10 Tempat Wisata di Chili dengan Alamnya yang Memukau

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 November 2021

Chili yang berada di ujung selatan Amerika Selatan adalah sebuah negara yang cantik dengan karakteristik yang unik. Negeri ini kaya akan gunung dan dataran, hutan juga lautan. Bentuk wilayah negaranya yang tidak biasa, yang berbentuk memanjang, membuat negara ini memiliki beragam iklim.

Di utara negara ini terdapat gurun terkering di dunia, sedangkan ujung selatannya sangat dingin sehingga jadi rumah bagi para penguin. Bersama dengan Argentina dan Selandia Baru, Chili merupakan salah satu negara yang paling dekat ke Antartika. Negara ini juga punya wilayah anggur terkenal yang menarik banyak penikmat wine untuk datang.

Yuk, simak tempat wisata di Chili yang memiliki pemandangan alam memukau berikut ini!

Baca juga: 10 Jalur Hiking di Amerika untuk Pemula dan Keluarga

1. Taman Nasional Torres del Paine

Taman Nasional Torres del Paine
  • Alamat: Magallanes dan Antartika Chili, Chili
  • HTM: CLP $ 2.000-CLP $ 21.000

Taman Nasional Torres del Paine yang menakjubkan ini merupakan salah satu kawasan alam paling penting di Chili dan tempat tujuan wisata yang kini menjadi semakin populer. Wilayah yang sangat indah ini terdiri dari pegunungan, gletser dan danau juga sungai jumlahnya tak terhitung. Lokasi taman nasional ini berada di utara kota Puerto Natales di Patagonia selatan.

Cordillera del Paine merupakan area taman yang paling penting. Area ini menandai transisi dari padang rumput Patagonia ke wilayah hutan sub kutub di utara. Fitur yang paling menonjol dari taman nasional ini adalah tiga puncak granit Paine Massif yang memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter.

Salah satu kegiatan taman yang paling populer dilakukan di taman ini adalah hiking. Taman nasional ini mempunyai banyak jalur yang diberi tanda dengan baik. Selain itu, di sini juga terdapat tempat untuk shelter untuk menginap jika jarak trek-nya cukup panjang. Jika wisatawan berencana melakukan hiking lebih dari sehari, direkomendasikan untuk ditemani pemandu profesional.

2. Valparaiso

Valparaiso
  • Alamat: terletak Central Chili (Zona Central)

Valparaiso merupakan sebuah kota Pelabuhan. Kota ini diberkahi dengan pemandangan alam yang luar biasa serta pelabuhan di lereng bukit Valparaiso. Ibu kota grafiti di Amerika Selatan ini terkenal karena memiliki rumah-rumah yang berwarna cerah serta pemandangan tepi laut yang indah.

Di sini, jalan-jalan dan tangga yang berliku bergerak menuruni lereng bukit kota tua menuju kafe dan bar di sekitar area pelabuhan. Wisatawan dapat melihat banyak keindahan dalam bentuk arsitektur juga seni jalanan. Untuk menjelajahi kota, pelancong bisa naik lift kabel kuno dan menyusuri jalan-jalan yang berupa labirin dan gang-gang beralas batu.

3. San Pedro de Atacama

San Pedro de Atacama
  • Alamat: San Pedro de Atacama, Wilayah Antofagasta

San Pedro de Atacama yang berada di dataran tinggi ini terletak di Wilayah Antofagasta. Daerah ini dikelilingi oleh danau, gunung, dan formasi batuan yang jumlahnya banyak sekali. Karena memiliki pemandangan dan panorama yang menakjubkan, kota kecil ini menjadi tujuan wisata di Chili yang paling populer di kalangan turis dan wisatawan asing.

Selain memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, San Pedro juga mempunyai suasana santai dan kafe yang ramai dikunjungi wisatawan. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang, tempat ini menjadi base untuk menjelajahi daerah sekitarnya, seperti Gurun Atacama dan reruntuhan pra-Colombus yang berlokasi di dekatnya.

4. Easter Island

Easter Island
  • Alamat: Easter Island, Wilayah Valparaiso
  • HTM: 54000 peso

Easter Island yang berada lebih dari 3.500 km dari Central Chili sampai sekarang masih menjadi salah satu misteri besar di dunia. Pulau yang tidak memiliki pohon dan dihiasi oleh ratusan patung raksasa dengan mata cekung yang diukir oleh pendatang dari Polinesia ini merupakan contoh seni dan pencapaian manusia yang menyeramkan tapi indah.

Saat melihat patung-patung ini, pengunjung harus menjaga jarak karena jika tidak ingin terkena denda yang sangat besar. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah mendaki dataran berbatu, menikmati dua pantai berpasir putih dengan penyelaman lepas pantainya, kerucut cinder yang sudah punah, dan sejumlah tur yang operatornya adalah penduduk asli.

5. Monumen Alam Los Pingüinos

Monumen Alam Los Pingüinos
  • Alamat: José Nogueira, Isla Magdalena 1255, Magallanes, Punta Arenas, Cile
  • Jam buka: 09.00-19.00, Sabtu – Minggu Tutup
  • HTM: 3.000 CLP-5.000 CLP
  • Telepon: +56 9 8239 3585

Sesuai dengan namanya, pingüinos, yang berarti penguin dalam bahasa Spanyol, monumen Alam Los Pingüinos merupakan rumah untuk koloni penguin terbesar yang ada di Chili selatan. Di sini terdapat penguin Magellan yang jumlahnya sekitar lebih dari 120.000 ekor.

Monument alam ini berada di Pulau Magdalena kecil yang luasnya hanya satu kilometer persegi dan memiliki mercusuar merah yang cantik. Letak pulau ini sekitar 35km timur laut Punta Arenas.

Setiap tahunnya pada bulan September atau Oktober, burung-burung bermigrasi kembali ke pulau ini dan menemukan pasangannya. Pada akhir Maret penguin sudah kembali ke laut lagi. Pulau ini hanya bisa diakses menggunakan tur perahu yang dilengkapi pemandu. Pulau-pulau di sini juga merupakan rumah untuk koloni besar anjing laut dan singa laut.

6. Pumalin Park

Pumalin Park
  • Alamat: Sektor Río Amarillo, Chaitén, Región de Los Lagos

Taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Chili yang banyak dikunjungi. Pada tahun 2005 taman ini didirikan sebagai cagar alam dan semenjak itu taman ini semakin terkenal karena menjadi salah satu daerah konservatif paling penting serta populer di Chili.

Adapun luas taman ini sekitar 988.000 hektar yang membentang dari Andes sampai ke Pasifik. Area taman ini mempunyai beberapa garis pantai dan tutupan hutan yang paling murni. Karena tak terjamah oleh manusia untuk tujuan pembangunan, daerah khusus ini menjadi sangat cantik dan alami.

Di sini terdapat beberapa macam flora dan fauna. Selain itu, tumbuh juga beberapa pohon tertua dan banyak spesies lainnya.

7. La Serena

La Serena
  • Alamat: Provincia de Elqui, Wilayah Coquimbo

La Serena merupakan tertua kedua di negara ini yang berada di daerah Chili utara. Kota ini penuh dengan arsitektur yang indah serta pantai berpasir kuning keemasan yang hangat. La Serena mempunyai reputasi sebagai kota intelektual juga memiliki pemandangan yang indah. Di sini terdapat museum arkeologi dan observatorium astronomi.

Penyuka wisata alam akan senang bersepeda melintasi Lembah Elqui, berenang, snorkeling, menyelam atau juga mendaki melalui Isla Damas serta mengunjungi taman nasional di Fray Jorge.

Selama musim semi dan musim panas, pengunjung bisa berjalan di sepanjang Avenida del Mar atau berbelanja di Recova, pasar paling terkenal yang juga menjadi tempat pameran seni serta kerajinan.

8. Chilean Lake District

Chilean Lake District
  • Alamat: terletak di Central Chili

Chilean Lake District yang membentang lebih dari 330 kilometer dari mulai Temuco hingga ke Puerto Montt ini layak untuk dijelajahi. Tempat wisata di Chili ini menyerupai daerah pegunungan di Eropa. Seperti halnya Pegunungan Alpen di Eropa, wilayah kaki bukit Andes yang indah ini menawarkan lahan pertanian yang terletak di dasar dengan banyak gunung berapi yang berselimut salju.

Selain itu, area pertanian ini juga dikelilingi oleh hutan lebat dan jenis danau yang dalam yang disukai oleh para pecinta olahraga air. Kedatangan para petani dari Swiss, Jerman dan Austria di daerah Mapuche juga membawa serta aspek budaya mereka sendiri. Hal itu dapat dilihat dalam arsitektur kota-kota seperti Osorno dan Valdivia, serta pada adat juga festival daerah.

Untuk penyuka aktivitas petualangan, di sini merupakan tempat yang bagus untuk hiking dan bersepeda, mendaki gunung berapi, kayak, arung jeram, kano, dan menunggang kuda. Di musim dingin, para pengunjung bisa menikmati kegiatan bermain ski.

9. Santiago

Santiago
  • Alamat: di Provinsi Santiago

Santiago merupakan ibu kota budaya Chili selain juga menjadi pusat keuangan dan bisnis. Kota ini merupakan pusat hiburan di negara ini yang menawarkan beragam kegiatan yang menyenangkan pada wisatawan, seperti mengunjungi museum dan galeri, berbelanja, menikmati makanan di restoran terbaik serta menginap di hotel terbaik.

Santiago berada di pusat negara ini menjadikannya sebagai pusat transportasi. Sebelum melakukan perjalanan menuju Andes atau daerah-daerah lain di Chili, wisatawan biasanya memulai traveling mereka di kota ini. 

10. Valle de la Luna

Valle de la Luna
  • Alamat: San Pedro de Atacama, Antofagasta
  • HTM: CLP 3.000

Terletak di Gurun Atacama, Valle de la Luna menawarkan pemandangan gurun yang menakjubkan. Tempat ini terbentuk berkat angin dan banjir yang terjadi selama berabad-abad di atas pasir dan batu di wilayah tersebut. Nama tempat wisata di Chili ini berasal dari penampilan bukit pasir yang besar juga formasi batu tampak seperti permukaan bulan.

Vale de la luna jika diterjemahkan jadi "Lembah Bulan". Karena kemiripan permukaannya dengan permukaan bulan menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Walaupun terpencil, tempat dengan pemandangan yang sangat indah ini berhasil menopang kehidupan selama berabad-abad, baik manusia ataupun bermacam spesies flora dan fauna.

Salah satu fitur yang dimiliki tempat ini adalah dasar danau yang kering. Tempat ini merupakan salah satu tempat terkering di planet ini. Warnanya sangat putih karena endapan garam dan cenderung menghasilkan singkapan garam alami yang menarik.

Chili memiliki bentuk negara yang unik karena wilayahnya yang memanjang. Namun karena bentuk wilayahnya itu, negara ini jadi memiliki beragam tempat yang menarik. Tak hanya bentuk negaranya, budayanya juga unik karena merupakan hasil percampuran budaya penduduk lokal dan para pendatang dari Eropa.

Kalau kamu tertarik untuk melakukan perjalan ke negara Chili, pastikan untuk mendatangi tempat-tempat wisata di Chili yang disebutkan di atas. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram