10 Tempat Wisata di Garut yang Paling Diminati Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Garut terkenal dengan cemilan manisnya yang bernama dodol. Sekali mencoba cemilan manis ini, dijamin Anda akan langsung ketagihan. Namun, tahukah Anda bahwa ketika mengunjungi Garut, Anda tidak harus melulu berburu dodol. Sesekali luangkan waktu Anda untuk menjelajahi beberapa tempat wisata yang ada di Garut.

Seperti biasa, Keluyuran akan mengulas tentang beberapa tempat wisata di Garut yang paling diminati wisatawan. Anda bisa memanfaatkan daftar tempat wisata ini untuk referensi jika dalam waktu dekat Anda ingin berkunjung ke Garut. Dijamin Anda akan jatuh cinta dengan tempat wisata ini karena tempat-tempat ini merupakan destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan, Si Cantik yang Memakan Korban Jiwa

* sumber: digarut.com

Gunung Papandayan sudah pernah kami bahas dalam tulisan daftar tempat wisata di Jawa Barat yang paling memukau. Di gunung ini ada beberapa spot yang menarik perhatian wisatawan antara lain adalah Kawah Papandayan, Hutan Mati, Tegal Alun, dan Camping Ground Pondok Saladah.

Untuk sampai di gunung setinggi 2.665 mdpl ini Anda harus menempuh jarak 70 KM dari Kota Bandung. Gunung ini sangat ideal bagi para pendaki yang tergolong pemula karena medannya tidak terlalu ekstrem. Panorama matahari terbit dari Gunung Papandayan ini tidak boleh dilewatkan bagi wisatawan yang berkunjung kemari.

2. Situ Bagendit

Situ Bagendit Tempat Wisata Di Garut

Danau yang satu ini sangat terkenal dengan legenda cerita rakyat mengenai janda kaya yang pelit dan tamak. Janda tersebut tenggelam di dalam danau ini karena kutukan dari seorang kakek tua yang ditolak oleh sang janda ketika meminta air minum.

Kepopuleran cerita tersebut adalah salah satu faktor yang membuat Situ Bagendit dikenal oleh wisatawan dari luar Garut. Danau ini memiliki air yang tenang dan bersih. Bahkan, ada perahu dan sepeda air yang disewakan untuk dipakai berkeliling danau. Di samping itu, Anda juga bisa berpiknik di tepi danau sambil menikmati suasana alam yang menyejukkan hati.

3. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Membaca namanya saja mungkin Anda berpikir bahwa pantai ini merupakan habitat buaya. Akan tetapi, di Pantai Rancabuaya tidak ada hewan buayanya sama sekali. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata di Garut yang cukup mempesona.

Ombak di pantai ini sangat besar karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang di sini. Batu karang di tepi pantai ini juga cukup besar dan berjumlah banyak. Namun, satu hal yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Rancabuaya adalah keberadaan air terjun yang menghadap langsung ke laut.

4. Kebun Binatang Cikembulan

Kebun Binatang Cikembulan

Berencana untuk mengajak buah hati Anda berwisata saat di Garut? Ajak anak-anak Anda untuk datang ke Kebun Binatang Cikembulan. Jarak kebun binatang ini dari pusat Kota Garut hanya sekitar 16 KM saja. Walaupun luas kebun binatang tidak terlalu besar, tetapi Kebun Binatang Cikembulan memiliki koleksi 214 spesies satwa.

Tak hanya itu saja, anak-anak akan sangat menikmati kegiatan wisata di sini karena ada berbagai wahana permainan yang bisa digunakan. Lokasi Kebun Binatang Cikembulan ini terletak di Jalan Raya Kadungora Baru, Karangmulya, Kadungora, Garut.

5. Pemandian Air Panas Darajat Pass

darajat pass pemandian air panas di garut

Tempat wisata di Garut yang satu ini benar-benar unik. Pasalnya, di sini memadukan konsep waterpark dengan kolam pemandian air panas. Jadi, anak-anak juga bisa menikmati kegiatan wisata di Pemandian Air Panas Darajat Pass karena ada beberapa wahana permainan air yang sangat menyenangkan.

Selain itu, di Darajat Pass juga terdapat permainan outbound seperti flying fox. Jika ingin bersantai berendam air panas sembari bermain seperti saat berada di waterpark, maka Anda harus berkunjung ke Pemandian Air Panas Darajat Pass yang ada di Kecamatan Samarang, Garut ini.

6. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha

Untuk menikmati keindahan pantai, Anda tidak perlu turun langsung dan menginjakkan kaki di lautan pasir di tepi pantai. Di Pantai Puncak Guha Anda bisa menyaksikan panorama laut yang tampak alami di atas sebuah tebing.

Ombak di laut Pantai Puncak Guha ini sangat besar sehingga kurang cocok untuk berenang atau watersport. Jadi, tempat terbaik untuk menikmati panorama pantai ini adalah di atas tebing. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sebuah objek wisata alam yang tidak terlalu sesak oleh pengunjung.

7. Curug Orok

Curug Orok

Berlokasi di Desa Cikandang, Curug Orok berhasil menjadi satu dari sekian banyak tempat wisata di Garut yang populer dan diminati oleh wisatawan. Dinamakan Curug Orok karena konon pada zaman dahulu kala ada seorang ibu yang membuang bayinya di atas air terjun ini.

Tinggi dari air terjun ini hanya sekitar 45 meter saja. Namun, meskipun demikian ternyata masih banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Curug Orok ini. Tak hanya dari dalam Kota Garut saja, masyarakat dari Jakarta, Bandung, dan Bogor juga banyak yang datang ke Curug Orok.

8. Pantai Santolo

Pantai Santolo

Berada sekitar 88 KM di sebelah Kota Garut terdapat sebuah pantai yang juga sangat terkenal di kalang wisatawan. Nama pantai tersebut adalah Pantai Santolo. Pantai ini menjadi tempat wisata Garut yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Panorama di Pantai Santolo ini sangat indah, apalagi jika hal tersebut juga didukung dengan suasana pantai yang tidak terlalu ramai sehingga Anda bisa lebih tenang saat bersantai. Fasilitas yang ditawarkan di sekitar pantai ini juga tergolong cukup lumayan.

9. Kawah Putih Talaga Bodas

Kawah Putih Talaga Bodas

Jika Anda mengira bahwa objek wisata alam berupa kawah putih hanya bisa ditemukan di Ciwidey, maka Anda salah karena Garut juga memiliki kawah putih yang tampilan keduanya hampir sama. Pesona alam di sekitar kawah memang sangat mempesona.

Apalagi di sekitar Kawah Putih Talaga Bodas juga ada pemandian air panas yang dipercaya dapat menghilangkan segala macam sakit kulit di tubuh dan mengatasi pegal-pegal. Nah, apakah Anda juga ingin turut berendam dalam pemandian air panas di kawasan Kawah Putih Talaga Bodas ini?

10. Sabda Alam Resort & Hotel

Sabda Alam Resort & Hotel

Tidak semua orang menyukai liburan ala backpacker. Beberapa wisatawan lebih memilih berlibur di tempat yang sudah menyediakan berbagai macam fasilitas, seperti Sabda Alam Resort & Hotel. Di penginapan ini, sudah ada taman bermain air yang cukup besar untuk memanjakan wisatawan baik yang menginap di hotel ini maupun tidak.

Suasana penginapan eksklusif yang bersih dan modern akan membuat Anda betah saat berada di Sabda Alam Resort & Hotel ini. Taman bermain air sekaligus hotel ini berada di Jalan Raya Cipanas No. 3, Tarogong Kaler, Garut.

Semua tempat wisata di Garut ini merupakan tempat yang paling diminati oleh wisatawan. Jika Anda memiliki rekomendasi mengenai tempat wisata lainnya yang berada di Garut, jangan ragu untuk membagikan nama tempat wisata tersebut dengan meninggalkan komentar di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. ternyata garut banyak menyimpan destiasi yang indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *