10 Tempat Wisata di Ceko dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Oktober 2021

Kalau kamu mencari destinasi wisata yang cocok di kantong dan lokasinya sempurna untuk menjelajahi Eropa, tempat yang cocok untuk dikunjungi adalah Republik Ceko. Meskipun kebanyakan turis akan bergegas menuju ke Praha, sebenarnya tempat wisata di Ceko menawarkan banyak hal, seperti kota bersejarah, alam yang menakjubkan dan arsitektur yang seperti berasal dari dongeng.

Republik Ceko merupakan rumah bagi kurang lebih dari 2.000 kastil. Di negara ini terdapat Situs Warisan Dunia UNESCO dalam jumlah yang banyak. Di mana-mana terdapat jembatan, menara serta menara abad pertengahan. Tempat wisata di Ceko cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai, atau menjelajahi alam bebas. Inilah 10 destinasi wisata di Ceko yang direkomendasikan.

Baca juga: Makanan Khas Ceko

1. Kastil Praha

Kastil Praha
  • Alamat: Hradčany, 119 08 Prague 1, Ceko
  • Jam buka: Musim Panas (1 April - 31 Oktober): 06.00 - 22.00
  • HTM: Masuk ke Kastil Praha gratis, tetapi hanya bisa menjelajahi taman dan koridor
  • Telepon: +420 224 373 368

Destinasi utama kunjungan ke Republik Ceko bagi sebagian besar turis adalah Kastil Praha. Kastil ini pasti masuk dalam semua tur Kota Praha.  Lokasi kastil ini berada di lingkungan Kota Hradcany dan asal bangunannya dari akhir abad ke-10.  Selama berabad-abad, Kastil Praha sudah menjadi pusat sejarah Eropa Timur.

Kastil Praha merupakan salah satu kompleks terbesar di dunia yang terdiri istana bersejarah, kantor, gereja dan bangunan benteng, taman serta tempat-tempat indah. Luas areanya sekitar 45 hektar. Salah satu yang paling spektakuler di dunia adalah pemandangan panoramanya.

Selain itu, kastil ini sudah jadi rumah untuk Kaisar Romawi Suci, Raja Bohemia Habsburg dan sekarang untuk Presiden Republik Ceko. Yang menjadi fokus utama di kastil ini adalah Katedral St. Vitus yang indah, Menara Powder, Basilika St. George dan Golden Lane. Tersedia tur berpemandu bahasa Inggris dan panduan audio.

2. Karlovy Vary

Karlovy Vary
  • Alamat: Bagian barat Bohemia

Selama ratusan tahun kota sumber air panas ini sudah dipercaya mempunyai air penyembuhan yang bisa membersihkan apa pun mulai dari pencernaan yang buruk sampai tumor otak. Layaknya kebanyakan sumber mata air panas, sumber airnya dibuat menjadi kawasan spa yang luas.

Transformasi kota menjadi spa terjadi pada abad ke-13 atas perintah Charles IV. Arsitektur bangunan spa selalu mewah karena spa merupakan tempat para bangsawan. Akan tetapi, beberapa bencana alam telah terjadi menghancurkan banyak bangunan yang sudah ada sebelum era kejayaan Karlovy Vary, yaitu pada abad ke-18 dan ke-19.

Karlovy Vary yang menjadi tempat wisata di Ceko ini masih cukup megah dan indah dan lebih dari enam abad selanjutnya spa masih tetap buka. Air panasnya masih diklaim bisa menjadi obat ajaib untuk puluhan sampai ratusan penyakit.

3. Lednice–Valtice Cultural Landscape

Lednice–Valtice Cultural Landscape
  • Alamat: 691 44 Lednice, Ceko
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • HTM: Lanskap Lednice-Valtice dapat diakses secara gratis, tetapi tur berpemandu, pameran, dan kegiatan khusus lainnya dikenakan biaya
  • Telepon: +420 519 340 986

Lednice-Valtice dikenal juga sebagai "Taman Eropa". Ini merupakan lanskap buatan yang menggabungkan pedesaan Inggris yang romantis dengan arsitektur Barok dan gaya neo-Gothic dari kastil Lednice dan Valtice. Tak hanya kastil, di lanskap ini juga terdapat beberapa paviliun yang fungsinya sebagai pondok berburu atau puri. Tamannya juga benar-benar menakjubkan.

Tempat wisata di Ceko ini dipenuhi oleh bangunan romantis, kolam ikan serta spesies pohon langka. Jika mencari tempat-tempat yang indah di Republik Ceko, jangan lupa untuk mengunjungi Lednice-Valtice.

4. Taman Nasional Krkonoše

Taman Nasional Krkonoše
  • Alamat: Dobrovského 3, 543 01 Vrchlabí
  • Telepon: +420 499 456 111

Taman Nasional Krkonoše merupakan rumah bagi pegunungan tertinggi di Ceko. Tempat wisata ini terkenal karena memiliki lanskap serta ekosistem yang unik mulai dari padang rumput pegunungan dan moorland sampai lereng tinggi dan tundra. Saking uniknya, taman tersebut pada tahun 1992 ditetapkan sebagai Cagar Biosfer UNESCO.

Pec pod Sněžkou merupakan kota kecil yang bisa jadi base camp sempurna untuk menjelajahi puncak tertinggi taman Sněžka. Wisatawan akan menyaksikan panorama yang menawan di seluruh Republik Ceko dan Polandia. Mereka bisa naik kereta gantung untuk sampai ke puncak gunung atau mendaki jalan setapak via lembah Obří Důl.

5. Český Krumlov

Český Krumlov
  • Alamat: di Wilayah Bohemia Selatan Republik Ceko

Český Krumlov yang terletak di Bohemia Selatan ini merupakan kota yang sangat bersejarah dengan pemandangan indah. Karenanya tempat wisata di Ceko ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Intinya kota ini penuh dengan contoh arsitektur era Renaissance yang memukau, kastil abad ke-13 yang indah, yang merupakan perpaduan gaya Renaisans, Gotik, dan Barok. 

Kaya dengan sejarah, kota Český Krumlov juga mempunyai kehidupan budaya yang berkembang yang meliputi galeri seni internasional, tempat kuliner, Egon Schiele Art Centrum dan perayaan tahunan seperti festival musik kamar dan maraton sungai.

6. Kastil Karlstejn

Kastil Karlstejn
  • Alamat: 267 18 Karlštejn, Ceko
  • Jam buka: 09.35 – 17.35
  • HTM:Dewasa 25 - 65 tahun 520 CZK
  • Telepon: +420 311 681 617

Kastil Karlstejn berdiri menjulang di atas lembah-lembah Ceko yang hijau. Ini merupakan sebuah monumen yang terbuat dari batu untuk menghormati Kaisar Romawi Suci, Charles IV. Kastil ini terletak di barat daya Praha. Tempat ini berupa rangkaian menara dengan gerbang bergaya Gotik yang megah yang merupakan salah satu peninggalan abad pertengahan.

Tempat wisata di Ceko ini adalah salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi. Wisatawan bisa mengunjungi Menara Besar dan Kapel Salib Suci yang pernah memegang permata kerajaan serta Regalia Kekaisaran Ceko yang nilainya tidak terkira.

7. Karst Moravia

Karst Moravia
  • Alamat: Svitavská 29, 678 01 Blansko
  • Telepon: +420 516 428 880

Karst Moravia yang merupakan tanah dengan sekitar 1.000 gua dan ngarai ini yang terletakdi utara kota Brno. Memiliki rangkaian keindahan geologis yang terkenal, Karst Moravia terdiri dari sungai bawah tanah, stalaktit dan stalagmit kolosal, serta Gua Punkva sampai Gua Amaterska dengan ruang berkubah dan koridornya yang berliku.

Tempat wisata di Ceko ini juga merupakan rumah bagi Ngarai Macocha, yaitu ngarai sinkhole terbesar dari jenisnya di seluruh Eropa Tengah yang jadi rumah bagi hulu Sungai Punkva. Wisatawan juga bisa hiking, caving dan bersepeda di sini. Selain itu, mereka juga bisa mengunjungi Benteng Josefov dan Chateau Rajec nad Svitavou yang berada di dekatnya.

8. Gua Punkva

Gua Punkva
  • Alamat: 679 13 Vavřinec, Ceko
  • Jam buka:10:00 - 16:00 (Oktober – Desember: tutup)
  • HTM:Dewasa: 250 Kč, Anak-anak: 150 Kč
  • Telepon: +420 516 410 024

Gua Punkva yang ditemukan oleh arkeolog Ceko Karel Absolon pada awal abad ke-20 ini merupakan salah satu gua bawah tanah yang sangat menakjubkan di Karst Moravia. Wisatawan bisa berkunjung ke Gua Punkva dengan berjalan kaki. Mereka akan melewati stalagmit serta stalaktit yang megah, seperti Strážce, yaitu stalaktit terbesar di Gua Punkva yang panjangnya sekitar empat meter.

Dari Macocha Abyss, yaitu ngarai dengan kedalaman sekitar 138 meter dan merupakan yang terbesar dari jenisnya di Republik Ceko, wisatawan bisa menyusuri sungai bawah tanah Punkva dengan menggunakan perahu melalui situs-situs seperti Gua Masaryk, yang kerap kali disebut-sebut sebagai gua paling indah di dunia.

9. Hruboskalsko

Hruboskalsko
  • Alamat: Wilayah Liberec, 511 01, Republik Ceko

Berada di daerah Republik Ceko yang terkenal dengan julukan Český ráj (atau 'Surga Bohemian'), Hruboskalsko merupakan sebuah formasi batuan yang luar biasa. Tempat wisata di Ceko ini menampilkan ratusan menara batu pasir yang menjulang tinggi yang seiring waktu terkikis secara bertahap.

Hrubskalsko yang memiliki beberapa menara batu setinggi kurang lebih 55 meter merupakan tujuan popular bagi para pendaki. Untuk wisatawan yang tak begitu berani, mereka bisa menuju ke Hlavatice Lookout Rock. Di sana terdapat tangga spiral akan mengantarkan dengan aman para wisatawan ke puncak menara dan menyaksikan pemandangan yang menakjubkan dari pemandangan daerah sekitarnya.

Ke tepi selatan Hruboskalsko terdapat Hrubá Skála Chateau dari abad ke-16 dengan gaya Renaisans. Sekarang tempat ini menjadi sebuah hotel mewah.

10. Praha

Praha
  • Alamat: di atas Sungai Vltava, Ceko

Praha merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan banyak wisatawan yang berkunjung ke Ceko. Kota ini penuh dengan keajaiban arsitektur, mulai dari istana Barok, katedral Gotik bercampur dengan bangunan Kubisme serta Art Nouveau. Hotel Dancing House merupakan pujian untuk arsitektur baja dan kaca modern.

Di sini juga terdapat jam astronomi yang usianya sekitar 600 tahun. Ini adalah salah satu struktur yang sangat menakjubkan di kota tua Praha. Beberapa pemandangan menakjubkan dari atas Kota Praha adalah Menara Jembatan Charles abad pertengahan serta Menara Balai Kota Tua di atas alun-alun utama yang memiliki pemandangan atap merah serta pasar Natal utama di musim dingin.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan dari atas Kastil Praha abad ke-9 yang berada di atas bukit. Menurut Guinness World Records Kastil Praha adalah kompleks kastil terbesar di dunia.

Itulah kesepuluh tempat wisata di Ceko yang popular di kalangan para wisatawan asing. Negara di Eropa bagian Timur ini menawarkan banyak wisata alam dan wisata bangunan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Ceko cocok untuk mereka yang senang akan keindahan arsitektur dan keajaiban alam. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan Ceko dalam bucket list-mu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram