10 Tempat Wisata di Depok yang Harus Anda Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hai, warga Kota Jakarta dan sekitarnya, sudahkah Anda memiliki rencana berlibur? Jika belum, mengapa Anda tak merencanakan liburan di tempat yang dekat saja? Pasalnya, Anda juga harus mempertimbangkan biaya perjalanan jika ingin berpergian jauh. Tiket alat transportasi umum tentu akan dijual dengan harga yang lebih mahal pada saat high season seperti ini.

Nah, untuk menghemat waktu dan biaya, Anda bisa mengajak keluarga dan teman untuk berlibur ke Depok? Mengapa di Depok? Karena ada banyak tempat wisata di Depok yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Yuk, simak ulasan Keluyuran tentang destinasi wisata yang ada di Depok berikut ini.

10 Tempat Wisata di Depok

1. D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm

* sumber: blog.reservasi.com

Di Depok, ada sebuah tempat wisata yang bisa membuat si kecil dapat berinteraksi dengan satwa-satwa yang belum pernah dijumpai oleh mereka sebelumnya. D’Kandang Amazing Farm adalah tempat wisata yang mengusung suasana peternakan. Lokasi seluas 8 hektar ini diisi dengan berbagai satwa jinak yang biasanya hanya bisa ditemukan di peternakan saja.

Di D’Kandang Amazing Farm, anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan sapi, kuda, kambing, dan domba. Bahkan, anak-anak bisa memperoleh pengalaman berharga yang tak terlupakan, seperti memerah susu sapi atau memberi makan satwa-satwa peternakan yang ada di sana.

2. Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa

Tahukah Anda bahwa Kota Depok memiliki julukan sebagai kota belimbing? Mungkin tak banyak yang tahu mengapa Depok diberi nama sebagai kota belimbing. Di Depok ada sebuah kelurahan yang bernama Pasir Putih. Nah, di kelurahan ini terdapat Agrowisata Belimbing Dewa. Di agrowisata ini, pengunjung bisa memetik buah belimbing secara langsung dari pohonnya.

Lantas, mengapa namanya Agrowisata Belimbing Dewa? Karena belimbing di sini berukuran sangat besar layaknya buah-buah para dewa. Selain ukurannya besar, buah belimbing di agrowisata ini memiliki rasa yang sangat manis, lho. Dijamin, bahwa di tempat lain Anda tidak akan menemukan belimbing selezat di agrowisata ini.

3. Godong Ijo

Godong Ijo

Tempat wisata selanjutnya yang ada di Depok adalah Godong Ijo, sebuah objek wisata yang menawarkan edukasi dan hiburan. Lokasi Godong Ijo cukup strategis, yakni di kawasan Sawangan – Depok. Satu hal yang menarik perhatian adalah keberadaan kura-kura raksasa di tempat wisata ini.

Program edukasi yang ditawarkan oleh Godong Ijo juga sangat kreatif. Anak-anak bisa belajar menjadi dokter cilik, junio chef, bercocok tanam, dan membuat keramik. Di Godong Ijo juga tersedia, green house, restoran, kolam pancing, dan vertical garden. Tempat ini selalu menjadi pilihan bagi para keluarga untuk berwisata di kala akhir pekan atau hari libur nasional.

4. Depok Fantasi Waterpark

Depok Fantasi Waterpark

Nah, tempat wisata di Depok yang satu ini sudah pasti akan disukai oleh si kecil. Ya, Depok Fantasi Waterpark adalah taman wisata air yang dilengkapi dengan berbagai wahana menarik yang sangat menyenangkan. Wahana di taman bermain air ini antara lain adalah Flush Ball, Jasmine Pool, Water Ball, dll.

Selain itu, Depok Fantasi Waterpark juga menyediakan wahana darat lainnya, seperti Theater 4 Dimensi, Becak Mini, Kincir-kincir, dan masih banyak lagi. Orang tua yang sedang menunggu anak-anaknya bermain bisa mencoba Fish Therapy atau sekedar duduk santai di Foodcourt atau Gazebo.

5. Situ Pengasinan

Situ Pengasinan

* sumber: www.siarandepok.com

Apakah Anda salah satu orang yang gemar memancing? Jika ya, mengapa tak coba untuk berwisata ke Situ Pengasinan yang ada di Depok? Pasalnya, di danau ini Anda bisa memancing ikan, seperti ikan mas, mujaer, lele, gurami, dan gabus. Namun, jika Anda ingin memancing di Situ Pengasinan ini, Anda harus membawa alat pancing dan umpan sendiri dari rumah.

Selain memancing, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Situ Pengasinan adalah menaiki sepeda air sembari mengitari danau. Tempat ini adalah solusi untuk Anda yang ingin mencari tempat berlibur yang murah yang ada di Depok.

6. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika

* sumber: www.dakatour.com

Berwisata sambil melihat bunga dan tumbuhan-tumbuhan cantik dapat menjadi ide yang bagus untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Di Taman Bunga Wiladatika, Anda bisa berekreasi sekaligus cuci mata melihat tumbuhan berbagai warna yang menyegarkan mata.

Apabila Anda mengajak anak-anak ke taman bunga ini, mereka dapat bermain di taman bermain anak yang ada di kawasan taman bunga ini. Taman Bunga Wiladatika juga memiliki air mancur, air terjun buatan, hingga gua kecil. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur, yakni di Jalan Jambore 1, Cibubur, Depok.

7. Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan tempat wisata di depok

Ada yang bilang “Kampung 99 Pepohonan”, tetapi ada pula yang memanggilnya “Kampung Rusa”. Panggilan untuk tempat wisata yang satu ini tentu bukan tanpa alasan. Di Kampung 99 Pepohonan memang terdapat beberapa ekor rusa yang memang dipelihara di sini.

Suasana ala kampung yang masih asri akan sangat terasa begitu Anda memasuki Kampung 99 Pepohonan ini. Pohon dan tumbuhan hijau akan selalu terlihat di depan mata ketika Anda berada di salah satu tempat wisata di Depok ini.

Selain rusa, ada pula beberapa satwa lain yang dipelihara di sini. Namun, di Kampung 99 Pepohonan ini Anda tidak hanya bisa menikmati suasana kampung yang asri saja, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan outbound yang seru dan menyenangkan.

8. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Nama asli dari masjid ini adalah Masjid Dian Al Mahri, tetapi para wisatawan dan masyarakat sekitar lebih sering memanggil masjid ini dengan nama masjid kubah emas. Kubah-kubah masjid ini memang berwarna emas.

Masjid ini nampak seperti bangunan di dongeng Aladin. Kesan mewah dan megah akan langsung terlihat ketika Anda melihat eksterior masjid ini. Masjid kebanggan masyarakat Depok ini merupakan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara.

Lokasi Masjid Kubah Emas sangat dekat dengan Kampung 99 Pepohonan sehingga Anda dapat mengunjungi keduanya dalam satu waktu. Jika Anda berada di sekitar masjid ini, jangan lupa untuk menunaikan ibadah shalat di masjid kubah emas ini.

9. Pondok Zidane

Pondok Zidane

Depok memang terkenal dengan objek wisata yang sangat menyatu dengan alam, salah satunya adalah Pondok Zidane. Di tempat ini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas outbound, salah satunya adalah flying fox. Di samping itu, Anda dan keluarga juga dapat menaiki rakit atau memancing ikan di sini.

Pondok Zidane merupakan tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Tempat wisata yang satu ini berada di Jalan Rawa Bengkok RT 03 RW 07 Kp. Prigi, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok.

10. Studio Alam TVRI Depok

Studio Alam TVRI Depok

Masih ingatkah Anda bahwa pada puluhan tahun yang lalu TVRI adalah satu-satunya stasiun televisi yang mengudara dan menyiarkan acara di televisi? Jangankan TV kabel, stasiun TV nasional lainnya pun belum ada pada tahun 70 sampai 80an.

Nah, kali ini Keluyuran ingin mengajak Anda ke Studio Alam TVRI, tempat di mana dahulu TVRI mengambil setting untuk beberapa acara di sini. Suasana alam terasa sangat kental di sini. Ada sekitar 19 rumah adat yang berbeda di Studio Alam TVRI.

Aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah berjalan-jalan, berkuda, bersepeda, atau sekedar mengambil foto. Studio Alam TVRI berlokasi di Jalan Raden Saleh No. 90, Kampung Cikumpa, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Tempat Wisata di Depok Lainnya

Masih belum puas berkeliling di 10 objek wisata di atas? Tenang saja, Keluyuran masih punya tempat rekomendasi lainnya yang wajib untuk Anda kunjungi ketika sedang berada di Kota Depok. Apa sajakah itu?

11. Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok

* sumber: www.fadilmubarok.com

Tempat wisata di Depok yang berikutnya berada di kawasan Universitas Indonesia (UI). Seperti yang Anda ketahui, kawasan UI memang sangat luas, yakni luasnya mencapai 320 hektare. Sementara itu, 75% dari kawasan UI adalah area hijau berupa hutan kota. Meskipun Anda bukan mahasiswa UI, Anda tetap diperkenankan untuk jalan-jalan di hutan kota yang berada di kawasan UI tersebut.

Udara segar di Hutan Kota Depok akan membuat Anda semakin betah berada di sini. Apalagi fasilitas yang tersedia di hutan kota ini terbilang lengkap, mulai dari jogging track, lapangan voli, lapangan tenis, lapangan basket, dan sejumlah tempat lainnya untuk mendukung aktivitas pengunjung.

Bagi yang tak ingin berolahraga, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri hutan itu sambil melihat-lihat tanaman yang berada di dalam hutan. Di hutan ini terdapat berbagai macam tumbuhan, mulai dari kopi, karet, cendana, cengkeh, flamboyan, nanas, dan masih banyak lagi.

12. Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih

* sumber: jakarta.panduanwisata.id

Salah satu tempat wisata di Depok yang banyak dikunjungi oleh warga setempat adalah Taman Wisata Pasir Putih. Ini merupakan taman bermain air dengan wahana yang cukup variatif. Selain itu, ada area pasir putih di tempat ini sehingga anak-anak bisa merasakan sensasi bermain di pantai.

Yang menarik, Taman Wisata Pasir Putih tidak hanya menyediakan taman bermain air saja, tapi ada juga area outbound dan flying fox. Tempat ini sangat cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kesimpulannya, Taman Wisata Pasir Putih adalah tempat wisata keluarga yang sangat menyenangkan.

13. Situ Citayam

Situ Citayam

* sumber: jalanwisata.id

Ingin berwisata murah meriah selama berada di Depok? Kunjungi Situ Citayam, sebuah danau yang terletak di Bojong, Pondok Terong, Pancoran Mas, Depok. Danau buatan ini dimanfaatkan sebagai kawasan resapan air Kelurahan Bojong dan sekitarnya.

Di Situ Citayam, pengunjung bisa menyewa sepeda air atau memancing. Tak perlu membayar mahal untuk melakukan sejumlah aktivitas hiburan di Situ Citayam. Di sekitar danau juga terdapat ruang terbuka hijau yang meliputi jogging track. Selain itu, sejumlah pedagang kaki lima di sekitar danau juga membuat tempat ini semakin ramai.

14. Situ Rawa Besar

Situ Rawa Besar

Depok memang terkenal sebagai kota yang memiliki banyak situ atau danau. Salah satu situ yang terkenal di Depok adalah Situ Rawa Besar. Danau ini memiliki luas sekitar 4 hektare. Banyak warga yang datang kemari untuk menikmati tempat wisata yang murah dan menyenangkan ini.

Situ Rawa Besar menyediakan fasilitas sepeda air dan perahu. Pengunjung diperbolehkan menyewa sepeda air atau perahu untuk berkeliling di Situ Rawa Besar. Mengingat danau ini lebih luas dari Situ Citayam, tentu saja kegiatan yang Anda lakukan di sini jadi lebih menyenangkan.

15. Saladin Square

Saladin Square

* sumber: yuliantiisland.blogspot.com

Tempat wisata di Depok tidak hanya didominasi dengan situ dan taman bermain saja. Saladin Square juga bisa menjadi tempat wisata yang Instagrammable buat Anda yang aktif di media sosial. Saladin Square adalah komplek pertokoan yang bangunannya didesain dengan arsitektur khas Timur Tengah sehingga pengunjung merasa seperti berada di negeri aladdin.

Selain berfoto-foto, di Saladin Square pengunjung bisa berbelanja atau mencicipi aneka kuliner yang dijual di sini. Semua yang Anda butuhkan bisa Anda peroleh di Saladin Square. Yuk, rencanakan jalan-jalan ke Saladin Square sebelum memilih tempat wisata lainnya.

Bagaimana tempat wisata di Depok yang kami bahas di sini? Menarik, kan? Nah, tunggu apalagi segera kumpulkan pasukan Anda untuk berlibur ke Depok. Jika masih ada waktu, Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata di Sentul atau di Bogor yang pernah kami ulas sebelumnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *