Bali Tak Melulu Pantai, Inilah 9 Destinasi Wisata di Bedugul

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pulau Bali merupakan destinasi wisata favorit bagi masyarakat dalam dan luar negeri. Bali dikenal dengan deretan pantai yang memesona, cantiknya Nusa Penida, gagahnya Gunung Agung, serta budaya yang terus dilestarikan. Pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata alam, budaya, sejarah dan religi.

Jika biasanya Bali identik soal pantai, bukan berarti Bali tidak memiliki wisata lain selain pantai. Bedugul merupakan salah satu kawasan wisata di Bali yang tidak memiliki pantai, tetapi wisatanya tak kalah dengan yang ada di Bali Selatan. Kali ini, Keluyuran akan mengulas 9 tempat wisata menarik di Bedugul yang sayang jika dilewatkan. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Danau Beratan

Danau Beratan

Destinasi wisata yang satu ini, tentu sudah tidak asing di dengar. Danau Beratan merupakan salah satu danau terindah di Indonesia yang dikelilingi bukit serta berudara sejuk. Danau Beratan dikenal juga dengan nama Danau Bedugul. Di sini, bukan sekadar wisata alam, tetapi kamu bisa membawa hasil panen untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Pemandangam Danau Beratan bisa kamu nikmati dengan cara yang berbeda. Di sini kamu bisa menyewa perahu atau speed boat untuk berkeliling danau. Udara yang sangat bersih dan sejuk membuat betah mengelilingi sekitar danau.

  • Alamat : Danau Beratan, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp20.000/orang

2. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan merupakan danau bersejarah di Bedugul, Bali. Menurut sejarah, pada abad ke-10 hingga abad ke-14 Masehi, Danau Tamblingan merupakan perkampungan yang ada di selatan Gunung Lesung. Kemudian masyarakat berpencar dan pindah ke empat desa yang masih berada di sekitar Danau Tamblingan.

Danau Tamblingan terletak di kawasan wisata yang dikenal dengan udara sejuk dan suasananya masih asri. Danau Tamblingan merupakan salah satu dari tiga Danau Kembar yang terbentuk akibat letusan kaldera. Tiga danau tersebut adalah Danau Beratan, Danau Tamblingan, dan Danau Buyan.

  • Alamat : Danau Tamblingan, Munduk, Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

3. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Eka Karya atau lebih dikenal dengan nama Kebun Raya Bedugul merupakan kebun botanical yang berfungsi sebagai paru-paru udara. Kebun Raya Bedugul disebut sebagai kebun raya terluas di Indonesia. Kebun Raya Bedugul berada di ketinggian 1.250 – 1.450 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sini sangat sejuk dan asri.

Kebun Raya Bedugul memiliki banyak spot menarik. Di sini, kamu bisa melihat taman air, taman begonia, taman anggrek, rumah tradisional Bali, hingga rumah kaca kebun kaktus. Kebun Raya Bedugul memiliki lebih dari 2000 jenis spesies tanaman, termasuk tanaman langka. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga,

  • Alamat : Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp6.000/orang

4. Danau Buyan

Danau Buyan

Danau Buyan merupakan salah satu dari tiga Danau Kembar di kawasan Bedugul. Danau yang berada di ketinggian 1.350 meter di atas permukaan laut ini, memiliki area yang cukup luas, dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat camping bersama teman atau keluarga.

Danau Buyan berada di tengah-tengah antara Danau Beratan dengan Danau Tamblingan, tetapi di sini kamu bisa menikmati pemandangan danau dengan cara yang berbeda. Selain camping, ada aktivitas seru lain yang bisa dilakukan disini, yaitu menjelajah danau dengan cara trekking. Di sini juga kerap dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya Twin Lake Festival.

  • Alamat : Danau Buyan, Pancasari, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

5. Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang banyak menjadi incaran ketika berkunjung ke Pulau Dewata. Pada pecahan uang Rp50.000, terdapat gambar Pura yang merupakan Pura Ulun Danu Beratan. Maka dari itu, destinasi wisata ini banyak digemari berbagai kalangan.

Pura Ulun Danu Beratan didirikan pada tahun 1634 Masehi dan terdiri dari lima kompleks Pura serta satu buah Stupa. Lima kompleks tersebut diantaranya; Pura Penataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beiji, Pura Lingga Petak, dan Pura Prajapati. Sedangkan Stupa yang ada di sini merupakan Stupa Buddha yang menandakan keselarasan harmoni dalam beragama.

  • Alamat : Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp20.000/orang

6. Kebun Strawberry Bedugul

Kebun Strawberry Bedugul

Siapa suka buah strawberry? Buah berwarna merah dengan rasa yang manis-asam ini disukai berbagai kalangan. Di beberapa daerah, terdapat kebun strawberry dimana pengunjung dapat memetik sendiri buah strawberry dan menikmatinya saat masih fresh. Salah satu kebun strawberry yang bisa dikunjungi adalah Kebun Strawberry Bedugul.

Berada satu tempat dengan restoran, kamu bisa memetik buah strawberry dan menikmati hidangan yang ada di restoran. Memetik buah di Kebun Strawberry Bedugul tidak dikenakan biaya, tetapi jika kamu ingin membawa pulang buah yang sudah dipetik, akan dikenakan biaya sesuai dengan berapa banyak buah yang dibawa.

  • Alamat : Jl. Raya Baturiti, Batunya, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk : Gratis

7. Taman Wisata Bali TreeTop

Taman Wisata Bali TreeTop

Kegiatan outbond sering dijadikan sebagai destinasi favorit untuk liburan keluarga. Di Bali, ada Taman Wisata Bali Treetop yang menyediakan beragam permaianan seru. Taman wisata yang satu ini, terletak di dalam kawasan Kebun Raya Bedugul. Jadi, kamu bisa bermain sambil menikmati udara sejuk khas Bedugul.

Taman Wisata Bali Treetop menyediakan 72 permainan yang bisa dicoba seperti Tarzan Jumps, Suspended Bridges, Flying Wings, Spider Nets, Flying Fox, dan masih banyak lagi. Seluruh permaianan disesuaikan dengan usia serta berat badan. Untuk anak usia minimal 4 tahun, sudah bisa mencoba wahana di sini. Sangat cocok untuk wisata keluarga.

  • Alamat : Kebun Raya Bedugul, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WITA
  • Tiket masuk : Rp125.000 – Rp230.000/orang

8. Jatiluwih

Jatiluwih

Jatiluwih merupakan sebuah desa di Kabupaten Tabanan yang memiliki hamparan sawah berundak dengan suasana tenang, alami, dan asri. Pesawahan di Desa Jatiluwih dinobatkan  sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Karena di sini terdapat 303 hektare sawah, 597 hektare perkebunan, serta 24 hektare hutan lindung.

Desa Jatiluwih menyimpan banyak hal menarik. Selain sawah terasering, ada pula Air Terjun Yeh Ho, dan Pura Taksu Agung. Di desa ini, kamu bisa berkeliling desa menggunakan sepeda, atau naik kuda. Udaranya yang sejuk dan masih asri, akan membuatmu betah berada di sini.

  • Alamat : Jatiluwih, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp15.000/orang

9. Pasar Candi Kuning

Pasar Candi Kuning

Puas jalan-jalan di Bedugul, biasanya setelah itu yang dicari adalah tempat berbelanja oleh-oleh. Nah, di Bedugul, terdapat pasar yang sangat lengkap. Pasar Candi Kuning tak hanya menjual sayuran dan buah-buahan segar saja, di sini kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Bali. Meski hanya sebuah pasar, tak jarang wisatawan yang berkunjung ke Bedugul menyempatkan ke sini.

Di Pasar Candi Kuning terdapat deretan penjual oleh-oleh, mulai dari penjual makanan khas Bali, batik Bali, hiasan khas Bali, hingga souvenir yang bisa kamu pilih. Bagi umat muslim yang ingin membeli makanan, tak perlu khawatir, di sini hanya menjual makanan halal. Jadi, kamu bisa puas berbelanja dan makan di sini.

  • Alamat : Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Gratis

Demikian ulasan tentang 9 tempat wisata menarik di Bedugul yang sayang jika dilewatkan. Liburan ke Bali, bukan hanya pantai yang bisa dikunjungi. Apabila ingin mengunjungi wisata yang berbeda, yuk datang ke Bedugul!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *