keluyuran web banner

15 Tempat WIsata Terbaik di Kawasan Dago dan Bandung Utara

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 7 April 2021

Kawasan Dago dan Bandung Utara memiliki daya tarik tersendiri. Di sini berdiri beberapa tempat unik yang jadi destinasi wisata populer di Kota Bandung. Salah satunya adalah Dago Dreampark yang terkenal dengan wahana-wahana ekstrimnya.

Selain Dago Dreampark, masih ada lagi tempat wisata di Dago dan Bandung Utara lainnya yang bisa kamu kunjungi. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!

1. Dago Dreampark

  • Alamat: Jalan Dago Giri Km 2,2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40135
  • Jam Operasional: Senin s.d. Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu-Minggu, pukul 08.00 – 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: 0812-2230-068
  • Harga Tiket: Rp30.000 (Weekdays), Rp40.000 (Weekend)

Berlokasi di Jalan Dago Utara, tempat wisata ini memiliki nuansa alam yang indah, serta wahana yang menyenangkan. Saat pertama kali masuk ke area tempat wisata ini, kamu bakal disambut oleh deretan pohon pinus yang lebat, serta suara aliran sungai yang deras.

Ada beberapa wahana yang bisa dijajal di sini. Satu di antaranya adalah wahana dengan kategori Extreme Ride. Wahana populer Karpet Terbang Aladdin, masuk dalam kategori wahana ekstrim. Di wahana ini, kamu bakal merasakan sensasi terbang di atas Karpet Aladdin, sambil berswafoto ria.

Selain Karpet Terbang Aladdin, di kategori Extreme Ride ada beberapa wahana lain yang layak dicoba. Di antaranya ada paralayang, Sky Bike dan Giant Ella. Bukan cuma itu saja, Dago Dreampark juga punya koleksi wahana untuk anak-anak, wahana unik untuk selfie, dan masih banyak lagi. Kamu tertarik mencobanya? Langsung saja datang ke alamat yang ada di atas, ya.

2. Taman Hutan Raya Djuanda

  • Alamat: Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda, No. 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 2507891
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang, Rp55.000 per orang (Wisatawan asing)

Bisa dibilang kalau ini adalah salah satu tempat wisata ikonik di Dago. Tempat yang bernama lain Taman Hutan Raya Djuanda atau Tahura Djuanda ini memiliki beragam pohon yang rindang di dalam areanya. Salah satunya adalah pohon Ki Hampelas, dengan daun bertekstur keras yang mirip dengan amplas.

Tempat wisata ini juga punya duaa peninggalan sejarah di dalamnya.Dua peninggalan sejarah itu adalah Gua Jepang dan Gua Belanda. Gua Jepang meupakan gua peninggalan zaman penjajahan Jepang yang memiliki panjang 70 meter. Empat ratus meter dari gua tersebut, kamu bakal menjumpai gua lainnya, yakni Gua Belanda. 

Oh iya, selain dua spot di atas, di Tahura Djuanda ini juga ada banyak air terjun atau curug. Satu di antaranya adalah Curug Omas, yang berada tak jauh dari pintu masuk Tahura Djuanda di kawasan Maribaya. Dago Pakar alias Taman Hutan Raya Djuanda bisa kamu jumpai di alamat yang tertera di atas.

3. Gua Jepang dan Gua Belanda

goa belanda
  • Alamat: Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda, No. 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 2507891
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang, Rp55.000 per orang (Wisatawan asing)

Seperti yang sudah di sampaikan di poin sebelumnya, Gua Jepang dan Gua Belanda juga merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Djuanda atau Tahura Djuanda Dago. Kedua gua ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Gua Belanda terdiri dari tembok-tembok tebal berbentuk labirin, sementara Gua Jepang masih berdinding bebatuan.

Kedua Gua ini merupakan saksi sejarah di masa penjajahan Jepang dan Belanda dulu. Gua Jepang dan Gua Belanda terkenal angker, lho. Bahkan, ada satu kata yang kabarnya tidak boleh diucapkan di Gua Belanda, yakni kata 'Lada'. 

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi dua Gua ini, silakan datang langsung ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tiket masuk ke Taman Hutan Rayanya hanya hanya Rp15.000 saja. Kalau kamu takut tersesat di dalam gua, kamu bisa sewa jasa pemandu dengan tarif kurang lebih Rp30.000. Kamu pun dapat menyewa senter sebelum masuk ke gua. Tarifnya hanya Rp5.000-Rp10.000 an saja.

4. Penangkaran Rusa

penangkaran rusa
  • Alamat: Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda, No. 99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 2507891
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang, Rp55.000 per orang (Wisatawan asing)

Masih di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, ada satu spot yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi, nih. Yap, ada penangkaran rusa! Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan rusa-rusa Timor yang lucu. Kamu bisa memberi mereka makan dan foto-foto bareng rusanya juga, lho.

Untuk bisa masuk ke penangkaran rusa di sini, kamu harus memasuki gerbang utama Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau Tahura Djuanda terlebih dulu, dan membayar tiket masuk seharga Rp15.000. Nantinya, kamu akan diberi tiket berupa gelang bertuliskan Tahura Djuanda.

Tenang, kamu bisa masuk ke area penangkaran rusanya secara gratis, kok. Jarak penangkaran rusa ini cukup jauh dari gerbang utama Tahura Djuanda Dago. Tapi, di perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Jadi, rasa capek pun bisa hilang seketika.

5. Bukit Moko

tempat wisata di Bandung_Bukit Moko
  • Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40197
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.00 – 20.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 7271142
  • Harga Tiket: Rp15.000 per orang, Rp 30.000 (Sudah termasuk makanan dan minuman)

Mau menyaksikan pemandangan Kota Bandung dari ketinggian? Datang saja ke Bukit Moko! Yap, di sini, kamu bisa melihat cantiknya Kota Bandung dengan gemerlap lampu-lampu yang menyala di malam hari dari atas ketinggian sekitar 1515 mdpl.

Buat kamu yang suka camping, Bukit Moko juga bisa jadi pilihan tempat yang tepat. Kalau kamu suka foto-foto, di sini ada spot bernama Dermaga Bintang yang bisa kamu jadikan background untuk menghasilkan foto yang Instagram-able.

Harga tiket masuk ke Bukit Moko ini terjangkau banget, yakni Rp15.000 per orang. Nah, kalau kamu mau beli tiket plus makanan dan minuman, tarifnya cuma Rp30.000 saja. Tertarik untuk mengunjungi Bukit Moko? Jangan lupa ajak pasangan kamu, ya!

6. Tebing Keraton

Tebing Keraton
  • Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40198
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 2515895
  • Harga Tiket: Rp12.000 per orang

Tebing Keraton merupakan tempat wisata di Dago yang sempat booming di media sosial pada 2014 silam. Daya tarik tempat ini adalah areanya yang berada di sisi tebing. Saat kamu berdiri di area wisata ini, kamu bakal bisa melihat pemandangan Gunung Manglayang dan juga Taman Hutan Raya Djuanda di hadapanmu.

Datanglah ke tempat ini saat pagi atau sore hari bila kamu mau. Soalnya, di dua waktu itu, kamu bakal melihat indahnya sunrise dan sunset dari tempat wisata ini. Kalau takut capek, kamu bisa sewa jasa ojek dengan tarif Rp30.000 sekali jalan, atau Rp50.000 untuk tarif ojek pulang pergi. Nah, kalau kamu lebih suka pergi sendiri, kamu bisa juga jalan kaki, kok. Jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 45 menit. 

7. Lawangwangi Creative Space

  • Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Jam Operasional: Selasa s.d Minggu, pukul 11.00 – 22.00 WIB (Senin tutup)
  • Nomor Telepon: 0815-6016-666
  • Kisaran Harga: Rp30.000-Rp98.000 per porsi

Lawangwangi Creative Space merupakan kafe sekaligus galeri seni yang kerap kali dijadikan destinasi wisata di Bandung. Di sini, kamu bisa melihat ragam karya seni berupa lukisan dan patung yang dipajang di lantai satu. Kamu bisa masuk ke area galeri seninya secara gratis.

Di lantai duanya, terdapat kafe dengan nama Colaborea. Kafe ini menyajikan in-house menu, baik menu Western, Asia mau pun Nusantara, serta beberapa menu makanan unik yang kabarnya berganti konsep setiap enam bulan sekali.

Suasana di sini sangat amat nyaman dan tentunya Instagram-able banget. Ada beberapa spot yang bisa dijadikan latar untuk berfoto di sini. Salah satunya spot anjungan yang berada di area kafe. Di sini, kamu nggak cuma bisa foto-foto saja, tapi juga menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

Tertarik untuk datang ke sini? Silakan langsung kunjungi alamat yang tertera di atas, ya. Oh iya, lokasi Lawangwangi Creative Space ini berada tidak jauh dari tempat wisata Dago Dreampark.

8. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago (Copy)
  • Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No. 79, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
  • Jam Operasional: Minggu s.d Kamis, 24 Jam (Jumat tutup)

Layaknya daerah lainnya di Bandung, Dago juga punya beberapa taman kota. Satu di antaranya yang harus dikunjungi adalah Taman Cikapayang Dago. Beragam aktivitas wisata bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berjalan-jalan santai, beristirahat sehabis olahraga, mengobrol dan berfoto ria.

Kalau mau berfoto di sini, kamu wajib datang ke salah satu spot terbaik di taman ini. Spot tersebut adalah sebuah mural ikonik yang letaknya ada di samping poslantas Cikapayang. Mural tersebut merupakan hasil karya Warehouse Studio Bandung yang begitu aesthetic. 

Sekadar info, kamu bisa masuk ke Taman Cikapayang atau Taman Dago ini tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Kalau ke Bandung, jangan lupa singgah ke Taman Cikapayang, ya.

9. Mercusuar Cafe & Resto

  • Alamat: Jl. Lembah Pakar Timur 2 No.7, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Jam Operasional: Senin s.d Jumat, pukul 10.00 – 20.00 WIB, Sabtu & Minggu, pukul 09.00 – 21.00 WIB 
  • Nomor Telepon: 0823-1112-2050
  • Harga Tiket: Rp20.000 per orang (Weekdays), Rp25.000 (Weekend)

Nama Mercusuar Cafe & Resto semakin melambung belakangan ini. Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata favorit untuk para pelancong, baik dari dalam atau luar Kota Bandung. Kenapa? Karena Mercusuar Cafe & Resto ini bukanlah kafe dan restoran biasa.

Ya, di sini, ada bangunan kastil a la Medieval yang berdiri dengan megahnya di lantai tertinggi bangunan. Di sini, kamu bisa foto-foto atau sekadar menikmati pemandangan saja. Setiap malam, lampu-lampu cantik menerangi bangunan kastil di sini, sehingga view-nya jadi semakin aesthetic.

Bukan cuma itu saja, di Mercusuar Cafe & Resto, kamu pun bisa foto-foto di area mercusuar yang lokasinya tak jauh dari kastil. Ada juga spot foto berupa kapal Phinisi yang ada di lantai dua bangunan. Tertarik untuk berkunjung ke sini?

10. Bird and Bromelia Pavilion Bandung

  • Alamat: Kompleks Pramestha Mountain City, Jalan Akaza Utama, Jalan Dago Giri No. 9 Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 87791919
  • Harga Tiket: Rp35.000 per orang (Weekdays), Rp50.000 (Weekend)

Kalau kamu butuh tempat wisata yang edukatif, Bird and Bromelia Pavilion ini bisa dikunjungi. Di sini, kamu bisa piknik sekaligus mengenal beragam jenis burung. Total ada sekitar 600 jenis burung yang bisa kamu kenali di sini. Dua di antaranya adalah burung merak dan burung hantu.

Saat pertama masuk, kamu akan disambut oleh kawanan merpati yang jumlahnya banyak sekali. Oh iya, kamu bisa juga kasih makan burung-burung di sini, lho. Harga pakannya juga terjangkau banget, mulai dari Rp5.000 per kantong.

Selain burung, tempat wisata ini juga memiliki beberapa koleksi hewan. Mulai dari kelinci, bergam jenis ayam dan ikan. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan restoran yang cocok untuk dijadikan tempat bersantapmu nanti. 

 11. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space (Copy)
  • Alamat: Jalan Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 82524480
  • Harga Tiket: Rp25.000 (Umum), Rp15.000 (Pelajar)

Selain Lawangwangi Creative Space, pecinta seni bisa sekali piknik ke art space ini. Di Selasar Sunaryo, kamu bisa melihat karya-karya para seniman, khususnya karya Bapak Sunaryo, yang terpajang di galerinya Tak hanya memiliki galeri seni, Selasar Sunaryo Art Space juga memiliki perpustakaan yang memiliki 1.500 arsip dari para seniman ternama.

Tenang, selama berada di sini, kamu nggak perlu takut kelaparan. Kalau lapar dan capek, kamu bisa istirahat dan mencicipi ragam sajian lezat di Kopi Selasar. Ambience dari kafenya ini oke banget, cocok banget buat nongkrong juga. Tempatnya juga Instagram-able banget, jadi kamu bisa nongkrong di sini sambil sekalian foto-foto.

12. Caringin Tilu

15 Tempat WIsata Terbaik di Kawasan Dago dan Bandung Utara 1
  • Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40197
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 11.00 – 22.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp15.000, Rp25.000 (Camping)

Selain Bukit Moko, Caringin Tilu atau Cartil adalah tempat wisata di Bandung yang populer dan sering dijadikan tempat untuk menyaksikan keindahan Kota Bandung dari ketinggian. Di sini, kamu juga bisa sekalian berkemah, lho.

Selain bisa melihat pemandangan cantik, terutama saat senja dan malam hari, kamu pun dapat mencicipi aneka hidangan lezat yang disajikan tempat makan di sini. Pilihan tempat makannya banyak, kok. Kamu bisa pilih sesuai selera, ya. 

Tempat ini wajib banget untuk dikunjungi bareng pasangan karena suasananya yang romantis, terutama di malam hari. Gimana, kamu tertarik untuk berkunjung ke Caringin Tilu?

13. Curug Dago

Curug Dago (Copy)
  • Alamat: Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp12.000 per orang

Tak jauh dari Taman Hutan Raya Djuanda, ada satu tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Tempat tersebut adalah Curug Dago. Ini adalah sebuah wisata alam berupa air terjun setinggi 12 meter di Dago dengan pemandangan yang indah.

Tempat ini juga dilengkapi peninggalan sejarah dari kerajaan Thailand. Peninggalan sejarah itu berupa dua prasasti tulis yang konon dibuat di abad ke-19 silam.

Oh iya, jika kamu datang ke sini dengan kendaraan roda empat, kamu harus berjalan kaki lagi dari area jalan raya. Jalan yang kamu tempuh adalah sekitar 200 meter. Sementara kalau kendaraan roda dua, kamu bisa langsung parkir tak jauh dari air terjunnya. 

Sekadar info, di sini ada beberapa warung yang menyajikan makanan. Jadi, kalau kamu ke sini dan merasa lapar, kamu tinggal beli makanan di warung-warungnya.

14. Taman Budaya Jawa Barat

Taman Budaya Jawa Barat (Copy)
  • Alamat: Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam
  • Nomor Telepon: (022) 2504912
  • Harga Tiket: Rp1.000 per orang

Selain Selasar Sunaryo dan Lawangwangi Creative Space, masih ada satu tempat wisata lagi di Dago yang cocok untuk berwisata budaya. Tempat itu adalah Taman Budaya Jawa Barat. Di sini, kamu bakal mengenal lebih banyak seni budaya, khususnya yang asli Jawa Barat. Di Taman Budaya Jawa Barat ini juga ada teater tertutup dan terbuka dan sanggar seninya, lho.

Mirip dengan Selasar Sunaryo, tempat ini pun juga tak hanya cocok untuk wisata seni budaya saja. Tempat ini pun juga punya kafe yang cocok untukmu yang ingin sekalian bersantap ria di sini. Suasana kafenya cukup nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong.

Lokasi dari Taman Budaya Jawa Barat ini tak berada di pinggir jalan raya. Jadi, untuk bisa berkunjung ke sini, kamu harus menempuh akses jalan yang tidak terlalu besar dengan berjalan kaki, atau menaiki kendaraan roda dua.

15. Wot Batu

Spot Populer dan Menarik di Wot Batu
  • Alamat: Jalan Bukit Dago Selatan No. 53 A, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135
  • Jam Operasional: Kamis s.d Selasa, pukul 10.00 – 13.00 WIB dan 14.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (022) 82524480
  • Harga Tiket: Rp50.000 per orang

Nama Wot Batu semakin melambung, sejak salah satu aktris film Indonesia, Tara Basro, mengadakan acara pernikahan di sini. Wot Batu sendiri merupakan museum dari karya seni berbahan dasar batu dari seniman patung Sunaryo, pemilik Selasar Sunaryo.

Di sini, kamu bisa menyaksikan ragam karya seni dari beliau, ditemani dengan guide yang akan menjelaskan tentang karya seni yang dipajang di sini. 

Tidak cuma bisa melihat karya seni, di Wot Batu, kamu pun bisa bersantai menikmati suasana alami yang indah. Tempatnya cocok banget buat rehat dari kesibukan. Lokasi dari Wot Batu ini berada tak jauh dari Selasar Sunaryo. Jadi, kalau ke sini, kamu bisa sekalian main ke Selasar Sunaryo juga. Asyik banget, kan?

Yap, itulah rekomendasi lima belas tempat wisata di Dago dan Bandung Utara dari Keluyuran. Tempat mana aja yang bikin kamu tertarik buat berkunjung, nih? Jika tertarik untuk mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di Bandung, silakan baca ulasan lengkapnya di artikel ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram