sebagai tempat kamu beristirahat setelah lelah mencoba berbagai wahana.

9. Lembang Park and Zoo

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 09. 00 – 17. 00 WIB (Senin s.d Jumat), 09. 00 – 18. 00 (Sabtu s.d Minggu, Libur Nasional)
  • Harga Tiket: Rp40.000 (Senin s.d Jumat). Rp50.000 (Sabtu s.d Minggu, Libur Nasional)

Tak hanya Kebun Binatang Bandung yang menawarkan wisata edukasi soal satwa, Lembang Park and Zoo juga akan memberikan sensasi serupa. Bahkan objek wisata ini sudah memiliki izin sebagai lembaga konservasi satwa, lho.

Lembang Park and Zoo memiliki sekitar 500 koleksi satwa yang bukan hanya asli Indonesia, tapi juga mancanegara. Mulai dari reptil, unggas, hingga mamalia. Selain melihat langsung rupa satwa-satwa tersebut, pengunjung juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan hewan contohnya adalah show burung.

Berbagai jenis burung akan beradu lincah di show ini sekaligus menghibur penonton. Dijamin akan membuat si kecil bergembira ketika menyaksikannya. Kamu juga bisa menambah keceriaan si kecil dengan mengajaknya bermain di area Playground, Storyland atau Carnival Games. Pokoknya, Lembang Park and Zoo sangat cocok bagi kamu yang ingin berekreasi dengan keluarga tercinta.

10. Punclut

  • Alamat: Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Harga Tiket: Gratis

Nah, kalau yang satu ini bukan cuma jadi favortinya keluarga, namun juga para muda-mudi. Pasalnya, banyak berderet rumah makan dan kafe di kawasan ini, dari yang bertemakan tradisional, hingga yang cukup modern. Tak heran, kawasan Punclut sering sekali dijadikan opsi tempat nongkrong anak muda Bandung.

Ambiance kawasan Punclut yang masih sejuk juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih rileks. Kawasan Punclut juga sangat sering dijadikan tempat peristirahatan warga yang lelah berolahraga. Oleh karenanya, ketika berkunjung ke Bandung terutama kawasan Lembang, kamu harus mencoba menjejakan kaki di Punclut dan merasakan sensasi beristirahat di sini.

Kawasa Dago dan Bandung Utara

Tidak lengkap rasanya apabila kamu berlibur ke Bandung namun tidak mengunjungi kawasan Dago dan Bandung Utara. Kawasan ini terkenal dengan berbagai objek wisata baik yang bertemakan alam maupun modern. Berikut ini adalah berbagai objek wisata yang bisa kamu jadikan pilihan bila ingin mengunjungi kawasan Dago dan Bandung Utara.

1. Dago Dream Park

  • Alamat: Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Senin-Jumat, 09.00-17.00 WIB, Sabtu-Minggu 08.00-18.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp30.000 s/d Rp40.000 per orang

Dago Dream Park adalah tempat wisata populer yang ada di sebelah utara Kota Bandung. Salah satu yang paling terkenal di sini adalah wahana karpet Aladinnya. Ya, kamu bisa berfoto dengan melayang di udara layaknya sedang terbang di atas karpet Aladin.

Selain karpet Aladin, terdapat wahana seru lainnya yang juga wajib dicoba. Di antaranya ada Geared Up yang merupakan wahana permainan sepeda, kemudian ada wahana Pine House, ada juga Mini ATV, dan terakhir ada Uncle’s Barn untuk anak-anak yang ingin berinteraksi dengan beragam hewan ternak.

2. Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda

  • Alamat: Jl. Pakar Kulon No.13, Ciburial, ,Cimenyan,Bandung,Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp15.000 per orang

Jalan Dago merupakan salah satu jalanan populer yang ada di Bandung, selain Jalan Braga. Di sini kamu bisa menemukan banyak factory outlet, cafe, tempat makan, penginapan, sampai toko oleh-oleh. Nah, selain terkenal dengan namanya, Dago punya tempat wisata seru bersama keluarga yang bisa kamu kunjungi bernama Taman Hutan Raya Ir. Haji Juanda.

Lokasinya berada di Dago Pakar, dan tak membutuhkan waktu banyak untuk sampai. Sesampai di dalam, kamu akan terkesima bahwa di dalamnya benar-benar hutan lebat yang ditata untuk bisa dikunjungi. Udara segar pun langsung menerpa wajah.

Di dalamnya terdapat berbagai macam spot yang wajib untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goa Jepang dan Goa Belanda yang terkenal dengan cerita mistisnya. Lalu ada juga penangkaran rusa di mana kamu bisa berfoto dan memberi makan rusa-rusa yang ada di sana.

Di Tahura Juanda juga kamu bisa mengunjungi berbagai curug atau air terjun, mulai dari curug lalay, curug kidang, hingga curug omas yang berada di Maribaya. Kalau kamu beruntung, kamu juga akan bertemu dengan kawanan kera yang memang dibiarkan liar. Tak perlu takut. Mereka tak akan mengganggu bila tak diganggu.

3. Bukit Moko

tempat wisata di Bandung_Bukit MokoSumber: pegipegi.com
  • Alamat: Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 05.00 – 18. 00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang (Reguler), Rp25.000 per orang (Berkemah)

Bila ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, teman-teman, ataupun orang terkasih dengan suguhan alam yang indah nan sejuk, kamu bisa mengajak mereka ke Bukit Moko. Selain disuguhi lanskap alam yang masih asri, wisatawan sangat menyukai objek wisata ini karena dapat melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan sunset dan sunrise yang menakjubkan dari bukit yang memiliki ketinggian sekitar 1500 mdpl ini. Makanya bila ingin tandang ke Bukit Moko, sebaiknya kamu dan keluarga atau teman-teman sekalian camping saja di area camping ground yang disediakan.

Bukan cuma bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian, Bukit Moko juga memiliki area hutan pinus yang lebat dan estetik dan Puncak Bintang yang tidak boleh dilewatkan untuk memandang bintang-bintang di langit. Spot ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai objek wisata yang menyatu dengan alam.

4. Tebing Keraton

  • Alamat: Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 -16.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang

Masih di sekitaran kawasan Dago, terdapat sebuah objek wisata yang sempat sangat digandrungi oleh warga kota Bandung yaitu Tebing Keraton. Objek wisata berbentuk tebing dengan ketinggian 1200 mdpl ini menawarkan pemandangan jurang dan bukit yang indah. Oh iya, warga kota Bandung sendiri sangat suka untuk mengabadikan momennya dalam foto ketika berada di sini.

Selain pemandangan yang hanya bisa dilihat dari ketinggian, Tebing Keraton juga bisa dijadikan tempat berkemah, bersepeda, trekking, hingga tempat bermeditasi. Ketika berkunjung ke sini, wisatawan juga akan disuguhkan dengan hamparan hutan pinus yang lebat dan sejuk.

5. Lawangwangi Creative Space

  • Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: 10.00 – 22.00 WIB (Selasa s.d Jumat), 11.00 – 23.00 WIB (Sabtu), 09.00 – 21.00 WIB (Minggu)
  • Kisaran Harga: Rp10.000- Rp100. 000 (Untuk Harga Makanan yang Dipesan)
  • Harga Tiket: Gratis

Nah, kalau yang satu ini merupakan objek wisata yang lebih modern yaitu Lawangwangi Creative Space. Memadukan konsep rekreasi kuliner dan seni kontemporer, Lawangwangi akan membuatmu serasa berada di restoran sekaligus art gallery. Bahkan, tempat ini juga bisa dijadikan coworking space untuk kamu para pekerja kantoran yang ingin merasakan suasana baru saat bekerja.

Meski penuh dengan sentuhan modern, karena Lawangwangi Creative Space terletak di kawasan yang masih hijau dan dipenuhi pepohonan, kamu juga tetap bisa merasakan keindahan alam kota Bandung yang terasa sejuk dan masih asri di sini. Spot-spot untuk berfoto ria di sini juga cukup banyak yang ciamik dan instagrammable, makanya sayang banget untuk dilewatkan.

Kawasan Cimahi dan Bandung Barat

Terakhir, kita akan membagikan tempat wisata favorit yang ada di kawasan Cimahi dan bandung Barat. Objek wisata di kawasan ini memang tidak seterkenal objek wisata di kawasan lainnya. Akan tetapi, berbagai objek wisata ini tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Apa sajakah itu?

1. Dusun Bambu

  • Alamat: Jalan Kolonel Masturi No. KM, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551.
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 09.30 – 17.30 WIB.
  • Harga tiket masuk: Rp150.000 per orang (Dewasa), Rp50.000 per orang (Anak)

Dusun Bambu merupakan tempat wisata yang dibuka pada tahun 2014. Tempat wisata ini menawarkan konsep eco-friendly dengan pemandangan yang sangat indah. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, seperti menanam padi di Paddy field, berkemah, perahu dayung, mengunjungi taman kelinci, dan lainnya.

Jika merasa lapar, kamu juga bisa langsung bersantap ria di Resto Pohon Lutung Kasarung yang menyajikan berbagai macam makanan yang lezat. Bisa disimpulkan, Dusun Bambu ini merupakan objek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

2. Curug Cimahi

Curug CimahiSumber: https://www.flickr.com/
*Sumber: https://www.flickr.com/photos/hoesni/
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
  • Jam operasional: Setiap hari (07:00 – 21:00)
  • Harga tiket masuk: Rp20.000 per orang

Curug Cimahi merupakan salah satu wisata air terjun yang sangat indah di Bandung. Air terjun ini juga disebut sebagai Curug Pelangi karena seringkali muncul pelangi di antara percikan airnya. Selain itu, julukan pelangi juga merujuk kepada lampu warna-warni yang menyorot air terjun ini pada malam hari.

Kamu bisa melihat keindahan air terjunnya tersebut dari atas. Namun, jika kamu ingin melihatnya dari dekat, maka kamu harus menuruni ratusan anak tangga. Maka dari itu, pastikan kamu punya fisik yang prima agar tidak kelelahan saat menuruni dan menaiki kembali anak tangganya.

Sebagai informasi, Curug Cimahi juga merupakan tempat tinggal dari banyak monyet liar. Oleh karena itu kamu harus hati-hati dan tidak boleh mengganggu tersebut jika tidak ingin mereka marah.

3. Taman Alun-Alun Cimahi

tempat wisata di Bandung_Taman Alun-Alun CimahiSumber: limawaktu.id
  • Alamat: Jl.Raya Barat No.57, Setiamanah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Harga Tiket: Gratis

Kawasan Cimahi juga punya alun-alun tersendiri yang sangat ramai dikunjungi. Alun-alun ini tepat berada di tengah kota, sehingga aksesnya sangat mudah. Dan sama seperti alun-alun kebanyakan, di sini juga banyak penjual yang menjajakan makanan. Sehingga kamu dan keluarga dapat menghabiskan waktu bersama tanpa khawatir soal urusan perut.

Selain menawarkan objek wisata khas tengah kota, di Taman Alun-Alun Cimahi juga terdapat pepohonan rindang serta area playground. Jadi kamu bisa sekalian beristirahat di sini sambil menunggu si kecil yang sedang asyik bermain.

4. Pandiga Educreation Sport & Swimming Pool

  • Alamat: Jl. Sirnarasa No.11, Cihanjuang, Kota Cimahi
  • Jam Operasional: 09. 00 – 17. 00 (Rabu s.d Minggu)
  • Harga Tiket: Rp30.000 per orang (Rabu s.d Jumat), Rp35.000 per orang (Sabtu s.d Minggu)

Cimahi juga punya tempat wisata menarik yang memadukan olahraga dan edukasi yaitu Pandiga Educreation Sport & Swimming Pool. Selain menyediakan kolam renang semi outdoor untuk dewasa, anak-anak juga bisa menghabiskan waktunya untuk bermain di kolam anak yang disediakan. Bahkan ada juga Crazy Ball yaitu wahana bola besar yang bisa menggelinding dan mengapung di air.

Tak hanya itu, Pandiga Educreation Sport & Swimming Pool juga menyuguhkan area outbond yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Bahkan, di sini juga terdapat area permainan Paint Ball.

Ketika lelah pun, kamu bisa beristirahat untuk menyantap hidangan lezat di Hanjuang Café & Resto yang masih berlokasi di kawasan yang sama. Lengkap, ya?

5. Stone Garden Citatah

tempat wisata di Bandung_Stone garden citatahSumber: idetrips.com
  • Alamat: Desa Gunung Masigit, Cipatat, Bandung Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp12.000 per orang (Turis Lokal), Rp25.000 per orang (Turis Mancanegara)

Siapa bilang bebatuan tidak menarik? Buktinya, bebatuan di Store Garden Citatah malah jadi objek wisata yang dibanggakan warga Jawa Barat. Pasalnya, bebatuan alami di kawasan rekreasi ini membentuk formasi yang indah dan tidak biasa. Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang disuguhkan, pasti bikin kamu pangling dan terpesona.

Konon, bebatuan alami yang ada di Sote Garden Citatah ini berasal dari terumbu karang. Pasalnya, dahulu kala kawasan Bandung merupakan lautan. Dan ketika air lautnya surut, masyarakat mulai meninggali kawasan ini.

Bukan hamparan format bebatuannya saja yang menakjubkan, Gua Pawon yang terletak di bawah Stone Garden juga punya daya tarik tersendiri. Di sini pengunjung dapat melihat bukti-bukti sejarah yang masih tertinggal dalam gua.

Seru, ya? Selain bisa menikmati pemandangan yang luar biasa, kamu juga bisa sekalian belajar tentang sejarah purbakala yang terjadi di kawasan Bandung.

Kawasan Soreang dan Ciwidey

Selanjutnya kita beralih ke kawasan Bandung Selatan atau kawasan Soreang dan Ciwidey. Untuk menuju kawasan ini, kamu tidak perlu masuk ke Kota Bandung terlebih dahulu karena bisa langsung keluar dari exit tol Soreang. Berbagai tempat wisata di Bandung Selatan ini sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana alam yang asri.

1. Kawah Putih Ciwidey

Spot Populer Kawah Putih
  • Alamat: Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp27.000 per orang (Turis Lokal), Rp81.000 per orang (Turis Mancanegara)

Tempat wisata yang paling terkenal di kawasan Bandung Selatan adalah Kawah Putih. Kawah putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Tanahnya berwarna putih dan airnya berwarna kehijauan karena ada unsur belerang.

Kamu disarankan untuk menggunakan masker saat memasuki area ini karena bau belerangnya yang sangat menyengat. Meskipun begitu, suasana eksotis merupakan nilai tambah di tempat ini. Kamu bisa berfoto dengan latar yang sangat indah dan romantis di sini. Maka dari itu, tempat ini banyak digunakan sebagai lokasi pre-wedding.

2. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis
*
  • Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp5.000 per orang (Parkir Motor)

Air hangat memang tak ada matinya dijadikan tujuan wisata. Di kawasan Ciwidey terdapat pemandian air hangat yang bernama Kawah Rengganis. Lokasinya tak jauh dari Kawah Putih. Jadi setelah puas berfoto dan mengunjungi Kawah Putih, bisa melipir ke Kawah Rengganis.

Kawah Rengganis muncul akibat letusan Gunung Sunda Purba sejak jutaan tahun lalu. Lalu muncul air hangat yang disinyalir bisa merontokan pegal-pegal. Di salah satu titik di sini tersedia pancuran buatan dari bambu yang menarik untuk dicoba. Suasananya sepintas mirip di Bali. Main air hangat di Kawah Rengganis bersama keluarga patut dicoba, ya.

3. Ranca Upas

Ranca Upas
*
  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: 07.30-17.00 WIB (Wisata), 24 Jam (Berkemah)
  • Harga tiket masuk: Mulai Rp 20.000 per orang

Ranca Upas adalah tempat wisata lainnya di daerah Bandung Selatan yang harus kamu kunjungi. Tempat ini adalah salah satu bumi perkemahan terkenal di Bandung. Ranca upas selalu menjadi favorit bagi pegiat camping dari berbagai kota, khususnya di akhir pekan.

Selain untuk berkemah, banyak orang mengunjungi Ranca Upas untuk melihat langsung rusa di area penangkarannya. Di sini kamu dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan rusa dari jarak dekat. kamu juga dapat berfoto sekaligus memberi makan para rusa dengan membeli sayuran yang sudah dijual di sini,

Jika merasa lapar, kamu tidak perlu khawatir karena di sini terdapat banyak warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

4. Situ Patenggang

Situ Patenggang
  • Alamat: Rancabali, Bandung, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (09:00 – 17:00 WIB)
  • Harga tiket masuk: Mulai Rp 25.000 per orang

Situ Patengan atau Patenggang adalah sebuah danau yang berasal dari aktivitas vulkanik. Lokasinya sekitar 7 km dari Kawah Putih ke arah barat. Danau ini sangat asri karena dikelilingi oleh hutan yang rimbun dan juga perkebunan teh yang terhampar luas.

Kamu bisa menikmati keindahan danau ini dari pinggirnya, terutama ketika matahari sedang terbenam. Jika kurang puas, kamu juga bisa menjelajahi danau dengan menggunakan perahu yang banyak disewakan di sini. Dengan perahu tersebut kamu bisa berkeliling danau atau mengunjungi Pulau Cinta yang ada di tengahnya.

Jika ingin bermalam, kamu juga tidak perlu khawatir. Pasalnya, di sekitar Situ Patengan ini banyak sekali penginapan yang tersedia, mulai dari villa hingga tempat camping kekinian alias glamping. Kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan dana yang kamu miliki.

5. Glamping Lakeside Rancabali

  • Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang

Memimpikan wisata alam yang terasa mewah? Jawabannya adalah Glamping Lakeside Rancabali. Penginapan yang terletak di kawasan Ciwidey ini merupakan wisata penginapan yang mengusung konsep menyatu dengan alam.

Glamping sendiri merupakan tenda semi permanen yang dapat dibongkar pasang. Di dalam tenda ini terdapat tempat tidur, kamar mandi, hingga air panas. Fasilitas yang setara dengan hotel berbintang. Belum lagi pemandangan kebun teh dan danau yang disuguhkan, akan membuat siapapun yang menginap di sini ingin berlama-lama untuk menetap.

Selain berhiaskan kebun teh dan danau yang alami, pihak pengelola juga membuat area lain yang tidak kalah menarik. Contohnya Tent Resort yang menyediakan wahana permainan seru seperti paintball, rafting dan offroad. Ada juga spot Pinisi Resto yang paling outstanding karena berbentuk kapal besar. Semuanya melengkapi fasilitas Glamping Lakeside Rancabali yang unik dan nyaman.

Kawasan Pangalengan

Siapa bilang kawasan Pangalengan hanya terkenal dengan produk susunya saja? Kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung ini juga menyuguhkan objek wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah list objek wisata yang pelu dikunjungi ketika kamu berada di kawasan Pangalengan.

1. Sunrise Point Cukul

  • Alamat: Jl. Cukul, Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08. 00 – 18.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Berada di ketinggian 1600 mdpl menjadikan Sunrise Point Cukul menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise di Pangalengan. Bukan itu saja, di sini kamu juga bisa menikmati lanskap alami kawasan Pangalengan yang masih hijau dan banyak berhiaskan bukit serta kebun teh.

Walau terhitung baru, nyatanya Sunrise Point Cukul sudah menyedot banyak perhatian masyarakat yang ingin berfoto ria di kawasan ini. Tapi untuk sampai Sunrise Point Cukul, kamu perlu berjalan sekitar 2 km dari tempat terakhir kendaraan diparkir. Makanya objek wisata ini sangat tepat untuk disinggahi sambil berolahraga pagi.

2. Pemandian Air Panas Cibolang

  • Alamat: Desa Wanasuka, Pangalengan, Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 -17. 00 WIB
  • Harga Tiket: Rp25.000 per orang (Reguler), Rp35.000 per orang (VIP)

Di Jawa Barat, bukan cuma Garut yang punya pemandian air panas, Pangalengan pun tidak mau ketinggalan. Cibolang Hot Spring adalah pemandian air panas yang berada di tengah perkebunan teh serta pegunungan. Bisa terbayangkan bagaimana sensasinya?

Terdapat 3 kolam di pemandian ini dari yang difungsikan untuk terapi hingga area kolam untuk anak-anak. Bukan itu saja, Cibolang Hot Spring juga menawarkan fasilitas kolam Ngagogo bagi kamu yang sangat suka memancing ikan. Bahkan, bila kamu ingin sekalian menginap di sini, pihak pengelola juga sudah menyediakan penginapan khusus dengan fasilitas lengkap seperti hotel.

3. Hutan Pinus Rahong

tempat wisata di Bandung_Hutan Pinus RahongSumber: kompas.com
  • Alamat: Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00- 17. 00 WIB (Bermain saja), 24 Jam (Berkemah)
  • Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Bila mencari tempat rekreasi yang masih dominan sentuhan alam tanpa banyak menambahkan kesan modern, kamu dapat berkunjung ke Hutan Pinus Rahong. Awalnya fungsi hutan pinus adalah sebagai resapan air, akan tetapi keindahan alami Hutan Pinus Rahong ternyata banyak menyedot perhatian. Karena itulah hutan ini mulai dijadikan objek wisata alam yang cukup fotogenik.

Selain bermandikan sentuhan alam khas Pangalengan, hutan ini dipenuhi pohon-pohon pinus yang rindang dan tinggi menjulang. Ada juga aliran sungai yang menambah kesan alami tempat rekreasi ini. Bahkan sekarang, pengelola Hutan Pinus Rahong sudah menambahkan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung seperti outbond dan arung jeram.

4. Rumah Pengabdi Setan

tempat wisata di Bandung_Rumah Pengabdi SetanSumber: krjogja.com
  • Alamat: Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Semenjak muncul di salah satu film horor fenomenal Indonesia berjudul Pengabdi Setan, rumah yang dijadikan lokasi syuting film tersebut menjadi objek wisata yang cukup ikonis. Awalnya, rumah kosong ini merupakan bangunan Belanda biasa milik BUMN PTPN VIII. Namun setelah dijadikan lokasi syuting film garapan Joko Anwar tersebut, konon aura rumah ini berubah menjadi lebih angker.

Selain berlokasi tepat di tengah perkebunan teh, Rumah Pengabdi Setan menawarkan wisata mistis yang akan mengantarkanmu pada sensasi menjadi pemeran dalam film Pengabdi Setan. Pasalnya, banyak furniture bertajuk film tersebut ditinggalkan di rumah ini yang akan menambah kengerian pengunjung.

Selain itu, pengelola juga menambahkan boneka-boneka hantu pada spot tertentu dalam rumah yang bisa menjadi jumpscare tersendiri bagi pengunjung. Seru, kan? Kalau kamu salah satu penyuka wisata mistis, Rumah Pengabdi Setan di Pangalengan ini wajib masuk dalam list.

Daftar tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi untuk quick getaway di atas memang menarik. Sepertinya ingin mengunjungi semua ya. Liburan memang seru untuk dijadikan sarana melepas lelah. Adakah tempat favorit di Bandung yang bernuansa alam atau budaya versi kamu? Yuk share di kolom komentar, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram