Keluyuran / Wisata Bali / 10 Tempat Wisata di Denpasar yang Menarik untuk Disinggahi

10 Tempat Wisata di Denpasar yang Menarik untuk Disinggahi

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Wisatawan yang datang ke Bali cenderung lebih tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di kawasan Kuta, Sanur, Ubud, atau Nusa Dua. Padahal, Denpasar yang menjadi ibu kota Provinsi Bali juga menarik untuk dikunjungi, lho.

Denpasar sendiri mempunyai sejumlah tempat wisata yang keren dan sayang bila dilewatkan begitu saja. Jadi, kalau kamu sudah puas menjelajahi wilayah Kuta dan sebagainya, cobalah untuk mengeksplorasi lebih jauh tempat-tempat wisata di Denpasar yang Keluyuran rangkum di sini.

1. Bajra Sandhi Renon

* sumber: www.jejakpiknik.com

Berada di pusat Kota Denpasar, tepatnya di Renon, Bajra Sandhi adalah sebuah monumen yang dibangun sebagai bentuk dedikasi terhadap perjuangan masyarakat Bali saat turut memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Monumen ini dibuat dengan arsitektur khas Bali sehingga kamu akan menjumpai ukiran-ukiran yang terlihat unik.

Fasilitas yang ditawarkan monumen yang dibuka pada tahun 2001 ini cukup beragam, mulai dari tempat makan, perpustakaan, sampai dengan lapangan bola yang letaknya tidak begitu jauh dari Bajra Sandhi. Sayangnya, wisatawan lokal tidak banyak yang mengetahui keberadaan monumen ini.  Justru wisatawan mancanegara lah yang tertarik untuk singgah di Bajra Sandhi ini.

  • Alamat: Jl. Raya Puputan No. 142, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar
  • Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 08:00-18:00 WITA; Sabtu pukul 09:00:-18:00 WITA; Minggu pukul 10:00-18:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000/orang (WNI) & Rp 10.000/orang (WNA).

2. Pusat Pendidikan Dan Konservasi Penyu

* sumber: kelanakecil.wordpress.com

Konservasi penyu terbesar di Bali ini merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Di tempat ini, kamu bisa melihat penyu secara lebih dekat dan mengetahui cara penangkaran penyu agar tidak mengalami kepunahan.

Tak hanya penyu, di tempat ini juga terdapat penangkaran berbagai jenis kura-kura. Bahkan, ukuran penyu dan kura-kura di sini sangat besar. Pengunjung boleh berfoto dengan penyu di sini, lho. Jadi, ketika kamu berkunjung kemari, katakan saja kepada petugasnya jika kamu ingin berfoto dengan penyu.

  • Alamat: Jl. Tukad Wisata, No. 4, Link. Pojok-Serangan, Sidakarya, Denpasar Selatan
  • Telepon: (0361) 8577881
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00-15:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Gratis (pengunjung boleh donasi sukarela untuk perawatan tempat).

3. Museum Bali Denpasar

* sumber: www.pinterest.co.uk

Kenali Bali lebih dekat dengan berkunjung ke Museum Bali yang berlokasi di Denpasar. Museum ini memberikan pengetahuan tentang peradaban manusia dari masa ke masa, khususnya peradaban masyarakat Bali. Museum Bali memiliki koleksi etnografika yang meliputi peralatan di zaman pra sejarah, perlengkapan upacara adat dan keagamaan, sampai dengan perkembangan seni dan budaya Bali.

Bangunan museum ini menggunakan arsitektur khas Pulau Dewata yang sangat kental. Ketika berada di sini, kamu tidak lagi merasa seperti berada di museum yang membosankan, tetapi seperti berkunjung ke pura-pura yang ada di Bali.

  • Alamat: Jl. Mayor Wisnu No. 1, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar
  • Telepon: (0361) 222680
  • Jam Operasional: Senin-Jumat pukul 08:00-15:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000/orang.

4. Hutan Mangrove Bali

* sumber: www.yukmelali.com

Setelah puas berpelesir di pantai-pantai yang ada di Bali, kini tiba saatnya bagi kamu untuk mengunjungi tempat wisata yang anti-mainstream, yakni Hutan Mangrove Bali. Hutan ini ditumbuhi dengan pohon bakau yang sangat rimbun. Untuk menikmati pemandangan di sini, kamu bisa melintas di atas jembatan sepanjang 2km yang ditempatkan di tengah-tengah hutan.

Kalau capek berjalan-jalan di hutan mangrove, ada shelter yang tersedia agar pengunjung bisa beristirahat. Dari ujung jembatan kayu kamu pun bisa melihat pemandangan jalan tol dan Tanjung Benoa. Pemandangan di Hutan Mangrove Bali memang benar-benar mempesona. Bahkan, banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto prewedding.

  • Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai KM 21, Denpasar
  • Telepon: 0813-3778-7857
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00-15:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp 5.000/orang & Prewedding Rp 200.000.

5. Bali Sharks

* sumber: tour.dolandolen.com

Denpasar tidak hanya memiliki pusat konservasi penyu saja, tapi ada juga tempat penangkaran ikan hiu yang berlokasi di Pulau Serangan. Di tempat ini kamu akan diajak mengenal hiu dari sudut pandang lain. Hiu tak lagi jadi musuh yang menyeramkan, melainkan teman berenang. Ya, pengunjung bisa berenang dengan hiu putih berukuran kecil.

Aktivitas ekstrem berenang dengan hiu ini dilakukan langsung di dalam laut. Keindahan alam bawah laut di sekitar tempat ini juga masih terjaga. Sejak dibuka pada tahun 2014, tempat ini menjadi objek wisata Denpasar yang sangat diminati oleh wisatawan dari mancanegara.

  • Alamat: Agus Bar & Restaurant, Jl. Tukad Punggawa, Serangan, Bali
  • Telepon: (0361) 9965101 / 0858-5732-0471
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00-15:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Untuk berenang dengan hiu USD 100/orang (dewasa); USD 90/orang (anak-anak); dan Gratis untuk anak usia 5 tahun ke bawah.

6. Museum Lukisan Sidik Jari

Apa yang kamu harapkan ketika mendengar kata “Museum Sidik Jari”? Pasti kamu berpikir bahwa museum tersebut menyimpan koleksi ibu jari orang-orang populer. Padahal, museum ini memajang karya seni, seperti lukisan dan puisi. Dinamakan “Sidik Jari” karena itu merupakan filosofi dari para pelukis yang selalu meninggalkan sidik jarinya di kuas yang baru mereka pakai untuk berkarya.

Kalau tidak tertarik dengan seni lukisan, Museum Lukisan Sidik Jari juga memberikan kursus seni tari Bali agar kamu lebih mengenal tarian ini secara lebih dekat. Yuk, tunggu apalagi, datang dan jelajahi Museum Lukisan Sidik Jari ini!

  • Alamat: Jl. Hayam Wuruk No. 175, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar
  • Telepon: (0361) 235115
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu 08:00-16:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Gratis.

7. Desa Budaya Kertalangu

Siapa bilang di kota tidak ada sawah? Di Denpasar ada area persawahan seluas 80ha yang juga menjadi tempat wisata, namanya Desa Budaya Kertalangu. Tempat ini membuat kamu jadi lebih mengenal kegiatan, kebudayaan, sampai dengan kuliner khas Bali secara lebih dekat.

Ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari outbound, memancing, melihat masyarakat membuat kerajinan senin, naik kuda, dan melihat pementasan seni budaya. Pokoknya, kamu tidak akan bosan berwisata di Desa Budaya Kertalangu ini.

  • Alamat: Jl. By Pass Ngurah Rai No. 88, Kesiman Kertalangu, Denpasar
  • Telepon: (0361) 461727
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00-22:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp 10.000/orang

8. Pura Sakenan

* sumber: www.flickr.com

Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke salah satu pura penting di Bali, yakni Pura Sakenan. Pura ini dibangun pada abad ke-10, tepatnya saat pemerintahan Kerajaan Majapahit, oleh seorang pemuka agama Hindu bernama Mpu Kuturan. Pura Sakenan dibangun dengan batu kapur dan karang merah.

Keindahan arsitektur pura ini mempesona mata setiap wisatawan yang datang kemari. Di samping itu, daya tarik pura ini juga terletak pada dua pohon besar di sekitar pura yang diyakini sebagai tempat tinggal roh penjaga Pura Sakenan. Pura ini juga masih aktif dipakai sebagai tempat ibadah umat Hindu di Denpasar.

  • Alamat: Jl. Banjar Pemalukan, Peguyangan, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar
  • Harga Tiket Masuk: Gratis.

9. Taman Werdhi Budaya Art Centre

* sumber: www.baligetaway.co.id

Bali terkenal dengan seni dan budayanya. Jadi, jika kamu berlibur di Bali, jangan lupa untuk menonton pertunjukan seni langsung di tempatnya. Nah, tempat menonton pertunjukan seni Bali di Denpasar adalah Taman Werdhi Budaya Art Centre.

Tempat ini selalu menjadi lokasi penyelenggaraan Bali Art Festival sekitar bulan Juni-Juli. Ketika festival budaya ini berlangsung, ada pertunjukan tari seni kecak, tari seni barong, sampai dengan pementasan gamelan. Untuk masuk kemari biasanya tidak dikenakan biaya apapun, tapi jika sedang ada pertunjukan biasanya pengunjung akan dikenai biaya karcis masuk.

  • Alamat: Jl. Nusa Indah No. 1, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar
  • Telepon: (0361) 227176
  • Jam Operasional: Senin-Kamis dan Sabtu pukul 07:30-15:30 WITA; Jumat pukul 07:30-13:00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Gratis (jika ada pertunjukan dikenai harga karcis sesuai ketentuan yang berlaku).

10. Pura Agung Jagatnatha

* sumber: balidenpasartourism.com

Berlokasi tepat di samping Museum Bali, Pura Agung Jagatnatha dibangun sebagai tempat pemujaan Hyang Widhi (Tuhan) sebagai ucapan rasa syukur. Pura ini juga menghadap ke Gunung Agung yang di mana diyakini oleh umat Hindu di Bali sebagai tempat kerajaan para dewa.

Pura yang diresmikan pada tanggal 13 Mei 1968 ini di dalamnya tidak terdapat Pengempon (kelompok masyarakat yang biasa mengelola sebuah pura). Harga ada beberapa orang saja yang dipercaya mengelola pura dan sumber dana untuk perawatan pura.

  • Alamat: Jl. Surapati, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar
  • Telepon: (0361) 431229
  • Harga Tiket Masuk: Gratis (menerima sumbangan sukarela untuk biaya perawatan pura).

Yuk, pilih tempat wisata yang bakal kamu kunjungi ketika berlibur di Denpasar! Jajaran tempat wisata ini membuktikan bahwa Bali tidak hanya memiliki objek wisata di Kuta, Ubud, dan Nusa Dua saja. Kunjungi juga artikel tempat makan murah di Denpasar ini jika kamu ingin berwisata kuliner tanpa menguras isi dompet.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar