10 Tempat Wisata di Busan yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 13 April 2020

Kalau Anda sudah menonton film “Train to Busan”, Anda pasti tahu bahwa Busan adalah sebuah kota di Korea Selatan. Popularitas Busan memang masih kalah jauh dengan Seoul, tapi Busan merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Korea Selatan setelah Seoul, lho. Sebagai kota metropolitan, tentu saja Busan memiliki sejumlah tempat wisata untuk memanjakan wisatawan.

Bosan dengan Seoul dan ingin menjelajah sisi lain Korea Selatan? Pertimbangkan untuk merencanakan perjalanan Anda ke Busan. Keluyuran akan memberikan daftar tempat wisata di Busan yang benar-benar menarik untuk dikunjungi.

10 Tempat Wisata Menarik di Busan

1. Gwangalli Beach

Gwangalli Beach Tempat Wisata di Busan

Tempat wisata di Busan yang kami rekomendasikan pertama kali adalah Gwangalli Beach. Pantai yang satu ini memiliki teluk yang di atasnya terdapat Jembatan Gwanganan. Meskipun pasir pantainya tidak berwarna putih bersih, tapi pantai sepanjang 1,4 KM ini menawarkan air laut yang jernih. Anak-anak bisa bermain bebas di pantai sembari diawasi oleh orang dewasa.

Bersantai di tepi pantai atau sekedar jalan-jalan menyusuri pantai bisa menjadi kegiatan menyenangkan selama Anda berada di Busan. Masyarakat asli Korea lebih sering memancing di Pantai Gwangalli. Di sekitar pantai sendiri sudah terdapat café maupun penginapan, sehingga Anda tak perlu bingung mencari tempat menginap ketika berada di sini.

2. Haeundae Beach

Haeundae Beach

Berada di pusat Kota Busan, Pantai Haeundae adalah pantai yang ramai dikunjungi ketika musim panas tiba. Jadi, apabila Anda berlibur ke Busan saat musim panas, jangan lupa mampir ke Pantai Haeundae. Pantai ini menawarkan pasir putih yang bersih dan halus.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berada di sini adalah berjemur, bermain jetski, naik kano, dan menjajal berbagai olahraga air lainnya. Di pantai yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Gwangalli ini Anda bisa berwisata kuliner di tempat makan yang berada di sekitarnya atau berkunjung ke Busan Sea Life Aquarium.

3. Oryukdo Skywalk

Oryukdo Skywalk

Ingin menikmati sensasi berjalan di atas skywalk transparan yang di bawahnya merupakan laut luas? Datang saja ke Oryukdo Skywalk. Salah satu tempat wisata di Busan ini berlokasi di 137, Oryukdo-ro, Nam-gu. Tempat ini menawarkan sensasi menikmati laut lepas di atas skywalk yang berada di tepi sebuah tebing

Oryukdo Skywalk adalah tempat wisata gratis, wisatawan boleh berkunjung kemari tanpa membayar karcis apapun. Hanya saja, setiap hari jumlah pengunjung hanya dibatasi sebanyak 120 orang saja. Setiap orang boleh berjalan di skywalk selama 5 menit saja. Jadi, kalau ingin mendapat slot untuk berjalan di skywalk lebih baik datanglah pukul 9 pagi atau pukul 12 siang saat hari libur.

4. Taejongdae

Taejongdae

Keindahan Busan tidak hanya terletak pada pantainya saja, bahkan taman kotanya pun telah menjadi tempat wisata yang keren. Taejongdae adalah taman kota alami. Yang membuatnya berbeda dari taman-taman kota lainnya adalah tempat ini berada di salah satu tebing dan menghadap ke laut lepas. Lokasi Taejongdae berada di ujung Pulau Yeongdo, Busan.

Di taman ini, wisatawan bisa berkunjung ke mercusuar, berjalan di hutan pinus, atau melihat-lihat observatorium. Jika ingin menikmati Taejongdae dengan pemandangan yang lebih indah sebaiknya datanglah kemari ketika musim semi atau musim gugur.

5. Yongdusan Park dan Busan Tower

Yongdusan Park

* sumber: www.ceritakorea.com

Setelah puas mengunjungi pantai-pantai cantik di Busan, kini tiba saatnya kita berwisata di kawasan pegunungan. Yongdusan adalah satu dari tiga gunung paling populer di Busan. Untuk menuju ke Yongdusan Park, wisatawan bisa naik eskalator yang tersedia agar tidak susah payah mendaki.

Di Yongdusan Park, ada Busan Tower yang merupakan landmark Kota Busan. Selain Busan Tower, ada pula Yongdusan Art Gallery, Flower Clock, Citizen’s Bell, monumen peringatan Yongdusan Park, patung Laksamana Yi Sun-shin, dan masih banyak spot menarik yang tersedia.

6. Gwangbokro Cultural & Fashion Street

Gwangbokro Cultural & Fashion Street

Belum ke Korea kalau belum belanja! Tempat belanja di Korea tidak hanya di Seoul saja, lho. Busan pun menawarkan wisata belanja yang asyik bagi wisatawan. Gwangbokro Cultural & Fashion Street adalah salah satu tempat wisata belanja yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Busan.

Jajaran toko-toko dari brand ternama ada di Gwangbokro Cultural & Fashion Street. Gerai kosmetik dari brand-brand Korea seperti Missha, Innisfree, dan Tony Moly semuanya ada di sini. Yang pasti Anda bakal kalap jika berbelanja di sini. Jika ingin mencari kosmetik dari Negeri Ginseng, baca artikel brand kosmetik Korea paling bagus ini, yuk!

7. Gukje Market

Gukje Market

Kalau Gwangbokro Cultural & Fashion Street terlalu “mahal”, ada lagi tempat wisata di Busan yang banyak dikunjungi wisatawan dari Indonesia, namanya Gukje Market. Pasar tradisional di Busan ini selalu menjadi jujugan bagi wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh dengan harga terjangkau. Tentu saja di sini kita bisa tawar menawar dengan pedagang.

Di pasar tradisional yang sangat bersih ini juga terdapat pedagang jajanan dan makanan berat, Jadi, kalau Anda tiba-tiba lapar ketika berbelanja, mampir dulu saja ke salah satu kedai jajanan untuk mengisi perut. Selain murah, food street di Gukje Market juga enak-enak, lho.

8. Haedong Yonggungsa

Haedong Yonggungsa

* sumber: blog.bnbhero.com

Jangan lewatkan kunjungan ke Haedong Yonggungsa ketika berada di Busan. Komplek kuil yang satu ini memang sangat terkenal dan selalu menjadi destinasi wajib bagi wisatawan dari berbagai negara. Kuil yang dibangun pada tahun 1375 ini berada di atas tebing pinggir laut. Panorama yang disuguhkan di sini begitu mengagumkan.

Haedong Yonggungsa semakin ramai ketika festival perayaan ulang tahun Buddha. Banyak wisatawan yang berkunjung kemari saat festival tersebut untuk larut dalam kemeriahan perayaannya. Saat festival dimulai, Haedong Yonggungsa terlihat semakin semarak karena dihiasi oleh lampion-lampion yang cantik.

9. Jagalchi Market

Jagalchi Market

Tempat wisata kok berupa pasar ikan sih? Jangan salah kaprah dulu. Jagalchi Market menjadi salah satu tempat wisata di Busan terfavorit karena ini merupakan pasar ikan terbesar di Korea Selatan dan terbesar kedua di dunia. Segala jenis hewan laut ada di sini, lho.

Meskipun pasarnya tergolong modern, tapi tetap saja Anda akan mencium aroma amis ketika masuk ke pasar ini. Kegiatan yang dilakukan turis ketika berkunjung ke Jagalchi Market sudah pasti mencicipi olahan seafood khas Korea. Di sekitar pasar, ada banyak tempat makan yang menjual seafood lezat.

10. Seokbulsa Temple

Seokbulsa Temple

Sebuah kuil tradisional ini letaknya di sekitar pegunungan dan berada di samping laut. Jadi, bisa Anda bayangkan betapa indahnya panorama yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Seokbulsa Temple. Kuilnya sendiri tidak terlalu besar, tapi dinding-dinding batu menuju kuil berukirkan relief Buddha.

Udara di Seokbulsa Temple sangat segar dan hawanya pun lebih sejuk dibanding pusat Kota Busan. Meskipun tidak beribadah, wisatawan tetap diperbolehkan masuk untuk melihat-lihat kuil mungil yang satu ini.

10 tempat wisata di Busan ini menanti untuk Anda kunjungi, lho. Kalau Anda punya rekomendasi tempat wisata lain di Busan, silakan tulis nama tempat wisatanya di kolom komentar yang tersedia, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram