Inilah Rekomendasi 10 Tempat Wisata Cantik di Banyuwangi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota di ujung timur Pulau Jawa ini sering dilalui bagi pejalan yang hendak backpacking ke Bali melalui jalur darat dan laut. Sayangnya, Banyuwangi sering dilewat saja, tanpa disinggahi. Padahal, Banyuwangi menyimpan destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Deretan pantai yang cantik, fenomena blue fire, hingga Afrika-nya Indonesia bisa kamu temukan di sini.

Setelah dibukanya Bandara Internasional Banyuwangi, yang disebut sebagai bandara dengan konsep green building pertama di Indonesia ini, diharapkan wisata Banyuwangi dapat semakin dikenal dan jumlah pengunjungnya meningkat. Nah, kali ini, Keluyuran akan memberikan informasi 10 tempat wisata paling recommended di Banyuwangi. Apa saja itu?

1. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng (Copy)

* sumber: travel.detik.com

Siapa yang tidak suka pantai? Banyuwangi dikenal dengan pantai-pantai yang eksotis. Salah satunya ada Pantai Wedi Ireng. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, serta perpaduan pasir putih dengan pasir hitam yang terlihat unik dan memesona. Terdapat pula lapisan batu besar dan pasir coklat yang kasar.

Letak Pantai Wedi Ireng dapat dibilang sangat terpencil. Kamu perlu menempuh jarak sejauh 65 km untuk bisa sampai di Pantai Wedi Ireng. Namun, jika kamu tak ingin menempuh jalur darat yang lama, kamu bisa menuju ke Dusun Pancer, kemudian menggunakan perahu nelayan selama 30 menit dengan biaya Rp40.000/orang untuk pulang-pergi.

  • Alamat : Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

2. Pulau Merah

Pulau Merah (Copy)

* sumber: www.superadventure.co.id

Pulau Merah merupakan salah satu primadona wisata di Banyuwangi. Penamaan Pulau Merah, berasal dari bukit yang terdapat di Pulau Merah. Kamu bisa mendekat ke bukit ini ketika air laut dalam kondisi surut. Ketika air laut sedang pasang, bukit ini akan nampak seperti pulau yang terpisah oleh air laut.

Pulau Merah disebut juga “pulau dewata”-nya Banyuwangi. Karena di sini terdapat Pura yang biasa digunakan beribadah oleh umat Hindu di daerah sini. Pasir pantai di Pulau Merah berwarna putih bersih, dan dalam waktu tertentu akan nampak berwarna pink atau kemerahan.

  • Alamat : Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp8.000/orang

3. Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau (Copy)

* sumber: blog.darmawisataindonesia.co.id

Pantai Teluk Hijau, atau biasa disebut Green Bay, terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Jaraknya cukup jauh dari Kota Banyuwangi. Kamu perlu menempuh jarak 90 km ke arah selatan Banyuwangi. Taman Nasional Meru Betiri berada di antara Kabupaten Jember dan Banyuwangi, jadi kamu bisa menuju ke sini dari Jember.

Setelah masuk ke kawasan Taman Nasional Meru Betiri, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km dengan medan yang cukup sulit. Sesampainya di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan laut yang berwarna kehijauan. Di sini, terdapat pula air terjun yang bisa kamu gunakan untuk membilas tubuh setelah bermain air.

  • Alamat : Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.500/orang

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo (Copy)

* sumber: anekatempatwisata.com

Alas Purwo dijadikan sebagai taman nasional pada tahun 1992, yang semula merupakan Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan. Taman Nasional Alas Purwo memiliki beragam ekosistem yang utuh di Pulau Jawa. Mulai dari pantai, hutan mangrove, hutan bambu, hutan tanaman, hutan dataran rendah, hingga savana bisa kamu temukan di sini.

Taman Nasional Alas Purwo ditumbuhi beragam jenis flora, dan menjadi habitat beragam jenis fauna. Di sini, ada banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari hutannya yang masih sangat alami, deretan pantai yang cantik, hingga memiliki pantai yang menjadi spot terbaik untuk peselancar.

  • Alamat : Jl. Brawijaya No. 20, Kebalenan, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : Senin – Jumat 07.30 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000/orang

5. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung (Copy)

* sumber: www.pegipegi.com

Pada poin sebelumnya, sudah membahas Alas Purwo yang memiliki spot surfing terbaik di dunia. Itulah Pantai Plengkung, atau biasa disebut “G-Land”. Banyak yang menyebut ombak di Pantai Plengkung ini nampak seperti huruf “G”. Tak heran, Pantai Plengkung dinobatkan sebagai tempat surfing terbaik.

Daya tarik utama Pantai Plengkung ini adalah ombaknya yang masuk ke dalam daftar “7 Gelombang Raksasa” yang gulungan ombaknya mencapai 6 meter. Pantai Plengkung selalu dijadikan sebagai tempat kejuaraan surfing internasional. Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Plengkung adalah bulan April – Agustus, saat gelombang ombak sedang tinggi.

  • Alamat : Taman Nasional Alas Purwo, Kebalenan, Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi
  •  Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  •  Tiket Masuk : Rp5.000/orang

6. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol (Copy)

* sumber: www.indonesiakaya.com

Kamu datang ke Banyuwangi menggunakan kereta api? Nah, sesampainya di Banyuwangi, kamu bisa kunjungi Pantai Watu Dodol yang berjarak hanya sekitar 5 km dari dari Pelabuhan Ketapang. Jika kamu hendak menuju Bali dari Situbondo, pasti melewati pantai eksotis yang satu ini.

Pantai Watu Dodol berbeda dengan pantai lainnya. Di sini tidak terdapat hamparan pasir namun dipenuhi bebatuan koral dan karang di tepi pantainya. Selain itu, air lautnya yang bersih dan jernih menjadi daya tarik tersendiri. Namun, karena ombaknya cukup besar, kamu tidak disarankan untuk berenang. Jadi, nikmati dari pinggir pantai saja, ya!

  • Alamat : Dusun Bangsring, Wonosorejo, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang     

7. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan (Copy)

* sumber: banyuwangitransijen.com

Banyuwangi tidak hanya memiliki pesona pantai di tepian ujung timur Pulau Jawa saja. Tetapi juga memiliki pulau kecil yang terletak di Selat Bali. Yaitu, Pulau Tabuhan. Kamu perlu menyewa perahu untuk bisa sampai di sini dengan biaya Rp500.000/kapal maksimal 10 orang, dan waktu tempuhnya sekitar 15 – 30 menit kamu sudah sampai di Pulau Tabuhan.

Pulau kecil berpasir putih dan air laut sebening kristal, akan kamu temukan di sini. Bagi pecinta keindahan alam bawah laut, kamu bisa snorkeling di sini. Jika hanya ingin sekadar menikmati pantai, kamu akan disuguhkan pemandangan Gunung Ijen serta Gunung Raung dari kejauhan. Cantik dan memesona!

  • Alamat : Pulau Tabuhan, Bngkak, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. De Djawatan Benculuk

De Djawatan Benculuk (Copy)

* sumber: blog.misteraladin.com

Tempat wisata yang satu ini belum lama menjadi perbincangan. De Djawatan Benculuk merupakan hutan yang cukup rimbun dan ditumbuhi Pohon Trembesi. Hutan ini memiliki luas 3,8 hektar. Tidak terlalu besar untuk ukuran hutan, namun pesonanya tak kalah dengan hutan wisata lainnya di Indonesia.

Waktu terbaik untuk mengunjungi De Djawatan Benculuk adalah saat pagi hari. Ketika suasana masih sepi dan dingin. Sinar matahari yang mengintip masuk dari sela-sela batang Pohon Trembesi terlihat sangat cantik dan memesona. Tak heran, De Djawatan Benculuk kini menjadi destinasi wisata wajib di Banyuwangi.

  • Alamat : Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 07.30 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Kawah Ijen

Kawah Ijen (Copy)

*

Fenomena blue fire menjadi salah satu penggerak wisata di Banyuwangi. Tepatnya di Kawah Ijen. Bagaimana tidak? Fenomena ini hanya ada dua di dunia, dan salah satu diantaranya terletak di Kawah Ijen. Gunung dengan ketinggian 2.799 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan yang berbeda.

Blue fire Ijen, bisa kamu lihat pada waktu dini hari. Waktu terbaik untuk mendaki Gunung Ijen adalah mulai pukul 01.00 – 02.00 dini hari. Kamu perlu mendaki selama kurang lebih dua jam untuk bisa sampai di puncak. Jika ingin melihat blue fire, kamu perlu turun ke area kawah. Jangan lupa pakai masker, ya, karena bau belerang akan sangat menyengat di sini.

  • Alamat : Ijen, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.500/orang

10. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran (Copy)

* sumber: www.qupas.id

Taman Nasional Baluran disebut juga sebagai Africa Van Java. Kawasan dengan luas kurang lebih 25.000 hektar ini terdapat padang rumput yang pada musim kemarau terlihat kering namun sangat cantik. Seperti sedang berada di Afrika. Taman Nasional Baluran dihuni beragam jenis fauna yang hidup liar.

Secara administratif, Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo. Namun karena posisinya yang sangat dekat dengan gapura perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, Taman Nasional Baluran menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika kamu sedang traveling ke Banyuwangi.

  • Alamat : Sumberwaru, Banyuputih, Kabupaten Situbondo
  • Operasional : Senin – Jumat 07.30 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000/orang

Demikian informasi tentang tempat wisata di Banyuwangi yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke kabupaten di ujung timur Pulau Jawa. Destinasi mana yang menjadi favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *