10 Tempat Wisata di Flores yang Sangat Menakjubkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyak surga tersembunyi di Indonesia bagian timur yang belum banyak diketahui oleh wisatawan, termasuk masyarakat Indonesia sendiri. Seperti pada beberapa waktu lalu kami pernah mengulas tentang beberapa pantai indah di Maluku yang masih terjaga keasriannya. Namun, tidak hanya di Maluku saja, di wilayah lain yang ada di Indonesia bagian timur juga terdapat surga-surga tersembunyi yang sangat menakjubkan.

Surga tersembunyi yang akan dibahas oleh Keluyuran adalah sejumlah tempat wisata di Flores. Flores adalah gugusan kepulauan Sunda Kecil  yang termasuk dalam provinsi Nusa Tenggara Timur. Penasaran dengan sejumlah tempat indah di Flores? Simak ulasannya berikut ini.

10 Tempat Wisata Di Flores yang Sangat Menakjubkan

1. Labuan Bajo

Ingin menuju ke Taman Nasional Komodo? Anda harus melalui Labuan Bajo terlebih dahulu. Desa ini juga merupakan akses utama untuk menuju ke Flores.

Mengapa sebuah desa bisa dianggap sebagai salah satu tempat wisata di Flores? Pasalnya, di sekitar Labuan Bajo juga banyak terdapat tempat wisata menarik, seperti Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Pulau Bidadari, Gua Batu Cermin, dan masih banyak lagi. Di samping itu, banyak wisatawan yang tertarik untuk menanti sunset di tepi pelabuhan Labuan Bajo.

2. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa Tempat Wisata Di Flores

Berada sekitar 10 KM dari Labuan Bajo, Pulau Kanawa menawarkan pantai berpasir putih bersih dengan air yang berwarna biru jernih. Bahkan, kita bisa melihat dasar laut karena air di pulau ini begitu jernih. Pulau Kanawa sudah dikelola menjadi tempat wisata karena sudah ada penginapan dan restoran di pulau ini.

Aktivitas yang biasa dilakukan di Pulau Kanawa antara lain adalah berjemur, berenang, snorkeling, dan diving. Selain itu, Anda dapat melakukan trekking mendaki Bukit Kanawa untuk menyaksikan keindahan lautan di sekitar pulau ini dari ketinggian. Anda bisa memperoleh ketenangan di pulau seluas 35 hektar ini.

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Ke Flores tanpa singgah di Pulau Komodo? Rasanya tentu saja ada yang kurang. Anda harus mengunjungi cagar alam Taman Nasional Komodo untuk melihat hewan asli Indonesia tersebut. Spesies kadal terbesar di dunia ini memang hanya ada di Indonesia. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita bangga dan menyempatkan diri untuk mengunjungi habitat komodo.

Ketika berkunjung ke Taman Nasional Komodo, Anda bisa melihat hewan ini dari dekat. Akan tetapi, Anda juga harus waspada dan selalu berada di dekat pemandu karena Anda harus menjaga jarak dengan hewan tersebut. Pasalnya, air liur komodo mengandung bakteri yang mematikan.

4. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Berbicara soal tempat wisata di Flores, Danau Kelimutu sudah jauh lebih dulu menjadi tempat wisata yang terkenal dibanding Pulau Komodo. Hal tersebut dikarenakan danau ini pernah menjadi gambar di uang lembaran lima ribu rupiah.

Berbeda dengan danau-danau lain yang ada di Indonesia, Danau Kelimutu memiliki tiga warna air yang berbeda, yaitu merah, biru, dan hitam. Namun, dalam setahun warna danau yang berada di ketinggian 1.631 mdpl ini bisa berubah-ubah warna. Untuk dapat menikmati pemandangan Danau Kelimutu yang sangat mempesona ini Anda harus mendaki 2.600 anak tangga.

5. Pantai Pink

Selain Pantai Tangsi yang ada di Lombok, pantai dengan pasir yang berwarna merah muda (pink) juga bisa Anda temukan di Flores. Pantai yang satu ini masih berada di Pulau Komodo. Keindahan Pantai Pink ini juga didukung dengan air laut yang berwarna biru jernih.

Warna pink dari pasir di pantai ini dihasilkan oleh butiran terumbu karang berwarna merah yang bercampur dengan air laut, sehingga ketika air laut menyapu pasir pantai maka butiran terumbu karang tersebut juga akan berbaur dengan pasir. Warna pink pada pasir ini akan terlihat semakin jelas jika sinar matahari sedang cerah menyinari pantai ini.

6. Pulau Padar

Surga tersembunyi selanjutnya yang ada di Lombok adalah Pulau Padar. Ini adalah pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Jika Anda berencana mengunjungi Pulau Padar, maka Anda harus mempersiapkan perbekalan sendiri karena ini adalah pulau yang tidak berpenghuni. Tak perlu khawatir karena di pulau ini juga tidak dihuni oleh komodo.

Selain menawarkan pantai dengan pasir putih dan bersih, Anda juga bisa mendaki bukit yang ada di pulau ini untuk menikmati pemandangan yang lebih indah. Waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan di Pulau Padar adalah pada saat matahari terbit atau terbenam.

7. Pantai Koka

Pantai Koka

Pantai selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan di mana pun wilayahnya. Di Flores, Anda bisa menemukan beberapa pantai yang cantik, salah satunya adalah Pantai Koka. Hamparan pasir putih yang bersih dan air laut berwarna biru dengan gradasi hijau adalah daya tarik dari pantai yang berada di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Maumere, NTT ini.

Daerah di sekitar pantai ini masih tampak sangat alami karena pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika ingin berlibur di pantai yang tenang tetapi menawarkan panorama yang mengagumkan, datang saja ke Pantai Koka.

8. Gua Liang Bua

Gua Liang Bua

Tempat wisata di Flores tidak hanya didominasi dengan pantai saja, tetapi ada pula objek wisata alam berupa gua. Adalah Gua Liang Bua yang berada di Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kec. Ruteng, Kabupaten Manggarai. Liang Bua memiliki arti lubang yang sejuk.

Gua ini berada di kawasan pegunungan karst. Gua Liang Bua ditemukan pada tahun 1930 dan masyarakat setempat juga mendapati sisa-sisa peninggalan manusia purba di tempat ini. Bahkan, pada tahun 2001 lalu ditemukan tengkorak manusia hobbit (Homo Floresiensis) di dalam gua ini.

9. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami

Pesona Air Terjun Cunca Rami memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Air terjun setinggi 70 meter ini berada di Kampung Lamung, Kec. Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Yang membuat air terjun ini tampak spesial adalah perjalanan untuk sampai kemari. Anda akan melewati perkebunan dan area sawah milik masyarakat setempat. Kemudian, Anda juga akan melintasi hutan yang masih sangat alami. Dari Labuan Bajo, Anda harus menempuh jarak 30 KM untuk bisa sampai di Air Terjun Cunca Rami.

10. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang

Danau seluar 513 hektar ini bisa dikatakan sebagai Danau Toba versi Flores. Air danau ini nampak berwarna hijau sehingga menyajikan pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Danau Sano Nggoang berada di Desa Wae Sano, Kec. Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Kedalaman dari danau ini sekitar 600 meter dan yang membuat danau ini cukup unik adalah terdapat kandungan belerang di dalamnya. Selain itu, udara di sekitar Danau Sano Nggoang juga sangat sejuk mengingat danau ini berada di ketinggian 750 mdpl dan di sekitar danau masih dikelilingi hutan yang asri.

Yuk, rencanakan perjalanan liburan Anda untuk mengunjungi tempat wisata di Flores ini. Jika Anda memiliki rekomendasi tempat wisata lain di Flores dan sekitarnya, jangan ragu untuk berbagi dengan kami dan pembaca lain dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Aku pernah ke taman nasional Komodo cukup seru sih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *