Mau Liburan Asyik? Kunjungi 10 Tempat Wisata di Batu Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Masih bingung menentukan destinasi liburan? Yuk, berkunjung ke Batu. Sebuah kota yang terletak di Malang ini menawarkan pariwisata yang sangat menyenangkan, lho. Apalagi udara sejuk di Kota Batu membuat wisatamu jadi semakin menyenangkan. Udara sejuk di kota ini bisa membantumu untuk melepas penat akibat aktivitas sehari-hari.

Apabila kamu berencana untuk berkunjung ke Batu pada liburan kali ini, Keluyuran akan memberi rekomendasi tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika di Batu. Yuk, catat semua tempat wisata yang akan kami rekomendasikan di bawah ini, ya!

1. Jawa Timur Park 1

Jawa Timur Park 1

* sumber: aprilendah.blogspot.com

Jauh sebelum tempat-tempat wisata di Batu semakin banyak, tempat rekreasi yang satu ini sudah lebih dulu populer. Maklum, Jawa Timur Park 1 memang sudah dibangun sejak tahun 2000. Meskipun sudah terbilang lama, popularitas taman hiburan ini tetap tak lekang oleh waktu. Terbukti sampai hari ini Jawa Timur Park 1 masih ramai pengunjung.

Jawa Timur Park 1 tidak hanya menyediakan berbagai wahana permainan saja. Ada juga beberapa wahana edukasi dan budaya yang bisa membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan. Di tengah-tengah Jawa Timur Park 1 juga terdapat kolam renang besar yang bisa dipakai oleh pengunjung.

  • Alamat: Jl. Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 597777 ext. 707
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:30 – 16:30 WIB
  • Harga Tiket: Tiket Reguler Rp 75.000/orang (Senin-Kamis) & Rp 120.000/orang (Jumat-Minggu); Tiket Terusan Rp 91.000/orang (Senin-Kamis) & Rp 120.000/orang (Jumat-Minggu)

Baca juga artikel hotel dekat Jatim Park ini untuk membantumu mencari tempat bermalam yang dekat dengan tempat wisata ini.

2. Dino Park (Jawa Timur Park 3)

Dino Park

* sumber: www.dakatour.com

Yang satu ini adalah tempat wisata yang tergolong baru di Batu, namanya Dino Park atau yang dikenal sebagai Jawa Timur Park 3. Kalau kamu pernah menonton film Jurassic Park atau Jurassic World, kamu bakal mendapatkan sensasi rekreasi di taman hiburan penuh dinosaurus seperti di film tersebut meskipun dinosaurus yang di Jawa Timur Park 3 ini adalah buatan, ya!

Wahana yang paling terkenal di sini adalah Jelajah 5 Zaman, di mana kamu akan dibawa dengan kereta untuk menjelajahi alur waktu dari zaman prasejarah. Kereta akan membawamu melihat replika makhluk yang hidup di zaman permian sampai dengan ice age.

Selain itu, di Dino Park juga ada replika kerangka dino, lho. Dino Park bisa menjadi tempat wisata ramah anak yang juga bisa dinikmati orang dewasa.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno No. 144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 5103030
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 11:00 – 18:00
  • Harga Tiket: Tiket Reguler Rp 67.000/orang (Senin-Kamis) & Rp 83.000/orang (Jumat-Minggu); Tiket Terusan Rp 120.000/orang (Jumat-Minggu)

3. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta

* sumber: maripelesir.blogspot.com

Taman Rekreasi Selecta terkenal dengan keindahan taman bunganya. Hamparan taman yang dipenuhi bunga berwarna-warni adalah daya tarik utama dari tempat wisata ini. Banyak pengunjung yang berfoto-foto di taman bunga yang cantik ini.

Menariknya, Taman Rekreasi Selecta tidak hanya menghadirkan taman bunga saja, ada juga wahana permainan anak dan permainan perahu air. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas outbound yang seru dan menyenangkan di tempat ini. Taman Rekreasi Selecta juga dekat dengan hotel maupun restoran sehingga kamu tak perlu jauh-jauh mencari penginapan atau tempat makan.

  • Alamat: Jl. Raya Selecta No. 1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 592379
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 25.000/orang (Setiap hari dan belum termasuk harga tiket wahana)

4. Coban Rais

Coban Rais

* sumber: www.batuflowergarden-cobanrais.com

Di kawasan Batu ada sejumlah tempat wisata air terjun yang sudah dikelola dengan baik sehingga bisa dikunjungi dengan mudah oleh wisatawan, salah satunya adalah Coban Rais. Namun, pesona air terjunnya masih kalah populer dengan spot foto yang tersedia di kawasan wisata ini.

Coban Rais memiliki sejumlah spot foto yang menarik, mulai dari berfoto di flying hammock, ayunan, sampai dengan flying bike. Sayangnya, untuk setiap spot foto wisatawan harus membawa Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk sekali foto. Harga tiket untuk foto ini di luar tiket masuk yang sudah dibeli di gerbang.

  • Alamat: Jalur Lkr. Bar. No. 8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu
  • Telepon: 0812-5961-0875
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 15:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 25.000/orang (belum termasuk tiket foto di setiap spot)

5. Alun-alun Kota Batu

Alun-alun Kota Batu

* sumber: malangtoday.net

Ada yang mengatakan bahwa Alun-alun Kota Batu ini pasti membuat ‘iri’ semua alun-alun di kota-kota lain yang berada di Indonesia, benarkah? Dilihat dari landscape dan tampilannya, Alun-alun Kota Batu memang pantas disebut sebagai alun-alun terkeren. Bagaimana tidak, di dalam alun-alun terdapat air mancur, playground, sampai dengan bianglala.

Tak hanya itu saja, ruang informasi yang tersedia di alun-alun ini dibentuk serupa dengan buah stroberi. Sementara toiletnya dibentuk serupa dengan buah apel. Wajah apik alun-alun ini membuatnya secara tidak langsung menjadi tempat wisata gratis yang sangat menyenangkan.

  • Alamat: Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis, tapi dikenakan Rp 5.000/orang untuk naik bianglala

6. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

* sumber: travelingyuk.com

Kebun binatang dengan konsep modern ini dikenal juga dengan nama Jawa Timur Park 2. Maklum saja, Batu Secret Zoo memang masih bagian dari Jawa Timur Park Group. Kebun binatang yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi kamu yang berwisata bersama anak-anak kecil.

Koleksi satwa Batu Secret Zoo mungkin tidak sebanyak Taman Safari Prigen, tetapi satwa-satwa di sini sangat terpelihara dengan baik. Pengunjung juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan satwa melalui wahana Baby Zoo dan Safari Farm.

  • Alamat: Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 5025777
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10:00 – 18:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 90.000/orang (Senin-Kamis) & Rp 120.000/orang (Jumat-Minggu)

7. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

* sumber: www.dancow.co.id

Ingin mencari tempat wisata di Batu yang bisa dikunjungi oleh keluarga maupun lansia? Datang saja ke Kusuma Agrowisata karena di tempat ini kamu bisa berwisata petik apel maupun stroberi langsung dari pohonnya. Sekadar informasi, Kusuma Agrowisata adalah tempat wisata yang bisa dibilang ‘tertua’ di Batu.

Selain menyediakan wisata petik buah, Kusuma Agrowisata juga memberikan fasilitas permainan outbound. Di samping itu, tempat ini juga menyediakan penginapan premium bagi kamu yang tidak ingin repot mencari penginapan lagi setelah berwisata petik buah di sini.

  • Alamat: JL. Abdul Gani Atas PO. BOX 36, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 599418
  • Jam Operasional: 08:00 – 17:00 WIB (Senin-Jumat) & 08:00 – 18:00 WIB (Sabtu-Minggu)
  • Harga Tiket: Rp 60.000/orang (Petik Apel) & Rp 75.000/orang (Petik Stroberi)

8. Museum Angkut

Museum Angkut

* sumber: klikalamat.com

Kapan lagi kamu bisa melihat langsung kendaraan dari masa ke masa? Bahkan, kendaraan antik yang sudah tidak terlihat di jalan-jalan pun bisa kamu saksikan di Museum Angkut. Ya, Museum Angkut adalah museum transportasi yang sangat entertaining.

Di museum ini pengunjung bisa melihat koleksi kendaraan jadul sampai dengan yang langka. Uniknya, di dalam museum dibagi menjadi beberapa zona, seperti Zona Hollywood, Sunda Kelapa & Batavia, Jepang, Uni Eropa, Edukasi, sampai dengan Gangster & Broadway. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding karena keunikannya.

  • Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 595007
  • Jam Operasional: 12:00 – 20:00 (Senin-Sabtu) & 11:00 – 20:00 (Minggu)
  • Harga Tiket: Rp 100.000/orang

9. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular

* sumber: www.tempat.me

Bagi kamu yang ingin melanjutkan wisata di Batu hingga malam hari, kamu dapat berkunjung ke Batu Night Spectacular (BNS) yang lokasinya tidak jauh dari Batu Secret Zoo. Taman hiburan yang satu ini buka sejak sore sampai malam.

BNS memiliki sejumlah wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Tak sampai di situ saja, ada pula Lampion Garden yang cakep banget untuk berfoto. Di dalam taman hiburan juga terdapat pasar malam yang menjual berbagai barang unik dan harganya pun tidak terlalu mahal.

  • Alamat: Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu
  • Telepon: (0341) 5025111
  • Jam Operasional: 15:00 – 23:00 WIB (Senin-Kamis) & 15:00 – 00:00 WIB (Jumat-Minggu)
  • Harga Tiket: Tiket Regular Rp 30.000/orang (Senin-Kamis) & Rp 40.000/orang (Jumat- Minggu); Tiket Terusan Rp 99.000/orang (Senin-Kamis) & Rp 120.000/orang (Jumat-Minggu)

10. Taman Langit Gunung Banyak

Taman Langit Gunung Banyak

* sumber: travelspromo.com

Yang satu ini adalah tempat wisata yang dirancang untuk pengunjung yang hanya ingin berwisata santai sambil foto-foto dan juga cocok untuk pengunjung yang suka wisata ekstrem. Ya, Taman Langit Gunung Banyak adalah tempat yang menyediakan spot foto Instagrammable mirip dengan yang ada di Coban Rais, tetapi sekaligus menjadi tempat untuk olahraga paralayang.

Apabila kamu bosan dengan wisata yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba paralayang yang seru dan menegangkan. Biaya untuk paralayangnya sendiri bervariasi, mulai dari Rp 450.000 sampai dengan Rp 850.000.

  • Alamat: Jl. Gn. Banyak, Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu,
  • Telepon: 0813-3318-3380
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 00:00 WIB
  • Harga Tiket: Rp 10.000/orang (tidak termasuk paralayang)

Wah, 10 tempat wisata di Batu ini nampak sangat seru dan menyenangkan, ya! Ayo, rencanakan liburan ke Batu. Mau solo traveler atau beramai-ramai semuanya tergantung kenyamananmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *