keluyuran web banner

10 Tempat Wisata di Banyumas dengan Panorama yang Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 26 Desember 2020

Banyumas merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Purwokerto merupakan ibu kota kabupaten ini. Daerahnya berbatasan dengan Kabupaten Brebes, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Cilacap. Banyumas memiliki wisata alam yang menakjubkan.

Kalau kamu punya rencana liburan ke Banyumas, yuk simak 10 tempat wisata di Banyumas dengan panorama memanjakan mata berikut ini!

1. Pancuran Telu

Pancuran Telu

* sumber: negeriangin-negeriangin.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Banyumas yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan adalah Air Panas Pancuran Telu. Pengunjung bisa merasakan kehangatan air panas selain tentunya berendam bebas di kolam terbuka. Lewat pancuran air di sana, air hangat akan mengalir keluar.

Terdapat sekat berupa bilik-bilik kecil di pancuran itu. Di tempat ini memang hanya ada tiga pancuran air panas karnanya disebutlah dengan sebutan pancuran telu. Pancuran Telu adalah sumber air panas yang berada dalam kompleks Baturraden.

Di sekitar area Pancuran Telu Baturraden terdapat air terjun kecil cantik dengan aliran air yang dingin. Jalan awal untuk trekking menuju Pancuran Pitu Baturraden adalah berupa undakan yang ada di sebelah kiri air terjun kecil ini. Pengunjung trekking dengan berjalan kaki melewati kawasan hutan Perhutani.

Air Panas Pancuran Telu Baturaden memiliki kandungan senyawa belerang di dalamnya dan orang-orang percaya bahwa kandungannya tersebut bisa memperhalus kulit dengan cara berendam di sana. Selain itu, air ini juga dipercaya dapat membantu penyembuhan rematik dan eksim.

Tempat wisata Banyumas ini jaraknya hanya sekitar 500 m dari pintu masuk Lokawisata Baturraden. Sementara jarak menuju Pancuran pitu kurang lebih 2,5 km.

  • Alamat: Ketenger, Baturraden, Banyumas
  • HTM: Rp7.500
  • Jam buka: 08.00-18.00 WIB

2. Curug Jenggala Kalipagu

Curug Jenggala Kalipagu

* sumber: www.imaniawan.id

Curug jenggala merupakan tempat wisata di Banyumas yang berupa air terjun yang terletak di Baturaden. Baru-baru ini, daerah Baturaden menjadi wisata hits di kalangan para remaja di kota Banyumas. Banyak sekali yang berfoto di tempat ini dan di posting di media sosial, seperti  Instagram.

Sebelumnya Curug Jenggala disebut dengan Curug Tempuan. Nama itu diberikan karena Curug Jenggala adalah hasil pertemuan antara beberapa sungai. Sesudah mengetahui potensi yang dipunyai curug tersebut, maka penduduk desa ini setuju untuk memberi nama curug ini Curug Jenggala.

Deck kayu cantik berbentuk hati yang berada tepat di depan air terjun merupakan objek wisata yang paling populer di area curug ini. Di tempat wisata Banyumas ini, pengunjung bisa berfoto di spot deck kayu tersebut.

Tak hanya spot foto tadi, Curug Jenggala juga mempunyai daya tarik yang lain, yaitu pemandangan yang alami serta pohon-pohon yang masih rindang sehingga membuat suasana di sekitar Curug Jenggala menjadi semakin romantis. Di Curug Jenggala terdapat tiga air terjun yang berjejer melebar.

  • Lokasi: Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas
  • HTM: Rp8.000, parkir motor Rp2.000, parkir mobil Rp5.000
  • Jam buka: 07.00-17.00 WIB
  • Telepon: 0888-6665-130

3. Curug Lima

Curug Lima

* sumber: kalwapalakaliwangi.wordpress.com

Yang menjadi keunikan curug ini adalah adalanya tiga aliran air yang terpecah bebatuan hingga menjadi lima aliran. Tempat wisata di Banyumas ini berada di hutan yang masih alami sehingga cocok sekali untuk dijadikan sebagai spot fotografi dengan latarnya yaitu Curug Lima ini.

Pengunjung yang datang ke curug ini akan menyaksikan air terjun dengan debit air yang cukup deras. Curug ini memiliki nuansa alami dengan atmosfer hijau yang menyejukkan dan menyegarkan. Tentunya pengunjung bisa bermain air yang yang jernih di sini.

  • Alamat : Dusun II, Baseh, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah
  • HTM: Rp3.000 per orang
  • Jam buka : 08.00–16.00 WIB
  • Telepon: 0857-4789-8560

4. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

* sumber: phinemo.com

Selain air terjun, terdapat wisata alam telaga di tempat wisata di Banyumas yang tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Telaga Sunyi. Lokasi telaga ini berada di Limpakuwus, Sumbang, Banyumas. Oh iya, tempat ini memiliki mitos, lho!

Misalnya, jika pengunjung datang berkunjung ke Telaga Sunyi, mereka dilarang berkata kotor. Konon menurut masyarakat sekitar, jika melanggar, pengunjung akan didorong jatuh sampai ke dasar sungai. Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan pasangan yang datang ke telaga ini akan berpisah.

Meskipun ada mitos tersebut, pengunjung tetap antusias mendatangi tempat wisata di Banyumas ini. Seperti namanya, Telaga Sunyi memiliki suasana yang sunyi, pemandangan asri dan sejuk, dan aliran air terjunnya pelan. ketinggian air terjun ini sedang saja.

Sementara itu bagian bawah air terjun ini cukup dalam serta dekat dengan aliran sungai dan arus airnya yang cukup deras sehingga berbahaya jika digunakan untuk berenang. Air telaga ini pun jernih, bening, dengan warna hijau kebiruan maka pas sekali untuk jadi background tempat berfoto.

Telaga Sunyi memiliki beberapa fasilitas penunjang. Pengunjung yang telah bermain air bisa menikmati beberapa fasilitas yang tersedia, seperti musala, kamar mandi, tempat istirahat, tempat makan, dan tempat parkir.

  • Alamat: Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas
  • HTM: Rp13.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB

5. Goa Sarabadak

Goa Sarabadak

* sumber: purwokertokita.com

Wisata alam di Banyumas lainnya yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan adalah Goa sarabadak. Gua ini berlokasi sekitar 50 meter di bawah Pancuran Pitu Baturaden. Di tebing keemasan yang menjadi tempat aliran air Pancuran Pitu, pengunjung bisa menemukan mulut Goa Sarabadak.

Goa Sarabadak memiliki struktur goa yang menakjubkan. Dinding gua ini memiliki warna hijau karena tertutupi oleh lumut serta tak terkena aliran air panas yang berada di dalam goa tersebut. Menurut kabar, dulu gua ini  merupakan gua yang cukup luas dan di atasnya terdapat banyak lubang udara.

Gua merupakan gua belerang yang menjadi tempat bertemunya aliran air panas dan dingin. Namun karena erosi, gua ini runtuh dan hanya menyisakan tebing belerang. Pengunjung jarang memasuki gua ini karena suhu air panas yang mengalir di mulut goa ini, selain karena pintu masuknya yang kecil.

  • Alamat : Pancuran Pitu, Lokawisata Baturraden, Ketenger, Kabupaten Banyumas.
  • HTM: Rp3.000 per orang
  • Jam buka : 08.00-18.00

6. Gunung Slamet

Gunung Slamet

* sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Dengan ketinggian 3428 Mdpl, Gunung Slamet merupakan tempat wisata di Banyumas berupa gunung yang masih aktif. Gunung ini adalah spot favorit bagi para pendaki gunung. Selain memiliki keindahan yang sudah terkenal, Gunung Slamet juga memiliki medan jalan yang penuh tantangan.

Karena masih berupa gunung berapi yang cukup aktif, maka banyak ditemui mata air panas dari perut bumi yang letaknya di kaki Gunung Slamet. Selain itu, terdapat beragam jenis hutan di sini, seperti hutan ericaceous, hutan montana, hutan dipterokarp, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • HTM: 25.000
  • Jam buka: 24 Jam

7. Bukit Agaran

Bukit Agaran

* sumber: seringjalan.com

Tak kalah dari Yogya yang mempunyai Hutan Pinus Pengger yang hits, Kabupaten Banyumas, juga mempunyai Bukit Agaran yang tidak kalah hitsnya. Mengapa dikatakan ngehits? Itu karena, pengunjung bisa menikmati pemandang kota di bawahnya dari puncak Bukit Agaran ini.

Pemandangan cahaya lampu di perkotaan yang berada di bawah bukit membuat suasana malam di bukit ini semakin syahdu. Terdapat spot foto berupa tangan raksasa serta background alam yang indah yang menjadi daya tarik tempat wisata di Banyumas ini.

  • Alamat: Dusun Depok, Dusun III, Melung, Kedung Banteng, Banyumas
  • HTM: Rp5.000 per orang
  • Jam buka: 24 jam

8. Goa Maria Kaliori

Goa Maria Kaliori

* sumber: www.tripadvisor.co.id

Satu lagi wisata gua yang menjadi tempat wisata Banyumas. Letak gua ini berada di komplek peziarahan dengan luas area sekitar 5,6 hektar dan memiliki sejumlah fasilitas doa. Gua ini berada di atas bukit kecil yang dulunya tandus. Gua Maria Kaliori ini pembangunannya dimulai 15 Agustus tahun 1989.

Umat Katolik banyak yang mengunjungi wisata ini pada bulan Desember untuk berziarah. Walaupun Gua Maria ini merupakan tempat untuk berziarah bagi umat Katolik, objek wisata ini juga adalah tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

  • Alamat: Desa Kaliori kecamatan Kalibagor, Banyumas
  • HTM : –
  • Jam buka: 08.00-17.00
  • Telepon: 0812-2714-077

9. Bukit Gadog

Bukit Gadog

* sumber: lovepurwokerto2016.blogspot.com

Jika sebelumnya ada Bukit Anggaran, tempat wisata di Banyumas masih memiliki wisata bukit yang lain, yaitu Bukit Gadog. Untuk mencapai tempat wisata ini diperlukan perjuangan karena rutenya yang tidak mudah. Untuk berkunjung ke tempat ini disarankan menggunakan kendaraan roda dua.

Bukit Gadog bisa menjadi destinasi wisata di Banyumas untuk para penyuka selfie. Walaupun tempat ini cukup menantang, pesona alam yang dimilikinya akan membuat orang terkesima. Pastikan untuk bisa sampai di puncaknya agar bisa menyaksikan keindahan panoramanya.

  • Alamat : Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Banyumas
  • HTM: Rp. 5.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari 24 jam
  • Telepon: 0858-9406-5227

10. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

* sumber: www.reresepan.com

Kebun Raya Baturraden merupakan tempat wisata di Banyumas yang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Beraneka ragam koleksi tanaman ada di Kebun Raya Baturraden ini, seperti tanaman perambat, tanaman perdu, tanaman liliana, anggrek, koleksi pepohonan, dan lain-lain.

Tempat wisata ini mempunyai beberapa fasilitas untuk pengunjung, di antaranya wahana taman bermain anak dan rumah pohon. Tempat ini pun dekat dengan Pancuran Pitu. Hutan pinus yang ada di Kebun Raya Baturaden menambah keasrian dan keindahan tempat wisata Banyumas ini.

  • Alamat : Jl. Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutug Lor
  • HTM: Rp10.000 per orang
  • Jam buka : Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu dan Minggu tutup
  • Telepon : (0281) 681 822

Ternyata daerah Kabupaten Banyumas memiliki tempat wisata alam yang menakjubkan. Pengungjung tak akan kehabisan objek wisata untuk dikunjungi. Untuk yang sedang berada di Banyumas, jangan lupa untuk mampir tempat wisata di Banyumas ini, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram