Kunjungi 10 Tempat Wisata Paling Asyik di Jakarta Utara Yuk!

Ditulis oleh Ismi Aisah

Jakarta Utara adalah bagian dari Jakarta dengan luas wilayah 146,7 km², dengan luas wilayah tersebut tempat wisata di Jakarta Utara sangat beragam. Hampir tiap sudutnya punya cerita dan kisah yang buat menyenangkan.

Kondisi Jakarta Utara yang berbatasan dengan laut, menjadikannya memiliki tempat wisata menarik terutama wisata bahari, namun selain itu terdapat tempat wisata lainnya seperti situs bersejarah, wisata air, wisata pantai hingga wisata modern.

Tak heran kalau Jakarta Utara sangat menarik untuk dikunjungi, ingin lebih tahu tempat wisata di Jakarta Utara? Berikut 10 ulasan tempat wisata di Jakarta Utara yang paling asyik.

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

* sumber: hikari2amalia.wordpress.com

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat wisata yang menawarkan sejarah masa lampau dengan keindahannya, dan merupakan tempat terpenting di Jakarta kerena pelabuhan ini membuat Indonesia menjadi negara yang terkenal akan perdagangan rempah-rempahnya dan menjadi asal muasal terbentuknya kota Jakarta.

Tempat ini menjadi incaran para fotografer, karena pada saat matahari terbenam Pelabuhan Sunda Kelapa sangat cocok untuk foto-foto. Selain itu di pelabuhan ini kita akan melihat banyak kapal besar yang bersandar di tepi dermaga umumnya berjenis kapal pinisi yang merupakan kapal-kapal buatan anak bangsa.

  • Alamat : Jl. Maritim Raya, RT/RW 11/8 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
  • Operasional : 24 Jam
  • Tiket masuk : Rp2.500
  • Nomor telepon : 021 6928888

2. Amped Trampoline Park

Amped Trampoline Park

* sumber: phinemo.com

Bagi yang ingin berwisata dengan buah hati atau keponakan, tempat ini merupakan tempat yang cocok, Amped Trampoline Park menyediakan iasoline-trampolin dan arena main lainnya. Tempat ini sangat cocok untuk anak yang masih di usia sangat aktif tentu akan membuat anak-anak merasa betah dan senang.

Untuk yang sudah dewasa, namun ingin merasakan keseruan bermain disini, tenang trampoline di Amped Trampoline Park juga bisa digunakan untuk orang dewasa. Selain itu melompat di atas trampoline juga memberikan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

  • Alamat : Jl. Kirana Avenue No 88, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Operasional : 10.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp80.000/jam

3. Museum Bahari

Museum Bahari

* sumber: www.matain.id

Lokasi Museum Bahari tepat berada di depan Pelabuhan Sunda Kelapa, berbeda dengan museum lainnya, Museum Bahari merupakan museum yang menyimpan koleksi-koleksi yang umumnya berkaitan dengan kelautan dan kenelayanan bangsa Indonesia. Sebelum menjadi sebuah museum, dulunya bangunan ini digunakan oleh VOC sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah.

Saat memasuki museum, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam miniatur kapal jaman dahulu sampai jaman modern, terdapat pula perlengkapan pelayaran seperti jangkar, meriam, teropong dan masih banyak lagi. Disini pun kita bisa melihat cerita-cerita nelayan dan koleksi lagu-lagu nelayan. Sangat cocok buat kamu yang ingin tahu tentang laut di Indonesia.

  • Alamat :Jl Pasar Ikan No. 1 Penjaringan, Kec Penjaringan, Kota Jakarta Utara
  • Operasional : 08.00 - 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang
  • Nomor telepon: 021-6693406

4. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit

Dahulu tempat ini merupakan kawasan kumuh yang berdiri tepat di sisi waduk, hingga pemerintah menyulap tempat ini menjadi Taman Waduk Pluit yang tampil lebih cantik, keren, bersih, dan wajib dikunjungi.


Tempat ini cocok untuk piknik bersama keluarga dengan menggelar tikar di pinggir waduk, bisajuga bersantai dengan menikmati senja di sore hari ditambah dengan udara yang sejuk karena berasal dari pepohonan sekitar waduk.

  • Alamat : Jl. Pluit Timur Raya No 12, Kelurahan Pluit. Jakarta Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

5. Mangrove Angke Kapuk

Mangrove Angke Kapuk

Apalagi kamu mencari tempat yang rindang dan tenang, tempat ini sangat cocok, Mangrove Angke Kapuk adalah wisata alam yang dikelilingi pohon-pohon hijau besar salah satunya jenis pohon bakau yang akan menjernihkan mata.

Fasilitas di kawasan Mangrove ini pun sangat beragam, mulai dari disediakan tempat menginap berupa pondok kemah dan vila-vila pondok alam. Selain itu terdapat jembatan gantung yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto, untuk kuliner pun tersedia kantin lesehan yang akan mengenyangkan perut kamu.

  • Alamat : Jl. Garden House, Kamal Muara, Penjaringan. Jakarta Utara
  • Operasional : 07.00 - 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp25.000
  • Nomor telepon : 0811-1787-890

6. Alive Museum Ancol

Alive Museum Ancol

* sumber: blog.airpaz.com

Hampirsama dengan Madame Tussaud, Alive museum merupakan tempat wisata yang menyajikan patung lilin dari tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Elvis Presley, Michael Jackson bahkan artis dan aktor Korea yang sedang digandrungi oleh anak muda.

Wahana yang berasal dari Korea ini bisa di kunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa, dan selalu menampilkan berbagai keunikan bagi pengunjungnya. Saat datang kesini juga kamu bakal disuguhkan dengan berbagai spot foto yang menarik seperti spot foto 3D buat kamu yang hobi selfie dan bisa kamu unggah di media sosial.

  • Alamat : Jl. Lodan Timur No. 70, RW, 10, Ancol. Pademangan. Jakarta Utara
  • Operasional : 10.00 - 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp100.000
  • Nomor telepon : (021) 29388143

7. Jakarta Islamic Centre (JIC)

Jakarta Islamic Centre (JIC)

* sumber: duniamasjid.org

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram