8 Tempat Wisata Bogor dengan Pemandangan Mirip di Luar Negeri

Kota hujan adalah julukan yang disematkan kepada Kota Bogor. Asal muasal julukan itu karena kota ini musim hujannya lebih lama, bahkan di musim kemarau pun tetap hujan.

Meski sering hujan, kota ini tetap menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan karena keindahan alam dan sejuknya udara di sini.

Tempat wisata di Bogor ternyata ada juga yang mirip dengan objek wisata di luar negeri. Tempat wisata itu ada tempat wisata yang alami ada juga yang buatan.

Untuk yang tertarik ingin ke luar negeri tapi masih harus menabung, mereka bisa berkunjung ke tempat-tempat di Bogor yang akan dibahas berikut ini. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: 10 Tempat Wisata Anak di Bogor yang Sangat Seru

1. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

  • Alamat: Jalan Taman Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Bogor
  • Jam buka: 08.00 s/d 16.00
  • Telepon: 0263 - 2953070/0812 - 2466 - 7108
  • HTM: Rp15.000 s/d Rp25.000

Destinasi wisata bunga sakura yang terkenal di dunia salah satunya adalah Jepang. Tiap musim semi, orang-orang akan berduyun-duyun berlibur menikmati sakura di Jepang.

Pasti kamu nggak akan percaya kalau di Kebun Raya Cibodas pun kamu bisa menyaksikan bunga sakura yang mekar seperti di Jepang?

Ya, di Kebun Raya Cibodas terdapat pohon sakura. Terdapat area unik di sini yang disebut dengan Taman Sakura. Bunga sakura di Kebun Raya Cibodas sudah ditanam semenjak tahun 1963.

Akan tetapi tamannya sendiri baru dibuat tahun 2007 yang terletak di Lembah Cibogo dengan luas lahan sekitar 7.000 m2.

Kemiripan iklim, kondisi tanah, dan ketinggian membuat bunga-bunganya berwarna merah jambu saat mekar sempurna.  Pohon ini akan berbunga pada bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus.

Bunganya yang berwarna pink akan terlihat indah ketika mekar. Saat berkunjung ke Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas, kamu akan merasa seperti sedang di negara matahari terbit tersebut.

Jadi kalau ingin merasakan hanami, tak perlu jauh-jauh lagi ke Jepang. Kamu bisa menikmati bunga sakura di Cibodas, Bogor.

2. Highland Park Resort

Highland Park Resort
  • Alamat: Jl. Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 02518485777/08558132999

Highland Park Resort menawarkan pengalaman unik. Kamu dapat menginap di hotel yang memiliki sensasi seperti berkemah di tenda Mongolia atau suku Apache dengan latar belakang pemandangan Gunung Salak.

Lokasi hotel ini di Curug Nangka, Sinarwangi, Taman Sari. Fasilitas yang dimiliki hotel ini cukup lengkap. Untuk menginap di sini, harga per malamnya sekitar Rp1.047.665.

Di hotel ini, pengunjung juga dapat mencoba melakukan kegiatan lain, seperti renang, futsal, flying fox, karaoke sampai food reflexology. Aktivitas yang ditawarkan oleh hotel ini, di antaranya shooting target, zip bike, edu camp (keluarga atau sekolah), high dan low rope.

3. Leuwi Lieuk, Wangun Cileungsi

  • Alamat: Leuwi hejo trip trekking, Karang Tengah, Kabupaten Bogor
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0812-1034-0931
  • HTM: Rp10.000

Pernah melihat cenote di Meksiko? Negara ini dikenal memiliki cenote atau lubang pembuangan air alami yang indah-indah mirip dengan yang objek wisata yang ada di Bogor. Nama objek wisata yang hits ini adalah Leuwi Lieuk.

Tipografi Bogor didominasi oleh pegunungan sehingga kota hujan ini sering dijuluki sebagai surganya curug. Itu karena kota ini mempunyai banyak wisata curug ataupun air terjun.

Curug Leuwi Lieuk berlokasi di Wangun Cileungsi dan tersembunyi dibalik rimbunnya hutan. Perlu waktu lama untuk sampai di sini tapi saat sampai semua rasa penatmu akan terbayar dengan keindahan curugnya.

Air jernih dengan warna kehijauan yang muncul dari dua tebing tinggi serta sejuknya udara akan membuatmu senang berlama-lama di sini. Tiket masuknya murah, hanya Rp10.000 saja.

4. Rumah Pohon Curug Ciherang

Rumah Pohon Curug CiherangSumber: pinhome.id
  • Alamat: Wargajaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor
  • Jam buka: 08.00 s/d 18.00
  • Telepon: 0812-8992-5596
  • HTM: Rp20.000

Bogor terkenal mempunyai banyak curug yang indah. Objek wisata ini menawarkan pemandangan indah serta hawa menyejukkan.

Berbeda dari curug lainnya, Ciherang merupakan curug yang mempunyai daya tarik unik. Itu karena di sini terdapat rumah pohon serta jembatan gantung.

Sekilas tempat ini seperti rumah-rumah pohon yang disukai anak-anak di Amerika. Kamu akan bisa menyaksikan alam yang rindang dan indah dari atas rumah pohon juga jembatan gantung.

5. Devoyage

Devoyage
  • Alamat: Jl. Raya Bogor - Jkt No.240, Mulyaharja, Kota Bogor
  • Jam buka: 09.00 s/d 18.00
  • Telepon: 0251-8200444/0878-2019-3911
  • HTM: Rp30.000 s/d Rp40.000

Mencari destinasi ala Eropa di Bogor? Itu mungkin bisa kamu lakukan kalau kamu berkunjung ke Devoyage. Tempat wisata di Bogor yang mirip luar negeri ini berada di Jl. Boulevard Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja.

Devoyage menawarkan beberapa landmark negara-negara di Eropa, seperti kanal ala Venesia, Bryggen Mini serta Menara Eiffel. Tarifnya sekitar Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp35.000 untuk akhir pekan.

Di tempat wisata ini tersedia bermacam fasilitas, seperti house of games, Venetian cano, dan playground. Untuk yang suka selfie, kamu bisa berfoto di sekitar Windmill – Belanda, Eiffel Tower - Prancis, Red Phone Box – Inggris, Mannekan Pis - Belgia, dan Big Ben – London.

Devoyage juga menyediakan fasilitas makan, seperti Street Food, Coffee Table, Gelato Ice Cream, Eatery House serta Gold Chicken.

6. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
  • Alamat: Jalan Raya Puncak KM.77, Cisarua, Bogor
  • Jam buka: 08.00 s/d 16.00
  • Telepon: 0251-8252337
  • HTM: Rp50.000 s/d Rp60.000

Taman Wisata Matahari menawarkan rekreasi favorit untuk pengunjung yang datang ke Bogor. Di tempat wisata ini terdapat banyak pilihan wahana serta permainan yang seru.

Kamu bisa menikmati wisata permainan, wahana air, petualangan sampai edukasi. Di sini juga kamu akan merasakan sedang berada di Belanda. Kok bisa?

Tempat wisata ini mempunyai destinasi wisata dengan suasana Belanda. Di Taman Wisata Matahari ada replika kincir angin yang berada tepat di tepi danau.

Jadi berasa sedang di negeri tulip nggak sih? Destinasi wisata ini beralamat di Jl. Raya Puncak KM 77, Cisarua, Bogor. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 WIB s/d 16.00. Di akhir pekan serta libur nasional buka pukul 08.00 s/d 17.00.

7. The Ranch Megamendung

The Ranch MegamendungSumber: qraved.com
  • Alamat: Jalan Raya Puncak - Cianjur No.428 Leuwimalang, Cisarua, Bogor
  • Jam buka: 09.00 s/d 18.00
  • Telepon: 087889541791
  • HTM: Rp25.000

Sepertinya tempat wisata bernuansa Eropa di Bogor laris manis bak kacang goreng. Selain di Taman Wisata Matahari dan Devoyage, kamu bisa merasakan vibe Benua Eropa di The Ranch Megamendung.

Di tempat wisata di Bogor ini terdapat banyak bangunan yang mirip seperti di Eropa, seperti bentuk kastil tua Eropa pada bangunan Gelato Castle Café. 

Bangunan-bangunan bergaya yang Eropa ini juga jadi daya tarik utama tempat wisata ini. Selain Gelato Castle Café ada juga bangunan rumah ala Belanda. Selain itu, di sini juga terdapat bangunan dengan arsitektur yang lucu, seperti rumah permen.

Tak hanya bangunan, tapi di tempat wisata ini juga dilengkapi dengan bunga berwarna-warni yang jadi ciri khas negeri tulip. Harga tiket masuk tempat wisata ini sekitar Rp20.000 per orang.

8. Taman Istana Bogor

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Paledang, Kota Bogor
  • Jam buka: 09.00 s/d 16.00
  • Telepon: -
  • HTM: gratis

Ketika liburan ke Bogor, jangan lupa untuk berkunjung ke Istana Bogor. Istana kediaman Presiden Republik Indonesia ini memiliki taman yang cantik dan gratis.

Kamu bisa bertemu dengan presiden di sini kalau beruntung. Tak hanya itu, tempat wisata ini juga memiliki sesuatu yang mirip dengan tempat wisata di Jepang. Bisa tebak apa itu?

Kalau kamu pernah ke Taman Nara di wilayah Kansai pasti kamu akan bisa langsung menebak apa kesamaan taman Istana Bogor dengan Taman Nara. Ya, betul rusa. Di dua taman ini terdapat rusa yang bebas berkeliaran dan bisa diberi makan oleh pengunjung. 

Awalnya rusa-rusa di Istana Bogor ini didatangkan dari Nepal di awal tahun 1800. Saat itu Istana Bogor masih dihuni oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Inggris. Ketika itu Raffles ingin sesuatu yang unik di istananya, jadi dia pun terpikirkan ide untuk mendatangkan 6 rusa.

Kini jumlah rusa ini sudah semakin banyak hingga mencapai ratusan. Rusa-rusa itu akan bermain dan makan di halaman Istana Bogor yang memiliki luas sekitar 28 hektar.

Ternyata di Indonesia juga terdapat tempat-tempat wisata yang terinspirasi atau mirip seperti di luar negeri. Tempat wisata di Bogor pun ada yang mirip seperti di mancanegara, seperti tempat-tempat yang disebutkan di atas.

Buat kamu yang rindu untuk liburan ke luar negeri tapi belum kesampaian, mungkin berkunjung ke tempat-tempat tadi bisa sedikit mengobati kerinduanmu. Sudah siap untuk liburan ke salah satu tempat tersebut?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram