Keluyuran / Wisata Bali / Inilah Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Gianyar yang Populer

Inilah Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Gianyar yang Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Pulau Bali terkenal memiliki daya tarik di kalangan wisatawan, baik domestik maupun wisatawan asing. Di pulau yang cantik ini, kamu akan menemukan banyak pantai dan ragam tempat wisata menarik. Bukan hanya di Denpasar saja, di beberapa wilayah lainnya seperti Gianyar, ada banyak destinasi wisata yang harus dikunjungi. Nah, kali ini Keluyuran akan memberikan 10 Rekomendasi tempat wisata di Gianyar yang Populer dan tentunya worth to visit.

Kamu penasaran, kan, tempat wisata mana saja yang masuk dalam daftar rekomendasi Keluyuran kali ini? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

1. Goa Gajah

goa gajah

Goa Gajah adalah goa yang juga berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu yang ada di Gianyar, Bali. Berada sekitar 27 km dari Kota Denpasar, goa yang telah ada sejak abad ke-11 Masehi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing karena keindahan pemandangan yang ditawarkannya.

Di Goa Gajah, kamu bisa menemukan taman, mata air hingga air terjun, lho. Untuk memasuki tempat wisata budaya bersejarah ini, kamu perlu merogoh kocek Rp. 30.000,- saja. Sementara untuk turis mancanegara dikenakan biaya Rp. 50.000,- per orangnya.

Oh ya, kalau kamu beragama Hindu dan ingin sembahyang di sini, kamu tidak akan dikenakan biaya masuk. For your info, ada juga persediaan kain sarung gratis untuk pengunjung yang menggunakan celana berukuran pendek. Tertarik untuk mengunjungi Goa Gajah?

  • Alamat: Desa Bedulu, Kec. Blahbatu, Kabupaten Gianyar,  Balo
  • Jam Operasional: Tutup pukul 16.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp 30.000,- (Domestik), Rp. 50.000,- (Asing)

2. The Blanco Renaissance Museum

tempat wisata di gianyar the blanco renaissance museum - Copy

The Blanco Renaissance Museum adalah Museum yang didirikan atas keinginan dari seorang pelukis profesional keturunan Spanyol-Amerika, Antonio Blanco. Museum yang indah ini menyimpan banyak karya-karya dari Sang Maestro semasa hidupnya. Di museum yang dulunya menjadi tempat tinggal dari seniman berbakat ini, kamu bisa menemukan lukisan Blanco yang indah.

Sang istri yang merupakan wanita asal Bali nampaknya menjadi inspirasi terbesar Blanco untuk mendirikan museum ini. Oh ya, untuk bisa menikmati karya seni dari Antonio Blanco di museum yang dibangun sejak tahun ’90-an ini, kamu harus menyiapkan uang senilai Rp. 30.000,- saja. Untuk wisatawan asing dikenakan biaya masuk Rp. 50.000,- per orangnya. Dengan tiket tersebut, kamu bisa mendapatkan welcome drink yang tersedia di sana.

  • Alamat: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam Operasional: 09.00 -17.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 30.000,- per orang (domestik). Rp. 50.000,- per orang (asing)

3. Campuhan Ridge Walk

tempat wisata di gianyar campuhan ridge

Campuhan Ridge Walk atau dikenal juga sebagai Campuhan Sacred Hills adalah salah satu tempat wisata populer yang ada di Gianyar, Bali. Di sini, kamu bisa jogging dan trekking sambil menikmati pemandangan indah di lokasi sekitar bukit.

Tempat ini juga cocok untuk berjalan santai sekaligus foto-foto cantik. Kamu bisa menyusuri jalan sepanjang 9 kilometer di pagi maupun sore hari. Oh ya, tak ada biaya tiket masuk yang dikenakan untuk bisa beraktivitas di sini. Kamu hanya tinggal membawa diri. Jangan lupa bawa kamera beserta tongsisnya, ya!

  • Alamat: Kelusa, Payangan, Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

4. Pura Tirta Empul

pura tirta empul

Siapa yang tidak kenal dengan Pura Tirta Empul? Yup, Tirta Empul adalah tempat wisata religi yang ada di Gianyar. Di sini, kamu akan menemukan pemandian dengan 11 mata air suci yang digunakan untuk menyucikan diri, khususnya bagi umat Hindu. Pura ini memiliki suasana yang nyaman dan sejuk, cocok untuk jadi tempat rehat dan menenangkan diri saat berlibur di Bali.

Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- untuk bisa masuk ke Tirta Empul. Sementara untuk turis dari luar negeri dikenakan biaya Rp. 50.000,- per orang. Nah, gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi Pura Tirta Empul yang cantik?

  • Alamat: Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam Operasional: Buka setiap hari, tutup pukul 17.00 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 15.000,- per orang (domestik), Rp 50.000,- per orang (asing)

5. Tegenungan Waterfall

tegenungan waterfall

Bukan cuma pantai saja, Pulau Dewata juga punya tempat wisata berupa air terjun yang cantik. Ada Tegenungan Waterfall yang terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Air terjun dengan tinggi 15 meter ini memiliki debit air yang banyak, terutama saat musim hujan. Airnya juga tergolong jernih.

Saat cuaca panas, berendam di air terjun ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Apalagi, kita disuguhi dengan pemandangan alam sekitar air terjun yang cantik. Kalau kamu ingin menikmati suasana air terjun Tegenungan, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000,- per orang. Tarifnya berlaku untuk turis domestik maupun asing.

  • Alamat: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Nomor Telepon: 0812-3830-0228
  • Jam Operasional: 06.30-18.30 WITA
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000.- per orang.

6. Tegallalang Rice Terrace

tegallalang rice terrace

Kamu juga bisa menghilangkan stres dan melepas penat dengan melakukan trekking di Tegallalang Rice Terrace. Berjalan di area sawah mungkin sudah menjadi hal biasa, tapi berjalan-jalan di area sawah yang terkenal indah di kalangan wisatawan domestik maupun internasional, tentu bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

Kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan sawah yang hijau dari atas ayunan dengan merogoh kocek Rp. 20.000,- s/d Rp.50.000,- saja. Tidak hanya ada sawah yang hijau, di sini juga ada toko souvenir dan tempat makan, lho. Tertarik? Jangan lupa ajak teman dan keluargamu kemari.

  • Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali

7. Mandala Wisata Wenara Wana

mandala wisata wenara wana

Jika kamu ingin menikmati indahnya pemandangan alam sambil bercengkrama dengan para monyet. kamu bisa mengunjungi Mandala Wisata Wenara Wana atau yang dikenal juga dengan monkey forest.

Dengan tarif Rp. 80.000,- per orang, kamu sudah bisa masuk ke dalam area monkey forest dan berjalan-jalan sambil menyaksikan tingkah monyet-monyet yang lucu. Di sini, ada lebih dari 700 monyet yang bermukim, lho. Di tempat ini ada tiga pura, yakni Pura Beji, Pura Dalem Agung Padangtegal  dan Pura Prajapati.

Oh ya, ketika berkunjung kemari, sebaiknya taruhlah barang-barangmu atau makanan yang kamu punya agar tak diambil oleh para monyet, ya. Karena pengunjung tidak diperkenankan untuk memberi mereka makanan.

For your info, tiket masuk seharga Rp. 80.000,- per orang sudah termasuk shuttle ke area Ubud dan parkir gratis. Nah, gimana, kamu tertarik untuk berkunjung kemari dan menikmati pemandangan alam ala hutan tropis sambil menyaksikan para monyet beraksi?

  • Alamat: Jl. Monkey Forest, Ubud, Kec. Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Nomor Telepon: (0361) 971304
  • Jam Operasional: 08.30- 17.30
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 80.000,- (Dewasa), Rp. 60.000,- (Anak)

8. Hidden Canyon Beji Guwang

hidden canyon bali

Wisata di ngarai tersembunyi juga bisa kamu lakukan kala berkunjung ke Gianyar. Ya, kamu akan dibawa berjalan-jalan di lokasi ngarai yang dihimpit tebing tinggi. Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan berenang di sini.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang, jangan lupa ajak teman dan keluargamu, ya. Karena jika kamu membawa lebih banyak orang, kamu bisa mendapatkan harga tiket masuk yang lebih murah. Satu orang dikenakan biaya di kisaran Rp. 125.000,-  jika kamu berkunjung dengan seorang temanmu, maka kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 150.000,- untuk dua orang.

Harga tiketnya sudah termasuk fasilitas berupa tour guide yang akan memandumu selama di sana, kemudian kamu juga akan diberi handuk dan welcome drink, serta loker. Jangan lupa bawa pakaian ganti dan kamera anti air yang bisa digunakan untuk berfoto saat di lokasi ngarai, ya.

  • AlamatJl. Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Jam Operasional: 08.00- 17.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp. 80.000,- (Dewasa), Rp. 60.000,- (Anak)

9. Bali Safari & Marine Park

bali safari and marine park

Bukan hanya di Cisarua, Taman Safari juga punya sister park di Bali, lho. Ada Bali Safari & Marine Park yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis satwa yang dibiarkan ‘bebas’. Di antaranya adalah beragam jenis burung, tapir, harimau Sumatera hingga babi rusa.

Di Bali Safari & Marine Park, kamu juga bisa melihat pertunjukan yang diperankan oleh satwa yang ada di sana. Selain itu, terdapat juga wisata malam Night Safari yang memungkinkan Anda mengajak buah hati berkeliling kebun bintang pada malam hari. Ada banyak spot foto menarik juga, lho. Dan tentunya tempat wisata ini aman untuk anak-anak. Harga tiket masuknya bervariasi, tergantung paket mana yang kamu ambil.

  • Alamat: Jl. Profesor Ida Bagus Mantra km 19,8, Serongga, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Nomor Telepon: (0361) 950000
  • Jam Operasional: 09.00- 17.00
  • Harga Tiket Masuk: Diatas Rp. 100.000,- per paket

10. Pantai Lebih

pantai lebih gianyar

Ketika berlibur di Gianyar, kamu juga harus mengunjungi Pantai Lebih. Pantai dengan pasir berwarna hitam ini tetap terlihat cantik. Pantai Lebih bisa dijadikan destinasi piknik atau bahkan surfing. Di pantai ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang indah.

Ada fasilitas berupa jogging track dan tempat makan yang menjual aneka olahan seafood segar. Kamu tentu bisa mengunjungi pantai ini kapan saja dan yang paling penting, tak dipungut biaya masuk. Namun, untuk masuk ke area tempat makan, ada biaya masuk yang harus kamu bayar, yakni di bawah Rp. 5000,- saja.

  • Alamat: Jl. By Pass Ida Bagus Mantra, Lebih, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bal
  • Jam Operasional: Buka 24 jam

Nah, itulah kesepuluh rekomendasi tempat wisata di Gianyar yang harus kamu kunjungi dan tak boleh dilewatkan kala berkunjung atau pun berlibur ke Pulau Dewata, Bali.

Jika kamu sudah pernah mengunjungi satu atau bahkan semua tempat wisata yang masuk dalam daftar, tak ada salahnya untuk berbagi cerita dan pengalaman seru kamu bersama pembaca keluyuran lainnya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar