10 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Asik untuk Liburan

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ingin berlibur tapi belum tahu harus kemana? Beberapa objek wisata di Jawa Barat ini layak kamu jelajahi. Seperti yang sudah kita ketahui kalau Jawa Barat memiliki banyak destinasi wisata, seperti wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata bersejarah.

Kali ini Keluyuran mau berbagi info 10 tempat wisata di Jawa Barat yang asik untuk jadi pilihan liburan kamu nanti. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Cukang Taneuh – Ciamis

Cukang Taneuh – Ciamis

Banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan Green Canyon. Tetapi dalam bahasa lokalnya dikenal dengan nama ”Cukang taneuh” atau jembatan tanah. Cukang Taneuh adalah sebuah jembatan alam yang lebarnya 3 km diatas sebuah sungai yang menghubungkan dua tebing.

Sungai yang mengalir di bawahnya berwarna hijau dan jernih. Tempatnya tersembunyi, dengan pepohonan disepanjang tepian sungai. Kamu juga  dapat berenang bersama ikan-ikan, atau jika kamu tidak bisa berenang, kamu bisa menyusuri sungainya dengan perahu.

  • Alamat: Jl. Raya Cijulang RT 02/RW 10 Kec. Cijulang. Kab Pangandaran, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 07.30 – 16.00 WIB (Jumat buka 13.00)
  • HTM:  Rp250.000 / perahu

2. Curug Cikaso – Sukabumi

Curug Cikaso – Sukabumi

Curug Cikaso dengan tiga alirannya tampak terlihat gagah adalah pesona yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Keindahan dari curug ini tidak boleh kamu lewatkan, dengan kolamnya yang berwarna biru kehijauan yang indah dan asri.

Selain keindahan alamnya, cerita berbau mistis yang menjadi daya tarik orang datang ke mari. Aliran curug itu memiliki nama sendiri, dan konon katanya terdapat penunggunya. Curug Asepan didiami oleh Nyi Blorong, Curug Aki oleh Prabu Siliwangi, dan Curug Meong oleh Eyang Santang.

  • Alamat: Ds. Ciniti, Kec. Surade. Kab Sukabumi, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000, jika membawa mobil Rp27.000 termasuk uang parkir

3. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

Pantai Ujung Genteng – Sukabumi

* sumber: javelineou.blogspot.com

Satu lagi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan dari Sukabumi yaitu, pantai Ujung Genteng. Pantai ini menjadi satu bagian dari Geopark Ciletuh yang telah diakui oleh UNESCO. Pantai ini pilihan yang tepat bagi yang mencari ketenangan, pantainya yang sepi dan berada di lokasi yang agak terpencil.

Perjalan yang jauh akan terbayar dengan hamparan pasir putih yang bersih, dan ombak yang bagus untuk orang yang senang berselancar. Pada Bulan Agustus kamu dapat menyaksikan kawanan penyu yang sedang bertelur, dan juga sebuah bukit dengan pemandangan perkebunan teh.

  • Alamat: Ds. Gunung Batu, Kec. Ciracap. Kab Sukabumi, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam Jam
  • HTM:  Rp10.000
  • Parkir: Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000, Bus Rp10.000

4. Pulau Biawak – Indramayu

Pulau Biawak – Indramayu

* sumber: jonestrip.blogspot.com

Jika di Indonesia timur ada Pulau Komodo, maka di Indonesia Barat ada Pulau Biawak, sebuah pulau tempat kamu akan menemukan banyak biawak. Jarak Pulau biawak dari pulau utama  sekitar 40 km, di lepas pantai utara Indramayu, sebuah pulau tak berpenghuni kecuali biawak.

Jika kamu ingin berkunjung kesana kamu harus menyewa perahu, biasanya ada agen perjalan yang menyediakan paket open trip ke pulau biawak ini. Saat kamu pertama kali datang kamu akan disambut oleh mercusuar peninggalan Hindia Belanda dan pantai pasir putih yang sudah menunggu.

  • Alamat: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu. Kab Indramayu, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam Jam
  • HTM:  Rp250.000 – Rp500.000 (Tergantung agen perjalanan)

5. Tebing Citatah – Padalarang

Tebing Citatah – Padalarang

Tebing citatah sesungguhnya adalah tempat penambangan kapur yang masih aktif hingga sekarang. Destinasi wisata ini untuk orang yang senang dengan olahraga ekstrim. Tebing Citatah ini terdiri dari 3 tebing, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan tebing Citatah 125.

Tebing Citatah tidak hanya digemari oleh pemanjat tebing dari dalam negeri, tetapi diminati juga oleh pemanjat dari mancanegara. Jika kamu tertarik untuk memanjat kamu harus mendapat izin terlebih dahulu, terutama tebing 48 karena ada dalam pengawasan Kopassus.

  • Alamat: Bojongloa, Kec. Cipatat. Kab Bandung Barat, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB (Hanya di akhir pekan)
  • HTM:  Gratis

6. Situs Gunung Padang – Cianjur

Situs Gunung Padang – Cianjur

Situs Megalitikum yang terletak di ketinggian 885 mdpl ini masih menjadi misteri bagi sebagian peneliti. Uji karbon yang telah dilakukan pada batuan yang ada di Gunung Padang di Cianjur ini menunjukan kalau situs ini lebih tua dari Piramid Giza, menjadikan tempat ini adalah piramid tertua di dunia.

Bagi masyarakat setempat gunung ini telah dianggap keramat, dan anggap sebagai petilasan Prabu Siliwangi. Misteri yang menyelimutinya menjadi daya tarik bagi orang untuk mengunjunginya. Jika kamu berdiri di puncaknya kamu akan merasakan ketenangan, dan menyelami kemisteriusannya.

  • Alamat: Ds. Karyamukti, Kec. Campaka. Kab Cianjur, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 06.00 – 18.00 WIB
  • HTM:  Rp6.000

7. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan – Garut

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan – Garut

Jika kamu memiliki hobi berkemah, TWA Gunung Papandayan Garut mungkin bisa jadi pilihan untuk kamu jelajahi. TWA Gunung Papandayan menawarkan banyak spot untuk kamu eksplorasi, dari kawah gunung, dan kamu juga bisa menikmati hamparan bunga Edelweiss sambil melihat sunrise.

Satu tempat yang unik lainnya adalah spot hutan mati, kamu bisa melihat sisa pepohonan yang mati akibat letusan gunung berapi. Jika kamu merasa lelah, TWA Gunung Papandayan juga menawarkan fasilitas kolam renang air panas alami dengan panasnya sekitar 30 derajat celsius.

  • Alamat: Ds. Karamatwangi, Kec. Cisurupan. Kab Garut, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM:  Weekday Domestik Rp20.000, Mancanegara Rp.200.000/ Weekend Domestik Rp30.000, Mancanegara Rp300.000

8. Situ Gunung – Sukabumi

Situ Gunung – Sukabumi

Jika kamu perlu suasana yang nyaman dan tenang, Situ Gunung bisa jadi tempat yang kamu butuhkan. Keindahan alam yang terletak di pegunungan dengan ketinggian 850 mdpl, menawarkan pemandangan pepohonan dari jembatan yang melintang dengan panjang untuk kamu coba jajaki.

Jembatan yang memiliki panjang 250 meter dengan lebarnya 2 meter, dan tingginya 150 meter, layak kamu coba untuk yang menyukai tantangan, tidak perlu khawatir jembatan ini cukup aman. Lalu ada juga keindahan pemandangan yang disuguhkan oleh hutan dan danaunya.

  • Alamat: Ds. Sukamanis, Kec. Kadudampit. Kab Sukabumi, Prov. Jawa Barat
  • Telp: 0857-9348-9040
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Weekday Rp16.500, Weekend Rp18.500

9. Taman Bunga Nusantara – Cianjur

Taman Bunga Nusantara – Cianjur

Pada Tahun 1992 Taman Bunga dibangun atas prakarsa ibu Dani Bustanil Arifin. Taman bunga ini berlokasi di pegunungan yang tidak jauh dari Gunung Gede, sehingga kamu juga dapat menikmati udara yang segar pegunungan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Keindahan dari taman bunga ini, menjadikan taman ini kerap dijadikan tempat untuk melakukan prewedding. Ada banyak tema taman yang mungkin cocok untuk tema prewedding yang kamu inginkan di Taman Bunga Nusantara ini.

  • Alamat: Jl. Mariwari Km 7, Ds. Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi. Kab Cianjur, Prov. Jawa Barat
  • Telp: +62-263-581-617 / +62-263-581-618
  • Jam buka: 08.00 -17.00 WIB
  • HTM: Rp40.000

10. Curug Leuwi Lieuk – Bogor

Curug Leuwi Lieuk – Bogor

Jika kamu hobi bermain air atau berenang, destinasi wisata di Curug Leuwi Lieuk ini patut kamu coba. Kamu akan ditawari dengan air kolamnya yang berwarna kehijauan dan jernih, yang diapit oleh dua tebing yang tinggi. Jika kamu berani terdapat 3 spot untuk kamu terjun dari ketinggian.

Untuk yang tidak bisa berenang, tidak di sarankan untuk melompat dari ketinggian. Semakin ketengah kedalam kolam yang ada curug ini bisa mencapai 4 meter. Pengelola tidak menyediakan perlengkapan pelampung bagi kamu yang tidak bisa berenang, jadi kamu harus membawanya sendiri.

  • Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamakmur. Bogor, Prov. Jawa Barat
  • Jam buka: 06.00 -18.00 WIB
  • HTM:  Rp10.000

Jawa Barat banyak menghadiahi kita dengan keindahan alamnya. Dari keindahan pegunungan, pantai hingga keindahan curug-curugnya yang begitu banyak. Masih banyak keindahan alam yang  harus kamu jelajahi di Jawa Barat karena pesonanya tidak kalah dari wisata di luar negeri. Hanya butuh keseriusan agar objek-objek  wisata itu dapat dikelola dengan baik. Yuk, liburan di Jawa Barat!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *