10 Tempat Wisata di Jember yang Harus Anda Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak ada yang pernah menyangka bahwa sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Timur, seperti Jember, menyimpan kekayaan alam yang begitu mengagumkan. Ya, Jember memiliki banyak objek wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Bahkan, sebuah acara jalan-jalan ternama yang tayang di salah satu stasiun televisi lokal pun pernah mengeksplor beberapa tempat wisata di Jember.

Nah, Anda sendiri pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui tempat wisata populer apa saja yang ada di Jember, bukan? Kali ini Keluyuran akan mengulas berbagai tempat wisata di Jember tersebut sebagai referensi bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke kota ini dalam waktu dekat.

10 Tempat Wisata Menarik di Jember

1. Pantai Paseban

Pantai Paseban

Jember memang terkenal dengan pantai-pantainya yang mempesona. Salah satu pantai yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda berkunjung ke Jember adalah Pantai Paseban. Letak pantai ini sejauh 52 KM di sebelah barat laut Kota Jember.

Pantai ini cukup spesial, karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Akan tetapi, pantai ini tidak memiliki ombak yang terbilang tenang. Oleh karena itu, banyak sekali wisatawan yang mencoba berenang di tepi pantai.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Pantai Paseban adalah pasir putihnya yang sangat bersih dan air lautnya yang amat jernih. Jika Anda ingin bersantai sembari mencari ketenangan dengan memandang keindahan pantai dan air laut yang menyejukkan mata, Anda bisa mengunjungi Pantai Paseban ini.

2. Pantai Puger

Pantai Puger tempat wisata di jember

Nah, pantai yang satu ini bisa dibilang sebagai destinasi pariwisata yang mayoritas pengunjungnya adalah anak-anak muda. Ya, di Pantai Puger ini memang banyak terdapat pengunjung yang merupakan anak-anak muda dari Jember.

Akan tetapi, pantai ini bisa dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia, lho. Keistimewaan dari Pantai Puger ini adalah tempat pelelangan ikan yang menjual berbagai jenis ikan-ikan segar yang baru saja ditangkap oleh para nelayan sekitar.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Cagar Alam Puger Watangan yang masih berada di sekitar pantai. Di cagar alam ini, Anda dapat melihat sumber air kucur yang merupakan daya tarik dari Cagar Alam Puger Watangan.

3. Pantai Papuma

pantai terindah di jawa timur Papuma Jember

Di urutan selanjutnya, kita berjumpa dengan sebuah pantai eksotis yang sangat terkenal di Jember, yaitu Pantai Papuma. Pantai yang berada di pesisir pantai selatan ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Daya tarik dari Pantai Papuma ini berasal dari batu-batu karang yang ada di tengah laut.

Konon, jika air sedang surut, maka pengunjung pantai ini bisa melihat Goa Lawa, yakni sebuah goa yang hanya dapat terlihat ketika air laut sedang surut. Nah, tertarik untuk mengunjungi salah satu pantai terindah di Jawa Timur ini? Segera rencanakan perjalanan Anda ke Pantai Papuma yang ada di Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember.

4. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

* sumber: www.jejakpiknik.com

Apakah Anda merupakan pecinta watersport? Jika ya, cobalah untuk berkunjung ke Pantai Bandealit. Salah satu tempat wisata di Jember ini memang sangat terkenal dengan olahraga airnya. Wisatawan bisa melakukan surfing atau speedboat. Namun, jika Anda tidak bisa melakukan kedua olahraga tersebut, Anda bisa berkano dengan teman-teman.

Menurut para pelancong yang pernah mengunjungi pantai ini, Pantai Bandealit masih tergolong natural dan belum banyak terjamah oleh tangan-tangan manusia. Selain itu, di sini juga terdapat Green House yang menjadi tempat budidaya anggrek. Di sekitar Pantai Bandealit terdapat pula penangkaran rusa yang bisa dikunjungi oleh wisatawan umum.

5. Tiara Waterpark

Tiara Waterpark

Setiap anak-anak tentu akan sangat senang jika diajak ke sebuah taman wisata bermain air yang memiliki berbagai wahana yang seru dan menyenangkan. Saat sedang di Jember, ajaklah buah hati Anda untuk berkunjung ke Tiara Waterpark.

Objek wisata yang satu ini memiliki papan seluncur panjang yang memang menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat para wisatawan. Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Tiara Waterpark yang asalnya tidak hanya dari Jember saja. Lokasi dari Tiara Waterpark ini tidak terlalu jauh dari Universitas Jember, yakni kira-kira sekitar 2 KM saja.

6. Pemandian Kebon Agung

Pemandian Kebon Agung

Satu lagi tempat berenang yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga ketika Anda berkunjung ke Jember. Lokasi pemandian ini ada di Kebon Agung, Kaliwates, Jember. Satu hal yang menarik dari Pemandian Kebon Agung ini adalah di sekitar pemandian banyak terdapat pepohonan hijau yang rimbun sehingga semakin menambah sejuk suasana di sekitarnya.

Di sini, ada dua buah kolam renang yang airnya langsung berasal dari sumber mata air Watu Remuk. Jadi, dapatkah Anda membayangkan betapa segarnya tubuh kita ketika berang di sini? Di sekitar lokasi Pemandian Kebon Agung juga banyak terdapat penginapan atau rumah makan.

7. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo

Watu Ulo adalah bahasa jawa yang artinya adalah Batu Ular. Sekilas nama pantai ini terdengar menyeramkan. Akan tetapi, pantai ini tak kalah indah dengan dua pantai yang sebelumnya kok. Mengapa diberi nama Watu Ulo? Karena di tengah laut terdapat bebatuan yang berjajar menyerupai ular. Batu ini tersebar dari pesisir pantai hingga ke tengah laut.

Overall, panorama yang ditawarkan oleh Pantai Watu Ulo ini mampu membuat Anda berdecak kagum. Jika Anda berkunjung ke Pantai Watu Ulo pada saat lebaran, Anda akan menemukan sebuah tradisi menarik yang dilakukan oleh masyarakat sekitar, yakni menghanyutkan sesaji ke tengah laut. Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur manusia terhadap alam.

8. Air Terjun Tancak Jember

Air Terjun Tancak Jember

Tak butuh waktu lama untuk mencapai air terjun ini jika Anda berkemudi dari pusat Kota Jember. Karena jarak antara Air Terjun Tancak dan Kota Jember hanya sekitar 16 Km saja, maka Anda hanya perlu menempuh jalur darat selama 30 menit.

Air Terjun ini berada di Desa Suci. Sesampainya di desa tersebut, Anda harus berjalan kaki sejauh 3 Km untuk sampai di air terjun. Meskipun cukup jauh, akses ke air terjun ini cukup aman dan tidak berbahaya. Rasa letih karena berjalan kaki akan segera terbayarkan ketika Anda menyaksikan keindahan air terjun setinggi 82 meter ini.

9. Taman Botani

Taman Botani

Tempatnya memang tidak seluas Kebun Raya Bogor, tetapi Taman Botani di Jember ini memiliki 300 jenis taman. Taman ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang beredukasi. Para orang tua bisa mengajak anak-anaknya ke sini untuk mengenalkan berbagai jenis tumbuhan. Refreshing sembari belajar adalah cara yang tepat untuk menambah wawasan si kecil.

Selain tumbuhan, kita juga bisa melihat hewan-hewan yang berada di sekitar taman ini, mulai dari rusa, burung cendrawasih, burung merpati, dan kalkun. Taman Botani ini terletak 11 Km dari sebelah barat alun-alun Kota Jember.

10. Puncak Rembangan

Puncak Rembangan

Berlibur ke puncak adalah ide yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur nasional. Warga Jember dan sekitarnya biasa mengunjungi Puncak Rembangan pada saat weekend atau tanggal merah. Anda akan berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut ketika berada di Puncak Rembangan ini.

Pemandangan di siang hari cukup mengagumkan, tetapi pemandangan malam hari dari Puncak Rembangan ini lebih mempesona. Pasalnya, Anda akan melihat kelap-kelip lampu dari Kota Jember yang bersinar bak kunang-kunang.

Sebagai teman untuk bersantai menikmati udara sejuk di Puncak Rembangan, Anda bisa memesan pisang keju, jagung, bakar, dan wedang jahe dari kedai yang ada di sekitar puncak. Dijamin, perjalanan wisata Anda akan sangat berkesan.

Tempat Wisata di Jember Lainnya

Belum puas dengan 10 tempat wisata di atas? Tenang saja, kami masih punya beberapa tempat rekomendasi lainnya yang wajib dikunjungi saat berada di Jember. Berikut daftar lengkapnya:

11. Kebun Teh Gunung Gambir

Kebun Teh Gunung Gambir

* sumber: tempatwisatajember.blogspot.co.id

Pesona pantai-pantai di Jember memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, tempat wisata di Jember tidak melulu harus pantai. Kebun teh yang cantik dan asri juga bisa menjadi tempat wisata yang menyenangkan saat Anda berada di Jember.

Adalah Kebun Teh Gunung Gambir yang terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Jember. Keindahan hamparan kebun teh di sini berpadu dengan udara sejuk khas pegunungan sehingga membuat banyak wisatawan betah berada di sini. Di sekitar kebun teh juga ada penginapan, jogging track, dan camping ground yang dapat melengkapi liburan Anda kali ini.

12. Air Terjun Antrokan Manggisan

Air Terjun Antrokan Manggisan

* sumber: ksmtour.com

Selain pantai, tempat wisata di Jember juga didominasi dengan air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Antrokan Manggisan. Air terjun tersembunyi ini masih sangat asri. Lingkungan di sekitar air terjun juga masih alami, sehingga wisata ke Air Terjun Antrokan Manggisan ini lebih cocok bagi Anda yang senang berpetualang.

Tinggi air terjun ini adalah 15 meter. Udara sejuk di sekitar air terjun juga membuat semua orang betah berada di sini. Apalagi air di sungai yang berada di bawah air terjun juga jernih sehingga kita bisa bermain air di sini.

13. Pantai Payangan

Pantai Payangan

* sumber: www.brobali.com

Kriteria pantai yang cantik tidak harus selalu yang memiliki pasir putih. Pantai yang tidak memiliki pasir putih seperti  Pantai Payangan ini juga bisa menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Walaupun tidak terlalu terkenal seperti Papuma dan Watu Ulo, Pantai Payangan ini sangat worth untuk dikunjungi.

Pantai Payangan memiliki air laut yang biru kehijauan. Yang membuat pantai ini semakin terlihat eksotis adalah perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Kita bisa menikmati keindahan pantai sambil mengambil foto dari atas bukit hijau tersebut.

14. Pemandian Patemon

Pemandian Patemon

Cari tempat wisata di Jember yang bisa dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga? Yuk, datang ke Pemandian Patemon. Pemandian ini berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sini sangat sejuk khas pegunungan. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 30 KM dari Kota Jember untuk menuju ke tempat wisata ini.

Sumber air yang dipakai untuk mengisi kolam di pemandian ini berasal dari mata air yang terletak di lereng Pegunungan Argoporo. Airnya yang dingin alami bisa membuat tubuh terasa segar setelah berenang di sana. Pemandian Patemon selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan atau hari libur nasional.

15. Situs Duplang

Situs Duplang

* sumber: www.indonesiakaya.com

Bagi Anda yang suka berwisata sejarah, Situs Duplang adalah tempat wisata yang cocok untuk Anda. Di tempat ini banyak peninggalan jaman kuno yang diduga usianya sudah mencapai ribuan tahun. Temuan di Situs Duplang ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke 4 masehi.

Lokasi Situs Duplang sendiri berada di ketinggian 270-290 meter di atas permukaan laut dengan luas lahan sekitar 12 Ha. Adapun peninggalan dari jaman megalitikum yang bisa Anda jumpai di sini adalah kubur batu, batu kenong, dan menhir.

Secara keseluruhan, tempat wisata di Jember yang diulas oleh Keluyuran ini memang tidak jauh dari panorama alam. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Jember ini, Anda bisa refreshing sekaligus mengagumi keindahan alam yang ada di sekitar kita.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *