7 Tempat Wisata di Ciamis yang Wajib Kamu Kunjungi

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Apa yang pertama kali muncul di kepalamu saat mendengar nama Kabupaten Ciamis? Makanan khas-nya? Oleh-oleh galendo? Atau malah suasana ala pedesaan dari Tatar Galuh yang sangat indah?

Kabupaten Ciamis dengan segala keunikan dan keindahan alam, hingga ragam kuliner yang menggugah selera memang ngangenin banget, ya! Tapi bukan cuma itu saja yang bisa kamu temukan di sana. Ada beberapa tempat wisata di Ciamis yang Keluyuran rekomendasikan.  Tempat wisata mana sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. Kampung Adat Kuta

kampung adat kuta tempat wisata di ciamis

Di Kabupaten Ciamis ada satu kampung adat yang bisa kamu kunjungi. Namanya Kampung Adat Kuta. Kampung Adat Kuta sendiri adalah kampung yang penduduknya masih memegang teguh tradisi mereka.

Kampung Adat Kuta mengusung seorang ketua adat sebagai pemimpin. Warga di kampung adat ini pun sangat menghormati para sesepuh atau tetua yang tinggal di sana sejak lama. Salah satu tradisi yang masih dipertahankan oleh warga Kampung Adat Kuta adalah tradisi membangun rumah panggung dari bambu atau pun kayu dengan atap yang masih menggunakan ijuk.

Ya, warga di sini tidak diperkenankan untuk membangun rumah dari tembok karena dipercaya akan mendatangkan bencana yang bisa menimpa sang pemilik rumah dan juga semua warga Kampung Adat Kuta.

Selain harus membangun rumah dari kayu atau bambu, warga Kampung Adat Kuta pun tidak diperbolehkan untuk membangun kamar mandi sendiri di rumah mereka. Kebutuhan mandi, cuci serta kakus harus dilakukan di kamar mandi umum yang sudah disediakan. Tentu, dinding kamar mandi umumnya pun masih menggunakan bambu. Tak ada pintu yang menutupi kamar mandi yang bangunannya setengah terbuka itu.

Ketiadaan kamar mandi di masing-masing rumah pun memiliki alasannya tersendiri. Di Kampung Adat Kuta masih ada kali yang tetap lestari. Nah, agar kali tersebut tidak tercemar, warga tak boleh membangun kamar mandi dengan menggunakan septic tank seperti kamar mandi kebanyakan. Karena itulah, kamar mandi umum yang bersifat tradisional dibangun dan digunakan di sana.

Sebenarnya, masih ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan di Kampung yang terletak di Desa Karangpaninggal, Kabupaten Ciamis. Namun, dua pantangan yang sudah dijelaskan pun dirasa sudah bisa mendeskripsikan betapa uniknya kampung adat yang satu ini.

Meski begitu, para warga pun diperbolehkan untuk memasang listrik, menggunakan alat elektronik dan kendaraan bermotor untuk menunjang kehidupan mereka.

Untuk bisa mengunjungi kampung ini, kamu hanya perlu menyiapkan dana di bawah Rp. 10.000,- saja. Sangat terjangkau, bukan?

  • Alamat: Karangpaningal, Tambaksari, Kabupaten Ciamis
  • Nomor Telepon: 0878-2621-0678
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp. 10.000,- per orang

2. Situ Lengkong

tempat wisata di ciamis situ lengkong

Situ Lengkong yang dikenal juga dengan nama Situ Lengkong Panjalu adalah satu dari sekian banyak tempat wisata keluarga sekaligus tempat wisata ziarah di Ciamis yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan.

Situ atau danau ini kabarnya terbentuk dari tetesan air zam-zam yang dibawa oleh seorang putra mahkota kerajaan Hindu yang telah mempelajari ilmu agama Islam di Saudi Arabia ketika diperintahkan oleh ayahnya untuk mengembara.


Situ Lengkong memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Berada di kawasan perbatasan antara Kuningan dan Majalengka, membuat situ ini banyak dikenal oleh masyarakat. Oh ya, di tengah-tengah danau ada sebuah pula berukuran kecil yang diberi nama Nusa Larang.

Untuk bisa menyeberang ke pulau atau mengelilingi danau, pengunjung bisa memanfaatkan jasa sewa perahu yang ditawarkan. Satu orang pengunjung dikenakan tarif Rp. 10.000,- saja. Dengan catatan, si pengunjung harus bergabung dengan 20 orang lainnya dalam satu perahu.

Nah, kalau kamu ingin menaiki perahunya bersama seluruh anggota keluarga tanpa disatukan dengan pengunjung lainnya, kamu perlu menyiapkan dana Rp. 250.000,- untuk biaya sewa. Selain bisa menikmati pemandangan di sekitar danau dan juga menaiki perahu untuk menyeberang ke pulau Nusa Larang, kamu dan pengunjung lainnya juga dapat berziarah ke tempat peristirahatan terakhir dari anak sang putra mahkota kerajaan.

Kamu juga bisa berbelanja souvenir untuk anggota keluarga tercinta di rumah. Tertarik untuk mengunjungi Situ Lengkong? Siapkan dana Rp. 5000,- buat beli tiket masuknya, ya!

  • Alamat: Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,- per orang, Naik perahu Rp. 10.000,- per orang, Sewa satu perahu Rp. 250.000,-

3. Taman Surawisesa Kawali

tempat wisata di ciamis taman surawisesa

Kalau kamu sedang berada di Ciamis dan ingin menghabiskan waktu di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di tengah kota, datang saja ke Taman Surawisesa Kawali yang ada di bilangan Jalan Talagasari, Kawali, Kabupaten Ciamis.

Di taman ini, kamu bisa sekadar duduk-duduk atau jalan santai sambil menikmati jajanan yang ditawarkan pedagang yang menjajakan jajanannya di lokasi taman. Taman Surawisesa Kawali juga tentunya bisa menjadi tempat foto-foto selfie yang bagus.

Ada berbagai fasilitas umum yang dapat kamu gunakan Taman Surawisesa Kawali. Di antaranya masjid untuk beribadah umat muslim, toilet hingga tempat parkir yang terbilang luas. Nah, kalau berkunjung ke Ciamis, jangan lupa untuk bertandang ke Taman Surawisesa Kawali yang cantik ini, ya. Kamu nggak akan dikenakan biaya masuk, kok!

  • Alamat: Jl. Talagasari, Kawali, Kabupaten Ciamis
  • Nomor Telepon:  0857-7855-7863
  • Jam Operasional: Buka setiap hari selama 24 jam

4. Curug Tujuh Cibolang

curug tujuh cibolang

Kalau kamu senang menghabiskan waktu untuk bersantai di kawasan air terjun, kamu bisa mengunjungi Curug Tujuh Cibolang yang ada di kawasan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Nama Curug Tujuh Cibolang sendiri berasal dari tujuh tingkatan air terjun yang ada di sana.

Ketujuh air terjun tersebut di antaranya adalah Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Simantaja, Curug Cibolang, Curug Cibuluh dan Curug Cileutik. Konon, ketujuh curug alias air terjun ini terbentuk dari air mata seorang raja yang sedih karena tak ada mata air di wilayah yang dia kuasai, sehingga rakyatnya amat menderita.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram