Yuk, Mampir ke 10 Tempat Wisata Menarik di Bondowoso

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2019

Jawa Timur menyimpan banyak pesona tersembunyi, yang bahkan belum diketahui banyak wisatawan. Jika traveling ke Jawa Timur, destinasi paling banyak disukai adalah Malang dan Kota Batu. Padahal ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi selain dua kota tersebut. Salah satunya adalah Bondowoso. Sebuah kabupaten kecil terletak di sebelah timur Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Bondowoso berada di tengah antara tiga gunung, yaitu Gunung Raung, Gunung Ijen, dan Gunung Argopuro. Namun wisatanya masih kalah tenar dengan Banyuwangi. Supaya lebih mengenal Bondowoso lebih dekat, kali ini Keluyuran akan memberikan informasi 10 tempat wisata di Bondowoso yang bisa menjadi destinasi liburanmu.

1. Kawah Ilalang

Kawah Ilalang (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Tempat wisata yang satu ini masih terbilang baru. Perlu perjuangan ekstra untuk bisa sampai di sini karena medan yang dilalui sangat sulit. Jalan tanah dan berbatu akan kamu lewati. Maka, pastikan kondisi motor dalam keadaan baik dan usahakan tidak menggunakan motor matic ya karena akan sulit dilalui jika mengguanakan matic.

Tempat yang masih tersembunyi, kamu perlu aktif bertanya ke warga sekitar tentang keberadaan Kawah Ilalang ini. Tak perlu khawatir, setelah kamu tiba di Kawah Ilalang, rasa lelahmu akan terbayarkan. Hamparan rerumputan dan ilalang yang tumbuh subur serta pemandangan Gunung Raung, siap menyambut kedatanganmu di sini.

  • Alamat : Curah Macan, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Air Terjun Niagara Mini

Air Terjun Niagara Mini (Copy)

* sumber: www.idntimes.com

Dekat dengan Gunung Ijen, Bondowoso memiliki destinasi wisata unik yang disebut mirip dengan Niagara Falls di Canada. Namanya, Air Terjun Niagara Mini. Berlokasi di lereng Gunung Ijen, air terjun ini bertingkat tidak beraturan, hingga ketika debit air dalam kondisi deras mirip dengan Niagara Falls.

Udara sejuk dan asri akan kamu rasakan di sini. Berjarak kurang lebih 57 km dari pusat kota, Air Terjun Niagara Mini dikelilingi hutan dan bukit, sehingga udaranya sangat sejuk dan segar. Tak hanya deru air terjun yang akan kamu dengar, ada pula suara hewan bersahutan yang akan melengkapi suasana asri di tempat ini.

  • Alamat : Plalangan II, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

3. Rawa Indah Almour

Rawa Indah Almour (Copy)

* sumber: zumtravelling.blogspot.com

Rawa Indah Almour merupakan sebuah rawa yang terletak di Desa Alas Sumur. Tempat ini dibangun oleh masyarakat setempat dan dijadikan sebuah tempat wisata. Liburan ke sini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam serta dapat mengenal lebih dekat dengan masyarakat di desa tersebut.

Kamu bisa memancing ikan di sini, dan bagi yang membawa anak bisa mencoba beragam permainan seru. Sperti sepeda air, flying fox, keliling rawa mengguanakan perahu kayu, hingga berenang. Pada waktu tertentu, Rawa Indah Almour sering dijadikan sebagai tempat diadakannya event yang seru. Liburanmu akan semakin berkesan.

  • Alamat : Jl. Raya Pakisan, Alas Sumur, Pujer, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan (Copy)

* sumber: phinemo.com

Masih di lereng Gunung Ijen, ada Air Terjun Blawan yang cantik dan memesona. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah, namun akses menuju ke sini masih cukup sulit. Jalur menuju air terjun sangat menantang dengan jalan naik turun di antara dua tebing. Lelahmu akan sangat terbayar ketika sampai di air terjun ini.

Air Terjun Blawan mengalir dengan debit air yang sangat deras di antara tebing. Di sini, kamu tidak bisa brmain air, karena air langsung mengalir ke tanah yang cukup dalam. Kamu tetap bisa menikmati pesona Air Terjun Blawan dari samping. Letaknya yang cukup tertutup, suasana sejuk dan segar akan kamu rasakan di sini.

  • Alamat : Rengahrejo, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 05.00 – 18.00 WIB
  •  Tiket Masuk : Rp2.000/orang

5. Bukit Jabal Kirmit

Bukit Jabal Kirmit (Copy)

*

Bondowoso yang terletak di kaki Gunung Ijen, memiliki banyak bukit-bukit cantik yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Bukit Jabal Kirmit. Jika kamu hendak mendaki Gunung Ijen melalui Bondowoso, maka perjalanan dari basecamp pendakian kamu akan melihat jelas bukit ini. Hijau dan indah!

Bukit Jabal Kirmit semakin cantik dengan adanya bunga-bungan dan ilalang yang menambah  keeksotisan pemandangan di sini. Kamu bisa jadikan Bukit Jabal Kirmit sebagai destinasi untuk bersantai setelah mendaki Gunung Ijen. Setiap pengunjung akan dibuat betah karena cantiknya bukit ini.

  • Alamat : Jampit, Sempol, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar (Copy)

* sumber: adventurewisata.blogspot.com

Jika satu air terjun saja sudah dapat menghipnotis karena keindahannya, apalagi jika ada dua. Air Terjun Tancak Kembar, merupakan salah satu air terjun di Bondowoso dengan pemandangan yang berbeda. Terdapat dua air terjun berdampingan dengan tinggi yang sama, membuat air terjun ini tampak seperti anak kembar.

Air Terjun Tancak Kembar terletak di lereng Gunung Argopuro. Jika kamu berencana mendaki Gunung Argopuro, bisa mengunjungi air terjun ini untuk sekadar bersantai menikmati segarnya air terjun setelah lelah mendaki. Di sini, kamu juga bisa camping. Bermain air di Air Terjun Tancak Kembar akan menyegarkan fisik dan pikiranmu.

  • Alamat : Hutan, Andungsari, Pakem, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : Sabtu – Kamis 07.15 – 24.00 WIB, Jumat tutup
  • Tiket Masuk : Rp2.000/orang

7. Puncak Piramid

Puncak Piramid (Copy)

*

Kamu suka mendaki gunung? Di Bondowoso, terdapat puncak piramid yang masih satu wilayah dengan Gunung Argopuro. Puncak Piramid berada di ketinggin 1.521 meter di atas permukaan laut. Meski terbilang kecil, gunung ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Perlu fisik dan mental yang kuat untuk bisa sampai di Puncak Piramid ini.

Disebut Puncak Piramid karena gunung ini berbentuk segitiga runcing seperti piramid. Gunung ini tidak direkomendasikan untuk pemula. Selain medannya yang sulit, area camp di gunung ini hanya cukup untuk satu tenda saja. Meski begitu, buat kamu yang sangat suka mendaki gunung, tak ada salahnya untuk mencoba untuk mendaki gunung dengan Puncak Piramid ini.

  • Alamat : Hutan, Tanahwulan, Maesan, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Kawah Wurung

Kawah Wurung (Copy)

* sumber: unsplash.com

Dalam bahasa Jawa, “wurung” berarti “tidak jadi”. Maka, Kawah Wurung merupakan kawah yang tidak jadi. Namun, tempat ini menjadi primadona pariwisata di Bondowoso. Kawah Wurung berada di lereng Gunung Ijen dan masih satu jalur menuju Gunung Ijen jika kamu mendaki melalui Bondowoso

Kawah Wurung mirip seperti bukit di film kartun Teletubbies. Kawah ini akan berwarna hijau nan cantik ketika masuk musim penghujan, dan ketika musim kemarau warnanya akan kecoklatan seperti sedang di Afrika. Jalur menuju ke sini masih cukup sulit. Kamu perlu memperhatikan kendaraanmu sebelum menuju ke Kawah Wurung.

  • Alamat : Margahayu, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Pohon Pelangi

Pohon Pelangi (Copy)

* sumber: www.genpi.co

Jika pohon biasanya memiliki batang berwarna coklat yang tinggi menjulang. Di Bondowoso terdapat pohon unik yang batangnya berwarna-warni, selayaknya pelangi. Pepohonan ini diberi nama Pohon Pelangi. Warna-warni tersebut tercipta dari proses keluarnya getah dari dalam pohon yang membuat lapisan warna yang unik.

Pohon Pelangi, disebut juga Eucalyptus Deglupta ini jenis yang cukup langka. Di sini kamu hanya bisa menemukan sekitar 10 – 15 pohon saja. Pohon Pelangi seperti ini sama seperti pohon yang ada di Peru. Namun, kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa melihat fenomena unik ini secara langsung.

  • Alamat : Area Kebun, Rejo Agung, Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

 10. Batu Susun Solor

Batu Susun Solor (Copy)

Selayaknya stonehenge di England, Bondowoso juga memiliki pemandangan serupa, bahkan bisa dibilang lebih menakjubkan. Namanya, Batu Susun Solor. Batu Solor merupakan batu besar dan tinggi yang disebut peninggalan zaman megalitikum. Warga setempat percaya bahwa situs batu ini menjadi tempat milik Raja Blambangan pertama.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Batu Susun Solor, kamu perlu melewati perkampungan warga, perbukitan, dan pesawahan dengan kondisi jalan yang masih rusak. Sesampainya di sini, kamu akan melihat batu besar yang tersusun secara rapi. Sangat mirip dengan stonehenge di England!

  • Alamat : Tenggina, Solor, Cermee, Kabupaten Bondowoso
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian informasi tentang tempat wisata di Bondowoso yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa mampir ke Bondowoso jika kamu traveling ke Banyuwangi dan Gunung Ijen, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *