10 Tempat Wisata di Cianjur yang Wajib untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 1 Maret 2020

Cianjur adalah sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat yang terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu tauco. Kabupaten yang satu ini sangat terkenal dengan keindahan panorama pedesaannya. Bahkan, beberapa desa yang ada di Cianjur dibuka sebagai tempat wisata untuk umum.

Ketika berada di Cianjur, Anda akan merasakan udara yang cukup sejuk karena kabupaten ini berada di dekat Gunung Gede. Selain itu, tempat wisata di Cianjur juga menawarkan ketenangan bagi Anda yang ingin refreshing menghirup udara segar.

Tidak hanya objek wisata puncak pas saja yang dimiliki Cianjur, masih banyak tempat wisata lainnya yang harus Anda kunjungi. Nah, berikut ini adalah rangkuman mengenai tempat-tempat wisata yang wajib dicoba ketika berada di Cianjur.

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas tempat wisata di cianjur

Kebun seluas 125 Hektar ini berlokasi di Jalan Raya Cibodas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Ada puluhan ribu spesies tanaman yang berada di Kebun Raya Cibodas ini. Di kebun ini, Anda dapat mengujungi rumah kaca yang berisi berbagai macam tanaman anggrek, kaktus, sukulen, dan tanaman liar lainnya.

Suasana di sekitar kebun raya ini sangat asri. Pohon-pohon yang rindang menambah sejuk udara di sini. Tempat wisata ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga. Para penggemar fotografi pun bisa mendapatkan hasil potret yang menarik di Kebun Raya Cibodas ini.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman bunga yang satu ini akan membuat Anda merasa seperti sedang berada di Belanda. Jalan setapak yang bersih, rumput yang dipotong rapi, dan aneka bunga dengan warna-warna yang indah adalah pemandangan yang bisa Anda lihat kala berkunjung ke Taman Bunga Nusantara.

Jika tidak ingin berjalan kaki, Anda bisa naik kendaraan khusus berupa kereta yang akan mengantar Anda mengelilingi taman bunga seluas 35 Hektar ini. Di tengah taman terdapat sebuah danau yang berisi angsa hitam dan angsa putih yang sangat cantik. Lokasi Taman Bunga Nusantara ada di Jalan Mariwati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

3. Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang

Di Cianjur terdapat sebuah situs jaman megalitikum yang kini dijadikan sebagai objek wisata untuk umum. Situs peninggalan jaman prasejarah ini merupakan saksi bisu tentang kehidupan orang-orang purba. Situs Gunung Padang ini diklaim sebagai situs peninggalan megalitikum yang terbesar di Asia Tenggara.

Uniknya, di sini pernah ditemukan beberapa batu yang konon dapat menjadi alat musik pada jaman dahulu kala. Batu tersebut bisa menghasilkan suara dengan frekuensi 2.600 – 5.200 KHz. Ada sebuah mitos yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat sekitar, bahwa ada sebuah sumur yang berada di area situs ini yang bisa memperkuat hubungan sepasang kekasih yang berkunjung ke sini.

Penasaran ingin membuktikan kebenaran mitos tersebut? Kunjungi Situs Gunung Padang di Kampung Panggulangan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur. Namun ingat, jangan merusak atau mengotori situs purbakala tersebut yaa.

4. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti Tempat Angker di Cianjur

Tak banyak orang yang tahu ada pantai indah di Cianjur, terutama para wisatawan yang tidak berdomisili di Cianjur. Faktanya, ada sebuah pantai yang berada di sebelah selatan Cianjur yang menawarkan panorama menakjubkan, yakni Pantai Jayanti.

Pantai yang di pesisirnya terdapat batu-batu besar ini tidak terlalu ramai, hanya para nelayan saja yang mendominasi pantai ini. Jadi, Anda dapat bersantai sembari mendengarkan suara deburan ombak di pantai ini. Pasir pantainya tidak putih, tetapi bersih. Untuk sampai ke Pantai Jayanti, Anda harus menempuh perjalanan darat selama 4 jam dari pusat Kabupaten Cianjur.

5. Curug Citambur

Curug Citambur

* sumber: coretanyusuf.blogspot.com

Curug adalah air terjun. Di Cianjur ada sebuah objek wisata alam air terjun yang sangat terkenal, yakni Curug Citambur. Mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini? Karena akses jalan menuju ke Curug Citambur ini harus melewati kebun teh yang sangat hijau dan asri. Jadi, selain udara sejuk Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang teduh dari kebun teh.

Air terjun setinggi 100 meter ini berlokasi di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur. Tumbuh-tumbuhan hijau yang nampak rapi di sekitar air terjun juga dapat menyejukkan mata kita.

6. Telaga Biru

Telaga Biru

Bila Anda berkunjung ke Taman Nasional Gunung Gede, sempatkan diri Anda untuk mengunjungi Telaga Biru. Air yang ada di telaga ini benar-benar biru. Banyak pendaki maupun wisatawan yang datang kemari untuk sekedar bersantai. Pasalnya, air yang jernih di telaga ini mengundang siapa saja yang melihat untuk membasuh wajah sejenak.

Warna air ini akan semakin biru ketika musim hujan. Di telaga ini juga banyak ikan-ikan yang berenang, bahkan tak segan untuk mendekati orang-orang yang beraktivitas di tepi telaga. Danau ini hanya seluas 5 hektar dan berada sekitar 1,5 KM dari puntu masuk Cibodas.

7. Arung Jeram Sungai Cikundul

Arung Jeram Sungai Cikundul

Apakah Anda penggemar olahraga ekstrem? Jika ya, mungkin Anda perlu mencoba tempat wisata di Cianjur yang terbilang ekstrem dan dapat menguji adrenalin ini. Di Sungai Cikundul Anda bisa melakukan arung jeram dengan trek sepanjang 7 KM.

Sungai ini berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat Kota Cianjur. Di sini, trek arung jeramnya terbilang sangat ekstrem karena arus Sungai Cikundul yang besar. Namun, bagi pemula tak usah ragu untuk mencoba karena Anda akan didampingi oleh para profesional. Pepohonan yang berada di sekitar jalur arung jeram membuat suasana tampak asri dan sejuk.

8. Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas

Tempat wisata di Cianjur ini sebenarnya dibuka untuk umum. Akan tetapi, calon pengunjung harus memiliki surat izin resmi yang dibuat oleh sekretariat negara. Istana Cipanas ini merupakan tempat persinggahan presiden. Taman yang luas dan asri terbentang luas di depan bangunan yang didominasi oleh warna putih.

Secara keseluruhan luas area Istana Cipanas ini adalah 26 Hektar, sementara bangunannya memiliki luas 8000 meter2. Jika ingin kesini, sebaiknya Anda pergi bersama rombongan dalam jumlah banyak. Karena mengingat izin untuk memasuki istana ini sangat sulit didapatkan, maka sebaiknya Anda membentuk sebuah rombongan agar tidak rugi.

9. Gunung Gede

Gunung Gede

Seperti yang sudah disinggung di awal, Cianjur sangat dekat dengan Gunung Gede. Jadi, bila Anda ingin mendaki Gunung Gede, Anda bisa melewati jalur tracking yang terletak di Cibodas. Ini merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Cianjur.

Gunung ini menawarkan panorama alam yang menarik dan tidak kalah dengan gunung-gunung populer lainnya yang ada di Indonesia. Selain itu, jalur pendakian Gunung Gede ini tidak terlalu sulit, sehingga para pemula bisa menjajal untuk mendaki gunung yang memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut ini.

10. Waduk Jangari

Waduk Jangari

Berada di Kecamatan Made, waduk ini sangat terkenal sebagai tempat budidaya ikan air tawar. Salah satu ikan yang dihasilkan dari waduk ini adalah ikan mas. Waduk Jangari ini cukup bersih dan tidak tercemar oleh sampah dan bahan kimia berbahaya.

Ini bisa Anda rasakan ketika menyantap ikan hasil tangkapan dari waduk ini. Ikan yang ditangkap di Waduk Jangari terasa segar dan daging ikan tidak berbau lumpur. Dijamin Anda akan ketagihan dengan nikmatnya daging ikan tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke Waduk Jangari ini bisa memancing ikannya sendiri. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin memancing, Anda bisa langsung menikmati hidangan ikan segar dari Waduk Jangari ini di warung-warung makan yang ada di sekitar waduk.

Tempat wisata di Cianjur ini cukup lengkap, bukan? Anda bisa menemukan kebun raya, pantai, gunung, dan waduk di Cianjur ini. Untuk mengunjungi semua tempat wisata di atas, nampaknya Anda membutuhkan waktu lebih dari satu hari. Yuk, ke Cianjur untuk mengisi waktu liburan ini!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram