10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bogor merupakan salah satu bagian dari kawasan metropolitan Jabodetabek. Bogor terbagi menjadi dua wilayah, yaitu kota dan kabupaten. Kota Bogor berjarak 59 km dari Jakarta mengarah ke selatan. Bogor dikenal dengan julukan Kota Hujan, dimana kota ini memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Bogor juga menjadi letak dimana Istana Kepresidenan berada.

Jika kamu berdomisili di Jakarta, atau sedang merantau di Ibu kota, bisa menjadikan Kota Bogor sebagai destinasi untuk menikmati libur akhir pekan. Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan KRL / commuter line dengan jurusan Stasiun Bogor. Apabila hanya memiliki waktu singkat di Bogor, kamu bisa kunjungi 10 destinasi wisata dekat Stasiun Bogor berikut ini!

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

* sumber: amazingindonesia.id

Jalan-jalan ke Bogor, pasti sudah tidak asing dengan tempat yang satu ini. Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani besar di pusat Kota Bogor. Luas Kebun Raya Bogor sekitar 87 hektare dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Di sini, kamu bisa memperluas wawasan di pusat keilmuan yang ada di Kebun Raya Bogor.

Awal mulanya, Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari hutan buatan yang sudah ada sejak zaman pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda. Kemudian pada tahun 1800-an, Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles tinggal di Istana Bogor, dimana saat ini Istana Bogor menjadi Istana Kepresidenan. Hingga kini, Kebun Raya Bogor sering dijadikan sebagai tempat rekreasi.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : (0251) 8311 362

2. Devoyage Bogor

Devoyage Bogor

* sumber: alampriangan.com

Kota Bogor menyimpan banyak wisata menarik, salah satunya Devoyage Bogor yang merupakan miniature Benua Eropa. Kawasan wisata dengan luas sekitar 1,5 hektar ini memiliki banyak spot foto bergaya Eropa. Bangunan yang ada di Devoyage Bogor menyerupai bangunan yang ada di Eropa dengan sangat detail.

Tak sekadar foto di depan bangunan bergaya Eropa, kamu pun bisa menikmati Devoyage Bogor dengan cara mengelilingi sungai menggunakan perahu kecil. Devoyage Bogor dilengkapi dengan replika Menara Eiffel yang bisa dijadikan sebagai salah satu spot untuk berfoto. Tempat rekreasi ini berjarak sekitar 9 km dari Stasiun Bogor.

  • Alamat : Jl. Raya Bogor Boulevard No. 240, Parung Jambu, Kota Bogor
  • Operasional : 09.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp25.000 – Rp35.000
  • Kontak : 0859-2121-1116

3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

* sumber: www.hargatiket.net

Tidak jauh dari Kebun Raya Bogor, terdapat Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau disingkat menjadi Munasain. Museum ini merupakan ruang pameran bertemakan “Manusia dan Lingkungan” yang baru diresmikan pada tanggal 29 Juli 2019 lalu.

Jika kamu suka berwisata sejarah, tepat sekali untuk datang ke museum ini. Munasain menceritakan peradaban manusia sejak zaman pra sejarah, mulai dari proses manusia mencari makan, penelusuran jejak perburuan pangan, hingga cerita proses migrasi manusia.

Di sini, pengunjung dapat mengetahui proses awal manusia secara detail, sampai sejarah pertanian di Indonesia. Museum ini menyadarkan bahwa manusia sangat bergantung pada lingkungan.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 22 – 24, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 08.00 – 15.30 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.00
  • Kontak : (0251) 8387 703

4. Museum Zoologi

Museum Zoologi

* sumber: www.nativeindonesia.com

Berkunjung ke Kebun Raya Bogor, rasanya tak lengkap jika tidak mampir ke Museum Zoologi yang letaknya masih dalam satu kawasan dengan Kebun Raya. Museum ini menjadi tempat untuk mempelajari semua hal tentang fauna. Dimana terdapat fosil hewan langka, dan beberapa hewan umum yang diawetkan.

Museum Zoologi dibangun pada tahun 1894 dan selalu bertambah koleksinya. Sampai saat ini, koleksi yang bisa ditemukan di Museum Zoologi kurang lebih 20.000 jenis fauna. Museum ini cocok dikunjungi bersama anak untuk mengenalkan pengetahuan tentang binatang langka dan dilindungi.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 9, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 08.00 – 15.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : (0251) 8311 362

5. Taman Sempur

Taman Sempur

* sumber: www.pikiran-rakyat.com

Suka bersantai di taman? Bogor memiliki banyak taman kota yang bisa dikunjungi. Salah satunya Taman Sempur yang lokasinya tak jauh dari Kebun Raya Bogor. Taman Sempur merupakan ruang terbuka hijau di tengah Kota Bogor yang menjadi salah satu tempat santai favorit bagi masyarakat Kota Bogor.

Pada akhir pekan, Taman Sempur dijadikan sebagai tempat car free day di minggu pagi. Di sini, kamu bisa jogging atau gerak jalan di area jogging track Taman Sempur. Selain itu, di sini disediakan Kotak Literasi Cerdas sebagai sarana untuk meningkatkan literasi. Kamu bisa meminjam buku secara gratis dengan syarat membacanya masih di area Taman Sempur.

  • Alamat : Jl. Sempur No. 1, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Taman Kencana

Taman Kencana

* sumber: wisatabaru.com

Selain Taman Sempur, ada juga Taman Kencana yang merupakan taman bersejarah di pusat Kota Bogor. Pembangunan Taman Kencana mulai direncanakan pada tahun 1917, dan dibangun pada tahun 1926 – 1930. Hingga saat ini, Taman Kencana menjadi salah satu ruang terbuka hijau yang paling ramai dikunjungi masyarakat dari dalam dan luar Kota Bogor.

Taman Kencana saat ini dikenal sebagai salah satu pusat wisata kuliner di Kota Bogor. Ruang terbuka hijau ini memberikan suasana yang sejuk dan nyaman karena dikelilingi pepohonan rindang, serta banyak tempat duduk untuk sekadar bersantai.

  • Alamat : Taman Kencana, Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Museum PETA

Museum PETA

Museum Pembela Tanah Air, atau disebut dengan Museum PETA. Museum ini didirikan pada tahun 1993 sebagai penghargaan untuk mantan Tentara PETA yang sudah berkontribusi dalam membela bangsa dan Negara.

Museum ini memberikan gambaran perjangan kemerdekaan Indonesia, serta persiapan mengisi kemerdekaan. Dibangun pada tahun 1993, sebenarnya bangunan yang kini dijadikan sebagai museum ini sudah ada sejak tahun 1745 dan sempat dijadikan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air pada tahun 1943.

Di museum ini, pengunjung bisa mempelajari secara langsung sejarah kemerdekaan mulai dari tokoh yang mengupayakan berdirinya PETA, hingga pembacaan Proklamasi pada 1945.

  • Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No. 35, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp3.000
  • Kontak : (0251) 8332 768

8. Tugu Kujang

Tugu Kujang

* sumber: www.bukitcikeretegindah.com

Kujang merupakan senjata pusaka dari Jawa Barat yang kemudian dijadikan sebagai puncak tugu di Bogor. Tugu Kujang merupakan lambang Kota Bogor yang dibangun pada tahun 1982. Tugu Kujang memiliki tinggi sekitar 25 meter, dan kujang seberat 800 kg, terletak di simpang Jalan Padjadjaran, Baranangsiang, dan Otista.

Tugu Kujang menjadi penanda bahwa kujang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sunda karena kujang biasa digunakan untuk peralatak pertanian bagi masyarakat di Tanah Sunda. Meski hanya sekadar tugu, kamu bisa menyempatkan untuk singgah di Tugu Kujang yang menjadi ikon dari Kota Hujan.

  • Alamat : Jl. Raya Pajajaran, Baranangsiang, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Taman Peranginan

Taman Peranginan

* sumber: m.ayobogor.com

Satu lagi ruang terbuka hijau di Kota Bogor yang bisa kamu kunjungi untuk bersantai. Taman Peranginan terletak di dataran tinggi dimana pengunjung akan merasakan semilir angina yang lebih sejuk dibandingkan dengan taman lainnya di Kota Bogor. Lokasi Taman Peranginan tidak jauh dari Istana Kepresidenan Bogor.

Taman Peranginan sering dijadikan sebagai tempat untuk refreshing oleh pengunjung dari dalam dan luar Kota Bogor. Dari taman ini, kamu bisa melihat pemukiman penduduk dan terhampar di bawah area taman. Sehingga kamu bisa melihat pemandangan Bogor dari ketinggian, tanpa harus mendaki gunung.

  • Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Bogor menjadi lokasi dimana Istana Kepresidenan berada, dan menjadi saksi sejarah di Indonesia. Sehingga di kota ini terdapat banyak museum, salah satunya adalah Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Museum ini terletak di dalam kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

Museum Kepresidenan RI Balai Kirti merupakan salah satu wahana rekreasi dan edukasi di Kota Bogor dimana pengunjung bisa melihat memori tentang para Presiden Indonesia. Museum ini dibangun pada tahun 2012, dan diresmikan pada 18 Oktober 2014. Harapannya, masyarakat dapat menghayati, mengapresiasi, serta meneladani jejak prestasi yang sudah dicapai Presiden.

  • Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No. 1, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor
  • Operasional : 09.00 – 15.00 WIB, Senin libur
  • Tiket Masuk : Gratis (Menggunakan surat izin kepada Kepala Museum Kepresidenan)
  • Kontak : (0251) 7561 701

Itulah 10 destinasi wisata dekat Stasiun Bogor yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati libur akhir pekan di Kota Hujan. Selain Kebun Raya Bogor, rupanya masih banyak lagi destinasi yang bisa dikunjungi, seperti taman, hingga museum. Yuk, liburan ke Kota Bogor!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *