10 Tempat Wisata di Deli Serdang dengan Pemandangan Indah

Ditulis oleh Siti Hasanah

Wisata Sumatera Utara bukan hanya daerah Toba saja. Di Provinsi ini masih terdapat beberapa tempat wisata yang terletak di daerah lainnya seperti Deli Serdang. Kota Kabupaten ini menyimpan banyak kekayaan alam serta budaya.

Ibukota kabupaten ini adalah Lubuk Pakam yang jaraknya dari Medan kurang lebih 33 km. Salah satu yang diunggulkan dari Deli Serdang adalah sektor pariwisatanya. Kota kabupaten ini memiliki sederet tempat wisata yang akan membuat wisatawan terpesona karena keindahannya.

Karena letak kota ini tak jauh dari Bandara Internasional Kuala Namu dan juga merupakan kota persinggahan yang strategis, tempat wisata di Deli Serdang pun banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Mau liburan ke Deli Serdang? Berikut ini daftar tempat wisatanya.

Baca juga: 9 Makanan Khas Deli Serdang Sumatera Utara yang Menggiurkan

1. Danau Linting

Danau Linting
  • Alamat : Ds. Sibunga – bunga Hilir, Kec. Sinembahan Tanjung Muda, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00
  • HTM: Rp5.000

Tempat wisata di Deli Serdang ini berupa danau. Dari Kota Medan jaraknya sekitar 70 km. Nama danaunya adalah Danau Linting. Keindahan alam yang dimiliki danau ini luar biasa.

Danau ini bahkan digadang-gadang sebagai danau yang terindah di Sumatera Utara. Warna air danau ini hijau pirus sehingga wisatawan dapat melihat sampai ke dasarnya dengan jelas.

Kawasan di sekitar danau juga begitu menawan karena terdapat hamparan pepohonan hijau. Danau ini letaknya berada di tempat yang lumayan sulit dijangkau. Untuk sampai di sini, wisatawan harus melalui tiga desa dengan pemandangan perkebunan kakao, kelapa sawit, dan karet.

Objek wisata yang berada di Deli Serdang ini adalah tempat wisata yang tidak mahal karena tiket masuknya hanya Rp5000 saja. Oh iya, ketika melihat air danaunya jangan terlalu kaget kalau warnanya berubah-ubah, terkadang biru, hijau biru dan biru hijau. 

2. The Le Hu Garden

The Le Hu GardenSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Pendidikan, Deli Tua Barat, Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang, Sumatra Utara
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Telepon: 0821-6152-5824
  • HTM: Rp20.000 – Rp125.000

The Le Hu Garden adalah tempat wisata di Deli Serdang yang menarik untuk dikunjungi khususnya bagi wisatawan yang senang dengan fotografi. Di sini terdapat hamparan bunga-bunga, kolam yang asri, dan pepohonan yang pastinya akan memikat siapa pun yang melihatnya.

Salah satu spot populer yaitu area taman bunga yang mempunyai bentuk love. Tak hanya berfoto,  wisatawan juga bisa memancing di danau, menyewa perahu sampan, dan wisata edukasi bercocok tanam.

Tempat wisata ini cocok sekali untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, sanak saudara maupun sahabat. Di sini wisatawan bisa mencicipi kuliner yang dibanderol dengan harga yang ramah di dompet. Bersantai di tempat wisata ini menjadi lebih menyenangkan.

3. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua WarnaSumber: karogaul.com
  • Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Jam buka: 07.00 - 17.00
  • HTM: Rp25.000

Seperti namanya, Air Dua Warna mempunyai keunikan pada warna airnya. Air terjun ini pada satu sisi berwarna putih dan di sisi lainnya berwarna hijau. Tinggi Air Terjun Dua Warna ini sekitar 75 meter dan berada di ketinggian sekitar 1475 mdpl.

Lokasi air terjun ini terletak di antara dua hutan tropis, yaitu Sibayak I serta Sibayak II. Maka tak mengherankan jika nuansanya yang begitu segar dan alamnya masih alami ini membuat pengunjung berdatangan.

Kemunculannya air terjun ini juga unik. Air terjun ini ada dikarenakan adanya letusan Gunung Sibayak. Walaupun demikian, airnya sama sekali tidak berbau belerang.

4. Pulau Siba

  • Alamat: Hamparan Perak, Kec. Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: (061) 7321851
  • HTM: Rp15.000 - Rp30.000

Tempat wisata di Deli Serdang ini berupa pulau yang eksotik. Dahulunya tempat ini tak berpenghuni, tapi karena melihat potensi alamnya yang luar biasa, maka ada pihak tertentu yang mengelolanya.

Akhirnya terbentuklah sebuah resor yang dilengkapi dengan beragam fasilitas. Di sini juga didirikan beberapa spot untuk memancing serta ada hutan bakau.

Kalau tertarik untuk mengunjungi area mangrove, wisatawan dapat menyewa speed boat. Karena suasananya yang cantik, tak mengherankan kalau wisatawan senang bermalam di sini. Mereka akan dimanjakan di resor cantik dengan fasilitas dan sajian andalannya berupa seafood.

5. Pantai Salju

  • Alamat: Mabar, Bangun Purba, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara
  • Jam buka: 07.45 – 18.00
  • HTM: Rp15.000

Pantai Salju adalah salah satu destinasi wisata yang digemari oleh wisatawan karena keunikannya. Air pantai ini asalnya dari pegunungan yang terletak di dataran tinggi sehingga kondisi airnya masih bersih serta menyegarkan. Pemandangan lain yang menarik di sini adalah bebatuan yang terletak di pantainya.

Diberi nama Pantai Salju karena air yang mengalir di bebatuan tampak seperti salju. Datanglah ke tempat ini kalau ingin menikmati wisata alam yang menawarkan kesegaran alami.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram