Inilah 10 Tempat Wisata di Bontang yang Unik dan Menarik

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu pernah mendengar tentang Kota Bontang? Bontang itu adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Timur dan dari Samarinda jaraknya kira-kira 120 km. Walaupun Bontang tak seterkenal Lombok, tapi di sini terdapat tiga perusahaan besar, yaitu Pupuk Kalimantan Timur, Badak NGL (gas alam), dan Indominco Mandiri (batubara).

Di samping itu, Kota Bontang juga memiliki potensi wisata yang menarik. Mungkin kamu akan menemukan hidden gem di kota ini yang belum banyak dikenal orang tapi akan memikat hati siapapun yang melihatnya. Kalau kamu ingin tahu tempat wisata di Bontang yang menarik untuk dikunjungi, jangan lupa untuk terus baca ulasan berikut ini.

1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Kalau kamu berkunjung ke Kota Bontang, jangan sampai melewatkan kunjungan ke pulau yang namanya sama dengan bahan makanan pokok orang Indonesia ini. Ya, nama destinasi wisata ini adalah Pulau Beras Basah. Nama pulau ini tak hanya terkenal di kalangan turis domestik tapi juga mancanegara.

Pulau ini memiliki ombak yang tenang juga pasirnya berwarna putih bersih. Tak mengherankan jika para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Beras Basah enggan pulang. Selain pantai, pemandangan bawah lautnya pun tak kalah memesona.

Nama Beras Basah disematkan pada pulau ini karena konon menurut cerita masyarakat lokal dulu ada kapal dari Pulau Celebes atau Sulawesi yang berlayar ke Bontang membawa karung beras ribuan ton. Nahas, kapal itu terkena ombak besar dan karam sehingga muatannya tercecer di sekitar pulau.

Muatannya sampai menutupi sebagian besar permukaan air di wilayah pulau tersebut. Maka akhirnya disebutlah pulau itu dengan nama Pulau Beras Basah oleh masyarakat sekitar. Pulau ini juga memiliki ciri khas berupa mercusuar berwarna putih dengan ketinggian sekitar 15 meter.

  • Alamat : Kota Bontang, Kalimantan Timur
  • HTM : Rp50.000
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu)

2. Bontang Mangrove Park

Bontang Mangrove Park

Untuk pencinta wisata alam yang sedang berkunjung ke Bontang, cobalah kunjungi Bontang Mangrove Park atau BMP. Destinasi wisata yang terletak di Bontang ini adalah bagian dari Taman Nasional Kutai. Kamu bisa menikmati keindahan taman bakau dengan menyusuri jalan setapak sepanjang 1,3 km.

Kalau ingin melihat lebih banyak lagi pemandangan yang ada di sini, kamu bisa naik ke menara pandang dengan ketinggian sekitar 20 meter. Kamu akan bisa langsung melihat Selat Makassar yang menghampar.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Bontang Mangrove Park adalah di sore hari. Ketika matahari akan tenggelam, pengunjung bisa menikmati senja di antara pohon-pohon bakau sambil melihat sekawanan burung endemik. Pemandangan seperti itu tak akan terlupakan.

  • Alamat : Jl. Cut Nyak Dien, Bontang Baru, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur 75325
  • HTM : Rp5.000 hari kerja dan Rp7.000 akhir pekan
  • Jam buka : 07.30 WITA – pukul 17.30 WITA
  • No. Tlp: (0548) 27218

3. Taman Nasional Kutai (TNK)

Taman Nasional Kutai (TNK)

Destinasi wisata lain di Kota Bontang yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Kutai. Sebagian besar wilayah taman ini masuk ke wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian besar lagi masuk ke wilayah Kota Bontang namun kantor pengelolaannya berada di Kota Bontang.

Selain jadi destinasi wisata alam, taman ini juga menjadi tempat rehabilitasi untuk orang utan yang mulai langka saat ini. Taman ini mempunyai fungsi-fungsi lain, seperti tempat penelitian, perkemahan, juga pendidikan alam.

Luas Taman Nasional Kutai ini sekitar 200 ribu hektar dan memiliki hutan-hutan dengan tipe berbeda-beda. Tentunya hutan ini kaya akan flora dan fauna. Tumbuhan yang bisa ditemui di taman ini, seperti cemara laut, bakau, tancang, bunga raflesia, meranti, dan juga beragam angger hutan.

Sedangkan fauna yang bisa ditemui di sini antara lain orang utan dan sejenisnya, seperti orang utan, beruk, bekantan, kera ekor panjang, owa kalimantan, dan kukang. Tempat ini cocok untuk jadi destinasi liburan keluarga, utamanya mereka yang mempunyai anak- anak.

  • Alamat : Jl. Awang Long No.33, Bontang Baru, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur 75311
  • HTM: Rp10.000 hari kerja dan Rp15.000 hari libur/Wisatawan asing Rp.200.000 hari biasa dan Rp300.000 hari libur.
  • Biaya Guide: Mulai dari Rp100.000 per orang
  • Jam buka : pukul 08.00-17.00 Senin-Kamis dan pukul 14.00-17.00 WIB Jumat
  • No. Tlp: (0548) 27218

 4. Pulau Gusung

Pulau Gusung

Pulau Gusung adalah pulau yang berpenghuni dan di sini terdapat sekitar 300 kepala keluarga. Adapun mata pencaharian mereka adalah nelayan tradisional. Untuk bisa sampai di pulau ini, pilihan transportasinya adalah speed boat dari Pelabuhan Loktuan, Tanjung Limau dan Bontang Koala.

Adapun lama perjalanan dengan menggunakan speed boat adalah 20 sampai 25 menit. Di perjalanan menuju pulau ini, kamu bisa melihat kilang atau juga pabrik pengolahan yang ketika malam hari terlihat semarak dengan lampu-lampu neon.

Ketika sampai di Pulau Gusung, kamu akan beristirahat di sebuah posyandu. Tempat ini biasa dipakai untuk tempat peristirahatan pengunjung. Sambil beristirahat, kamu bisa bakar ikan laut. Tak hanya itu, kamu juga bisa main voli karena ada lapangan voli yang pembuatannya dikerjakan oleh LSM setempat.

  • Alamat : Sebelah utara Bontang berjarak ± 6 mil laut
  • HTM : –
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu) 

5. Pantai Marina

Pantai Marina

Pantai Marina adalah salah satu pantai yang berlokasi di Kota Bontang. Letaknya di daerah sebelah selatan Kota Bontang. Adapun fungsi utama dari pantai ini yaitu sebagai pelabuhan untuk keperluan bongkar muat kapal tanker yang dipakai oleh PT Badak NGL.

Pada awalnya, Pantai Marina diperuntukan khusus untuk keluarga dan juga karyawan PT. Badak NGL sebelum akhirnya dibuka untuk umum. Pantai Marina terlihat menarik. Tak hanya pantainya bersih tapi juga pasir putihnya. Di di sekitar pantainya juga terdapat banyak pohon cemara.

  • Alamat : Satimpo, Bontang Selatan, Kota Bontang
  • HTM : Rp 10.000
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu)

6. Desa Selangan dan Tihi-Tihi

Desa Selangan dan Tihi-Tihi

* sumber: www.newsbontang.com

Ingin tahu desa di Kalimantan? Cobalah kunjungi desa nelayang yang berada di kota Bontang yang bernama Desa Selangan dan Tihi-Tihi. Desa Nelayan ini letaknya berada di tengah-tengah Selat Makassar.

Desa Selangan dan Tihi-Tihi adalah sebuah desa nelayan yang letaknya terapung di atas air laut. Penduduknya hampir semua berprofesi sebagai nelayan. Mereka adalah nelayan yang membudidayakan rumput laut.

Rumput laut yang mereka hasilkan dikonsumsi sebagai makanan utama oleh masyarakat setempat. Terkadang rumput laut yang mereka hasilkan juga ini dijual ke beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya serta diekspor ke luar negeri, seperti Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang.

  • Alamat : Selatan Kota Bontang, tengah-tengah selat Makasar, Kaltim
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu)

7. Teluk Kaba

Teluk Kaba

* sumber: www.trepelin.com

Teluk Kaba merupakan bagian dari Taman Nasional Kutai. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Bontang ini, antara lain snorkeling, berkemah, trekking, mancing, juga menjelajah hutan.

Jika kamu senang dengan petualangan, maka jangan sampai melewatkan kunjungan ke Teluk Kaba. Walaupun kamu harus naik perahu untuk tiba di pantai ini, menghabiskan waktu di teluk ini benar-benar menyenangkan dan seru.

Jika tertarik untuk masuk ke dalam hutan, kamu akan menyaksikan Camp Kakap yang merupakan base camp untuk para peneliti. Pengunjung yang memiliki ketertarikan akan kehidupan orang utan juga bisa bergabung di sini. Camp Kakap didirkan oleh Universitas Kyoto, Jepang.

  • Alamat : Sangkima Lama, Sangatta Sel., Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur
  • Jam buka : 09.00-17.00
  • No. Tlp: 0813-4656-6947

8. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Luas Pulau Kumala mencapai 76 hektar. Pulau ini memiliki beragam spot untuk berfoto. Untuk tiba di pulau ini, kamu harus naik kapal feri ataupun memanfaatkan jembatan Repo-repo. Di sini kamu bisa melihat patung lembuswana yang merupakan ikon khas Kalimantan Timur.

Di bagian selatan pulau, kamu akan mendapati air mancur yang megah. Di pulau ini kamu akan mendapati banyak patung lembuswana. Ada juga bangunan singgasana raja yang bentuknya mirip pura. Di sini juga terdapat ukiran batik khas Kaltim yang indah.

  • Alamat : Jalan P Kumala, Loa Ipuh, Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara
  • HTM : Rp7.000 (Dewasa) dan Rp5.000 (Anak-anak)
  • Jam buka : 08.00-17.00 (WITA)

9. Taman Tanjung Laut

Taman Tanjung Laut

* sumber: dolandolen.com

Kota Bontang layaknya kota-kota di Indonesia juga memiliki RTH atau ruang terbuka hijau berupa taman. Nama taman di kota ini adalah Taman Tanjung Laut. Nama taman ini diambil sesuai dengan letak taman tersebut yang berada di Kampung Taman Tanjung Laut.

Fasilitas yang tersedia di taman ini antara lain, ayunan, jungkat-jungkit, seluncuran, gazebo, jogging track juga Wi-Fi gratis. Masyarakat di sini sangat antusias dengan taman ini, maka tiap hari taman selalu banyak didatangi oleh pengunjung.

  • Alamat : Jl. Jenderal Soedirman No.69,Tj. Laut, Bontang Sel., Bontang
  • HTM : –
  • Jam buka :  24 jam (Senin-Minggu) 

10. Kenari Waterpark

Kenari Waterpark

* sumber: eksposkaltim.com

Kota Bontang juga mempunyai waterpark atau taman air yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan. Kenari Waterpark ini cocok sekali dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga. Letak objek wisata ini cukup strategis dan memiliki waterboom dengan fasilitas lengkap.

Desain Kenari Waterpark cukup modern dan menyajikan kolam renang dengan kelas internasional. Fasilitas yang dimiliki waterpark ini di antaranya sebuah kolam renang dengan gaya eropa serta beberapa kursi kafe dengan gaya klasik modern.

  • Alamat: Kel. Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang,
  • HTM: Berbeda-beda bergantung wahana
  • Jam buka: 09:00 – 21:00 Senin – Jumat WITA, 08:00 – 21:00 WITA Sabtu & Minggu
  • No. Tlp: (0548) 24038

Sekarang kamu sudah tahu ternyata Kota Bontang memiliki destinasi wisata yang menarik, tak melulu sebagai tempat berdirinya perusahaan-perusahaan terkenal. Jika berkunjung ke Kota Bontang, jangan lewatkan kunjungan ke salah satu destinasi wisata ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *