Liburan Ke 10 Tempat Wisata di Bulukumba Ini Yuk!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang berjarak kurang lebih 153 km dari Kota Makassar. Bulukumba berbatasan dengan Kabupaten Sinjai, Teluk Bone, Kabupaten Bantaeng, dan Kepulauan Selayar. Bulukumba juga menjadi salah satu akses untuk traveler yang hendak menuju Selayar, atau datang dari Flores.

Bulukumba dikenal sebagai tempat pembuatan kapal phinisi yang kemudian didistribusikan ke berbagai pulau di Indonesia, salah satunya Labuan Bajo. Didominasi topografi dataran rendah, membuat Bulukumba memiliki pantai yang sangat cantik di ujung selatan Sulawesi. Berikut ini 10 tempat wisata di Bulukumba yang bisa dikunjungi ketika keluyuran ke Sulawesi Selatan.

1. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

* sumber: www.pegipegi.com

Pantai Tanjung Bira atau disebut juga dengan Tanjung Bire merupakan salah satu destinasi wisata menarik di Bulukumba yang wajib dikunjungi di Sulawesi Selatan. Pantai Bulukumba menjadi bagian dari ujung selatan daratan Pulau Sulawesi. Tak jauh dari pantai ini, ada Pelabuhan Bira yang menghubungkan Sulawesi Selatan dengan Labuan Bajo.

Jika kamu datang dari luar pulau dan menggunakan kapal ke Pelabuhan Bira, maka pantai yang satu ini wajib dijadikan sebagai destinasi utama setibanya di Sulawesi Selatan. Pantai Tanjung Bira memiliki pasir yang putih bersih, air laut biru yang jernih, serta memiliki pemandangan sunset yang sangat cantik.

  • Alamat:  Jl. Bontobahari, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000

2. Pulau Kambing

Pulau Kambing

* sumber: www.indonesiakaya.com

Masih di dekat Tanjung Bira, terdapat sebuah pulau kecil yang cantik nan eksotis. Pulau Kambing namanya. Pulau Kambing bisa diakses dari Pantai Tanjung Bira menggunakan kapal motor selama kurang lebih 20 menit. Hal yang istimewa dari Pulau Kambing adalah pemandangan bawah laut yang sangat cantik dan air lautnya sebening Kristal.

Di Pulau Kambing, terdapat bukit dengan tebing yang terjal. Kamu bisa mendaki bukit ini jika ingin melihat pemandangan lebih luas. Namun, jangan sampai lewatkan untuk snorkeling atau diving di Pulau Kambing. Keindahan alam bawah lautnya masih sangat terjaga, bahkan jika beruntung kamu akan menemukan hiu di perairan ini.

  • Alamat: Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk: Gratis. Penyeberangan  Rp350.000/kapal

3. Pantai Marumasa

Pantai Marumasa

* sumber: taufiqurokhman.com

Ingin menikmati keindahan pantai dengan cara yang berbeda? Di Bulukumba, ada sebuah pantai yang memiliki tebing tinggi nan eksotis. Pantai Marumasa namanya. Terletak tak jauh dari Jalan Poros Pelabuhan Bira, kamu bisa menikmati pantai dengan dua cara. Bermain dan bersantai di pasir pantai, atau naik ke Tebing Marumasa untuk melihat pemandangan dari ketinggian.

Pantai Marumasa memiliki tebing besar yang bisa kamu daki menggunakan tangga kayu yang sudah disediakan pengelola wisata. Kamu bisa duduk bersantai sambil menikmati pemandangan dari gardu pandang ataupun hammock. Ada juga gua kecil di sekitar Tebing Marumasa bagi kamu yang suka dengan wisata gua.

  • Alamat: Darubiah, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

4. Pantai Mandala Ria

Pantai Mandala Ria

* sumber: berjalanterus.com

Pantai Mandala Ria merupakan destinasi wisata yang masih terbilang baru di Bulukumba. Terletak 10 km dari Pantai Tanjung Bira, kamu perlu menempuh jalur yang cukup sulit untuk bisa sampai di Pantai Mandala Ria. Meski begitu, setibanya di Pantai Mandala Ria, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat cantik dan memesona.

Seperti halnya pantai lain di Bulukumba, Pantai Mandala Ria memiliki pasir putih bersih yang membentang luas, serta laut biru jernih sejauh mana memandang. Namun serunya di sini, kamu akan merasa seperti sedang berada di pantai pribadi karena Pantai Mandala Ria masih sangat sepi pengunjung.

  • Alamat: Lembanna, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

5. Pulau Liukang Loe

Pulau Liukang Loe

* sumber: www.indonesiakaya.com

Satu lagi pulau nan cantik dekat Tanjung Bira. Pulau Liukang Loe menjadi salah satu destinasi yang diincar traveler. Nama Liukang Loe berarti banyak kayu hitam, di mana kamu akan melihat banyak kayu hitam di pulau cantik ini. Letak Pulau Liukang Loe terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Bira, dan bisa diakses menggunakan speed boat selama 15 menit atau menyewa perahu nelayan.

Pulau Liukang Loe merupakan pulau berpenghuni yang setiap rumah menggunakan model rumah panggung yang khas. Di sini, kamu bukan hanhya bisa menikmati keindahan pantai saja, melainkan bisa melihat langsung pembuatan sarung tenun Bangkuru Bira khas Pulau Liukang Loe yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau cendera mata.

  • Alamat: Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis. Penyeberangan : Rp250.000 – Rp350.000/kapal

6. Tana Beru

Tana Beru

* sumber: www.indonesiakaya.com

Sudah tahu kan, kalau Bulukumba merupakan tempat pembuatan kapal phinisi yang biasa kita lihat di Labuan Bajo atau Raja Ampat? Nah, tempat pembuatannya ada di Tana Beru. Tana Beru merupakan perkampungan di pesisir pantai yang menjadi daya tarik bagi traveler, karena di sini kita bisa mengenal beragam jenis kapal phinisi, serta melihat langsung pembuatannya.

Kapal phinisi merupakan kendaraan tradisional masyarakat Bugis di Makassar yang sudah ada sejak zaman dahulu. Itu pula yang membuat masyarakat Bugis atau Makassar disebut sebagai pelaut ulung. Pembuatan kapal phinisi memakan waktu 6 bulan hingga 1 tahun, tergantung dengan besarnya kapal.

  • Alamat: Tana Beru, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

7. Wisata Adat Ammatoa

Wisata Adat Ammatoa

* sumber: www.genpi.co

Tak lengkap rasanya jika traveling ke Bulukumba tidak mengenal budaya dan adat setempat. Di Bulukumba terdapat Desa Adat Ammatoa. Secara bahasa, Ammatoa dalam bahasa Kanjo berarti “Bapak Tua” atau Bapak yang dituakan. Hingga akhirnya gelar adat tersebut melekat pada siapapun yang dianggap mendapat amanah dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Masyarakat Ammatoa menggunakan pakaian serba hitam sebagai identitasnya. Kawasan adat Ammatoa terdiri dari Ipantarang Embayya yang berarti kawasan luar, dan Ilalang Embayya yang berarti kawasan adat dalam. Masyarakat Ammatoa tetap memegang teguh adat istiadat yang menggunakan pola hidup kamase-masea yang berarti cara hidup sederhana .

  • Alamat: Tana Toa, Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Gratis

8. Tebing Apparalang

Tebing Apparalang

* sumber: pesona.travel

Destinasi wisata yang satu ini tentu tak asing bagi traveler. Tebing Apparalang merupakan sebuah tebing yang lokasinya sekutar 30 menit dari Pantai Tanjung Bira. Nama Tebing Apparalang berasal dari bahasa Konjo yang berarti “ujung yang curam”. Terbukti, tebing ini memiliki ujung yang curam.

Menikmati keindahan laut Sulawesi Selatan dari Tebing Apparalang menjadi hal yang menyenangkan. Tak hanya itu saja, di sini, kamu juga bisa turun ke bawah tebing dan berenang untuk menikmati segarnya air laut. Biasanya, pengunjung akan melompat dari dermaga kecil, kemudian berenang ataupun snorkeling.

  • Alamat:  Ara, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

9. Puncak Pua’ Janggo’

Puncak Pua’ Janggo’

* sumber: www.ikutilangkahkaki.com

Ingin menikmati indahnya Bulukumba dari ketinggian? Kamu bisa datang ke Puncak Pua’ Janggo’ yang masih berada di kawasan Bira yang menjadi puncak tertinggi di Tanjung Bira. Kamu perlu naik ke Puncak Pua’ Janggo’ melewati jalur yang sangat terjal, dan perlu ekstra hati-hati.

Sesampainya di Puncak Pua’ Janggo’ kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Bulukumba yang sangat memesona, melihat kesibukan Pelabuhan Bira, dan melihat Kepulauan Selayar dari kejauhan. Semua pemandangan ini kamu dapatkan dari gardu pandang Puncak Pua’ Janggo’.

  • Alamat: Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp20.000/motor

10. Bukit Donggia

Bukit Donggia

Di Bulukumba, terdapat sebuah desa yang menghubungkan antara Kabupaten Bulukumba dengan Kabupaten Sinjai. Desa Kahayya, berada di Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba. Terletak di utara pusat kota Bulukumba yang menjadi perbatasan Bulukumba – Sinjai dan berada di kaki Gunung Lompobattang.

Salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Desa Kahayya adalah Bukit Donggia. Di bukit setinggi 1.400 mdpl ini, kamu bisa menikmati hamparan hijaunya kaki Gunung Lompobattang sejauh mata memandang. Bukit Donggala bisa dibilang masih sepi pengunjung, jadi kamu bisa menenangkan pikiran di sini.

  • Alamat: Kahayya, Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk:  Gratis

Itulah tadi 10 tempat wisata di Bulukumba yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Sulawesi Selatan. Karena Sulawesi Selatan tak hanya identik dengan Tana Toraja, maka tak ada salahnya kalau liburanmu selanjutnya menjadikan Bulukumba sebagai destinasi. Ayo liburan bersana ke Bulukumba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram