9 Tempat Wisata di Demak yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 26 Desember 2020

Demak merupakan sebuah kabupaten di pesisir utara Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, serta Kabupaten Semarang. Demak dikenal sebagai Kota Wali, dimana di tempat inilah para Wali Songo menggelar rapat dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Kabupaten Demak menyimpan tempat-tempat bersejarah dan sering dikunjungi sebagai destinasi wisata religi. Jika kamu mencari tempat untuk melakukan wisata sejarah dan religi sambil mengenal batik khas, inilah 9 destinasi wisata di Demak yang bisa kemu kunjungi.

1. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Hutan Mangrove Morosari Sayung

* sumber: demakkublog.wordpress.com

.Jalan-jalan ke Hutan Mangrove menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Menikmati rimbunnya pepohonan bakau sambil melewati jembatan kayu yang mengelilingi kawasan hutan mangrove. Begitu pula dengan Hutan Mangrove Morosari Sayung yang ada di Kabupaten Demak.

Hutan mangrove ini dapat diakses dari Pantai Morosari Demak menggunakan perahu nelayan dengan biaya hanya Rp15.000/orang. Jika kamu pergi dengan rombongan minimal 6 orang, perahu akan langsung diberangkatkan. Namun jika hanya 1-2 orang, harus menunggu penumpang lain agar kuota perahu terpenuhi.

  • Alamat : Tambaksari, Bedono, Sayung, Kabupaten Demak
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp2.000

2. Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

Kalau sudah pernah ke Demak sebelumnya, pasti tahu kalau Demak dikenal dengan buah belimbing dan jambu merah delima. Tak jarang, kedua buah tersebut dijadikan sebagai oleh-oleh khas Demak.

Saat liburan ke Kabupaten Demak, tak hanya membeli buah belimbing dan jambu merah delima sebagai oleh-oleh saja, tetapi kamu juga bisa melihat langsung kedua buah tersebut dari pohonnya. Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima merupakan taman wisata dimana kamu bisa belajar tentang penanaman kedua buah tersebut.

  • Alamat : Mijen, Pasir, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Pantai Tirangan

Pantai Tirangan

Terletak di pesisir utara Pulau Jawa, Demak memiliki beberapa wisata pantai, salah satunya Pantai Tirangan. Pantai ini dibatasi oleh muara Sungai Cilandak dan dikenal memiliki pulau kecil, yaitu Pulau Tirang.

Pasir di Pantai Tirangan memiliki tekstur yang lembut dan tidak adanya bebatuan yang membuat pengunjung betah melepaskan alas kaki ketika bermain di sini. Pantai Tirangan sering dijadikan sebagai tempat memancing oleh pengunjung.

  • Alamat : Tambakrejo, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Sentra Batik Demak

Sentra Batik Demak

* sumber: jejakbatik.blogspot.com

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, belum lengkap kalau tidak mampir ke sentra batik. Tak hanya di Solo dan Yogyakarta, sentra batik bisa kamu temukan di Demak. Motif batik khas Demak memiliki makna tentang sejarah dan kekayaan alam. Batik Demak memadukan antara motif batik klasik dengan batik kontemporer.

Tak hanya tentang sejarah dan kekayaan alam, Batik Demak juga mengadopsi Masjid Agung Demak sebagai motif yang banyak paling banyak diproduksi. Di sini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan batik demak yang unik sebelum membelinya sebagai buah tangan.

  • Alamat : Jl. Sultan Hadiwijaya No.21, Nogorame, Mangunwijab, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0813-2628-2239

5. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

* sumber: www.brobali.com

Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia yang sempat menjadi tempat berkumpulnya Wali Songo dalam penyebaran agama Islam. Masjid ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh Raden Patah. Tujuan masjid ini dibangun agar semua orang yang ada di Pulau Jawa dapat memeluk agama Islam.

Masjid Agung Jawa Tengah terdiri dari bangunan induk dan serambi, dengan atap berbentuk limas yang ditopang oleh delapan tihang yang disebut “Saka Majapahit”. Pada bagian dalam masjid terdapat pilar pilar kayu yang menopang bagian atap masjid dan membuat masjid ini tampak megah.

  • Alamat : Kauman, Bintoro, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga

* sumber: alif.id

Wisata religi yang bisa kamu lakukan di Demak adalah mengunjungi Makam Sunan Kalijaga. Salah satu Wali Songo yang lahir pada tahun 1450 Masehi ini merupakan adipati Tuban dan dikenal sebagai wali yang berpengaruh besar dalam memasukan agama Islam ke dalam tradisi dan budaya Jawa.

Sunan Kalijaga merupakan orang yang sangat toleran terhadap budaya lokal. Karena itulah beliau memiliki cara yang unik dan mudah diterima oleh masyarakat ketika memperkenalkan agama Islam di Tanah Jawa.

  • Alamat : Kadilangu, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Makam Terapung Syekh Mudzakir

Makam Terapung Syekh Mudzakir

Wisata religi di tempat yang satu ini, berbeda dengan yang lain. Makam Syekh Mudzakir terletak di tengah laut. Sebelumnya, Dusun Tambaksari tempat Syekh Mudzakir dimakamkan merupakan daratan, tetapi karena sering terjadi banjir, pada akhirnya mengalami abrasi sehingga makam Syekh Mudzakir berada di tengah laut.

Syekh Abdullah Mudzakir merupakan ulama besar yang berjasa dalam menyiarkan agama Islam di kawasan Pantai Morosari. Atas jasanya tersebut, sosok yang dikenal dengan nama Mbah Mudzakir ini sangat dikenang bagi masyarakat Demak. Jika hendak berziarah ke sini, perlu berjalan di atas dermaga sepanjang 700 meter.

  • Alamat : Tambaksari, Bedono, Kabupaten Demak
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Makam Raja-Raja Demak

Makam Raja-Raja Demak

Wisata religi ke Kabupaten Demak, belum lengkap jika belum mengunjungi Makam Raja-Raja Demak yang letaknya masih di dalam satu kawasan dengan Masjid Agung Demak, tepatnya di sebelah utara masjid.

Di kompleks pemakaman ini terdapat makam Raden Fattah, Syekh Maulana Maghribi, Pangeran Trenggono, Arya Penangsang, Pati Unus, beserta para istrinya. Di makam ini, bukan hanya bisa berziarah dengan mendoakan para Raja, tetapi juga bisa belajar sejarah melalui informasi yang ditempel di beberapa bagian dinding kompleks.

  • Alamat : Kauman, Bintoro, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Alun-Alun Simpang Enam Demak

Alun-Alun Simpang Enam Demak

Di seberang Masjid Agung Demak, terdapat Alun-Alun Simpang Enam Demak yang bisa dikunjungi untuk sekadar santai di pusat kota. Di sekitarnya ada beragam kuliner yang bisa dicoba, serta sentra oleh-oleh khas Demak. Dari Alun-Alun Simpang Enam, bisa memotret Masjid Agung Demak dengan view yang lebih luas.

  • Alamat : Jl. Sultan Fatah, Kauman, Bintoro, Demak, Kabupaten Demak
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Nah, sudah tahu kan, tempat apa saja yang bisa dikunjungi di Demak? Kalau kamu sedang menuju Semarang dari Surabaya ataupun sebaliknya, bisa mampir ke tempat wisata yang ada di Demak. Biasanya, pengunjung datang ke Masjid Agung Demak. Kalau menurutmu, tempat mana yang paling menarik untuk dikunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram