10 Tempat Wisata di Filipina yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap orang tentu memiliki impian untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri. Jika negara Eropa terlalu menguras budget Anda, cobalah untuk eksplor negara-negara di Asia Tenggara.

Selain Singapura dan Thailand, ternyata ada sebuah negara ASEAN yang memiliki sejumlah tempat wisata menarik tapi jarang dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia. Negara tersebut adalah Filipina, negara tetangga yang akomodasinya lebih terjangkau dibanding Singapura.

Belum percaya kalau Filipina punya tempat wisata yang menarik? Keluyuran akan mengulas 10 tempat wisata di Filipina yang keren dan menarik untuk dikunjungi. Yuk, langsung baca review selengkapnya di sini.

10 Tempat Wisata di Filipina

1. Chocolate Hills

Chocolate Hills Tempat Wisata di Filipina

Tempat wisata di Filipina yang pertama adalah Chocolate Hills. Ini merupakan wilayah perbukitan yang ditutupi oleh rerumputan hijau. Uniknya, saat musim kemarau, rumput perbukitan ini berwarna cokelat. Bahkan, ketika terpapar sinar matahari maka perbukitan ini juga terlihat berwarna cokelat.

UNESCO telah menetapkan Chocolate Hills sebagai situs warisan dunia. Konon, gundukan bukit di Chocolate Hills ini jumlahnya sampai 1.500. Sementara untuk tinggi dari masing-masing bukit berkisar antara 30 – 50 meter.

2. Boracay

Boracay

Terletak 315 kilometer dari pusat Kota Filipina, Boracay adalah pulau cantik yang menjadi jujugan wajib bagi wisatawan dari berbagai negara. Keindahan pantai di Boracay sangat cocok bagi Anda yang ingin refreshing dan ingin berlibur ke pantai yang bersih dan cantik.

Bukan hanya pantainya saja yang menjadi favorit wisatawan, tapi keindahan alam bawah laut di Boracay ini juga sangat wajib untuk dieksplor. Di pulau ini juga tersedia resort sampai dengan restoran yang memanjakan para wisatawan yang sedang berlibur di sini.

3. Banaue Rice Terrace

Banaue Rice Terrace

Yang satu ini adalah tempat wisata di Filipina yang menawarkan pemandangan area persawahan yang mirip dengan sawah di Tegalalang, Bali. Hanya saja Banaue Rice Terrace ini merupakan sawah tertua di Filipina sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu, sawah ini dibuat oleh Suku Batad dengan sistem pengairan sederhana tapi terlihat menakjubkan di mata wisatawan.

Area persawahan yang berada di dataran tinggi ini juga sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Wisatawan yang berkunjung kemari bisa mencoba langsung asyiknya menanam padi di sawah seluas 10.360 kilometer persegi ini. Nah, apakah Anda tertarik untuk turut mencoba menjadi “petani” singkat di Banaue Rice Terrace?

4. Mactan

Mactan

Sama seperti Indonesia, Filipina juga memiliki begitu banyak pulau dan laut yang indah. Salah satu pulau yang menjadi destinasi wajib wisatawan adalah Pulau Mactan. Di pulau ini lautnya begitu jernih dan mengundang siapa pun untuk turut berenang merasakan kesegarannya.

Pulau Mactan sendiri luasnya hanya 65 kilometer persegi. Sementara jumlah penduduknya hanya 467.824 jiwa. Meskipun tidak terlalu besar, Mactan memiliki bandara udara sendiri sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu menempuh perjalanan darat untuk sampai kemari.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di Mactan adalah bersantai di pantai, snorkeling, diving, jet ski, dan berlayar untuk menjelajahi keindahan laut di sekitar pulau ini. Pokoknya Anda bakalan merasa betah berlibur di Pulau Mactan.

5. Manila Ocean Park

Manila Ocean Park

Filipina tidak hanya menawarkan tempat wisata alam saja. Di negara ini, Anda juga bisa mengunjungi taman laut yang besar. Bahkan, Manila Ocean Park ini lebih besar dibanding Singapore Ocean Park. Ada sekitar 14.000 biota laut di tempat wisata ini.

Manila Ocean Park sebenarnya memiliki tampilan yang mirip dengan Sea World di Jakarta. Namun, bagi Anda yang berlibur dengan membawa anak-anak, Manila Ocean Park ini bisa menjadi destinasi wisata yang tepat dan pasti disukai oleh anak-anak.

6. Coron

Coron

Ketika melihat gambar Pulau Coron, Anda pasti merasa bahwa pulau ini mirip dengan Raja Ampat, bukan? Coron adalah pulau eksotis yang mendadak terkenal karena temuan kapal Jepang peninggalan zaman perang dunia II. Di sekitar bangkai kapal terdapat spot diving dan snorkeling yang sangat memukau.

Keindahan laut di Pulau Coron memang luar biasa indah. Air lautnya begitu jernih sehingga kita bisa melihat ikan-ikan berenang di antara terumbu karang yang masih sangat asri. Kalau tidak ingin berenang, Anda juga bisa bersantai di Banol Beach, pantai berpasir putih yang berada di pulau ini.

7. Gunung Mayon

Gunung Mayon

Gunung Mayon menjadi tempat wisata di Filipina yang sangat terkenal karena tampilan gunung ini diklaim mirip dengan Gunung Fuji di Jepang. Yang membedakan keduanya adalah Gunung Fuji tertutup salju ketika musim salju, sedangkan gunung ini tidak termasuk dalam wilayah yang mendapatkan musim salju.

Gunung Mayon adalah gunung berapi yang masih sangat aktif. Wisatawan yang datang kemari hanya bisa mengagumi gunung ini dari kejauhan saja. Pasalnya, untuk bisa mendaki gunung ini Anda harus memperoleh izin dari pemerintahan setempat.

8. Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Sejatinya, di Indonesia banyak gua cantik yang bisa Anda kunjungi. Akan tetapi, jika Anda sedang berada di Filipina dan ingin mencari tempat wisata yang sedikit menantang, kunjungi saja Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa.

Agar bisa sampai di taman nasional ini Anda harus melakukan trekking terlebih dahulu. Sesampainya di taman nasional ini kita bisa mengeksplor gua sambil menyusuri sungai yang airnya berwarna hijau jernih. Untuk menyusuri sungai Anda harus naik kapal.

9. El Nido

El Nido

Bagi Anda yang ingin berlibur di pantai cantik yang tidak penuh sesak, El Nido adalah tempat wisata di Filipina yang menawarkan semua itu. Pantai pasir putih yang dikelilingi pegunungan kapur ini menawarkan air laut berwarna hijau tosca yang sangat jernih. Menariknya, tempat ini belum banyak dieksplor oleh wisatawan sehingga Anda tidak perlu berdesakan ketika berada di sini.

El Nido menawarkan keindahan alam bawah laut. Spesies ikan yang bisa Anda temukan di pantai ini juga sangat lengkap, mulai dari ikan tropis warna-warni, lumba-lumba, sampai dengan hiu sirip putih. Liburan Anda di Filipina tidak akan mengecewakan jika Anda berkunjung ke salah satu pantai terindah di negara tersebut.

10. Bantayan Island

Bantayan Island

Satu lagi tempat wisata di Filipina yang asyik banget untuk disinggahi, namanya adalah Bantayan Island. Pulau cantik ini berada di Laut Visayan, tepatnya sebelah barat ujung utara Pulau Cebu. Pasir pantai di pulau ini nampak berwarna putih bersih sehingga membuat kita ingin bersantai-santai di atasnya.

Bantayan Island adalah tempat terbaik untuk pasangan yang ingin berbulan madu. Di pulau ini juga sudah terdapat resort yang bisa Anda sewa untuk menginap. Pulau kecil ini tidak terlalu ramai sehingga Anda bisa memperoleh suasana liburan yang lebih tenang.

Itulah 10 tempat wisata di Filipina yang wajib untuk dikunjungi. Pesona alam di Filipina memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jika Anda memiliki rekomendasi tempat wisata lainnya di Filipina, silakan tulis nama tempat wisatanya di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *