10 Tempat Wisata di Brebes yang Indah dan Penuh Sejarah

Ditulis oleh Siti Hasanah

Kota Brebes merupakan kota yang unik, dengan adanya dua bahasa yang digunakan yaitu Jawa dan Sunda. Selain itu kota ini terkenal dengan bawang merah dan telor asinnya sejak dahulu. Tetapi tak hanya itu saja, Brebes juga memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Untuk kamu yang berencana liburan ke Brebes, berikut ini ulasan beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat singgah di Brebes.

1. Ranto Canyon

Ranto Canyon

Tempat wisata yang satu  ini merupakan tempat wisata untuk orang-orang pencinta kegiatan menantang. Tempat ini menyediakan beragam aktivitas yang berhubungan dengan sungai. kamu dapat mengikuti aktivitas seperti berenang di sungai atau body rafting, dan juga cliff jumping.

Semua kegiatan ini dilakukan di sungai yang mengalir diantara tebing-tebing  yang tinggi dan kokoh. Tebing tersebut mengapit kedua sisi sungai yang alirannya berasal dari sungai Windusari. Kamu bisa melihat tetesan air yang jatuh dari tebing dengan cantik dan menyatu dengan alam sekitar.

  • Alamat : Gn. Tajem, Ds. Windusari, Kec. Salem, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.00 – 18.00
  • HTM : Rp5.000
  • Pemandu : Rp40.000 (tarif dapat berubah sewaktu-waktu)

2. Curug Putri

Curug Putri

Pesona dari curug putri tak hanya dari air terjunnya saja yang mengalir dengan deras, tetapi dari formasi batuan di belakang curugnya. Formasi dari batuan di curug ini tampak menarik, karena batuannya yang tersusun rapi seolah disusun oleh manusia. Tetapi semuanya merupakan proses alam.

Formasi batuan dari Curug Putri memberi kesan megah pada curug yang ketinggiannya sekitar 35 meter ini. Formasi batuannya membuat kagum bagi orang yang melihatnya secara langsung. Selain itu tumbuhan hijau yang tumbuh disekitar curug membuat curugnya terasa asri dan segar.

  • Alamat : Dkh Padanama, Ds. Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp5.000

3. Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua

Jika kamu butuh udara segar, maka tempat yang satu ini patut untuk kamu datangi. Hamparan hijau dari perkebunan teh di kawasan wisata agro Kebun teh Kaligua. Tempatnya dipenuhi dengan aroma udara sejuk dan panorama sekitar yang menenangkan bagi yang memandangnya.

Kawasan perkebunan teh ini berada di ketinggian 1500 – 2050 mdpl, dan tentunya dengan suhu yang cukup dingin sekitar 8-28° celsius. Kamu dapat menikmati udara segar tanpa polusi, dan menjauh sejenak dari keramaian dan hiruk pikuk kota besar. Suasana tenang akan kamu dapatkan disini.

  • Alamat : Ds. Pandansari, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM : Rp17.000

4. Agrowisata Besaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang

Agrowisata Besaran Hijau Pabrik Gula Jatibarang

* sumber: www.rieagustina.com

Bagi pencinta sejarah, tempat ini tentunya akan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Pabrik Gula Jati Barang yang bersejarah sejak zaman kolonial Belanda. Sebuah pabrik gula yang dibangun tahun 1842 oleh Perusahaan gula NV Mij tot Exploitatie der Suiker Onderneming.

Pabrik gula ini usianya kini telah mencapai 178 tahun. Di PG Jatibarang ini terdapat sebuah rumah adminstratur Mbesaran, yang zaman dahulu digunakan sebagai rumah dinas direktur pabrik yang masih tertata apik. Peninggalan Belanda ini banyak diminati untuk spot foto karena kesan vintagenya.


  • Alamat : Jl. KH. A. Sya'roni No.37, Jatibarang Lor, Kec. Jatibarang, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah
  • Nomor telepon : 0856-0212-5767
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Rp5.000

5. Bukit Panenjoan Salem

Bukit Panenjoan Salem

Bukit ini merupakan tempat yang dijadikan tempat berburu sinar mentari di saat tenggelam dan juga disaat terbitnya. Bukit Panenjoan menjadi satu tempat spot foto yang diminati banyak orang. Panorama alam yang dilihat dari ketinggian memberikan getaran yang berbeda disaat melihatnya.

Pemandangan alam dari atas bukit memberikan view yang indah dan terasa megah. Di bukit ini terdapat gardu pandang yang memungkin orang-orang untuk melihat kemegahan cahaya pagi yang merambati  alam sekitarnya. Matahari terbit adalah momen yang dinanti oleh banyak pengunjung.

  • Alamat : Dukuh Babakan, Ds. Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah
  • Jam buka : 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM : Rp20.000

6. Taman Mangrove Pandansari

aman Mangrove Pandansari

Tempat ini menawarkan wisata edukasi yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga. Kamu bisa menjelajah hutan mangrove yang telah ditata dengan apik. Hutan ini dapat kamu jelajahi dengan menyusuri jalan yang terbuat dari papan yang telah dipersiapkan oleh pengelola hutan mangrove.

Kamu akan butuh waktu yang cukup panjang untuk menjelajahi taman mangrove ini. Kamu mungkin memerlukan waktu hingga seharian untuk menyusuri hutannya. Hal itu karena hutan mangrove ini cukup  luas. Tetapi kamu akan merasa puas dengan taman hutan mangrove yang masih asri.

  • Alamat : Dsn Pandansari, Ds. Kaliwlingi, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Prov. Jawa Tengah
  • Nomor telepon : 0856-0241-0121
  • Jam buka : 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Weekday Rp20.000, Weekend Rp30.000 (Tiket sudah termasuk perahu pengantar)

7. Kalibaya Park

Kalibaya Park

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram