10 Tempat Wisata di Dago Bandung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dago merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan saat berlibur ke Bandung. Selain suhunya yang cukup sejuk, daerah ini juga punya sejumlah tempat wisata menarik. Beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di artikel ini. Beberapa rekomendasi tersebut bisa kamu simak di bawah ini:

1. Dago Dream Park

Dago Dream Park (Copy)

Berlokasi di Jalan Dago Utara, tempat wisata ini memiliki nuansa alam yang indah, serta wahana yang menyenangkan. Saat pertama kali masuk ke area tempat wisata ini, kamu bakal disambut oleh deretan pohon pinus yang lebat, serta suara aliran sungai yang deras.

Ada beberapa wahana yang bisa dijajal di sini. Karpet Terbang Aladdin adalah salah satunya. Di wahana ini, kamu bakal merasakan sensasi terbang di atas karpet Aladdin, sambil berswafoto ria. Kamu tertarik mencobanya? Langsung saja datang ke alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40135.
  • Telepon : 0812-2230-068
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat 09.00 – 17.00 dan Sabtu-Minggu 08.00 – 20.00.
  • HTM : Rp25.000 (weekdays), Rp35.000 (weekend)

2. Taman Hutan Raya Djuanda

Taman Hutan Raya

Bisa dibilang kalau ini adalah salah satu tempat wisata ikonik di Dago. Tempat yang bernama lain Taman Hutan Raya Djuanda ini memiliki beragam pohon yang rindang di dalam areanya. Tempat wisata ini juga punya duaa peninggalan sejarah di dalamnya.

Dua peninggalan sejarah itu adalah Gua Jepang dan Gua Belanda. Gua Jepang meupakan gua peninggalan zaman penjajahan Jepang yang memiliki panjang 70 meter. Empat ratus meter dari gua tersebut, kamu bakal menjumpai gua lainnya, Gua Belanda.

Dago Pakar alias Taman Hutan Raya Djuanda bisa kamu jumpai di alamat berikut:

  • Alamat : Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda, No. 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198.
  • No. Telepon : (022) 2507891.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 07.00 – 17.00.
  • HTM : Rp15.000/orang.

3. Curug Dago

Curug Dago (Copy)

Tak jauh dari Taman Hutan Raya Djuanda, ada satu tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Tempat tersebut adalah Curug Dago. Ini adalah sebuah wisata alam berupa air terjun di Dago dengan pemandangan yang indah.

Tempat ini juga dilengkapi peninggalan sejarah dari kerajaan Thailand. Peninggalan sejarah itu berupa dua prasasti tulis dari Thailand yang konon dibuat pada 1818. Kalau kamu tertarik datang ke sini, sila datang langsung ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00.
  • HTM : Rp15.000/orang.

4. Bird and Bromelia Pavilion Bandung

Bird and Bromelia Pavilion Bandung (Copy)

Kalau kamu butuh tempat wisata yang edukatif, tempat wisata ini bisa dikunjungi. Di sini, kamu bisa piknik sekaligus mengenal beragam jenis burung. Total ada sekitar 600 jenis burung yang bisa kamu kenali di sini.

Selain burung, tempat wisata ini juga memiliki beberapa koleksi hewan. Mulai dari kelinci, sampai ayam kalkun dan ikan. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan restoran yang cocok untuk dijadikan tempat bersantapmu nanti.

Tertarik? Langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Kompleks Pramestha Mountain City, Jalan Akaza Utama, Jalan Dago Giri No. 9 Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.
  • No. Telepon : (022) 87791919.
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat pukul 09.00 – 17.00, dan Sabtu s.d. Minggu pukul 09.00 – 18.00.
  • HTM : Rp35.000 (weekdays), Rp50.000 (weekend)

5. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung (Copy)

Tempat ini juga cocok untuk melihat beragam satwa, seperti tempat sebelumnya. Ada sekitar 213 jenis satwa yang bisa kamu lihat di sini. 79 di antaranya merupakan satwa yang langka dan dilindungi. Tak hanya melihat satwa, kamu pun juga bisa melakukan sejumlah aktivitas pariwisata.

Beberapa di antaranya adalah berkeliling danau dengan menggunakan sampai, menunggangi gajah dan unta, serta menyaksikan Teater Satwa. Untuk melihat sejumlah satwa dan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, sila datang langsung ke alamat di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.
  • No. Telepon : (022) 2502770
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 16.00.
  • HTM : Rp40.000/orang (pengunjung 3 tahun ke atas), Rp32.500/rombongan (minimal 30 roang)

6. Tebing Keraton

Tebing Keraton

* sumber: www.seputarpernikahan.com

Merupakan tempat wisata di Dago yang sempat booming di media sosial pada 2014 silam. Daya tarik tempat ini adalah areanya yang berada di sisi tebing. Saat kamu berdiri di area wisata ini, kamu bakal bisa melihat pemandangan Gunung Manglayang dan juga Taman Hutan Raya Djuanda di hadapanmu.

Datanglah ke tempat ini saat pagi atau sore hari bila kamu mau. Soalnya, di dua waktu itu, kamu bakal melihat indahnya sunrise dan sunset dari tempat wisata ini. Tebing Keraton sendiri lokasinya persis di alamat ini:

  • Alamat : Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40198.
  • Telepon : (022) 2515895
  • HTM : Rp11.000/orang.

 7. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago (Copy)

Layaknya daerah lainnya di Bandung, Dago juga punya beberapa taman kota. Satu di antaranya yang harus dikunjungi adalah Taman Cikapayang Dago. Beragam aktivitas wisata bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berjalan-jalan santai hingga berfoto ria.

Kalau mau berfoto di sini, kamu wajib datang ke salah satu spot terbaik di taman ini. Spot tersebut adalah sebuah mural yang letaknya ada di samping poslantas Cikapayang. Mural tersebut merupakan hasil karya Warehouse Studio Bandung yang begitu aesthetic. Taman Cikapayang Dago sendiri letaknya persis di alamat ini:

  • Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No. 79, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.
  • Jam Buka : Sabtu-Kamis selama 24 jam.

 8. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space (Copy)

Kamu yang pecinta seni bisa sekali piknik ke art space ini. Di tempat ini, kamu bisa melihat karya-karya para seniman yang terpajang di galeri tempat ini. Tak hanya memiliki galeri seni, Selasar Sunarto Art Space juga memiliki perpustakaan yang memiliki 1.500 arsip dari para seniman ternama.

Tempat ini juga menyediakan Kopi Selasar. Sebuah kafe yang cocok untuk minum kopi atau teh. Dan, juga cocok untuk dijadikan tempat makan siangmu nanti. Selasar Sunaryo Art Space bisa kamu kunjungi di sini:

  • Alamat : Jalan Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198.
  • No. Telepon : (022) 2507939.
  • Jam Buka : Selasa s.d. Minggu pukul 10.00 – 17.00.
  • HTM : Gratis.

9. Taman Budaya Jawa Barat

Taman Budaya Jawa Barat (Copy)

Selasar Sunaryo bukan satu-satunya tempat wisata seni-budaya di Dago. Masih ada satu tempat wisata lagi di Dago yang cocok untuk berwisata budaya. Tempat itu adalah Taman Budaya Jawa Barat. Di sini, kamu bakal mengenal lebih banyak seni budaya, khususnya yang asli Jawa Barat.

Mirip dengan Selasar Sunaryo, tempat ini pun juga tak hanya cocok untuk wisata seni budaya saja. Tempat ini pun juga punya kafe yang cocok untukmu yang ingin sekalian bersantap ria di sini. Tertarik? Langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135.
  • No. Telepon : (022) 2504912.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00 – 22.00.
  • HTM : Rp15.000/orang

10. Living Plaza Dago

Living Plaza Dago (Copy)

Tak lengkap rasanya bila tidak berwisata belanja di Bandung, khususnya di Dago. Melakukan wisata belanja di Dago sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu datang ke Living Plaza Dago, sebuah tempat perbelanjaan  di Dago.

Di Living Plaza Dago, kamu bisa berbelanja barang-barang yang kamu perlukan seperti kebutuhan sehari-hari. Kalau kamu lapar sehabis berbelanja di sini, kamu bisa mengunjungi cafe yang berada di mall ini atau banyak juga cafe di sekitarnya yang menarik untuk dicoba.

Kamu berminat berbelanja di Living Plaza Dago? Langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No. 61 – 63, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.
  • No. Telepon : (022) 4222750.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 22.00.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Dago Bandung. Semoga bermanfaat untukmu, ya! Oh iya, kalau kamu mau berlibur di Bandung tapi ingin mencari wisata edukasi untuk anak-anak atau keponakan, Bandung juga punya lho! Nah, di antara semua rekomendasi kami, mana yang bakal kamu kunjungi terlebih dahulu? Yuk cerita ke kami via kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *