10 Tempat Wisata di Banjarmasin yang Wajib untuk Disinggahi

Ditulis oleh Linda

Kota Seribu Sungai itulah julukan bagi Banjarmasin. Setelah puas mencicipi kuliner yang berasal dari ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan ini, kini saatnya kita meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana.

Kota padat penduduk ini memiliki banyak objek wisata yang tidak boleh dilewatkan, lho. Bukan hanya pantai yang indah nan eksotis, tempat wisata belanja pun wajib Anda kunjungi. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata ini bersama keluarga, teman, atau pun kekasih tercinta. Yuk, intip rekomendasi tempat wisata di Banjarmasin versi dari Keluyuran berikut ini.

10 Tempat Wisata di Banjarmasin

1. Pulau Kembang

tempat wisata di banjarmasin Pulau Kembang

Jika di Bali Anda bisa melihat habitat monyet di Sangeh, di Banjarmasin juga ada tempat serupa di mana monyet-monyet dapat hidup dan berkeliaran dengan bebas. Pulau Kembang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Sungai Barito.

Di pulau ini, Anda bisa melihat begitu banyak monyet dan beberapa spesies burung. Monyet-monyet di sini sedikit jahil, karena mereka sangat penasaran dengan barang bawaan pengunjung Pulau Kembang. Oleh karena itu, bawalah buah atau makanan ringan agar perhatian kawanan monyet itu teralih.

Warga sekitar sangat percaya bahwa ada seekor monyet dengan ukuran yang lebih besar dari monyet lainnya, yang merupakan raja yang memimpin kawanan monyet di pulau tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk berselfie bareng monyet-monyet tersebut?

2. Pasar Terapung

Pasar Terapung

Anda tentu pernah melihat iklan sebuah stasiun televisi swasta yang mengambil lokasi di sebuah pasar terapung? Pasar tersebut bisa Anda temui ketika berada di Banjarmasin. Karena keunikannya, pasar terapung ini menjadi destinasi pariwisata bagi wisatawan dari luar Banjarmasin yang ingin merasakan sensasi belanja di pasar yang terletak di atas sungai.

Di Banjarmasin, ada 2 pasar terapung yang terkenal, yakni Pasar Terapung Muara Kuin dan Pasar Terapung Lok Baitan. Namun, Anda harus pergi ke pasar ini pada pagi hari, karena pasar terapung hanya beroperasi pada pukul 5 sampai 8 pagi.

3. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Sempatkan diri untuk berwisata rohani di salah satu masjid terbesar yang ada di Banjarmasin, yakni Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Masjid yang berdiri dengan megah ini memiliki kapasitas hingga 7.500 orang. Sementara itu, halaman depan masjid yang luas juga bisa menampung sekitar 7.500 orang.

Tak heran jika masjid ini selalu menjadi tujuan utama bagi umat Muslim ketika hendak menunaikan shalat berjamaah. Masjid yang diresmikan pada tahun 1979 dibangun sebagai penghormatan yang ditujukan kepada ulama besar bernama Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Di dalam komplek masjid ini terdapat pula kantor MUI untuk Provinsi Kalimantan Selatan. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini berlokasi di Jalan Sudirman, Antasan Besar, Banjarmasin Tengah.

4. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura

*

Tak ada yang lebih istimewa dari berjalan-jalan sore di tepi Sungai Martapura atau sekedar duduk-duduk santai menanti matahari terbenam. Taman Siring yang letaknya di sebelah Sungai Martapura persis ini adalah lokasi yang sering dikunjungi oleh muda-mudi maupun orang tua yang berdomisili di Banjarmasin.

Taman ini sangat bersih dan terawat. Jadi, banyak pula wisatawan yang berkunjung ke taman kebanggaan masyarakat Banjarmasin ini. Selain itu, karena tata letak Taman Siring ini sangat rapi, maka banyak fotografer yang hunting foto di lokasi ini. Taman Siring berada persisi di seberang Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

5. Taman Maskot

Taman Maskot

Tahukah Anda bahwa Banjarmasin memiliki dua maskot, yakni bekantan dan pohon kasturi? Nah, salah satu taman yang menjadi landmark Banjarmasin adalah Taman Maskot, di mana pada pintu masuknya terdapat sebuah patung bekantan yang ukurannya sangat besar. Agak masuk ke dalam taman, Anda akan menemukan replika pohon kasturi yang di atasnya banyak patung monyet yang sedang bergelantungan.

Taman yang berada di pusat Kota Banjarmasin ini memiliki beragam jenis pohon, seperti pohon kasturi, beringin, kelapa sawit, kelapa gaging, mangga, dan masih banyak lagi. Bahkan, di Taman Maskot juga ada pula tumbuhan kaktus yang berjajar rapi di dalam pot.

6. Jembatan Barito

Jembatan Barito

Satu lagi landmark Kota Banjarmasin yang harus dikunjungi, yakni Jembatan Barito. Jembatan yang satu ini melintang di atas Sungai Barito. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 1 KM. Kurang afdol rasanya jika ke Banjarmasin tanpa mengunjungi Jembatan Barito ini.

Selain bisa berfoto dengan latar belakang Jembatan Barito, Anda juga bisa berwisata kuliner. Pasalnya, di sekitar jembatan ini terdapat pedagang makanan yang menjajakan kuliner khas Banjarmasin, seperti Soto Banjar, Lontong Banjar, dan masih banyak lagi. Kapan lagi Anda bisa berkunjung ke landmark Kota Banjarmasin sekaligus berwisata kuliner, bukan? Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jembatan Barito adalah saat sore hari.

7. Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat

oleh-oleh khas banjarmasin

Berwisata sembari belanja oleh-oleh khas Banjarmasin, kenapa tidak? Ada suatu pasar yang juga dikenal sebagai tempat wisata di Banjarmasin, yakni Pasar Intan Cahaya Bumi Selamat yang terletak di Martapura. Pasar ini menjual berbagai jenis dan warna batu intan yang sangat cantik. Bahkan, ada pula barang-barang berupa aksesoris yang terbuat dari batu intan tersebut.

Pasar ini cukup populer dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Banjarmasin. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke sini untuk membeli batu intan. Harga barang di pasar ini pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai dengan milyaran rupiah.

8. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah

Masyarakat sekitar kerap kali menyebut masjid ini dengan nama Masjid Kuin. Masjid ini adalah saksi sejarah penyebaran agama Islam di Kalimantan Selatan. Karena hal itulah Masjid Sultan Suriansyah ini dinobatkan sebagai masjid tertua untuk Provinsi Kalimantan Selatan.

Masyarakat menyebutnya dengan Masjid Kuin karena bangunan masjin ini berada persis di tepi Sungai Kuin. Uniknya, masjid ini memiliki arsitektur yang menyerupai rumah adat tradisional Banjar, yakni rumah panggung dengan atap berbentuk tumpang. Satu hal yang menjadikan masjid ini semakin unik ialah mihrab atau tempat imam salat yang atapnya terpisah dengan atap bangunan utama masjid.

9. Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan

Apabila Anda tidak ingin berbelanja batu intan, Kampung Sasirangan adalah opsi destinasi wisata lainnya untuk berbelanja oleh-oleh. Kampung Sasirangan berada di kawasan Kampung Melayu. Tempat ini menjual batik Sasirangan yang merupakan batik khas dari Banjarmasin.

Motif dari Batik Sasirangan ini berbeda dengan Batik khas Jawa Tengah. Sekilas batik khas Banjarmasin ini terlihat seperti kain Bali yang biasa digunakan untuk ke pantai. Namun jika diperhatikan lebih seksama, maka Anda bisa melihat perbedaannya.

Banyak wisatawan asing yang mengunjungi Kampung Sasirangan karena ingin melihat langsung proses pembuatan batik. Ciri dari batik Sasirangan ialah warnanya yang cerah. Di tempat ini, Anda bisa membeli batik dalam bentuk kain atau yang sudah dibuat menjadi pakaian, rok, celana, atau sarung.

10. Museum Wasaka

Museum Wasaka

Jalan-jalan tidak harus mengunjungi objek wisata alam atau belanja melulu, bukan? Sesekali kita juga dapat berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata yang sarat akan sejarah dari negara kita, seperti Museum Wasaka. Nama dari museum ini berasal dari motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan, yakni Waja Sampai Kaputing yang artinya tetap semangat dan kuat bagai baja dari awal hingga akhir.

Museum ini unik karena bangunannya seperti rumah adat Banjarmasin, yakni rumah panggung. Di sini, Anda bisa melihat mesin tik jaman dahulu, foto-foto yang menceritakan sejarah, dan senjata api milik Belanda yang digunakan pada masa penjajahan dahulu.

Bahkan, di dalam Museum Wasaka Anda bisa menemukan teks proklamasi dengan isi yang berbeda dengan yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Pasalnya, menurut Perjanjian Linggarjati, Kalimantan Selatan tidak masuk dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tetapi rakyat di provinsi ini tetap berjuang penuh untuk dapat masuk ke dalam NKRI.

Tempat Wisata di Banjarmasin Lainnya

Sudah mengunjungi 10 tempat di atas tapi masih ingin jalan-jalan di Banjarmasin? Tenang saja, masih ada tempat lainnya yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi. Berikut daftar lengkapnya:

11. Pantai Joras

Pantai Joras

*

Hanya dengan berkendara kurang lebih 3 jam dari pusat Kota Banjarmasin, Anda bisa menemukan sebuah pantai yang keren dan tidak terlalu ramai. Adalah Pantai Joras yang merupakan sebuah pantai berpasir hitam yang berada di Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Banyak wisatawan dari Banjarmasin yang berkunjung kemari karena dianggap sebagai pantai terdekat.

Di Pantai Joras terdapat sebuah dermaga yang menjorok cukup panjang ke arah laut. Biasanya dermaga ini menjadi spot foto bagi para wisatawan. Selain dermaga, Anda pun dapat naik ke mercusuar untuk berfoto dari ketinggian. Meskipun pantainya tidak berpasir putih setidaknya Anda bisa refreshing sejenak menjauh dari kepadatan Kota Banjarmasin.

12. Pulau Birah-birahan

Pulau Birah-birahan

*

Yang satu ini adalah pulau cantik yang cocok banget untuk snorkeling. Di pulau ini pasir pantainya berwarna putih bersih dan keindahan alam bawah lautnya masih sangat asri. Butuh waktu cukup panjang untuk sampai ke Pulau Birah-birahan dari Banjarmasin. Yang pasti Anda harus menyeberang melalui Dermaga Kenyamukan untuk bisa sampai kemari.

Kalau berwisata ke Pulau Birah-birahan jangan lupa untuk membawa drone. Pasalnya, foto yang diambil dari ketinggian akan menunjukkan betapa indahnya pulau ini. Nah, sudah siapkah Anda memulai perjalanan jauh untuk bisa sampai ke pulau eksotis ini?

13. Pulau Samber Gelap

Pulau Samber Gelap

*

Tak jauh dari Pulau Birah-birahan ada sebuah pulau cantik yang harus Anda kunjungi, namanya adalah Pulau Samber Gelap. Anda dapat memulai perjalanan menuju ke pulau ini dengan melalui Pelabuhan Samudera, Kabupaten Batulicin. Tentu saja Anda harus berkendara dari Banjarmasin ke Batulicin terlebih dahulu yang memakan waktu sekitar 5 jam.

Perjalanan jauh yang Anda tempuh terbayar lunas ketika melihat panorama yang ditawarkan Pulau Samber Gelap. Pulau ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Ombak di sekitar pulau juga tidak terlalu besar sehingga cocok sekali untuk berenang.

14. Danau Biru Pengaron

Danau Biru Pengaron

*

Tempat wisata di Banjarmasin yang berikutnya adalah bekas tambang batu kapur. Namun saat ini Danau Biru Pengaron benar-benar dikelola sebagai tempat wisata yang sangat menarik. Air di danau ini berwarna kebiruan sehingga dinamakan Danau Biru Pengaron. Selain itu, tebing-tebing batu kapur yang mengelilingi danau juga menambah cantik pemandangan di sini.

Danau Biru Pengaron adalah sebuah tempat wisata yang memang sedang happening. Banyak pengguna media sosial yang mengunggah fotonya di Instagram dan sebagainya saat sedang berada di sini. Nah, tidak mau ketinggalan untuk berkunjung ke tempat wisata hits ini? Segera datang ke Danau Biru Pengaron di Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

15. Puncak Bukit Lebak Naga

Puncak Bukit Lebak Naga

*

Di sekitar Banjarmasin tidak hanya terdapat tempat wisata berupa pulau dan pantai, tapi ada juga wisata bukit yang mengagumkan, seperti Puncak Bukit Lebak Naga ini. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Baru.

Pemandangan perbukitan hijau yang membentang terlihat sangat indah ketika Anda menginjakkan kaki di Puncak Bukit Lebak Naga. Berfoto di atas salah satu bukit dengan background bukit lainnya adalah hal yang wajib dilakukan jika Anda berlibur kemari.

Banjarmasin menawarkan paket wisata yang lengkap, mulai dari wisata alam, rohani, hingga sejarah. Dijamin, Anda tidak akan bosan berkeliling seharian di kota ini. Nah, manakah tempat wisata di Banjarmasin yang menarik perhatian Anda?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram