Kunjungi 10 Tempat Wisata Paling Asyik di Jakarta Utara Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta Utara adalah bagian dari Jakarta dengan luas wilayah 146,7 km², dengan luas wilayah tersebut tempat wisata di Jakarta Utara sangat beragam. Hampir tiap sudutnya punya cerita dan kisah yang buat menyenangkan.

Kondisi Jakarta Utara yang berbatasan dengan laut, menjadikannya memiliki tempat wisata menarik terutama wisata bahari, namun selain itu terdapat tempat wisata lainnya seperti situs bersejarah, wisata air, wisata pantai hingga wisata modern.

Tak heran kalau Jakarta Utara sangat menarik untuk dikunjungi, ingin lebih tahu tempat wisata di Jakarta Utara? Berikut 10 ulasan tempat wisata di Jakarta Utara yang paling asyik.

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

* sumber: hikari2amalia.wordpress.com

Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat wisata yang menawarkan sejarah masa lampau dengan keindahannya, dan merupakan tempat terpenting di Jakarta kerena pelabuhan ini membuat Indonesia menjadi negara yang terkenal akan perdagangan rempah-rempahnya dan menjadi asal muasal terbentuknya kota Jakarta.

Tempat ini menjadi incaran para fotografer, karena pada saat matahari terbenam Pelabuhan Sunda Kelapa sangat cocok untuk foto-foto. Selain itu di pelabuhan ini kita akan melihat banyak kapal besar yang bersandar di tepi dermaga umumnya berjenis kapal pinisi yang merupakan kapal-kapal buatan anak bangsa.

  • Alamat : Jl. Maritim Raya, RT/RW 11/8 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.
  • Operasional : 24 Jam
  • Tiket masuk : Rp2.500
  • Nomor telepon : 021 6928888

2. Amped Trampoline Park

Amped Trampoline Park

* sumber: phinemo.com

Bagi yang ingin berwisata dengan buah hati atau keponakan, tempat ini merupakan tempat yang cocok, Amped Trampoline Park menyediakan iasoline-trampolin dan arena main lainnya. Tempat ini sangat cocok untuk anak yang masih di usia sangat aktif tentu akan membuat anak-anak merasa betah dan senang.

Untuk yang sudah dewasa, namun ingin merasakan keseruan bermain disini, tenang trampoline di Amped Trampoline Park juga bisa digunakan untuk orang dewasa. Selain itu melompat di atas trampoline juga memberikan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh.

  • Alamat : Jl. Kirana Avenue No 88, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Operasional : 10.00 – 22.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp80.000/jam

3. Museum Bahari

Museum Bahari

* sumber: www.matain.id

Lokasi Museum Bahari tepat berada di depan Pelabuhan Sunda Kelapa, berbeda dengan museum lainnya, Museum Bahari merupakan museum yang menyimpan koleksi-koleksi yang umumnya berkaitan dengan kelautan dan kenelayanan bangsa Indonesia. Sebelum menjadi sebuah museum, dulunya bangunan ini digunakan oleh VOC sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah.

Saat memasuki museum, kita akan disuguhkan dengan berbagai macam miniatur kapal jaman dahulu sampai jaman modern, terdapat pula perlengkapan pelayaran seperti jangkar, meriam, teropong dan masih banyak lagi. Disini pun kita bisa melihat cerita-cerita nelayan dan koleksi lagu-lagu nelayan. Sangat cocok buat kamu yang ingin tahu tentang laut di Indonesia.

  • Alamat :Jl Pasar Ikan No. 1 Penjaringan, Kec Penjaringan, Kota Jakarta Utara
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang
  • Nomor telepon: 021-6693406

4. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit

Dahulu tempat ini merupakan kawasan kumuh yang berdiri tepat di sisi waduk, hingga pemerintah menyulap tempat ini menjadi Taman Waduk Pluit yang tampil lebih cantik, keren, bersih, dan wajib dikunjungi.

Tempat ini cocok untuk piknik bersama keluarga dengan menggelar tikar di pinggir waduk, bisajuga bersantai dengan menikmati senja di sore hari ditambah dengan udara yang sejuk karena berasal dari pepohonan sekitar waduk.

  • Alamat : Jl. Pluit Timur Raya No 12, Kelurahan Pluit. Jakarta Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

5. Mangrove Angke Kapuk

Mangrove Angke Kapuk

Apalagi kamu mencari tempat yang rindang dan tenang, tempat ini sangat cocok, Mangrove Angke Kapuk adalah wisata alam yang dikelilingi pohon-pohon hijau besar salah satunya jenis pohon bakau yang akan menjernihkan mata.

Fasilitas di kawasan Mangrove ini pun sangat beragam, mulai dari disediakan tempat menginap berupa pondok kemah dan vila-vila pondok alam. Selain itu terdapat jembatan gantung yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto, untuk kuliner pun tersedia kantin lesehan yang akan mengenyangkan perut kamu.

  • Alamat : Jl. Garden House, Kamal Muara, Penjaringan. Jakarta Utara
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp25.000
  • Nomor telepon : 0811-1787-890

6. Alive Museum Ancol

Alive Museum Ancol

* sumber: blog.airpaz.com

Hampirsama dengan Madame Tussaud, Alive museum merupakan tempat wisata yang menyajikan patung lilin dari tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Elvis Presley, Michael Jackson bahkan artis dan aktor Korea yang sedang digandrungi oleh anak muda.

Wahana yang berasal dari Korea ini bisa di kunjungi oleh anak-anak maupun orang dewasa, dan selalu menampilkan berbagai keunikan bagi pengunjungnya. Saat datang kesini juga kamu bakal disuguhkan dengan berbagai spot foto yang menarik seperti spot foto 3D buat kamu yang hobi selfie dan bisa kamu unggah di media sosial.

  • Alamat : Jl. Lodan Timur No. 70, RW, 10, Ancol. Pademangan. Jakarta Utara
  • Operasional : 10.00 – 21.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp100.000
  • Nomor telepon : (021) 29388143

7. Jakarta Islamic Centre (JIC)

Jakarta Islamic Centre (JIC)

* sumber: duniamasjid.org

Dahulu tempat ini merupak pusat hiburan malam yang sudah sangat terkenal, kemudian lokasi ini di tutup dan dijadikan Jakarta Islamic Centre yang disingkat JIC dan menjadi pusat pendidikan islam sekaligus pusat pembelajaran.

Pusat pendidikan Islam ini menjadi kebanggaan bagi warga Jakarta Utara, dengan kemegahannya menjadikan tempat ini juga dijadikan tempat wisata yang dikunjungi pencinta wisata rohani dan sangat ramai dikunjungi utamanya di hari libur. Tempat ini pun cukup lengkap fasilitasnya diantaranya perpustakaan, tempat ibadah dan gedung pertemuan.

  • Alamat : Jl. Kramat Jaya Raya, RW 1. Tugu Utara, Kec. Koja. Jakarta Utara
  • Tiket masuk : Gratis
  • Nomor Telepon : (021) 4413069

8. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi (Dufan)

* sumber: www.suara.com

Salah satu tempat favorit semua orang adalah Dunia Fantasi yang sering disingkat Dufan dan menjadi tempat kebangaan bagi warga Jakarta Utara, tempat wisata ini lengkap dengan wahana permainan ekstrem hingga hiburan menyenangkan.

Wahana permainan yang selalu berinovasi membuat banyak masyarakat di luar Jakarta yang sering datang kembali kesini, dibalik maskotnya Kera Bekantan ternyata dahulu kawasan ini adalah kawasan kera dan menjadi pengingat bahwa satwa ini merupakan jenis satwa yang dilindungi. Saat datang kesini pastikan kondisi fisik kamu fit ya, karena banyak wahana ekstrem yang membutuhkan energi lebih.

  • Alamat : Jl. Lodan Timur No. 7, RW, 10, Ancol. Pademangan. Jakarta Utara
  • Operasional : 10.00-18.00 WIB
  • Tiket masuk : Weekday Rp 200.000, Weekend Rp 295.000
  • Nomor telepon : 0812-8799-2222

9. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung

* sumber: megapolitan.kompas.com

Si Pitung terkenal sebagai jagoan legendaris Betawi pada zaman penjajahan Belanda, dan rumah yang diyakini sebagai rumah Si Pitung dijadikan tempat wisata dengan menawarkan keunikan berupa rumah kayu panggung khas Bugis.

Dekorasi di dalam rumah Si Pitung sangat bernunsa betawi dan tempat ini dipenuhi dengan sejarah dan barang-barang yang dipakai untuk melawan penjajah Belanda. Terdapat pula patung pria yang menggunakan pakaian adat Betawi, dan saat mengunjungi tempat ini kamu akan merasakan nuansa zaman Belanda.

  • Alamat : Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing. Jakarta Utara
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 5.000
  • Nomor telepon : 0882-1424-2666

10. Waterboom Jakarta Utara

Waterboom Jakarta Utara

Selain memiliki wisata pantai, ada wisata air yang mampu menarik banyak pengunjung adalah Waterboom Jakarta Utara yang menawarkan wahana bermain air yang seru dan menyenangkan. Cocok untuk mengajak buah hati bermain air, dan cocok juga untuk orang dewasa mencoba wahana ekstrem disini.

Di tempat ini terdapat banyak pepohonan hijau yang rindang yang mampu mempersejuk suasana, saat masuk kesini kamu akan disediakan ban pelampung jadi jangan khawatir akan tenggelam ya. Banyak wahana air yang harus kamu coba satu persatu disini dan akan memacu adrenalin kamu.

  • Alamat : Jl. Pantai Indah Barat No.1 RT/7RW.2, Kamal Muara, Penjaringan. Jakarta Utara
  • Operasional : 11.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp 150.000
  • Nomor telepon : (021) 5596666

Itulah ulasan 10 tempat wisata di Jakarta Utara, wajib kamu coba salah satunya. Bila pikiran kamu sedang penat, bisa mencoba untuk datang ke Mangrove Angke Kapuk dijamin pikiran kamu akan rileks kembali. Jadi akan jelajah tempat wisata mana dulu? Masukkan kedalam list liburanmu ya dari sekarang.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *