10 Tempat Wisata di Cikampek yang Seru untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 24 Maret 2021

Bagi kamu yang senang jalan-jalan ke luar kota, pernahkah berkunjung ke kota dengan julukan kota pangkal perjuangan. Tidak hanya diisi oleh sederetan pabrik saja, kota ini juga memiliki berbagai destinasi wisata.

Sebagai akses jalan menuju ke berbagai tempat di Pulau Jawa, terkadang masyarakat lupa bahwa Cikampek juga menyimpan berbagai wisata, mulai dari wisata edukasi, religi, hingga wisata alam.

Pilihan wisata yang ditawarkan juga tidak kalah seru dengan kota di sebelahnya, yaitu Karawang. Di Cikampek, kamu akan menemukan tempat wisata yang sederhana, tetapi berkesan dan menyenangkan. Berikut adalah deretan wisata di Cikampek yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, teman-teman, atau kekasih hati di akhir pekan.

1. Alun-Alun Cikampek

Alun-Alun Cikampek

* sumber: tempatwisataunik.com

  • Alamat: Jalan Villa Indah Pesona, Dawuan Tengah, Cikampek
  • Jam Buka: 07.00—21.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis

Setiap kota tentu memiliki alun-alun. Begitu pun dengan Cikampek. Alun-alun menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang murah meriah bagi masyarakat. Sama seperti alun-alun pada umumnya, masyarakat biasa berkunjung ke sini untuk sekadar santai menikmati jajanan, berolahraga di pagi dan sore hari, serta bermain bersama keluarga.

Tak jarang ada pula berbagai festival yang memeriahkan suasana Alun-alun Cikampek ini. Jika berkunjung ke Cikampek, jangan lupa untuk mampir ke alun-alun, ya! Kamu juga bisa abadikan momen saat lagi berkunjung ke Alun-alun Cikampek.  

2. Taman Rusa

Taman Rusa

* sumber: m.tempo.co

  • Alamat: Jalan Ir. A. Salmon Mustofa, Kalihurip, Cikampek
  • Jam Buka: 07.00—20.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis

Berlokasi di Pabrik PT. Pupuk Kujang Kecamatan Cikampek, Taman Rusa menjadi salah satu destinasi liburan keluarga untuk sekedar bersantai, dan disukai oleh anak- anak.  Sama seperti namanya, Taman Rusa dipenuhi oleh rusa-rusa yang bisa kamu beri makan berupa sayuran, seperti wortel.

Terdapat berbagai jenis rusa di taman ini, mulai dari rusa berwarna belang dengan corak putih, berwarna coklat polos, dan sebagainya. Taman Rusa biasa ramai oleh pengunjung pada sore hari dan hari libur. 

3. Rimba Riset Kebon Kembang

Rimba Riset Kebon Kembang

  • Alamat: Jalan Kebon Kembang, Cikampek Timur
  • Jam Buka: 08.00—16.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis

Rimba Riset merupakan sebuah hutan yang berada di samping timur kecamatan Cikampek, dan lebih dikenal masyarakat dengan nama Kebon Kembang. Tempat wisata satu ini adalah hutan rimba lindung dengan memiliki udara yang sejuk dan segar. 

Saat memasuki area ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan asri nan hijau di sepanjang jalan. Rimba Riset selalu ramai pengunjung ketika hari libur sekolah, dan akhir pekan untuk piknik, jogging santai, dan menikmati hijaunya alam.

4. Situ Kamojing

Situ Kamojing

* sumber: www.jejakpiknik.com

  • Alamat: Desa Kamojing, Cikampek (Selatan jalan tol Jakarta-Cikampek)
  • Jam Buka: 08.00—17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp5.000
  • No. Telepon: 0264350440

Danau buatan dengan luas sekitar 62 hektare ini memiliki kedalaman air kurang lebih 14 meter. Menjadi salah satu tempat destinasi favorit warga Cikampek, Situ Kamojing asik dinikmati pada pagi dan sore hari untuk sekadar menikmati sunrise dan sunset.

Bukan tanpa sebab, Danau Kamojing dibuat untuk menyimpan air hujan yang dapat dipakai untuk kebutuhan jaringan irigasi pesawahan. Jadi, ketika musim hujan tiba, danau akan menampung air. Ternyata gak hanya tempat wisata saja ya!

5. Museum Lokomotif Kereta

Museum Lokomotif Kereta

* sumber: storage.googleapis.com

  • Alamat: Jalan Raya Cikampek-Parakan, Cikampek 
  • Jam Buka: 08.00—17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000

Tak lengkap rasanya jika berwisata tidak sambil belajar. Nah, destinasi satu ini cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah kereta api.

Dibuka untuk umum, terdapat berbagai macam bangkai-bangkai kereta peninggalan zaman Belanda silam. Kurang lebih ada 10 lokomotif yang sudah tidak dipergunakan dan diawetkan, sehingga dimuseumkan dan menjadi tempat sejarah.

Jika berkunjung ke sini, kamu juga bisa menaiki beberapa kereta dan belajar banyak tentang sejarah lokomotif. Wisata satu ini memang sangat cocok dikunjungi oleh keluarga dan menjadi wisata edukasi bagi anak-anak.

6. Pohon Miring Pancawati

Pohon Miring Pancawati

* sumber: www.itrip.id

  • Alamat: Jalan Kampung Babakan Jati, Pancawati
  • Jam Buka: 08.00—17.00 WIB
  • Harga Tiket: Gratis, hanya bayar parkir

Namanya yang unik memang menggambarkan kondisi fisik pohon petai dengan serat tidak terlalu padat. Sehingga membuat tekstur dari pohon ini melengkung dan terlihat miring. Saat berkunjung ke sini, kamu akan melihat pemandangan jejeran pohon petai yang rindang nan hijau. 

Banyak warga yang berkunjung ke sini untuk sekadar jalan-jalan sore, sambil menikmati beragam jajanan yang dijajakan di sana. Tidak hanya ada jajanan saja, di sana juga terdapat tempat duduk yang terbuat dari drum, hiasan payung, dan ayunan dari kayu.

Tak jarang tempat ini juga sering dijadikan latar belakang untuk pre-wedding. Bagi kamu yang suka berswafoto, pohon miring cocok untuk dijadikan destinasi wisata sebagai liburan akhir pekanmu.

7. Wisata Air Restoran Alam Sari

Wisata Air Restoran Alam Sari

* sumber: alamsaridanaukbi.blogspot.com

  • Alamat: Kawasan Industri Kota Bukit Indah Sektor B, Kamojing, Cikampek
  • Jam Buka: 08.00—20.00 WIB
  • Harga Tiket: Tergantung menu yang dipesan
  • No. Telepon: 0264350440

Terletak di Kawasan Industri Kota Bukit Indah Sektor B, Kamojing, Cikampek, restoran Alam Sari tidak hanya menyajikan kuliner saja. Kamu juga bisa menikmati wisata air dengan pemandangan yang indah. Wisata Air Restoran Alam Sari cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga, di libur akhir pekan.

Saat berkunjung ke sini, kamu akan menikmati beragam kuliner khas Sunda di saung atau gazebo. Kamu juga bisa bermain wahana air, seperti becak air, perahu, dan tersedia pula taman bermain untuk anak-anak.

8. Waterpark Playground Cikampek

Waterpark Playground Cikampek

* sumber: www.tripjalanjalan.com

  • Alamat: Cikampek Pusaka, Cikampek Selatan, Cikampek
  • Jam Buka: 09.00—17.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp35.000 (weekday) | Rp50.000 (weekend)

Mungkin terdengar biasa saja, tetapi destinasi satu ini menjadi tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat. Apalagi ketika hari libur atau libur sekolah tiba.  Waterpark Playground  Cikampek ini dipenuhi banyak pengunjung.

Waterpark Playground Cikampek menyediakan wahana air yang lengkap bagi anak- anak hingga orang dewasa. Terdapat wahana air, seperti perosotan air, ember tumpah, dan kolam renang khusus anak-anak dengan kedalaman air mencapai 20 centimeter sampai 50 centimeter.

Tidak perlu risau jika kamu tidak bisa berenang. Di sini, disediakan pula tempat untuk menyewa pelampung. Jika lapar, tersedia juga kantin untuk mengisi perut yang lapar sehabis bermain air. Seru, ya?

9. Taman Pelangi

Taman Pelangi

  • Alamat: Di bawah flyover Cikampek
  • Jam Buka: 24 jam
  • Harga Tiket: Gratis

Keberadaan sebuah taman di tengah kota tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pasalnya, di tengah polusi udara akibat hiruk pikuk kendaraan, perlu adanya ruang terbuka hijau. Maka dari itu pemerintah Cikampek membuat Taman Pelangi.

Taman Pelangi ini berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan, sehingga bisa menumbuhkan rasa sosial yang tinggi pada area di sekitar taman.  Meskipun berada di tengah jalan, tepatnya di bawah flyover Cikampek, taman ini cocok dikunjungi untuk sekadar berkumpul dan bercengkrama dengan teman.

10. Sirkuit Autocar Dawuan

Sirkuit Autocar Dawuan

* sumber: speedaddictor.wordpress.com

  • Alamat: Mandala Pratama Permai, km 68 tol Cikampek
  • Jam Buka: 09.00—16.00 WIB
  • Harga Tiket: Tergantung perlombaan rally

Berlokasi di Mandala Pratama Permai, dengan letak kurang lebih 68 km dari tol Cikampek, Sirkuit Autocar Dawuan cocok dikunjungi bagi kamu para pecinta otomotif. Kamu akan merasakan ketegangan dan memacu adrenalin ketika berkunjung ke tempat ini. 

Akan lebih beruntung lagi jika saat berkunjung ke sini, sedang ada perlombaan rally. Ya, benar sekali, Sirkuit Autocar Dawuan ini sering dijadikan sebagai momen rally, baik tingkat daerah maupun nasional. Siap untuk menyaksikan perlombaan rally?

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Cikampek yang bisa kamu kunjungi. Jika ke Cikampek, jangan lupa untuk mampir ke salah satu destinasi wisata di sana, ya. Ajak keluarga dan teman-teman supaya liburan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan. Selamat berlibur!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram