10 Rekomendasi Tempat Wisata di Batam yang Keren

Ditulis oleh Riastri Herliana

Pulau Sumatera memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Danau Toba di Sumatera Utara, Kilometer 0 Indonesia di Sabang, Museum Tsunami di Aceh, Pulau Pahawang di Lampung, dan Gunung Kerinci di Jambi, di Sumatera terdapat pulau kecil yang berbatasan langsung dengan negara Singapura.

Batam merupakan pulau yang termasuk ke dalam bagian Provinsi Riau. Di sini, kamu bisa menyeberang langsung ke negara tetangga, Singapura, karena lokasinya yang berdekatan. Bahkan, dari Batam kamu bisa melihat Singapura dari jarak yang cukup dekat, lho. Buat kamu yang punya rencana berlibur ke Batam, ini 10 rekomendasi tempat wisata di Batam dari Keluyuran.

1. Pulau Abang

Pulau Abang

*

Batam memiliki pesona alam bawah laut yang memesona. Salah satunya, ada di pulau yang satu ini. Pulau Abang merupakan salah satu pulau kecil yang masih alami. Pantainya bersih, dan air lautnya jernih. Menjadi primadona bagi pecinta pantai dan penyuka aktivitas dalam laut.

Di Pulau Abang, terdapat vegetasi terumbu karang yang masih alami, dengan beragam jenis ikan yang cantik akan mudah kamu temukan di bawah laut. Ada pula karang langka yang akan sulit kamu temukan di tempat lain. Karang ini termasuk penanda bahwa tempat tersebut masih alami dengan air yang bersih dan jernih.

Penasaran dengan Pulau Abang? Kamu bisa menuju ke sini menggunakan kendaraan ke Jembatan Balerang selama dua jam, lalu menyeberang dengan waktu 30 menit. Sesampainya di sana, tidak ada tiket masuk yang perlu kamu bayar. Namun biasanya, wisatawan menggunakan jasa travel agent dari Batam ke Pulau Abang. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 280.000 saja.

2. Pantai Elyora

Pantai Elyora

*

Pantai Elyora merupakan salah satu tempat wisata di Batam yang menyajikan hamparan pasir putih. Ombak di pantai ini tidak besar, sehingga cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Terdapat pohon yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk berteduh dan menjadi objek untuk berfoto.

Di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang pariwisata. Seperti tersedianya toilet, mushola, tempat mandi, dan pondok untuk beristirahat. Pesona Pantai Elyora semakin cantik dengan pemandangan laut biru dan pulau kecil di seberang. Tak heran, pantai ini sekarang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Pantai Elyora berada di Pulau Galang Baru, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kamu perlu melintasi Trans Barelang untuk sampai di sini. Satu arah jika ingin berkunjung ke Pulau Abang. Berwisata ke Pantai Elyora, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dan jika ingin menyewa pondok, dikenakan Rp 100.000 saja. Cocok jadi pilihan liburan bersama keluarga.

3. Pulau Tunjuk

Pulau Tunjuk

*

Pulau Tunjuk merupakan pulau kecil yang di dalamnya terdapat hutan mangrove lebat dan alami. Kamu bisa mengeksplor hutan mangrove, kemudian bersantai menikmati pantai berpasir putih yang cantik dan unik. Terdapat mitos yang dipercaya oleh warga sekitar mengenai pantai di sini.

Pantai dengan pasir berwarna putih dan bisa bergerak ini dipercaya jika pasir di tempat ini dapat hilang dan timbul kembali. Maka dari itu, pengunjung tidak disarankan untuk duduk di dekat pantai yang menjorok ke laut. Sudah banyak pengunjung yang membuktikan bahwa pasir di pantai ini terkadang tertarik oleh air laut.

Pulau Tunjuk berada di tenggara Kota Batam dan merupakan distrik Subangmas. Sesuai dengan namanya, pulau ini tidak besar dan memiliki ekor seperti ujung jari yang sedang menunjuk. Kamu bisa berkeliling pulau seharian dengan biaya sewa Rp 600.000/kapal. Cocok bagi kamu yang suka berpetualang menggunakan kapal.

4. Pulau Mubut

Pulau Mubut

*

Di Batam, terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang memesona. Salah satunya, Pulau Mubut. Dibagi menjadi dua, yaitu Pulau Mubut Darat dan Pulau Mubut Laut, kamu bisa mendapatkan sensasi yang berbeda dari keduanya. Karena Pulau Mubut Darat tidak berpenghuni, sedangkan Pulau Mubut Laut dihuni oleh penduduk.

Pulau Mubut Darat memiliki hamparan pasir putih yang cantik, air laut yang jernih, dan dilengkapi nyiur pohon kelapa yang menambah kecantikan pulau ini. Sedangkan di Pulau Mubut Laut, kamu bisa melihat aktivitas masyarakat yang kesehariannya berkebun, menambang, dan menjadi nelayan. Cocok bagi kamu yang suka berinteraksi dengan warga lokal.

Pulau Mubut berlokasi di Karas, Galang, Kota Batam. Dari pusat kota Batam, kamu bisa berkendara ke arah Barelang, lalu menuju ke Pelabuhan Sembulang untuk selanjutnya berlayar ke Pulau Mubut. Di sini, kamu bisa menginap di pendopo ataupun membawa tenda sendiri untuk berkemah.

5. Pantai Marina

Pantai Marina

*

Jika mendengar Batam, pasti tidak asing dengan pantai yang satu ini. Pantai Marina merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Batam, sehingga kamu wajib berkunjung ke sini ketika berwisata ke Kota Batam. Terlebih, pantai ini merupakan pelabuhan singgah yacht yang mewah. Cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga.

Pantai Marina menyajikan pemandangan dengan hamparan pasir putih, biru laut yang natural, dan jajaran pohon rindang yang menyejukkan. Di sini dilengkapi dengan fasilitas wisata, seperti taman bermain anak, tenda, gazebo, juga terdapat resort mewah Marina Water Front City. Dapat dijadikan tempat menginap bagi kamu yang suka staycation.

Beralamat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Tanjung Riau, Sekupang, Kota Batam. Kamu dapat dengan mudah mengakses Pantai Marina, karena lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Batam. Di sini, kamu bisa menyewa yacht atau perahu untuk berkeliling menikmati indahnya Pulau Batam.

6. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

*

Di Batam terdapat tempat bersejarah. Kampung Vietnam merupakan bekas penampungan yang pada zamannya dihuni oleh orang Vietnam asli. Saat ini, kampung dengan luas 80 hektare ini sudah tidak berpenghuni, namun tetap menyimpan bekas peninggalan yang kemudian dilestarikan dan dijadikan tempat wisata.

Di sini, terdapat bekas rumah, museum, tempat ibadah, penjara, dan monumen yang dibangun oleh pengungsi tersebut yang dinamakan “Monumen Perahu”. Perahu tersebut merupakan kendaraan yang membawa pengungsi Vietnam sampai ke Indonesia. Terdapat pula pemakaman yang dibuat khusus untuk para pengungsi dari Vietnam.

Kampung Vietnam berlokasi di Sijantung, Galang, Kota Batam. Kamu bisa menggunakan kendaraan ke arah Barelang. Buka setiap hari mulai jam 07.30 – 16.30, namun pada hari Sabtu dan Minggu, Kampung Vietnam buka sampai jam 17.30. Tempat yang seru dikunjungi bagi kamu pecinta wisata sejarah.

7. Ocarina Batam Theme Park

Ocarina Batam Theme Park

*

Ocarina Batam Theme Park merupakan sebuah taman bermain seluar 40 hektare yang lokasinya persis di tepi pantai. Dapat dijadikan sebagai alternatif untuk berwisata dengan nuansa pantai yang dilengkapi wahana seru. Di Ocarina terdapat pula taman-taman yang dipenuhi pohon Naungan, nyaman untuk dipakai bersantai.

Kamu bisa mencoba wahana seru di Ocarina, diantaranya; Water Park, Kiddy Land, Giant Wheel, Trampolin, Flying Fox, Kolam Bangau, Water Feature, dan yang paling seru ada 3D Movie Theater. Jika membawa anak kecil, kamu bisa mengajak untuk mengenal huruf karena di spot photography terdapat angka-angka raksasa, dan tulisan raksasa.

Ocarina Batam Theme Park berlokasi di Sadai, Bengkong, Kota Batam. Aksesnya mudah karena tidak jauh dari pusat kota Batam. Tempat yang seru dijadikan destinasi untuk rekreasi bersama keluarga.

8. Pancur Telaga Bidadari

Pancur Telaga Bidadari

*

Suka dengan air terjun? Di Batam, tidak hanya kota dan pantai saja yang bisa dijadikan tempat liburan. Terdapat air terjun yang masih alami, karena belum ramai dikunjungi wisatawan. Namanya Pancur Telaga Bidadari. Meski tidak setinggi air terjun lainnya, tempat ini tetap recommended untuk dikunjungi.

Bagi kamu yang suka berwisata air, berenang di Pancur Telaga Bidadari tentu jadi pengalaman yang seru. Karena tingginya tak sampai 3 meter, kamu bisa melompat dari atas tebing langsung menikmati segarnya air terjun ini. Jika suka berkemah, di sini juga bisa lho, camping dan tidak dikenakan biaya.

Pancur Telaga Bidadari berada di Kabil, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Tempat yang asyik untuk dikunjungi bersama sahabat maupun keluarga. Menikmati dinginnya air terjun di tengah panasnya kota Batam, tentu jadi pilihan yang tepat.

9. Wisata Mata Kucing

Wisata Mata Kucing

*

Batam memiliki mini zoo yang di dalamnya terdapat elang, monyet, kera hitam, dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini disebut dengan Mata Kucing. Kamu bisa bertemu dengan binatang-binatang sambil menikmati wisata alam di Kota Batam.

Di sini kamu bisa melihat spesies ikan raksasa yang hidup di dalam kolam. Ada ikan Arwana gold yang panjangnya mencapai 1 meter, Lele berukuran besar, sampai ikan Arapaima Gigas yang memiliki Panjang 2 meter. Wisata lain yang bisa kamu coba, adalah flying fox, hiking, dan berenang.

Hutan Wisata Mata Kucing beralamat di Jalan Taman Bukit Golf, Tanjung Riau, Sekupang, Kota Batam. Harga tiket masuknya terbilang murah, hanya Rp 10.000/orang untuk dewasa, dan Rp 5.000/orang untuk anak-anak. Waktu operasionalnya setiap hari jam 08.30 – 18.00 WIB.

10. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

*

Satu lagi pantai cantik di Kota Batam. Pantai ini disebut sebagai garis negara Indonesia. Pantai Tanjung Pinggir berada di ujung Kota Batam dan berseberangan langsung dengan Singapura. Dari pantai ini, kamu bisa melihat Marina Bay Sands, Universal Studio Singapore, dan Gedung-gedung tinggi di Singapura dari kejauhan.

Pantai Tanjung Pinggir memiliki pasir berwarna kecoklatan dengan Panjang 250 meter. Meski pasirnya coklat, pantai ini cukup bersih dan asyik untuk menikmati pemandangan laut dan Singapura. Namun, karena pantai ini cukup ramai, kamu perlu datang lebih pagi jika ingin mendapatkan suasana yang lebih sepi.

Sesuai dengan namanya, Pantai Tanjung Pinggir berlokasi di Tanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Untuk berwisata ke sini, cukup membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000/orang saja, dan kamu sudah bisa menikmati pemandangan laut dan Singapura.

Ternyata, Kota Batam tidak hanya menjadi akses pengiriman barang dari luar negeri, namun juga memiliki tempat wisata yang tak kalah seru dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera. Jadi, diantara tempat wisata yang Keluyuran rekomendasikan, tempat mana yang sudah atau akan kamu kunjungi?

Manjakan juga lidahmu dengan mencicipi sejumlah makanan yang terdapat dalam artikel makanan khas Batam.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram