10 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Murah Meriah

Ditulis oleh Linda

Sebagai kota yang dekat dengan Jakarta, Bogor sering dijadikan sebagai destinasi wisata bagi masyarakat kota metropolitan yang ingin berlibur atau sekedar refreshing. Hingga saat ini, kawasan Puncak Bogor adalah tempat wisata yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan.

Namun, bila Anda bosan jalan-jalan ke puncak, Anda bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata lainnya yang ada di Bogor. Tidak usah khawatir akan menghabiskan banyak uang karena banyak tempat tempat wisata di Bogor yang murah meriah. Apa sajakah itu?

10 Tempat Wisata Murah di Bogor

1. Gunung Pancar

Gunung Pancar

* sumber: www.pegipegi.com

Kawasan wisata alam di Bogor yang sangat terkenal adalah Gunung Pancar. Pasalnya, di sekitar gunung ini terdapat kolam pemandian air panas yang bisa Anda manfaatkan untuk berelaksasi. Di kawasan Gunung Pancar ini bisa digunakan untuk berkemah. Di sini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti hiking, bersepeda, sampai dengan menunggang kuda.

Di tempat ini, Anda akan disuguhkan pemandangan hutan pohon pinus yang sangat terawat dan tampak asri. Sejumlah satwa hidup bebas di dalam hutan ini. Oleh karena itu, ketika berada di sini sebaiknya Anda tidak terlalu jauh berjalan dari perkumpulan wisatawan lainnya yang sedang bersantai di sini.

2. Situ Gede

tempat wisata murah di bogor situ gede

Danau seluas 6 hektar ini dikelilingi oleh hutan yang rindang. Masyarakat Bogor kerap kali mengunjungi Danau Situ Gede ini untuk memancing, menaiki perahu, atau sekedar berjalan-jalan di hutan. Bahkan, danau ini kerap kali dijadikan lokasi syuting FTV atau sinetron, lho.

Bila Anda sedang beruntung, ketika berjalan-jalan di hutan yang ada di kawasan Situ Gede ini, Anda akan berjumpa dengan rusa-rusa cantik yang memang tinggal di dalam hutan. Berkunjung ke situ ini pastinya sangat cocok bagi Anda yang sudah penat dengan aktivitas kerja di kantor.

3. Kampung Sindang Barang

Kampung Sindang Barang

Berwisata sambil mengenal budaya, kenapa tidak? Anda bisa mengunjungi salah satu kampung budaya yang juga dikenal sebagai kampung adat, Sindang Barang. Di sini, Anda bisa mengenal tradisi dan budaya yang menjadi warisan turun temurun.

Selain itu, ketika berjalan-jalan di Kampung Sindang Barang, Anda akan menghirup udara sejuk dengan hawa yang adem. Hal itu dikarenakan Kamping Sindang Barang berada di bawah kaki Gunung Salak. Kampung yang berjarak 5 KM dari Kota Bogor ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berelaksasi dan mencari ketenangan.

4. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Berada di Kawasan Sentul Paradise Park, Air terjun bidadari ini memiliki ketinggian hampir 74 meter. Mata air yang didapat di air terjun ini masih terbilang bersih. Nampaknya, kawasan ini memang sengaja dipugar menjadi tempat wisata. Hal ini terlihat jelas dengan replika kolam yang dibuat untuk menampung air terjun ini.

Kolam ini nampak seperti kolam renang nyata. Nah, apakah Anda ingin bersantai di dekat air terjun ini? Kunjungi saja Air Terjun Bidadari sebagai destinasi pariwisata yang selanjutnya.


5. Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Sanita Ciseeng

* sumber: www.cumilebay.com

Menghabiskan waktu liburan sembari mandi dengan air panas memang mengasyikkan. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Bogor yang murah dan terkenal ini.

Hanya dengan tiket masuk seharga 10 ribu rupiah, Anda dapat berendam di kolam air panas yang memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh. Dengan air panas, Anda juga dapat berelaksasi untuk melepas lelah akibat rutinitas sehari-hari.

6. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung

* sumber: wisatakuliner09.blogspot.co.id

Di sekitar Gunung terhampar kebun teh yang luas dan menyejukkan mata. Taman Riung Gunung ini juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak-anak. Bahkan, Anda diperkenankan untuk memasang tenda untuk membangun berkemah di alam terbuka.

Hamparan kebun teh berwarna hijau ini nampak asri dan membuat kita merasa rileks apalagi sambil menikmati secangkir teh hangat. Nah, bila ada uang lebih, Anda bisa memilih penginapan yang menawarkan view dari kebun teh tersebut.

7. Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor

istana bogor

Kebun botani seluas 85 hektar ini memiliki lebih dari 15 ribu spesies tumbuhan. Kebun botani tertua di Asia ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berpiknik. Di area belakang kebun terdapat sebuah danau dengan pemandangan yang indah dan menyejukkan. Di sekitar danau banyak orang yang bersantai dan berpiknik sembari bercengkrama dengan kerabat.

Usai melihat-lihat tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor, Anda bisa mengunjungi rumah dinas presiden, Istana Bogor. Jika beruntung, Anda bisa bergabung dengan rombongan khusus yang sudah memperoleh ijin untuk mengunjungi bagian dalam istana. Di dalam istana terdapat patung dan lukisan yang indah.

Selain itu, di taman depan Istana Bogor terdapat banyak rusa-rusa cantik yang memang dilestarikan di sini. Anda dapat mengajak anak-anak untuk melihat rusa-rusa tersebut dari jarak dekat.

8. Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi merupakan destinasi wisata murah selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Di museum ini, Anda bisa melihat hewan-hewan yang diawetkan atau fosil hewan. Tempatnya masih terletak di dalam kawasan Kebun Raya Bogor. Anda bisa mengajak anak-anak kesini untuk memberikan edukasi seputar dunia fauna.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram