10 Tempat Wisata di Cilacap yang Cocok untuk Berlibur

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sudah mengunjungi semua tempat wisata di Purwokerto, tetapi Anda masih ingin berlibur? Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata di Cilacap. Jarak antara Purwokerto ke Cilacap hanya sekitar 50 KM, yang artinya bisa ditempuh dalam waktu 1,5 – 2 jam saja. Keindahan tempat wisata yang ada di Cilacap tidak kalah dengan yang Anda temukan di Purwokerto, lho.

Butuh referensi mengenai tempat wisata yang ada di Cilacap? Tak perlu khawatir karena Keluyuran akan memberikan informasi lengkapnya. Sekarang Anda hanya perlu merencanakan perjalanan Anda ke kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini dan catat semua rekomendasi yang Keluyuran berikan.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Cilacap

1. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

* sumber: www.survive-giezag.org

Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Cilacap, Pantai Karang Pandan belum terlalu ramai disinggahi oleh wisatawan. Bahkan, tempat wisata di Cilacap ini menawarkan suasana mistis tersendiri. Pantai ini dianggap sebagai tempat keramat. Setiap hari Kamis Wage atau sehari menjelang sedekah laut (arung sesaji) banyak orang yang datang untuk berziarah di Pantai Karang Pandan.

Meskipun demikian, Anda tetap boleh rekreasi di pantai yang memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar ini. Namun, Anda harus menjaga kesopanan tutur kata dan perilaku kala berada di sekitar pantai.

2. Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu Tempat Wisata Di Cilacap

Dinamakan Pantai Teluk Penyu karena dahulu banyak penyu liar yang berkeliaran di sekitar pantai. Pantai ini berada sekitar 2 KM dari pusat Kota Cilacap. Adapun ombak di pantai ini terkenal besar dan ganas karena lokasi laut pantai ini berada di Samudra Hindia.

Walaupun begitu, wisatawan tetap bisa menyelam atau bermain banana boat di sini. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling di laut yang berada di sekitar pantai. Bila lapar, Anda bisa menuju ke rumah makan seafood yang berjajar di tepi Pantai Teluk Penyu.

3. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan

Siapa yang tak kenal dengan nama “Nusakambangan”? Ya, pulau ini memang dikenal sebagai lokasi Lembaga Pemasyarakatan bagi narapidana kelas kakap. Namun, di pulau ini Anda bisa menemukan sejumlah objek wisata yang indah untuk dinikmati, mulai dari Pantai Karang Pandan, Pantai Permisan, Goa Ratu, Kampung Laut, sampai dengan Benteng Karang Bolong.

Untuk dapat menikmati eksotisme yang ditawarkan oleh Pulau Nusakambangan ini Anda hanya perlu menyebrang dari Pantai Teluk Penyu dengan menyewa perahu nelayan. Jarak yang ditempuh hanya sekitar 10 menit saja. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengeksplor Pulau Penjara ini?

4. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Ingin mengunjungi tempat wisata di Cilacap selain pantai? Tak masalah karena Anda bisa menuju ke Benteng Pendem. Benteng peninggalan Belanda ini berada di pesisir Pantai Teluk Penyu. Berdiri di lahan seluas 6,5 hektar, Benteng Pendem sudah dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat untuk menjadi objek wisata.

Jika ingin menjelajahi bagian dalam benteng ini sebaiknya Anda menyewa tour guide. Ada beberapa spot menarik yang terdapat di benteng yang dibangun pada tahun 1861 ini, yaitu ruang tembak, ruang amunisi, benteng pengintai, ruang rapat dan masih banyak lagi. Di kawasan sekitar benteng juga disediakan tempat bermain anak atau kapal yang bisa disewa untuk mengelilingi danau di sekitar Benteng Pendem.

5. Pantai Permisan

Pantai Permisan

Berada di sekitar Pulau Nusakambangan membuat Pantai Permisan atau yang dikenal sebagai Pantai Pasir Putih ini menjadi salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi kala berpelesir di Nusakambangan. Selain pasir putih, di tepi pantai juga terdapat batu-batu karang yang bertebaran.

Panorama pantai ini memang membuat Anda betah, terlebih lagi pantai ini masih belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, di sekitar Pantai Permisan juga terdapat Monumen Pisau Komando, yang merupakan pisau komando berukuran besar yang tertancap di atas batu karang.

6. Pantai Jetis

Pantai Jetis

* sumber: rokhmahragilisnaeny.blogspot.co.id

Jika sebelumnya kami membahas sejumlah pantai yang berada di dekat Nusakambangan. Kini, kita berpelesir ke Pantai Jetis yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen. Bahkan, pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Ayah, yang merupakan salah satu tempat wisata di Kebumen.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Jetis untuk berlibur. Pemandangan samudra yang luas ditambah dengan pegunungan kapur di daerah Kebumen bisa Anda nikmati ketika berada di pantai ini. Yuk, langsung saja datang ke Pantai Jetis yang merupakan wilayah perbatasan antara Kabupaten Cilacap dan Kebumen berikut ini.

7. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong

Tidak jauh dari Pantai Karang Pandan, Anda bisa mengeksplor objek wisata peninggalan Belanda selain Benteng Pendem, yaitu Benteng Karang Bolong. Benteng yang dibangun pada tahun 1837 ini memiliki luas sekitar 6.000 meter persegi. Uniknya, Benteng Karang Bolong memiliki 4 lantai, yakni 2 lantai di atas permukaan tanah dan 2 lantai lainnya ada di bawah tanah.

Ketika memasuki area Benteng Karang Bolong, Anda akan disambut dengan keberadaan meriam peninggalan Belanda yang masih sangat utuh. Konon, salah satu lorong yang ada di Benteng ini kita bisa menembus ke Bentek Pendem atau Pantai Teluk Penyu, lho.

8. Wisata Hutan Payau

Wisata Hutan Payau

Kawasan hutan mangrove yang satu ini ternyata sudah dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Hutan lindung yang berada di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara ini berfungsi untuk melestarikan ekosistem di sekitar pantai dan menghindari abrasi laut.

Spot yang paling menarik perhatian wisatawan ketika berkunjung ke tempat wisata di Cilacap ini adalah Jembatan Mesra, sebuah jembatan kayu sepanjang 300 meter yang biasa dikunjungi wisatawan untuk mengamati Hutan Payau dari dekat. Anda pun bisa menyewa perahu untuk menyusuri area hutan payau.

9. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung

Objek wisata pantai yang landai ini memang cukup terkenal di Cilacap. Pantai Widarapayung juga pernah menjadi tuan rumah salah satu event selancar kelas nasional pada tahun 2010 silam. Maklum saja, ombak di pantai ini sangat besar sehingga cocok untuk surfing.

Apabila Anda tidak suka berselancar, Anda bisa bersantai di tepi pantai. Jika mengajak anak-anak, mereka bisa naik kuda yang disewakan untuk berkeliling pantai. Adapun fasilitas yang tersedia di Pantai Widarapayung sudah cukup memadai, mulai dari MCK, rumah makan, tempat parkir, kolam renang, dan sebagainya.

10. Gunung Srandil

Gunung Srandil

Gunung Srandil adalah objek wisata spiritual karena masyarakat setempat percaya bahwa ini adalah tempat petilasan Sultan Mukhriti, yang merupakan putra kedua dari Dwi Sari Banon Ratu Sumenep. Ini bukanlah sebuah gunung melainkan sebuah bukit yang berada di pesisir Pantai Laut Selatan, Desa Glempang Pasir, Kecamatan Adipala, Cilacap.

Banyak orang yang datang kemari untuk berziarah dan menyampaikan permohonan. Konon, penguasa gaib di tempat ini dapat membantu untuk menyampaikan permohonan kita agar segera dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tempat Wisata di Cilacap Lainnya

Belum puas dengan 10 tempat wisata di atas? Jangan khawatir, kami masih memiliki rekomendasi tempat lainnya yang layak untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Cilacap. Berikut daftar lengkapnya:

11. Kemit Forest

Kemit Forest

* sumber: liburs.com

Kemit Forest adalah tempat wisata di Cilacap yang sedang hits. Di tempat yang sejuk ini Anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang asri dari ketinggian. Tempat ini sangat digemari oleh muda-mudi karena terdapat banyak spot foto yang bisa bikin kita lebih eksis di media sosial.

Adapun spot foto yang tersedia di Kemit Forest adalah gardu pandang, sky bike, kursi gantung, ayunan, dan masih banyak lagi. Buat Anda yang bosan dengan kepadatan kota, datang saja ke Kemit Forest ini. Selain memiliki spot foto yang menarik Kemit Forest juga menyediakan arena outbound.

12. Curug Cimandaway

Curug Cimandaway

* sumber: jalanwisata.id

Pesona tempat wisata di Cilacap tidak hanya berasal dari pantai dan hutan saja, tapi ada juga air terjun yang cukup megah di Cilacap, namanya Curuh Cimandaway. Air terjun ini nampak seperti bertingkat-tingkat dan memiliki tinggi 65 meter. Curug Cimandaway resmi dibuka sebagai tempat wisata umum sejak tahun 2012.

Objek wisata alam ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, jika Anda berminat ke sana tentu saja air terjun ini akan memberikan ketenangan karena tidak dipadati oleh pengunjung. Boleh berfoto di batu-batuan besar di bawah air terjun, tapi hindari berenang di sungainya karena arusnya cukup deras.

13. Gunung Selok

Gunung Selok

* sumber: bonvoyagejogja.com

Wisata Gunung Selok memang cukup populer di Cilacap. Tempat wisata alam ini tidak hanya menawarkan pemandangan pegunungan sebagai tempat wisata, tetapi ada goa-goa dan sekitar 25 benteng peninggalan Jepang yang masih ada di sini.

Menariknya, tak jauh dari Gunung Selok terdapat Pantai Laut Selatan yang panoramanya bisa dinikmati dari atas gunung ini. Kapan lagi Anda bisa berwisata di gunung sekaligus menikmati keindahan pantai? Selain itu, di sekitar gunung ini juga sudah terdapat banyak tempat makan dan penginapan.

14. Pantai Sodong

Pantai Sodong

* sumber: pandawa077.blogspot.co.id

Satu lagi tempat wisata di Cilacap yang cukup populer saat ini, yaitu Pantai Sodong. Di sekitar pantai terdapat pohon cemara udang yang memang ditanam dengan rapi. Meskipun pasir pantainya berwarna hitam, tetapi kalau Anda ingin berjemur sambil santai, Pantai Sodong adalah pilihan yang tepat.

Di pantai ini juga terdapat ayunan yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Namun, Anda harus membayar sekitar 5 ribu rupiah jika ingin naik ayunan tersebut karena yang membuat ayunan itu adalah warga sekitar. Pantai yang dikelilingi oleh tebing batu ini adalah tempat yang menarik untuk hunting foto.

15. Curug Mandala

Curug Mandala

Biasanya air terjun terbentuk secara alami karena fenomena alam. Beda halnya dengan Curug Mandala karena air terjun ini terbentuk dari bom yang pernah diledakkan oleh Tentara Belanda sehingga mengenai sumber mata air. Curug Mandala berada di tengah perbukitan, sehingga akses untuk menuju ke sana masih cukup sulit.

Meskipun belum dikelola oleh dinas pariwisata setempat, tapi air terjun ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Suasana sejuk dan romantis di sekitar air terjun ini juga membuat banyak muda-mudi yang datang berpasangan kemari.

Inilah rekomendasi tempat wisata di Cilacap yang bisa Anda singgahi untuk berlibur. Beberapa di antaranya memang mengandung unsur mistis dan magis. Namun, itu semua kembali lagi kepada Anda karena boleh percaya, boleh juga tidak percaya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *