10 Tempat Wisata di Daejeon yang Perlu Kamu Kunjungi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 13 April 2020

Daejeon adalah salah satu wilayah metropolitan terbesar di Korea Selatan. Selain Seoul, Daegu dan Busan, Daejeon juga sudah cukup populer di mata para wisatawan asing sebagai salah satu tujuan wisata menarik di Korea bagian tengah. Kota ini menawarkan banyak atraksi wisata baik itu berbentuk seni dan budaya, keindahan alam, atau buatan tangan manusia.

Ada cukup banyak objek wisata populer di Daejeon. Jika kamu berencana untuk pergi liburan ke sana, kamu perlu mengetahui dulu informasi mengenai pariwisata di sana. Nah, di sini Keluyuran akan membahas tentang tempat-tempat wisata di Daejeon yang menarik untuk kamu kunjungi. Ayo segera cek informasi menariknya di bawah ini.

10 Tempat Wisata di Daejeon

1. Daejeon O-World

Daejeon O-World

Daejeon O-World merupakan sebuah taman hiburan yang dibangun di atas lahan seluas 682.830 meter persegi. Tempat rekreasi keluarga ini terdiri dari kebun binatang, taman bunga, serta area bersenang-senang yang disebut dengan Joy Land.

Di kebun binatang Daejeon O-World, kamu bisa menemukan ratusan hewan dari lebih dari 130 spesies, seperti singa, harimau, monyet, serigala Korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian terbaik di kebun binatang ini adalah Safari Serigala Korea di mana kamu hanya dapat melihat binatang unik tersebut di sini.

Taman bunganya sendiri dibuat semenarik mungkin agar pengunjung betah di sana. Ada beberapa tema di taman tersebut, seperti tema tanaman herbal dan bunga mawar. Tempat ini semakin cantik dengan dibuatnya air mancur dan labirin-labirin dari pepohonan yang menyegarkan dan menyenangkan.

Karena tempat wisata ini cukup luas, tidak semua bagian-bagiannya dapat disebutkan di sini. Jadi, saat kamu berkunjung ke Daejeon, kamu akan membuktikan sendiri bahwa taman hiburan ini benar-benar mengesankan.

2. Ppuri Park

Ppuri Park

Ppuri Park adalah taman edukasi di mana kamu bisa menemukan banyak pahatan batu yang melambangkan marga-marga Korea. Tempat ini memungkinkan warga lokal yang berkunjung ke sana untuk bisa mengetahui latar belakang mereka, menumbuhkan semangat kesetiaan, serta membuat mereka sadar bahwa mereka berasal dari keturunan Korea.

Ada banyak hal-hal menarik lainnya yang dapat kamu lihat di Ppuri Park, seperti Sasindo (lukisan empat dewa), waterside stage untuk berbagai acara dadakan, taman hutan, observatorium, paviliun oktagonal, taman rekreasi, serta taman observasi alam. Bagian terpenting dari Ppuri Park menurut penulis adalah tempatnya yang begitu hijau serta sungai yang mengalir di sebelahnya sangat bersih.

3. Expo Science Park

Expo Science Park

Taman sains ini dibuat untuk memanfaatkan fasilitas dan lahan setelah penyelenggaraan Daejeon World Expo pada tahun 1993 sebagai ruang pendidikan sains bagi warga. Tempat ini memiliki banyak atraksi menarik, seperti teater simulasi, paviliun energi listrik, paviliun alam dan kehidupan, teater Dome I-Max, paviliun Korea Utara, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa menikmati pemandangan kota Daejeon dari Menara Hanbit yang merupakan simbol dari Expo Science Park. Obervatorium utamanya berbentuk seperti cincin yang menyerupai stasiun luar angkasa. Baru-baru ini juga telah dibuka Aula Peringatan Daejeon Expo dan museum World Expo Memorial. Di sana ditampilkan lebih dari 5000 kenang-kenangan berharga termasuk syal semua bendera negara pertama di dunia pemberian Ratu Victoria.

4. Hanbat Arboretum

Hanbat Arboretum

Tempat ini terletak tidak jauh dari Daejeon EXPO Science Park dan merupakan sebuah pusat kesenian dan budaya. Di sana kamu bisa berkunjung ke Pusat Seni Daejeon, Pusat Kebudayaan Pemuda Pyeongsong, Museum Seni Kota, serta Galeri Lee Eungno.

Hanbat Arboretum merupakan arboretum buatan manusia terbesar di Korea yang menghubungkan bagian hijau dari Kompleks Pemerintah Daejeon dan EXPO Science Park. Selain menjadi tempat wisata, arboretum ini juga adalah tempat pelestarian berbagai spesies tanaman, ruang pendidikan, serta tempat bersantai yang sejuk di tengah kota. Tempat ini sangat berwarna karena banyak tumbuh-tumbuhan, bersih, dan terawat.

5. Gyejoksan Hwangtogil Trail

Gyejoksan Hwangtogil Trail

Jika kamu berkunjung ke Daejeon, Gyejoksan Hwangtogil Trail ini adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi loh. Kamu bisa jalan-jalan di Hawntogil Trail (semacam jalur pendakian yang memanjakan mata) yang terletak di ketinggian 200 m hingga 300. Selain itu, kamu juga menikmati pemandangan gunung Gyejoksan yang indah serta bendungan Daecheong yang menyegarkan.

Jika datang pada musim semi dan gugur, kamu bisa bertemu dengan para pendaki dari seluruh Korea yang akan melakukan hiking di gunung Gyejoksan. Jalur pendakian Hwangtogil sudah terkenal ke berbagai negara dan setiap tahunnya di sana selalu diadakan lomba maraton dengan ribuan peserta lokal dan ratusan peserta mancanegara dari lebih dari 40 negara.

6. Daecheong Lake

Daecheong Lake

Selain menjadi tempat wisata yang indah, Daecheong Lake juga ternyata menjadi sumber air bagi warga di kota Daejeon dan kota Cheongju. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan dan di sana terdapat rute mengemudi yang populer serta jalan-jalan menakjubkan yang dipenuhi oleh pohon-pohon yang berbunga selama musim semi serta oleh daun maple saat musim gugur.

Di sekitar Danau Daecheong, kamu bisa mengeksplor tempat wisata lainnya seperti Taman Sungai Geumgang, Atraksi Wisata Gangge, dan Situs Budaya Munyi. Dibutuhkan sekitar 3 jam untuk berkeliling danau yang indah tersebut. Pemandangan tambahan di sana adalah burung-burung bangau putih akan terlihat di bagian atas danau saat musim panas tiba.

7. Jangtaesan Park

Jangtaesan Park

Taman ini terletak di-dong, Seo-gu, Daejeon dan merupakan salah satu objek wisata Daejeon yang memiliki pemandangan menakjubkan. Di Jangtaesan Park kamu akan menyaksikan satu-satunya hutan Metasequoia di Korea dengan lanskap yang sangat eksotis. Tempat ini juga terkenal bagi para keluarga di kota Daejeon untuk beristirahat sekaligus berekreasi.

8. Dongchundang House

Dongchundang House

Jika ingin melihat bagaimana bentuk rumah tradisional Korea di Daejeon, maka kamu bisa berkunjung ke Dongchundang House. Sejak tahun 1996, Festival Budaya Dongchundang selalui diadakan pada bulan April. Acara-acara pada festival itu antara lain Sungmojerye, belajar di Hyanggyo, kompetisi kaligrafi nasional, festival jalanan, dan lain-lain.

Festival Budaya Dongchundang dibuat mendidik masyarakat tentang nilai-nilai budaya tradisional. Jadi, jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang kebudayaan Korea, tempat ini perlu kamu checklist dalam itinerary-mu.

9. Daejeon Art & Culture Complex

Daejeon Art & Culture Complex

Di komplek kesenian dan kebudayaan ini, kamu bisa mengunjungi beberapa objek wisata sekaligus seperti Daejeon Art & Culture Complex, Museum Seni Daejeon, dan Ungno Lee Museum. Di sana, ada aula dengan ukuran besar yang  digunakan untuk berbagai macam acara. Di Ungno Lee Museum of Art, kamu bisa melihat-lihat karya-karya seniman kelas dunia Goam Ungno Lee.

10. Uineungjeongi Cultural Street

Uineungjeongi Cultural Street

Di sepanjang jalan Uineungjeongi ini kamu bakal menemukan banyak tempat seni dan budaya seperti galeri seni, gedung konser, teater kecil, eksebisi, fasilitas-fasilitas pertunjukan, toko perlengkapan seni, studio tembikar, dan toko barang antik.

Di sana juga banyak diadakan festival, seperti Festival Uineungjeongi dan Festival Jalanan Seni dan Budaya. Selain itu, ada Sky Street yang dibuka pada tahun 2013 dan dibangun dengan peralatan layar LED tipe arcade dengan panjang 214 m, lebar 13,3 m, dan tinggi 20 m. Ini adalah objek wisata terkenal di Daejeon yang menyediakan berbagai kontent hiburan.

Itulah 10 objek atau tempat wisata populer yang ada di Daejeon. Kota ini menawarkan beragam atraksi mulai dari yang tradisional hingga modern. Semuanya bisa kamu nikmati dan tentu saja mempelajarinya. Jika ingin mencari tahu info lengkap mengenai pariwisata Daejeon, kamu bisa mengunjungi situs resmi pemerintah kota Daejeon di sini.

Di Korea Selatan juga ada pulau Jeju yang sangat terkenal sebagai bekas syuting film Winter Sonata. Jika kamu juga berencana ke sana, baca dulu informasi menarik tentang pariwisata pulau itu dalam artikel Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat di Jeju ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram