Inilah 10 Tempat Wisata di Daegu yang Perlu Kamu Kunjungi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 13 April 2020

Daegu yang tidak kalah menarik dari Ulsan dan Busan adalah metropolitan terbesar keempat di Korea. Kota ini memiliki beragam tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi bersama teman dan keluarga, seperti Taman Apsan Daegu dan Daegu Yangnyeongsi Museum of Oriental Medicine.

Jika kamu akan berkunjung ke Daegu dalam waktu dekat, objek-objek wisata di bawah ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain bersenang-senang menikmati pemandangan, kamu juga bisa sekalian belajar tentang kebudayaan Daegu secara khusus dan Korea secara umum. Ayo langsung baca saja artikelnya!

10 Tempat Wisata di Daegu yang Perlu Kamu Kunjungi

1. Taman Apsan Daegu

Apsan Daegu

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Apsan adalah gunung dengan ketinggian 600 mdpl yang terletak di Nam-gu, Daegu-si. Di depan dan belakang gunung ini ada gunung Sanseongsan dan gunung Daedeoksan. Nah, Taman Apsan Daegu ini terletak di lembah di mana ketiga gunung itu bertemu. Taman Apsan adalah salah satu objek wisata terpopuler di Daegu.

Taman Apsan sendiri juga merupakan salah satu taman eko-urban terbesar di Daegu dengan luas sekitar 1.680 meter persegi. Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melihat kereta gantung yang membentang sepanjang 790 m di atasnya. Di bagian kaki gunung, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas wisata seperti area panahan, area menunggang kuda, kolam renang, playground untuk anak-anak, perpustakaan, dan observatorium.

Sebagai tempat rekreasi utama bagi warga Daegu, di taman ini kamu bakal menemukan banyak jalur pejalan kaki. Ada tiga rute utama dari jalur ini, yaitu yang menghubungkan taman ke gunung Apsan, gunung Sanseongsan, serta gunung Daedeoksan. Panjang jalannya juga bervariasi, mulai dari 2 km hingga 4 km. Kamu juga bisa menikmati pemandangan Daegu dari Observatorium Apsan setelah turun dari kereta gunung.

2. Kuil Donghwasa

Donghwasa

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Kuil ini terletak di sisi selatan gunung Palgongsan, sekitar 22 km timur laut Daegu. Kuil ini dibangun oleh Biksu Geukdal pada tahun ke 15 pemerintahan Raja Soji (493 M). Nama asli dari kuil ini adalah Kuil Yugasa, tetapi Simjiwangsa membangun kembali tempat tersebut di bawah pemerintahan Raja Heungdeok (826 - 836 M), lalu menamakannya Kuil Donghwasa yang memiliki arti bahkan selama musim dingin, pohon paulownia tetap mekar.

Tempat wisata yang berupa situs keagamaan ini cukup populer di mata wisatawan. Ada cukup banyak hal menarik yang bisa kamu lihat di sana seperti pagar berbentuk naga, marmer batu bundar yang menyerupai bola naga, serta artefak-artefak batu lainnya yang berkelas dunia. Tempat ini buka dari mulai matahari terbit hingga terbenam. Biaya masuknya adalah 2.500 won (dewasa), 1.500 won (remaja), dan 1.000 won (anak-anak).

3. Pasar Seomun

Seomun

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Sebelumnya, pasar ini dikenal sebagai Pasar Daegu-Keun yang kaya akan sejarah. Bersama dengan Pasar Pyeongyang dan Pasar Ganggyeong, Pasar Seomun adalah salah satu dari tiga pasar utama di zaman Dinasti Joseon. Tempat wisata ini terletak kira-kira 300 meter dari Gerbang Barat kota dengan nama Seomunsijang (Pasar Gerbang Barat). Walaupun pasar ini bertambah besar, namun nama-nama gang di dalamnya tetap tidak berubah.

Yang membuat pasar ini istimewa adalah adanya barang jualan yang berhubungan dengan kain, seperti kain sutra, linen, katun, barang rajutan, dan pakaian. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai kerajinan yang cukup menarik, barang-barang dari perak, hingga makanan laut yang sudah dikeringkan.

Jangan samakan pasar tradisional ini dengan yang ada di Indonesia ya, karena Pasar Seomun menawarkan kenyamanan ala pasar modern dengan sistem pemanas dan pendingin serta lahan parkir yang luas.

4. Daegu Arboretum

Daegu Arboretum

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Tempat ini dibangun di atas sebuah lahan TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sekarang Daegu Arboretum adalah rumah bagi lebih dari 1000 spesies tanaman seperti kaktur raksasa, bunga-bungaan, tanaman herbal, serta berbagai jenis pepohonan. Tempat hijau ini cukup indah untuk kamu kunjungi. Selain bersenang-senang, di dalamnya kamu bisa belajar banyak hal baru tentang tumbuh-tumbuhan yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Objek wisata ekologi ini secara teratur sering mengadakan program pengalaman ekologi bagi para siswa dan anak-anak. Daegu Arboretum juga telah diakui sebagai model restorasi ekosistem yang sangat baik. Musim semi atau musim gugur bisa jadi waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi objek wisata pendidikan ini.

5. E-World

E-World

* sumber: english.visitkorea.or.kr

E-World adalah sebuah theme park yang terkenal di Daegu yang dibangun pada tahun 1987 di sekitar menara Woobang. Area di sekitar menara itu telah direnovasi dan dijadikan sebagai tanam bergaya Eropa dan dibuka untuk umum pada bulan Maret tahun 1995. Lebih dari 10 fasilitas dapat kamu temukan di objek wisata buatan ini.

Di dalam E-World kamu bisa melihat air terjun, air mancur, taman-taman bunga, berbagai macam wahana ruang pameran dan pertunjukan, serta restoran. E-World memiliki beberapa plaza yang dicirikan oleh tema yang berbeda; plaza utama termasuk Entry Plaza (di pintu masuk taman), Central Plaza, Children's Plaza (taman bermain), dan Young Town Plaza.

6. Taman Daegu Duryu

Daegu Duryu

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Taman ini dibangun pada tahun 1977 di dekat gunung Duryusan dan Geumbongsan. Di taman ini kamu bisa berkunjung ke Menara Daegu yang merupakan menara observasi tertinggi di Korea, Ubang Tower Land, Pusat Budaya dan Seni Daegu, dan banyak fasilitas budaya dan rekreasi lainnya. Taman ini adalah tempat relaksasi favorit bagi banyak warga Daegu.

Ada lebih dari 133 spesies pohon dan tanaman di Taman Daegu Duryu ini, termasuk bunga yang mekar di sepanjang sisi jalan sepanjang tahun. Di musim panas, salah satu atraksi paling populer adalah Air Mancur Osaek di kolam katedral.

Beberapa fasilitas utama di taman ini adalah lapangan sepak bola dan bisbol, gimnasium, kolam renang, lapangan tenis, arena skating, lapangan golf, dan pusat judo. Selain fasilitas olahraga, ada juga berbagai atraksi budaya seperti Perpustakaan Duryu, Sculpture Hill, Memorial Tower 2.28, sebuah aula konser di luar ruangan, Kuil Daeseongsa, Kuil Geumyongsa, dan Air Terjun Byeokcheon.

7. Daegu Yangnyeongsi Museum of Oriental Medicine

Daegu Yangnyeongsi Museum of Oriental Medicine

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Museum Pengobatan Oriental Yangnyeongsi terus memberikan kesempatan dan pengalaman kepada para pengunjung untuk melihat tradisi pengobatan oriental yang telah berusia 350 tahun melalui berbagai macam pameran dan program peninjauan dan praktik secara langsung.

Museum ini menyediakan grafik dan pertunjukan animasi dalam empat bahasa. Lantai pertama gedung museum juga menjadi tempat satu-satunya pasar grosir tanaman obat Korea. Museum ini terbuka bagi pengunjung semua usia dengan berbagai fasilitas seperti History of Oriental Medicine Exhibition, Oriental Medicine Hands-on Experience Zone, Feet bathing in herbal medicine room, dll.

8. Museum Seni Daegu

Daegu Art Museum

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Museum Seni Daegu adalah museum kota yang didukung oleh Pemerintah Kota Daegu. Museum ini selalu mengadakan pameran untuk mempromosikan kemajuan seni Daegu melalui studi tentang nilai sejarah seni. Museum ini juga telah merencanakan untuk membuka pameran yang memperkenalkan isu-isu sosial dan artistik yang sedang berkembang serta tren utama dalam kancah seni melalui pertukaran domestik dan luar negeri.

Beragam pertunjukan dan acara seperti program akademik dan kuliah dengan profesor terkenal ditawarkan kepada anak-anak, remaja, dan warga dari segala usia. Pusat Informasi Seni di lantai tiga (perpustakaan museum) adalah tempat bagi para para pengunjung untuk membaca buku-buku yang berhubungan dengan seni atau beristirahat di lounge.

9. Museum Nasional Daegu

Museum Nasional Daegu

Museum Nasional Daegu dibangun untuk melestarikan dan memamerkan warisan budaya yang unik dari provinsi Daegu dan Gyeongsangbuk-do. Museum ini memiliki tiga ruang pameran, aula pameran khusus, ruang belajar percobaan, studio audiovisual, dan perpustakaan. Di Galeri Arkeologi, kamu bisa melihat berbagai peninggalan mulai dari Era Neolitik hingga Periode Tiga Kerajaan dalam urutan kronologis.

Di Galeri Sejarah Seni, kamu bisa menyaksikan kebudayaan agama Buddha provinsi Gyeongsangbuk-do. Di Traditional Folk Life Gallery kamu bisa belajar tentang budaya Seonbi dan melihat rumah tradisional Korea. Kamu juga bisa menikmati Galeri Luar Ruangan di mana pagoda batu bertingkat lima berdiri. Ada fasilitas lain di mana kamu juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan museum. Kamu bisa belajar banyak dari museum ini loh.

10. The ARC Cultural Center

The ARC Cultural Center

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Terletak di titik pertemuan Sungai Nakdonggang dan Geumhogang, Pusat Kebudayaan ARC menunjukkan berbagai hal tentang budaya sungai Korea. Gedung the ARC sendiri adalah karya seni yang menawarkan desain keren yang selaras dengan sungai.

Tempat wisata ini sering dikunjungi oleh turis dan warga sekitar. Semua pengunjung dapat menikmati pemandangan indah alam sekitarnya di dek observasi di lantai tiga. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan malam yang spektakuler dari landmark kota Daegu ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Daegu yang perlu kamu kunjungi. Masih ada beberapa objek wisata yang menarik di sana, namun inilah rekomendasi yang bagus buat kamu. Kamu bisa cek info jadwal dan biaya masuk objek wisata di sini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram