Yuk, Kunjungi 10 Destinasi Wisata Seru di Bangkalan, Madura!

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wisata di Jawa Timur terdengar sudah tidak asing mulai dari wisata alam, wisata religi, sampai pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa bisa dilakukan. Namun, ada satu pulau di Jawa Timur yang wisatanya belum terlalu dikenal wisatawan, yaitu Pulau Madura. Biasanya wisatawan datang ke Madura hanya untuk wisata ke Gili Labak, padahal ada banyak hal menarik di pulau ini.

Bangkalan merupakan sebuah kabupaten di sisi barat Pulau Madura yang menjadi pintu masuk dari Pulau Jawa ke Pulau Madura. Ada banyak transportasi yang menghubungkan Bangkalan dengan Surabaya, mulai dari ferry hingga jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

Inilah 10 destinasi wisata di Bangkalan yang bisa kamu eksplor. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih

Jika di Tuba nada Bukit Kapur Rengel, maka di Bangkalan ada Bukit Kapur Jaddih dengan kolam yang diberi nama Gua Potte. Bukit Jaddih merupakan tempat penambangan batu kapur putih yang kemudian dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bangkalan, Madura.

Bukit Jaddih sampai saat ini masih aktif menjadi tempat penambangan kapur putih, jadi kamu perlu sedia masker agar tidak terkena debu dari truk pasir yang mengangkut tambang. Di bukit ini terdapat Goa Jepang yang hanya dibuka pada saat akhir pekan. Jika kamu ingin masuk ke Goa Jepang, maka disarankan untuk datang pada libur akhir pekan.

  • Alamat : Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp.2000

2. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Kabupaten Bangkalan memiliki pantai cantik, salah satunya Pantai Siring Kemuning. Letak pantai ini dukup tersembunyi, sehingga masih alami dan belum banyak tersentuk wisatawan. Jika pantai pada umumnya memiliki pasir putih atau pasir hitam, berbeda dengan pantai yang satu ini. Pantai Siring Kemuning memiliki pasir yang putih sedikit kekuningan.

Ketika ombak laut menyapu tepian pantai, terlihat jelas pasirnya berwarna kekuningan. Itulah kenapa pantai ini diberi nama Pantai Siring Kemuning. Pantai yang berasa di pesisir utara Pulau Madura ini masih belum tersentuh pembangunan dan belum banyak dilengkapi fasilitas. Meski begitu, pantai ini recommended untuk dikunjungi.

  • Alamat : Macajah, Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000

3. Bukit Geger

Bukit Geger

Bukan hanya pantai, Madura juga memiliki banyak bukit, salah satunya Bukit Geger yang berada di Kabupaten Bangkalan. Bukit Geger memiliki ketinggian 150 sampai 200 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi, bukit ini tetap memberikan pesona alam yang sangat cantik.

Bukit Geger dikembangkan menjadi objek wisata hutan yang dilengkapi camping ground, dan climbing sport. Bukit Geger memiliki hutan akasia, hujan jati, dan hutan mahoni seluas 42 hektar. Bukit Geger memiliki udara yang sejuk dan bebas polusi. Selain itu bukit ini juga memiliki destinasi wisata sejarah dimana terdapat lima gua.

  • Alamat : Laok Kunong, Geger, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Hutan Mangrove Labuhan

Hutan Mangrove Labuhan

Seperti halnya daerah lain yang memiliki wisata pantai, Bangkalan juga memiliki Hutan Mangrove atau Hutan Bakau yang berfungsi untuk menjaga kelestarian alam dan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi. Hutan Mangrove Labuhan yang berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Bangkalan ini dikelola oleh Kelompok Tani Mangrove “Cemara Sejahtera”.

Banyak hal yang bisa dilakukan di Hutan Mangrove Labuhan Bangkalan. Seperti menjelajah kawasan konservasi mangrove, di sini pengunjung bisa mengenal beragam jenis flora dan fauna. Jika suka dengan buah pepaya, kamu juga bisa belajar bertani, hingga memetik buah pepaya. Di sini juga menyediakan arena camping buat kamu yang suka berpetualang.

  • Alamat : Labuhan, Sepulu, Labuhan, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp20.000 – Rp45.000

5. Museum Cakraningrat

Museum Cakraningrat

Tak hanya wisata alam, Pulau Madura juga memiliki destinasi wisata sejarah, salah satunya di Museum Cakraningrat. Museum ini menyimpan benda bersejarah warisan nenek moyang yang pengumpulannya dilakukan pada tahun 1950 – 1955. Benda yang dikumpulkan salah satunya adalah koleksi dari Keraton.

Benda-benda yang sudah dikumpulkan, disimpan di gedung penyimpanan yang ada di Perumahan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Bangkalan. Akhirnya benda bersejarah dirawat dengan baik. Pada tahun 1979 gedung penyimpanan tersebut dinamakan Museum Daerah Tingkat II Kabupaten Bangkalan sebelum berubah nama menjadi Museum Cakraningrat yang diresmikan pada 13 Maret 2008.

  • Alamat : Jl. Soekarno Hatta No.35, Mlajah, Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp1.000

6. Pantai Sapoong

Pantai Sapoong

Selain Pantai Siring Kemuning, Bangkalan memiliki Pantai Rongkang yang terletak di pesisir selatan Pulau Madura. Pantai Rongkang memiliki pasir yang dihiasi dengan batu karang terhampar luas. Dari kejauhan, terlihat Jembatan Suramadu di sisi barat yang membentang dari Surabaya ke Bangkalan.

Pada sisi timur pantai, terdapat batu karang besar dimana kamu bisa naik ke atas batu karang tersebut untuk melihat pemandangan pantai lebih luas. Berkunjung ke pantai ini, serasa pantai milik pribadi karena pantai ini masih sepi pengunjung dan belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata.

  • Alamat : Kejawan, Kwanyar Barat, Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya

Sebelumnya sudah membahas Bukit Jaddih yang merupakan tempat penambangan kapur putih di Kabupaten Bangkalan. Kini saatnya membahas Bukit kapur Arosbaya yang merupakan bekas tambang batu kapur. Sisa pahatan dari penambangan batu kapur inilah yang membuat Bukit Arosbaya terlihat unik dan menarik perhatian wisatawan.

Bukit Kapur Arosbaya memiliki warna cokelat kemerahan yang terlihat estetik. Bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Pelalangan. Menuju ke bukit ini, kamu perlu berhati-hati karena harus melewati anak tangga yang curam. Disarankan untuk datang pada pagi hari karena bukit ini akan terlihat lebih memesona.

  • Alamat : Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

8. Mercusuar Sembilangan

Mercusuar Sembilangan

Ingin melihat Pulau Madura dari ketinggian? Kamu bisa menikmati pemandangan dari atas Mercusuar Sembilangan yang sudah berdiri sejak jaman Belanda dan sampai saat ini masih aktif digunakan untuk membantu navigasi hilir mudik kapal agar terhindar dari daerah rawan dan laut dangkal.

Mercusuar Sembilangan dibangun pada tahun 1879. Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 65 meter yang terdiri dari 17 lantai. Selain biasa digunakan untuk mengatur navigasi kapal laut, Mercusuar Sembilangan juga bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

  • Alamat : Jl. Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajauh, Bangkalan, Kabupaten Bangkalan
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3000

9. Air Terjun Kokop

Air Terjun Kokop

Pulau Madura dikenal dengan udara panas dan gersang, namun di sini juga ternyata memiliki air terjun, salah satunya Air Terjun Kokop di Kabupaten Bangkalan. Air terjun ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Bangkalan, tepatnya di Desa Durjan. Jalur menuju Air Terjun Kokop berbatu dengan pemandangan yang indah.

Sekitar Air Terjun Kokop terdapat banyak perbukitan kecil, sawah, dan ladang. Setibanya di Air Terjun Kokop, rasa lelah akan terbayar dan bisa menghirup udara yang segar. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tetapi karena alirannya melebar tidak hanya di satu sisi, membuat Air Terjun Kokop nampak memesona.

  • Alamat : Koalla, Durjan, Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Taman Paseban Bangkalan

Taman Paseban Bangkalan

Rekreasi di ruang terbuka hijau sering menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menikmati hari libur bersama keluarga. Di Bangkalan, ada Taman Paseban yang menjadi salah satu ruang terbuka di pusat kota dan taman ini dicanangkan akan menjadi ikon dari Kota Bangkalan.

Taman Paseban terlihat tertata sangat rapi, dengan banyaknya tempat duduk dan dilengkapi pepohonan yang menyejukkan. Taman Paseban juga ditanani beberapa jenis bunga, dan ada arena bermain untuk anak. Menikmati hari libur di Taman Paseban akan terasa sangat menyenangkan.

  • Alamat : Jl. Veteran, Kraton, Bangkalan, Demangan Barat, Demangan, Bangkalan,
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Wisata di Madura bukan hanya Gili Labak saja, Bangkalan juga tak kalah menarik untuk dieksplor. Ketika liburan ke Jawa Timur, khususnya Surabaya, sempatkan untuk mampir ke Bangkalan ya! Sekalian merasakan serunya melewati jembatan terpanjang di Indonesia. Ayo ajak keluargamu ke Bangkalan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *