20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 29 April 2021

Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat punya beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Bukan cuma tempat wisata keluarga, beberapa di antaranya adalah tempat wisata alam yang masih asri.

Pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membahas tentang tempat wisata di Cimahi dan Bandung Barat, spesial buat kamu yang sedang mencari tempat rekreasi untuk berlibur. Berikut daftarnya.

1. Dusun Bambu

Dusun Bambu
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi Km 11 Kartawangi Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.30 s.d 17.30 WIB
  • Nomor Telepon:  (022) 8278 2020
  • Harga Tiket: Rp150.000 (Dewasa), Rp50.000 (Anak)

Dusun Bambu adalah satu dari sekian banyak tempat wisata populer di kawasan Bandung Barat. Pesona alam yang ditawarkan di sini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Dusun Bambu.

Di tempat ini, kamu bisa mengunjungi beberapa area yang berbeda. Salah satunya adalah area Lembur Urang. Di area ini, kamu dapat menemukan rumah-rumah tradisional Sunda, belajar gamelan dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya yang bisa dilakukan.

Kamu pun dapat mengelilingi danau dengan sampan, atau menjelajah taman bunga dengan menggunakan sepeda. Dua aktivitas ini sudah termasuk dalam tiket masuknya, lho. Jadi, kamu nggak perlu keluarin uang lagi.

2. Taman Alun-alun Cimahi

tempat-wisata-di-cimahi-alun-alun
  • Alamat: Jl.Raya Barat No.57, Setiamanah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Bar
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Ingin rekreasi di Cimahi bersama keluarga tanpa harus bayar? Datang saja ke Taman Alun-alun Cimahi yang terletak di pusat kota. Di sana tersedia bangku-bangku taman untuk sekedar tempat ngobrol dan berkumpul bersama keluarga.

Sekadar info, Taman Alun-alun Cimahi merupakan titik nol dari kota yang dijuluki Kota Tentara ini. Di taman ini terdapat sebuah tugu berbentuk angka nol dan huruf C.

Jika merasa bosan, kamu bisa mencoba datang ke pusat perbelanjaan yang terletak di sisi timur Taman Alun-Alun Cimahi. Di sana tersedia berbagai macam toko, seperti toko elektronik, pakaian, buah-buahan, dan toko-toko makanan.

Selain ke pusat perbelanjaan, kamu pun dapat mengunjungi tempat-tempat lain seperti Masjid Agung Cimahi yang berada tak jauh dari Taman Alun-alun Cimahi ini.

3. Pandiga Educreation Sport & Swimming Pool

tempat-wisata-di-cimahi-pandiga
  • Alamat: Jl. Sirnarasa, Cihanjuang No.11, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Rabu s.d Minggu 09.00 s.d 17.00 WIB ( Senin & Selasa tutup)
  • Nomor Telepon: (022) 6654273
  • Harga Tiket: Rp30.000 (Weekdays), Rp35.000 (Weekend)

Terletak di wilayah utara Kota Cimahi, Pandiga Educreation Sport & Swimming Pool menawarkan arena rekreasi bagi keluarga atau rombongan perusahaan yang diintegrasikan dengan olahraga dan pendidikan. Jadi, selain bersenang-senang, di sana kamu bisa sekaligus belajar sembari menyehatkan raga.

Berenang, baik untuk anak atau pun dewasa, serta melakukan olahraga lain seperti futsal dan badminton adalah contoh aktivitas yang bisa kamu di Pandiga Educreation Sport & Swimming Pool

Perut keroncongan? Tenang, di sana juga tersedia tempat makan yang menyajikan hidangan-hidangan berkelas yang lezat.

Jika kamu dan keluarga atau kolega tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini, silakan datang ke alamat di atas, atau hubungi kontak yang tertera.

3. Alam Wisata Cimahi Resort

Alam Wisata Cimahi
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi KM.4 No.157, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Jumat, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, Sabtu & Minggu, pukul 08.00 s.d 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 2700228
  • Harga Tiket: -

Tempat wisata di Cimahi yang ini juga menawarkan konsep rekreasi yang digabungkan dengan aktivitas olahraga dan pendidikan. Di sini tersedia berbagai macam pilihan kegiatan outbound yang utamanya ditujukan bagi anak-anak.

Alam Wisata Cimahi Resort juga memiliki restoran menyediakan berbagai macam pilihan menu makanan andalan. Ada masakan a la Western, ada pula masakan khas Nusantara yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Alam Wisata Cimahi Resort menawarkan fasilitas berupa kolam renang. Ada juga jembatan gantung yang dapat dijadikan spot untuk berfoto. 

Kemudian, ada fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas yang mampu menampung banyak kendaraan pengunjung.Tempat ini juga bisa dijadikan venue untuk acara formal seperti pernikahan, lho. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak yang tersedia di atas, ya.

5. Puspa Iptek Sundial

tempat-wisata-di-cimahi-puspa-iptek
  • Alamat: Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: 0811-223-080
  • Harga Tiket: Rp30.000 per orang

Kabupaten Bandung Barat juga punya salah satu sarana pendidikan sains terbesar, lho. Namanya Puspa Iptek Sundial. Di sini, kamu bisa mengikuti beberapa program pendidikan yang seru. 

Satu di antaranya adalah Program Puspa Iptek Sundial atau PISD yang memungkinkan pesertanya untuk mencoba lebih dari 100 unit alat peraga sains. Salah satu contohnya adalah Human Gyroscope.

Nggak cuma aktivitas dalam ruangan, di Puspa Iptek Sundial, kamu pun dapat melakukan segala jenis aktivitas di luar ruangan. Sebut saja seperti Ayo Kejar Ikan, memberi makan kelinci ras, dan memanah.

Setiap aktivitas atau program pendidikan di sini dikenakan tarif lagi. Contohnya, untuk Program PISD, tarifnya Rp30.000 per orang dengan durasi satu sampai satu setengah jam. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resminya atau hubungi kontak yang tertera.

6. Stone Garden Citatah

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 1
  • Alamat: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp12.000 per orang

Satu tempat wisata  lainnya yang ada di kawasan Bandung Barat adalah Stone Garden Citatah. Tempat yang berlokasi di perbukitan ini menawarkan pemandangan alam yang super cantik. Tempat wisata ini pas buat kamu yang ingin menikmati keindahan pegunungan dari atas bukit berbatu.

Stone Garden Citatah pun pas untukmu yang hobi berfoto-foto ria. Nggak jarang, para calon pengantin juga melakukan foto pre-wedding di sini. 

Dengan hanya membayar tiket masuk Rp12.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa. Tertarik untuk berkunjung ke Stone Garden Citatah?

7. Taman Kartini

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 2
  • Alamat: Jl. Baros No.6, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Selanjutnya, ada Taman Kartini. Taman kecil nan rindang ini bisa kamu kunjungi untuk sekedar melepas lelah atau pun bersantai. Terlebih, Taman Kartini masih dikelilingi pepohonan rindang, sehingga udaranya pun masih tergolong sejuk.

Selain bersantai, kamu bisa mengajak anak atau keponakan untuk main ke Taman Kartini karena di sini ada beragam jenis fasilitas permainan untuk anak-anak. Di antaranya ada perosotan, jungkat-jungkit dan lain sebagainya.

Nah, untuk kamu yang suka main skateboard dan nongkrong, nggak ada salahnya buat main ke Taman Kartini ini. Kenapa? Karena di sini ada fasilitas berupa arena skateboard yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Yuk, langsung saja kunjungi alamat di atas!

8. NuArt Sculpture Park

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 3
  • Alamat: Jl. Setra Duta Raya No. L 6, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 2017812
  • Harga Tiket: Rp50.000 per orang (Dewasa), Rp25.000 (Anak)

NuArt Sculpture Park adalah sebuah taman seluas kurang lebih 3 hektar yang di dalamnya berisi galeri seni modern dengan berbagai koleksi pahatan yang mengesankan karya Nyoman Nuarta.

Nyoman Nuarta sendiri merupakan pemahat yang membuat patung populer, Garuda Wisnu Kencana atau GWK. Nah, selain Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali, kamu bisa lihat karya-karya beliau di NuArt Sculpture Park ini.

 Selain galeri seni, di NuArt Sculpture Park terdapat banyak fasilitas lain seperti amfiteater, resto dan toko souvenir. Tempat ini cocok dikunjungi oleh pecinta seni, atau kamu yang penasaran dengan karya luar biasa Nyoman Nuarta.

9. Wisata Kuda & Warung Liwet Pakuhaji

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 4
  • Alamat: Jl. Haji Gofur No.Km. 4, RT.02/RW.10, Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Sabtu & Minggu, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0813-2227-2623
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Tempat wisata ini menyediakan berbagai macam fasilitas rekreasi yang beragam, mulai dari wahana permainan anak-anak dan dewasa, kegiatan outbound seperti flying fox dan ATV, kebun binatang mini, dan juga kolam renang.

Terletak di area perbukitan yang hijau dan rindang dengan pepohonan, Wisata Kuda & Warung Liwet Pakuhaji ini sangat cocok dikunjungi oleh kamu dan anggota keluarga, jika kamu ingin merasakan liburan di tempat-tempat yang menyegarkan mata dan pikiran.

Kalau perut lapar, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat lain untuk mencari makanan lagi. Cukup berkumpul di Warung Liwet Pakuhaji dan mencicipi aneka menu makanan dengan bahagia bersama orang-orang tercinta.

10. Kolam Renang Ciawitali

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 5
  • Alamat: Jl. Ciawitali No.47, Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiiap hari, pukul 07.00 s.d 16.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 6632541
  • Harga Tiket: Rp20.000 (Weekdays), Rp25.000 (Weekend)

Buat kamu yang lagi nyari kolam renang dengan suasana yang pas untuk rekreasi keluarga, datang saja ke Kolam Renang Ciawitali. Tempat wisata ini punya banyak pilihan jenis kolam renang yang berbeda. Baik untuk anak-anak mau pun orang dewasa. 

Selain itu, di sini ada fasilitas berupa waterboom, kamar ganti, toilet dan juga tempat makan. Jadi, kalau kamu lapar selama di sini, kamu tak perlu mencari makanan ke luar area tempat wisatanya. Praktis banget, kan?

11. Curug Tilu Leuwi Opat

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 6
  • Alamat: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Selain Curug Cimahi dan Curug Maribaya, kamu dapat mengunjungi salah satu curug lainnya yang menawarkan pemandangan alam nan indah. Namanya adalah Curug Tilu Leuwi Opat.

Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam, atau sekadar bersantai di area curug-nya. Sekadar info, Curug Tilu Leuwi Opat tidak hanya dijadikan tujuan wisata saja, melainkan juga lokasi pelatihan pembentukan watak bangsa, lokasi pembelajaran alam dan gunung api purba, dan masih banyak lagi.

Mengunjungi Curug Tilu Leuwi Opat juga pas buat kamu yang ingin mencoba aktivitas outbound, arung jeram atau pun camping.

12. Curug Cimahi

  • Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.30 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0822-1912-3245
  • Harga Tiket: Rp20.000 per orang

Walaupun terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, namun Curug Cimahi adalah salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Cimahi dan sekitarnya. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 87 meter ini dapat digapai dalam waktu sekitar 30 menitan di pusat Kota Cimahi.

Curug Cimahi juga dikenal dengan sebutan Curug Pelangi. Hal itu karena curug ini mampu menampilkan indahnya pelangi dari percikan air yang dihasilkannya dalam beberapa kesempatan. Pada malam hari Curug Cimahi juga diperindah dengan kilauan cahaya dari lampu LED.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp20 ribu per orang. Tersedia lahan parkir bagi kendaraan roda dua dan roda empat (biaya parkir terpisah). Di area pintu masuk kamu akan menemukan banyak kedai yang menjual berbagai macam makanan.

Sebagai informasi, Curug Cimahi adalah tempat tinggal banyak monyet liar. Kamu harus hati-hati dan tidak boleh mengganggu binatang tersebut jika tidak ingin mereka marah. Dan untuk menikmati indahnya Curug Cimahi, kamu harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu.Tertarik untuk berkunjung ke sini?

13. Curug Bugbrug

curug bugbrug
  • Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Setelah Curug Cimahi dan Curug Tilu Leuwi Opat, ada Curug Bugbrug. Curug ini sama indahnya dengan curug-curug lain yang ada di kawasan Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi. 

Untuk bisa sampai ke Curug Bugbrug, perjalanannya bisa dibilang tidak begitu mudah. Kamu harus trekking dulu melewati perkebunan milik warga dengan jarak lebih dari 2 kilometer jauhnya.

Tetapi tenang, rasa lelah saat perjalanan akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh curug ini. Sekadar info, kamu bisa masuk ke Curug Bugbrug tanpa membayar karcis.

14. Little Farmers

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 7
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.339, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s,d Jumat, pukul 08.00 s.d 22.00 WIB (Sabtu & Minggu tutup)
  • Nomor Telepon: (022) 2700919
  • Harga Tiket: -

Kamu mau mengajak anak dan ponakan untuk mencoba belajar menanam tanaman dari nol? Datang saja ke Little Farmers. Di sini, si kecil akan diajarkan tentang menanam aneka tanaman sampai dengan panen, lho.

Selain belajar menanam, si kecil dapat berinteraksi dengan beberapa hewan ternak seperti sapi, domba dan juga ayam.

Nah, kalau kamu lapar, kamu bisa membawa bekal dari rumah dan menikmatinya di saung-saung yang ada di Little Farmers, sembari bersantai dan menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan. Sangat menarik, bukan?

15. Sanghyang Heuleut

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 8
  • Alamat: Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Hari Senin s.d Jumat, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, Sabtu, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, Minggu, pukul 07.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0821-1711-5619
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang

Tak jauh dari PLTA Saguling, ada tempat wisata bernama Sanghyang Heuleut. Tempat ini merupakan danau purba yang kabarnya jadi tempat mandi bidadari di masa lampau. 

Danau yang punya kedalaman lebih dari 2 meter ini punya warna air yang unik, yakni kehijauan. Warna kehijauan ini yang membuat pemandangan danaunya tampak cantik.

Untuk bisa mencapai Danau Sanghyang Heuleut, kamu harus menempuh perjalanan sekitar setengah jam sampai dengan satu jam lamanya. Tapi tenang, di tengah perjalanan, kamu bisa beristirahat di warung-warung makan milik warga.

16. Sanghyang Tikoro

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 9
  • Alamat:Jl. PLTA Saguling, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Masih berada di kawasan PLTA Saguling, ada satu tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik. Namanya Sanghyang Tikoro. Sanghyang Tikoro ini punya kaitan erat dengan legenda Sangkuriang, lho.

Kabarnya, Sangkuriang sudah membuat sebuah danau yang akhirnya airnya mengalir melalui Sanghyang Tikoro. Sanghyang Tikoro sendiri merupakan gua dari batuan alami yang cantik. Kamu bisa masuk ke sini tanpa membayar karcis.

17. Waduk Saguling

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 10Sumber: https://id.wikipedia.org/
  • Alamat: Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: -

Selanjutnya, ada Waduk Saguling. Waduk yang difungsikan untuk menampung aliran Sungai Citarum ini pun dapat dijadikan destinasi wisata di Bandung Barat. Walau pun Waduk Saguling adalah danau buatan, view-nya tidak kalah cantik dari danau alami, lho.

Tak sedikit masyarakat dan wisatawan yang mengunjungi danau ini dengan menggunakan sepeda. Ada pula yang memancing di danaunya. Danau ini juga cocok untukmu jika kamu ingin melepas lelah sambil menikmati pemandangan.

18. Sendang Geulis Kahuripan

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 11
  • Alamat: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 s.d 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0812-1404-8781
  • Harga Tiket: Rp10.000 (Weekdays), Rp12.000 (Weekend)

Sendang Geulis Kahuripan adalah mata air yang ada di Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Mata air ini memiliki air yang jernih dan cantik. 

Tempatnya pun masih sangat alami dan asri.Udaranya masih sangat sejuk. Sendang Geulis Kahuripan ini cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan yang sibuk.

Sayangnya, jalanan menuju lokasi Sendang Geulis Kahuripan masih cukup terjal. Perjalanannya bisa dibilang cukup melelahkan.Tetapi rasa lelahnya akan hilang seketika kamu sampai di Sendang Geulis Kahuripan.

19. Taman Bunga Cihideung

20 Tempat Wisata Menarik di Cimahi dan Bandung Barat 12
  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.223, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 s.d 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Ingin melihat indahnya bunga-bunga yang berwarna-warni? Datang saja ke Taman Bunga Cihideung yang terletak di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya sekitar 45 menit dari pusat Kota Cimahi.

Di tempat wisata tersebut kamu bisa menemukan berbagai macam varietas bunga-bungaan hasil budidaya warga setempat. Jika tertarik, kamu juga bisa membeli dan membawa pulang bunga pilihanmu.

Saat kamu menyusuri jalanan di kawasan Taman Bunga Cihideung, kamu pasti akan merasa takjub karena pemandangan indah dari warna-warni tanaman bunga di kedua sisi jalan.

20. Kampung Adat Cireundeu

  • Alamat: Cireundeu, Leuwigajah, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Jam Operasional: -
  • Nomor Telepon: 0813-9489-2003
  • Harga Tiket: -

Walaupun terletak di Area Metropolitan Bandung, kamu masih bisa menemukan kampung adat loh. Di Kota Cimahi ada sebuah kampung adat yang masih eksis hingga saat ini, yaitu Kampung Adat Cireundeu.

Masyarakat di daerah tersebut masih memegang teguh adat budaya leluhurnya. Jumlah penduduk Kampung Adat Cireundeu lebih dari 150 kepala keluarga. Sebagian besar dari mereka bermata pencaharian sebagai petani ketela.

Selain untuk berwisata, berkunjung ke Kampung Adat Cireundeu juga bisa memperluas wawasanmu mengenai budaya Indonesia yang sangat kaya. Tertarik untuk berkunjung ke Kampung Adat Cirendeu?

Itulah beberapa tempat wisata di Cimahi dan Bandung Barat pilihan Keluyuran. Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat yang sudah kami bahas di atas? 

Jika kamu pernah punya pengalaman atau sudah mengunjungi tempat-tempat yang sudah kami ulas, silakan bagikan ceritamu melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram