Ini 10 Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak tahu Dieng? Salah satu tempat wisata yang saat ini sedang banyak disukai orang karena memiliki banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Terletak di dataran tinggi, Dieng bersuhu dingin dan udaranya sangat sejuk. Ketika musim kemarau dari bulan Mei hingga Agustus, suhu di Dieng bisa mencapai -9o celcius. Bahkan, sampai bersalju!

Buat kamu yang suka dengan tempat-tempat dingin, wajib banget nih ke Dieng. Setiap tahunnya, Dieng mengadakan event budaya bertajuk Dieng Culture Festival, yang diselenggarakan setiap awal bulan Agustus. Selain event budaya, di sini juga terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik. Apa saja sih? Daripada penasaran, simak 10 tempat wisata di Dieng yang wajib dikunjungi berikut ini!

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Siapa yang tidak bisa bangun pagi? Kalau di Dieng, kamu perlu mengubah kebiasaan itu. Karena di sini terdapat sebuah bukit yang dikenal dengan golden sunrise-nya. Bukit Sikunir namanya. Sebuah bukit dengan ketinggian 2.306 meter di atas permukaan laut ini bisa kamu daki dengan waktu 1 jam dengan berjalan santai.

Dataran Tinggi Dieng sendiri memiliki ketinggian rata-rata 2000 meter di atas permukaan laut. Maka tak heran, Sikunir dengan ketinggian 2.306 disebut bukit dan bisa didaki hanya dalam waktu paling lama 1 jam. Dari puncak bukit, kamu bisa melihat pemukiman warga serta sunrise yang sangat cantik!

  • Alamat : Jalan Dieng, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

2. Lembah Seroja

Lembah Seroja

Tempat wisata satu ini, belum banyak diketahui wisatawan. Padahal keindahannya tak kalah dengan destinasi lainnya di Dieng. Lembah Seroja terletak tepat di lereng Gunung Serroja yang menyajikan pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Bisma, area pertanian, nuansa pedsaraan, serta cantiknya Danau Menjer yang memukau.

Jika kamu memiliki jiwa adventurous, Lembah Seroja tepat sekali untuk dikunjungi. Agar bisa mencapai ke sini, kamu perlu mendaki lereng bukit sejauh 3 km dengan melewati jalan setapak di antara tanaman sayur milik warga serta panorama Telaga Menjer. Tempat ini asyik dikunjungi saat pagi hari ketika udara masih segar dan menikmati embun pagi.

  • Alamat : Bukit Cinta Lembah Seroja, Maron, Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Jika kamu sudah sampai di Lembah Seroja, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan ke Telaga Menjer. Sebuah telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng dengan luas 70 hektar dan memiliki kedalaman 60 meter ini berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Telaga Menjer terletak di bawah gunung yang lebat.

Letaknya yang tepat di bawah gunung, Telaga Menjer selalu dilimpahi air bersih dari pegunungan. Bahkan, dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Wisata ke Telaga Menjer bisa kamu lakukan saat pagi ataupun sore hari. Pemandangannya yang dilengkapi dengan gagahnya Gunung Sindoro, semakin membuat telaga ini terlihat menawan.

  • Alamat : Desa Maron, Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng

Dataran Tinggi Dieng terdapat bukit-bukit cantik. Salah satunya, Bukit Sidengkeng. Dari atas sini, kamu bisa melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon secara utuh serta Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi dari kejauhan. Untuk mencapai ke sini, kamu bisa masuk melalui pintu Wana Wisata Petak 9 Dieng.

Masuk ke Wana Wisata Petak 9 Dieng, kamu akan disambut dengan tanaman bunga terompet di kiri dan kanan. Bukit Sidengkeng bisa kamu daki hanya selama 15 menit saja. Namun, jangan lupa siapkan masker, karena pada musim kemarau seperti ini jalan yang ditempuh merupakan tanah yang sangat kering dan berdebu.

  • Alamat : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

5. Padang Savana Dieng

Padang Savana Dieng

Beberapa area pegunungan terdapat padang savana yang membentang seperti halnya Gunung Bromo di Malang. Dieng juga memiliki padang savana yang terletak di kaki Gunung Pangonan. Saat musim kemarau seperti sekarang ini, rumput Padang Savana Dieng berwarna kuning keemasan, dan jika musim hujan tiba, rumput akan kembali berwarna hijau.

Menuju Padang Savana Dieng, kamu perlu tracking melalui beberapa jalur yang bisa dipilih. Setiap jalur memiliki waktu tempuh yang berbeda-beda, mulai yang terpendek 20 menit, hingga terpanjang yang mencapai 2 jam pendakian. Setiap jalurnya, kamu akan disuguhkan pemandangan yang cantik dan memukau. Perlu dicoba!

  • Alamat : Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

6. Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna merupakan destinasi wisata yang sudah sangat dikenal wisatawan. Disebut Telaga Warna, karena air dalam telaga ini terbagi dalam tiga gradasi warna yang berbeda. Mulai dari hijau agak tua, hijau muda, hingga agak kecokelatan. Sisi telaga ini dipenuhi pohon akasia, dan kamu akan mencium aroma bunga mimoza yang mengharumkan suasana.

Jika kamu melihat Telaga Warna dari dekat, ada gelembung-gelembung dari dalam air yang merupakan mata air dan sedikit bercampur dengan belerang. Ketika terkena cahaya matahari, air tersebut akan memantulkan cahaya berwarna-warni.

  • Alamat : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari 08.00 – 17.00
  • Tiket Masuk : Weekday Rp12.500 dan Weekend Rp15.000

7. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin

Traveling waktu lagi galau? Ke Dieng saja. Ada Batu Ratapan Angin yang bisa me-refresh pikiran kamu. Duduk di atas batu dari puncak bukit, sambil melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang cantik. Pasti akan mengubah mood menjadi lebih baik. Berdiam diri di atas Batu Ratapan Angin, akan membuatmu betah!

Tempat ini juga merupakan tempat terbaik untuk melihat lukisan karya sang pencipta. Dua telaga yang terhampar di bawah bukit, dihiasi pegunungan dan perbukitan, benar-benar seperti melihat gambar dari sebuah lukisan yang tercipta menjadi tempat yang disebut Batu Ratapan Angin.

  • Alamat : Jl. Raya Dieng, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 17.30
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Candi Dieng

Candi Dieng

Candi Dieng merupakan komplek perkumpulan beberapa candi yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Berbeda dengan candi lainnya di Pulau Jawa, Candi Dieng memiliki rupa yang unik, yaitu berukuran kecil, dan tersebar di beberapa bagian dalam satu area. Mungkin bagi sebagian orang, Candi Dieng masih terdengar asing. Benar?

Sebenarnya, terdapat banyak candi di Dieng yang kemudian dikelompokkan menjadi Candi Dieng. Candi – candi tersebut adalah Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Gatutkaca, Candi Bima, Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Dwarawati, dan Candi Semar. Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah, wajib berkunjung ke sini.

  • Alamat : Dieng, Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 19.00
  • Tiket Masuk : Rp7.500

9. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Tak lengkap ke Dieng jika belum mengunjungi Kawah Sikidang yang memang sudah banyak dikenal orang. Kawah ini diberi nama “Sikidang” atau diartikan sebagai kijang, karena kawah ini berpindah-pindah tempat setiap empat tahun sekali. Itulah mengapa, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Kawah Sikidang merupakan kawah aktif terbesar yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Tempat ini, sangat mudah untuk diakses. Berbeda dengan kawah gunung aktif yang ada di puncak gunung, Kawah Sikidang terletak di daratan yang cukup datar. Kawah ini meskipun sangat aktif, tetap aman dikunjungi.

  • Alamat : Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 17.00
  • Tiket Masuk : Rp15.000

10. Gunung Prau

Gunung Prau

Suka mendaki gunung, atau ingin belajar mendaki? Gunung Prau tepat dikunjungi. Gunung dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut ini memiliki puncak yang sangat luas dan sekilas seperti bukit di film kartun Teletubbies. Meski gunung ini terbilang tidak terlalu tinggi, namun track yang dilalui tidak bisa dianggap remeh.

Jika kamu mendaki melalui jalur Patak Banteng, kamu akan dihadapkan dengan jalur yang terus menanjak hampir tanpa track ‘bonus’. Jika kamu tidak ingin melewat jalur yang terjal, bisa juga mendaki melalui jalur Dieng dengan waktu tempuh lebih lama dan jalurnya lebih landai. Gunung Prau dikenal juga dengan salah satu sunrise terbaik di Pulau Jawa.

Bangun di pagi hari, kamu akan di suguhkan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang gagah dengan jarak yang terasa cukup dekat. Dari jauh, kamu akan melihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang sedang berdampingan. Sunrise di sini, benar sangat cantik dan memesona!

  • Alamat : Bakulan, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000

Dieng sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka dengan udara dingin dan sejuk. Deretan destinasi yang disebutkan di atas, beberapa sudah dikunjungi sendiri oleh penulis dan kamu wajib memasukkan Dieng ke dalam list traveling-mu. Tertarik liburan ke Dieng sambil backpacker-an? Simak tips backpacker ke Dieng ini dulu yuk

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *