10 Tempat Wisata di Hawaii yang Jadi Favorit Wisatawan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 13 Oktober 2021

Ingat Hawaii pasti ingat pantai! Negara bagian Amerika Serikat ini merupakan daerah dengan iklim tropis dan suasana Pulau Pasifik, maka tak heran kalau negara ini menjadi terlihat istimewa. Pulau-pulau yang ada di negara bagian ini mempunyai pemandangan yang bermacam-macam dan indah. Ada yang gunung berapi seperti Gunung Berapi Kilauea juga hutan hijau subur yang dipenuhi bunga.

Honolulu dan Pantai Waikiki adalah dua tempat wisata yang terkenal di Hawaii. Masih ingat Pearl Harbor? Tempat yang menjadi ajang penyerangan Jepang terhadap Amerika ini sekarang masih menjadi pangkalan militer aktif tapi bisa dikunjungi wisatawan yang ingin tahu tentang sejarah peperangan tersebut. Nah, kalau kamu mau tahu tempat wisata di Hawaii, yuk simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Makanan Khas Hawaii

1. Pantai Waikiki

Pantai Waikiki
  • Alamat: di pantai selatan pulau Oʻahu

Daerah pesisir Waikiki di Oahu Selatan dahulu pernah memiliki wilayah yang luas. Pada dasarnya nama Waikiki artinya “air yang menyembur,” dan ini merujuk pada sungai air tawar yang dulu mengalir ke laut. Waikiki selama tahun 1450-an ditetapkan sebagai pusat pemerintahan pertama untuk seluruh Hawaii.

Pantai ini pertama kali jadi tujuan liburan bangsawan Hawaii, kemudian pada tahun 1830-an pengunjung asing mulai banyak berkunjung ke Waikiki. Pada tahun 1901 dibuka hotel pertama dan kemudian berubah jadi tren global. Semenjak saat itu Waikiki mulai jadi salah satu destinasi liburan paling dicari di dunia.

Waikiki sekarang merupakan kota pantai yang indah yang membentang sepanjang 1,5 mil persegi dengan dipagari oleh resor mewah, hotel, dan dilengkapi dengan bermacam restoran, pusat perbelanjaan serta kehidupan malam.

2. Taman Nasional Gunung Api Hawaii

Taman Nasional Gunung Api Hawaii
  • Alamat: Taman Nasional Gunung Api Hawaii, HI 96718, Amerika Serikat
  • Jam buka: Setiap hari
  • HTM: Tiket Tahunan Hawaii Tri-park $55.00
  • Telepon: +1 808-985-6000

Taman Nasional Gunung Api Hawaii merupakan tempat wisata di Hawaii yang berada di Big Island. Daerahnya mencakup lebih dari 300.000 hektar, termasuk ladang lava, gunung berapi, situs bersejarah, dan masih banyak lagi.

Yang menjadi objek utama taman nasional ini yaitu dua gunung berapi paling aktif di dunia, Kilauea dan Mauna Loa. Kīlauea merupakan gunung berapi paling aktif di dunia, sementara Mauna Loa merupakan gunung berapi perisai terbesar di dunia.

Tiap tahun lebih dari satu juta wisatawan berkunjung ke Taman Nasional Gunung Api Hawaii. Kegiatan yang dilakukan meliputi hiking dan berkendara menikmati pemandangan indah. Untuk mempelajari tentang fitur alam taman serta tempat-tempat menarik mampirlah ke pusat pengunjung. Di sini juga terdapat Pusat Seni Gunung Berapi.

3. Ngarai Waimea

Ngarai Waimea
  • Alamat: Waimea Canyon Dr, Waimea, HI 96796

Ngarai Waimea letaknya hanya beberapa mil ke pedalaman Pantai Na Pali di Kauai. Grand Canyon of the Pacific adalah sebutan lain untuk Ngarai Waimea. Ini merupakan salah satu tempat paling menakjubkan untuk dikunjungi di Hawaii.

Memiliki ukuran yang menakjubkan membuatnya disejajarkan dengan Grand Canyon, tapi mungkin Waimea Canyon lebih indah dikarenakan memiliki banyak tanaman hijau di antara lanskap seperti gurun. Untuk menjelajahi ngarai, waktu terbaik adalah pagi hari. Wisatawan bisa menjelajahi ngarai dengan mendaki melalui Koke'e State Park.

Bagi wisatawan yang pemberani, berkemah juga memungkinkan. Mereka bisa berada di sana untuk menikmati keindahan matahari terbit yang indah.

4. Lembah Halawa

Lembah Halawa
  • Alamat: Pantai timur Molokai

Pulau Molokai merupakan rumah bagi kebanyakan penduduk asli Hawaii, tebing laut yang paling tinggi di dunia, serta terumbu karang tepi yang paling panjang di negara bagian ini. Di pulau ini juga tempat wisatawan akan menemukan Lembah Halawa, yaitu tempat suci dalam sejarah Hawaii.

Sekarang tempat yang dahulunya adalah tempat pemujaan serta rumah untuk orang Polinesia kuno menjadi tempat wisata di Hawaii yang menakjubkan. Di sini ada air terjun yang mengalir sampai melintasi hutan hujan serta ada juga pemandangan yang luas.

5. Cagar Alam Teluk Hanauma

Cagar Alam Teluk Hanauma
  • Alamat: 100 Hanauma Bay Rd, Honolulu, HI 96825
  • Jam buka: Teluk Hanauma buka dari pukul 06.45 - 16.00
  • HTM: Dewasa: $25.00, Anak-anak 12 tahun ke bawah: Gratis
  • Telepon: (808) 768-6861

Cagar Alam Teluk Hanauma merupakan salah satu tempat untuk menjelajahi dunia bawah laut Hawaii. Ini adalah tempat terbaik untuk snorkeling. Berlokasi di Oahu dekat Honolulu, Cagara Alam Teluk Hanauma merupakan salah satu tempat wisata di Hawaii yang terbaik.

Di sini wisatawan bisa datang untuk menikmati berenang dengan beberapa ikan yang sangat berwarna-warni, kehidupan laut yang eksotis di perairan biru di teluk dan terumbu karang yang indah. Cagar Alam Teluk Hanauma merupakan distrik kehidupan laut pertama yang dibuat di Hawaii. Tempat ini didedikasikan untuk pelestarian kehidupan laut, yang mencakup ratusan spesies ikan.

Penyu hijau dan ikan kakatua merupakan hewan yang paling umum dilihat. Karang serta batu laut di sekitarnya merupakan bagian yang dilindungi. Pengunjung yang datang ke Cagar Alam Teluk Hanauma harus menyaksikan video pendidikan singkat agar bisa mempelajari bagaimana memperlakukan kehidupan laut serta lingkungan di saat kunjungan.

6. Akaka Falls State Park

Akaka Falls State Park
  • Alamat: 875 Akaka Falls Rd, Honomu, HI 96728, Amerika Serikat
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 17.00
  • HTM: Turis asing: $5, Anak-anak 3 tahun dan di bawah 3 tahun: Gratis
  • Telepon: +1 808-961-9540

Akaka Falls State Park yang terletak di Big Island of Hawaii merupakan rumah bagi air terjun, hutan lebat dan ngarai yang dalam. Tak mengherankan tempat wisata di Hawaii ini menjadi destinasi wisata yang sempurna untuk pecinta alam sesudah mereka menjelajah pantai Hawaii yang indah.

Di taman nasional ini bisa ditemukan Air Terjun Kahuna serta Air Terjun Akaka. Air terjun ini bisa ditemukan saat wisatawan melewati rimbunnya vegetasi tropis di sepanjang jalan yang beraspal yang menuju ke beberapa titik pengamatan.

Panjang keseluruhan Akaka Falls Loop Trail kurang dari satu mil tetapi jalannya cukup curam dengan banyak anak tangga. Oleh karena itu tempat ini tidak cocok bagi mereka yang menggunakan kursi roda maupun kereta anak-anak. Taman nasional ini memiliki pemandangan Air Terjun Akaka yang tingginya sekitar 442 kaki. Pemandangan turunnya air sangat dramatis.

7. Pantai Lanikai

Pantai Lanikai
  • Alamat: di Kaʻōhao

Pantai Lanikai merupakan sepotong surga di Bumi. Tempat wisata di Hawaii ini berada di pantai timur Oahu. Jaraknya dari Pusat Kota Honolulu hanya sekitar 30 menit berkendara. Meskipun cukup dekat, suasana di antaranya keduanya sangat berbeda.

Dalam bahasa Hawaii lanikai berarti Laut Surgawi dan kata itu merupakan kata yang sempurna untuk menggambarkan bentangan pantai sepanjang setengah mil yang indah ini. Pasir putih, air biru serta naungan pohon palem menjadikan pantai ini menakjubkan untuk dijelajahi.

Dari tempat ini, wisatawan akan bisa melihat Mokuluas, yaitu dua pulau lepas pantai yang dinamakan Moku Nia dan Moku Iki.

8. The Na Pali Coast State Park

The Na Pali Coast State Park
  • Alamat: Kapaʻa, HI 96746, Amerika Serikat
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +1 808-274-3444

Taman Hutan Pantai Na Pali terletak di Pulau Kauai. Tempat wisata di Hawaii ini mempunyai beberapa pemandangan yang sangat luar biasa. Taman hutan ini menjadi terkenal karena menjadi lokasi untuk film Jurassic Park.

Tempat ini memiliki garis pantai dramatis yang berpadu dengan tebing yang tampak bergelombang dan "Wall of Tears" yang berada di Gunung Waialeale. Wall of Tears terdiri dari ratusan air terjun yang terlihat seperti air mata.

Untuk menikmati pemandangan alam cara terbaiknya di antaranya yaitu dengan mengikuti tur menggunakan helikopter untuk menyaksikan pemandangan yang luar biasa dari atas. Untuk para pendaki yang sudah ahli bisa mencoba Kalalau Trail. Mereka akan melakukan perjalanan sejauh sebelas mil melintasi lima lembah yang sekali jalan bisa menghabiskan waktu satu hari penuh.

9. Mauna Kea

Mauna Kea
  • Alamat: Mauna Kea Access Rd, Hilo, Hawaii
  • Jam buka: Setiap hari 09.00 – 09:30
  • Telepon: +1 808-961-2180

Mauna Kea merupakan gunung berapi aktif yang berada di Pulau Hawaii. Dikarenakan puncak gunung berapi ini merupakan titik tertinggi di Hawaii, maka puncak tersebut menjadi pusat global untuk studi astronomi serta menjadi rumah untuk observatorium terbesar di dunia. Di observatorium tersebut terdapat 13 teleskop yang dioperasikan oleh para astronom yang asalnya dari 11 negara yang berbeda.

Untuk bisa mencapai Puncak Mauna Kea yang tingginya sekitar 13.800 kaki merupakan hal yang tidak mudah. Untuk mencapai tepinya dibutuhkan kendaraan berpenggerak empat roda agar bisa mencapai tepinya. Para pendaki ataupun pengemudi sering menderita mabuk ketinggian saat di dekat puncak.

Akan tetapi, di stasiun informasi pengunjung yang berada di ketinggian 9.200 kaki, wisatawan bisa mengikuti program pengamatan bintang malam secara gratis. Selain itu, ada juga program astronomi atau astrofisika yang diselenggarakan tiap Sabtu malam secara reguler.

10. Honolulu

Honolulu
  • Alamat: Sisi tenggara Pulau Oahu

Honolulu merupakan salah satu tempat yang tidak akan pernah dilewatkan oleh mereka yang berlibur ke Hawaii. Kota yang menjadi ibu kota negara bagian ini merupakan kota terbesar di rantai kepulauan ini. Banyak tempat yang menarik dan ramai untuk dijelajahi. Yang banyak menjadi tujuan utama adalah Waikiki.

Sebenarnya Pantai Waikiki merupakan rangkaian dari beberapa pantai yang terkoneksi. Pilihan popular para peselancar dan turis lokal adalah Pantai Duke Kahanamoku. Untuk menikmati pemandangan yang menawan di Honolulu, wisatawan bisa naik ke puncak Kawah Kepala Berlian. Tempat ini menghadap ke Waikiki.

Tempat wisata di Hawaii terkenal karena keindahan alamnya. Negara bagian Amerika Serikat ini memiliki pantai-pantai yang indah juga keindahan alam lainya yang berupa gunung atau air terjun. Maka tak mengherankan pulau ini selalu dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Kalau kamu penyuka wisata alam, pastinya kamu akan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Hawaii tadi. Mana lokasi yang ingin kamu kunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram