keluyuran web banner

10 Tempat Wisata di Bandungan yang Seru untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 26 Desember 2020

Bandungan merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang. Bandungan berbatasan dengan Bawen dan Ambarawa, dikenal juga sebagai salah tempat yang sejuk di kawasan Semarang. Terletak di kaki Gunung Ungaran, Bandungan memiliki udara yang sejuk dan merupakan titik tertinggi dari Kabupaten Semarang.

Jika kamu sedang jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa mampir ke Bandungan, apalagi kalau kamu suka cari tempat ngadem. Di Bandungan terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini 10 tempat wisata alam di Bandungan yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari libur.

1. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

* sumber: explorewisata.com

Taman Bunga Celosia merupakan salah satu taman rekreasi yang terletak di kaki Gunung Ungaran. Ketika masuk ke dalam taman wisata, wisatawan akan disambut jalan setapak yang berwarna-warni. Taman Bunga Celosia menjadi salah satu tempat favorit untuk foto sendiri hingga prewedding.

Sesuai dengan namanya, Taman Bunga Celosia banyak ditanami bung-bunga yang menghiasi setiap wilayah taman. Terdapat beraneka jenis bungam mulai dari lavender, diantus, hebras, dan masih banyak lagi jenis bunga lain yang bisa kamu lihat.

  • Alamat : Jl. Candi Gedong Songo, Beroken, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 07.30 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

2. Wisata Alam Legok Madu Bandungan

Wisata Alam Legok Madu Bandungan

* sumber: imageworldoftourism.blogspot.com

Tak jauh dari Taman Bunga Celosia, terdapat Wisata Alam Legok Madu. Tempat wisata ini memiliki taman hijau yang menjadi ikon. Pada area taman terdapat patung berbentuk seperti burung unta besar. Di sekeliling taman ditumbuhi bunga-bunga berwarna merah yang cantik dipandang.

Taman wisata yang terbilang masih baru ini sudah menjadi tempat favorit bagi anak muda di Kabupaten Semarang, maupun ibu-ibu yang memiliki anak kecil. Tempat yang sejuk, dengan pemandangan indah membuat pengunjung betah ketika berlibur ke sini.

  • Alamat : Kaliwinong, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Kabupaten Semarang. Terletak di lereng Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti memiliki ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit karena udaranya yang sejuk.

Di Umbul Sidomukti terdapat taman renang alam yang merupakan kolam renang bernuansa alam dengan dikelilingi batu alam di tepi kolam, dan pemandangannya langsung mengarah ke perbukitan hijau. Selain itu, di sini juga terdapat wahana seru lainnya seperti flying fox, marine bridge, hingga sepeda gantung.

  • Alamat : Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000 (belum termausk wahana)
  • Kontak : (0298) 7137 010

4. Ampelgading Homeland

Ampelgading Homeland

Sumber: https://twitter.com/wisatasemarang/status/995866634832166912

Ingin menikmati pemandangan pegunungan dengan hawa yang sejuk? Kamu bisa datang ke Ampelgading Homeland yang terletak di lereng Gunung Urangan. Tempat di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut ini, Ampelgading Homeland menyuguhkan pemandangan pegunungan di selatan Kabupaten Semarang.

Terdapat gardu pandang dimana kamu bisa melihat dengan jelas gagahnya Gunung Merbabu dari kejauhan, kemudian di depannya ada Gunung Telomoyo, dan perbukitan lain yang membuat pemandangan semakin cantik. Terutama pada sore menjelang malam, kamu bisa melihat citylights dari Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga yang memesona.

  • Alamat : Ampelgading, Kenteng, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0823-2259-9988

5. Rumah Hobbit Ngasem Park

Rumah Hobbit Ngasem Park

* sumber: phinemo.com

Kabupaten Semarang terus menambah destinasi untuk meramaikan tren berwisata. Setelah taman wisata yang menarik, ada pula Ngasem Park yang berada dalam satu kawasan dengan Kebun Bunga Setiya Aji. Ngasem Park dikenal dengan kampung hobbit yang mirip seperti rumah hobbit di Lembang, Kabupaten Bandung.

Meski dikenal dengan rumah hobbit sebagai spot unggulan, Ngasem Park juga memiliki spot lain yang tak kalah menarik. Seperti jembatan bambu dimana kamu bisa menikmati pemandangan dari ketinggian, serta menara kayu, dan pintu langit.

  • Alamat : Cinlungan, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Kontak : 0857-2649-7516

6. Bukit Paralayang

Bukit Paralayang

* sumber: www.inibaru.id

Jalan-jalan ke lereng Gunung Ungaran, lakukan kegiatan yang anti mainstream. Di sini, terdapat Bukit Paralayang Sidomukti yang disebut sebagai salah satu spot paralayang terbaik di Jawa Tengah. Jika kamu suka dengan kegiatan ini atau ingin mencoba terbilang menggunakan paralayang, bisa berlatih atau tandem dengan yang sudah ahlinya.

Tak perlu khawatir ketika terbang, karena bagi pemula akan terbang berdua dengan instruktur. Bisa juga ikuti kursus paralayang dengan tarif paket yang berbeda-beda. Namun jika kamu sudah handal dan sudah memiliki lisensi, yuk coba terbang di atas Kabupaten Semarang. Terbang sejauh 2,5 km menggunakan paralayang akan memberikan pengalaman berbeda.

  • Alamat : Gunung Ungaran, Manggung, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasionla : 09.00 – 15.15 WIB
  • Tarif Terbang : Rp350.000/orang
  • Kontak : 0818-293-133

7. Sunrise Hill Gedong Songo

Sunrise Hill Gedong Songo

Rekreasi bernuansa pegunungan menjadi hal yang menyenangkan dan tepat jika dilakukan bersama keluarga. Di Bandungan, ada Sunrise Hill Gedong Songo yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, dan hiburan yang menarik, tak sebatas spot foto yang instagramable saja.

Sunrise Hill Gedong Songo menyediakan hiburan seperti tempat permainan anak berupa waterpark yang dilengkapi dengan wahana permainan, dan kampung horror. Selain itu, di sini juga menyediakan photobooth bernuansa alam serta budaya, dan arena kuliner masakan khas Jawa yang perlu kamu coba.

  • Alamat : Dusun Darum, Tlogosari, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp30.000
  • Kontak : 0822-2693-3233

8. Kebun Bunga Pak Yoto

Kebun Bunga Pak Yoto

Selain Taman Bunga Celosia, ada juga Kebun Bunga Pak Yoto yang telatknya di depan Hotel Nugraha Bandungan. Pemilik kebun bunga, Pak Yoto, menanam bunga krisan di lahan milik pribadi yang akhirnya dijadikan sebagai tempat untuk berwisata. Tak hanya dikunjungi oleh pengunjung lokal, tetapi juga mancanegara.

Uniknya, Pak Yoto menyiapkan area khusus dimana bunga krisan selalu berbunga, dan sistem penanamannya diatur sendiri oleh beliau. Jadi meskipun kamu datang ke sini saat musim bunga belum mekar, tak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa melihatnya di area khusus tersebut. Di sini, wisatawan bisa belajar menanam bunga krisan dengan pemiliknya langsung.

  • Alamat : Kenteng, Bandungan, Duren, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp7.500

9. Little Amsterdam Celosia 3

Little Amsterdam Celosia 3

Ingin melihat miniatur bangunan ala Belanda? Saat sedang berada di Kabupaten Semarang, datang saja ke Little Amsterdam Celosia 3 yang letaknya tak jauh dari Taman Bunga Celosia. Di sini terdapat banyak minatur bangunan khas Belanda, dilengkapi dengan taman bunga khas dari wilayah Bandungan.

Little Amsterdam Celosia 3 menyediakan beragam spot foto menarik. Biasanya, pengunjung datang sore menjelang malam hari, karena pada malam hari Little Amsterdam terlihat lebih indah dengan lampu-lampu LED yang menghiasi bangunan Belanda tersebut.

  • Alamat : Jl. Ke Candi Gedong Songo, Beroken, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 08.00 – 22.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000 – Rp25.000

10. Wisata Alam Perantunan

Wisata Alam Perantunan

* sumber: brisik.id

Menikmati udara sejuk dan alam yang masih asri, bukan sekadar impian ketika berada di Kabupaten Semarang. Di sini ada Wisata Alam Perantunan yang mengusung konsep tanpa listrik. Letaknya yang berada di lereng Gunung Ungaran, dan kondisi geografis yang berbukit membuat tempat ini seru untuk dikunjungi.

Lokasinya mudah dijangkau, dan dilengkapi dengan fasilitas memadai tetap menjadikan Wisata Alam Perantunan bernuansa alami. Di sini, kamu bisa melihat panorama gagahnya Gunung Merbabu, Merapi, hingga si kembar Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

  • Alamat : Jl. Gintungan Utara, Gintungan, Duren, Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Itulah 10 tempat menarik di Bandungan, ketika kamu sedang liburan ke Semarang. Jika biasanya Semarang identik dengan suhu yang panas, tetapi tidak dengan Bandungan. Jadi, cocok banget buat kamu yang suka jalan-jalan ke tempat yang dingin. Yuk, liburan ke Bandungan Semarang!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram