10 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh Riastri Herliana

Tugu Proklamasi didirikan untuk memperingati proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Di monumen ini terdapat patung Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta yang berdiri berdampingan, persis seperti ketika naskah proklamasi pertama dibacakan. Di tengah patung Soekarno-Hatta, terdapat naskah proklamasi yang terbuat dari lempengan batu.

  • Alamat : Jl. :Proklamasi No.10, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional atau dikenal dengan nama Museum Gajah merupakan tempat penyimpanan dan pameran barang etnografi, geografi, arkeologi, dan sejarah. Museum yang didirikan pada tahun 1778 ini menjadi museum pertama dan tersebar di Asia Tenggara. Letak Museum Nasional Indonesia berseberangan dengan Stasiun Gambir Jakarta.

Museum Nasional memiliki bentuk bangunan dengan gaya klasisisme yang tersentuh pengaruh Eropa. Museum Nasional mengoleksi benda kuno dari seluruh Indonesia, seperti arca candi, prasasti, serta benda kuno lainnya. Salah satu prasasti yang disimpan di Museum Nasional adalah prasasti dari Kerajaan Singosari, di Malang, Jawa Timur.

  • Alamat : Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Gambir, Kota Jakarta Pusat
  • Operasional : Senin – Jumat,09.00 – 15.00 WIB (Sabtu, Minggu, Libur Nasional tutup)
  • Tiket Masuk : Rp5.000

8. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng merupakan ruang terbuka hijau yang letaknya tak jauh dari Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Taman ini baru dilakukan revitalisasi dan diresmikan kembali pada tahun 2019 lalu. Revitalisasi Lapangan Banteng meliputi tiga zona, yaitu Monumen Pembebasan Irian Barat, tempat olahraga, dan taman.

Sebelum menjadi Taman Lapangan Banteng, tempat ini merupakan tanah lapang yang terdiri dari hutan dan rawa pada abad ke-18. Kemudian mulai dijadikan ruang terbuka, tetapi sebelum dilakukan revitalisasi kawasan ini kurang nyaman dan tidak terawat. Akhirnya kini Taman Lapangan Banteng menjadi ruang terbuka hijau yang ramai dikunjungi masyarakat.

  • Alamat : Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Jakarta Planetarium dan Observatorium

Jakarta Planetarium dan Observatorium

* sumber: jejakpiknik.com

Planetarium dan Observatorium Jakarta merupakan planetarium tertua yang berdiri pada tahun 1964, terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Planetarium Jakarta menjadi tempat wisata edukasi yang menyajikan simulasi dan pertunjukan benda-benda langit. Di sini pengunjung akan mengelilingi jagat raya untuk memahami konsep alam semesta.

Planetarium Jakarta menayangkan 9 judul film atau teater tentang tata surya secara bergantian. Tidak hanya itu, Planetarium Jakarta juga menyediakan sarana observasi benda langit melalui peneropongan secara langsung. Jadwal pertunjukan bagi perseorangan dan rombongan berbeda-beda, dan pembelian tiketnya hanya bisa dilakukan 1 jam sebelum pertunjukan.

  • Alamat : Jl. Cikini Raya No.73, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Operasional : 08.00 – 17.00
  • Tiket Masuk : Rp5.000 – Rp12.000
  • Kontak : (021) 2305 146

10. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya

Jalan-jalan ke mall, tidak hanya untuk nongkrong dan berbelanja saja, di salah satu mall ternama di Jakarta, yaitu Grand Indonesia terdapat sebuah tempat untuk mengenal budaya Indonesia dengan cara yang lebih menyenangkan di Galeri Indonesia Kaya.

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang edukasi berbasis teknologi untuk memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia. Di sini, pengunjung bisa mempelajari budaya dengan cara yang modern dan menyenangkan. Jika suka mengoleksi postcard, kamu bisa membuat postcard sendiri dengan desain batik atau tenun khas Indonesia.

  • Alamat : Jl. M.H. Thamrin No.1, Kebon Melati, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat
  • Operasional : 10.00 – 21.30
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : (021) 2358 0679

Ternyata, Jakarta Pusat memiliki banyak wisata menarik lho! Di sini kamu juga bisa belajar sejarah kemerdekaan, melihat karya seni, hingga mengenal keindahan alam Indonesia yang sangat kaya. Bagi yang berdomisili di Jakarta, libur akhir pekan tak perlu jauh ke luar kota, Jakarta Pusat juga bisa dieksplor untuk mengisi hari libur. Yuk, jalan-jalan di Jakarta Pusat!


«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram