Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jeneponto, Sulawesi Selatan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jeneponto mungkin bukalah destinasi wisata utama dari Sulawesi Selatan, tetapi potensi wisata alamnya cukup menjanjikan. Wilayah Jeneponto yang terdiri dari wilayah dataran tinggi dan juga pesisir tentunya menawarkan beragam wisata alam yang menarik. Wisata air terjun dan juga wisata pantai tentunya menjadi satu wisata yang ditawarkan dari Jeneponto.

Jeneponto memiliki banyak wisata air terjun. Sayangnya, hanya baru beberapa saja yang dikenal dengan baik. Lalu ada juga wisata perbukitan yang hijau nan asri yang memesona.

Berikut ini adalah beberapa wisata di Kabupaten Jeneponto yang menarik untuk dikunjungi, yang juga penuh dengan tantangan yang cocok untuk para petualang.

Baca juga: 10 Makanan Khas Bantaeng, Kuliner Lezat dari Sulawesi Selatan

1. Pulau Libukang

Pulau LibukangSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Bontorannu, Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp30.000

Pulau Libukang dikenal juga dengan nama Pulau Harapan, memiliki luas sekitar 5 km2. Panorama yang indah adalah daya tarik yang ditawarkan dari Pulau Libukang ini.

Pasir pantai di Pulau Libukang berwarna putih dan juga lembut. Air lautnya yang berwarna pirus, serta pulaunya dihiasi dengan pohon kelapa yang melambai-lambai ditiup angin.

Jika ingin mengunjungi pulau nan eksotis ini pengunjung harus menempuhnya dengan perahu, dengan perkiraan waktu sekitar 15-20 menit dari Pelabuhan Biringkassi yang berada di Kabupaten Pangkep.

Di pulau ini selain menikmati keindahan pantai dan air lautnya yang jernih, pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah dari makam leluhur yang ada di pulaunya.

2. Bukit Bosolo

Bukit BosoloSumber: instagram.com
  • Alamat: Jl. Bontomanai, Ds. Ramba, Kec. Rumbia, Kab Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

Pemandangan hijau dan air terjun tampak cantik saat kamu memandangnya dari Bukit Bosolo. Pemandangan cantik dari ketinggian bukit merupakan daya tarik yang membuat para pengunjung menyambangi bukit ini.

Pengunjung harus melakukan trekking terlebih dahulu untuk dapat menikmati cantiknya pemandangan hijau dari perbukitannya serta air terjun Tama’lulua dari kejauhan.

Perjalanan yang kamu tempuh menuju tempat ini dari Kota Makassar sekitar 3 jam. Walaupun cukup jauh, tetapi panorama yang cantik dari bukit ini sayang untuk dilewatkan.


Berkunjung ke Bukit Bosolo kamu akan mendapatkan keindahan bukitnya sendiri sekaligus dengan air terjunnya. Pengunjung biasanya akan berswafoto dengan menjadikan air terjun sebagai latarnya.

3. Air Terjun Tama’lulua

Air Terjun Tama’luluaSumber: sonora.id
  • Alamat:Jl. Bontomanai,Ds. Ramba, Kec. Rumbia, Kab Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 09.00 -17.00 WITA
  • HTM: Rp2.000

Air Terjun yang berada di Desa Ramba Ini memang akan sangat terlihat indah saat pengunjung melihatnya dari Atas Bukit Bosolo. Air yang tercurah menuruni tebingnya terlihat megah dengan alirannya yang cukup deras.

Alam sekitar air terjun ini masih alami tak banyak terjamah manusia. Pengunjung memerlukan alas kaki yang pas, karena medannya cukup menantang.

Jika tertarik mengunjungi air terjun Tama’lulua, sebaiknya mengunjunginya di saat musim kemarau sehingga jalur yang dilalui menuju Air terjunnya tidak terlalu sulit.

Jika kamu tidak ingin berbasah-basahan, kamu cukup menaiki Bukit Bosolo saja untuk melihat keindahan air terjun Tama’Lulua dari ketinggian. Air terjunnya terlihat indah seolah-olah membelah hutan yang ada.

4. Air Terjun Boro

Air Terjun BoroSumber: instagram.com
  • Alamat: Dsn. Boro, Ds. Tompobulu, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Air Terjun Boro merupakan destinasi wisata yang masih sangat alami karena belum banyak dikunjungi. Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 20 – 30 meter, dengan aliran air yang deras.

Air terjun yang satu ini sangat pas untuk orang-orang yang senang dengan kegiatan petualangan. Hal itu karena akses menuju air terjun ini harus melalui tebing yang curam yang menjadikannya terasa menegangkan.

Lelahnya perjalanan dapat kamu hilangkan dengan mandi di bawah guyuran air terjunnya. Seluruh badan akan terasa seperti sedang dipijit.

Indah dan segar dari air terjunnya harus kamu coba saat berkunjung ke Jeneponto. Jika tertarik mengunjungi air terjunnya, siapkan stamina yang prima mengingat medannya cukup sulit.

5. Bukit Sinalu Bulu Jaya

  • Alamat: Jl. Bulu Jaya, Ds. Bulu Jaya, Kec. Bangkala, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

Bukit hijau dari Bukit Sinalu Bulu jaya ini akan mengingatkan pengunjung pada bukit Teletubbies. Lanskap perbukitan dengan hamparan rumput yang hijau terlihat cantik dan memesona. Pesona Bukit ini memerlukan sedikit tenaga ekstra disebabkan akses jalannya belum terlalu bagus.

Akses jalan menuju bukit ini memiliki banyak lubang serta belum terlalu mulus, tetapi dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Hamparan bukit hijau ini hanya ditumbuhi beberapa pohon saja sehingga di siang hari akan sangat terasa terik. Berkunjung ke tempat ini tentunya tidak lengkap tanpa berswafoto dengan latar hamparan hijau perbukitan Sinalu Bulu Jaya.

6. Air Terjun Pelangi Lembah Impian (Malulua Rumbia)

Air Terjun Pelangi Lembah Impian (Malulua Rumbia)Sumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Bontomanai, Kec. Rumbia, Kab Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Satu lagi Air terjun yang pas untuk jiwa-jiwa petualang, yaitu air terjun Pelangi Lembah Impian yang berada di Desa Bontomanai. Air Terjun Pelangi diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 80 – 100 meter, dengan air yang jernih dan juga debit air yang deras.

Tak heran jika tempat ini memikat para petualang untuk datang mengunjungi air terjun yang dipenuhi batuan besar ini. Para petualang tentunya tertantang untuk mencoba mengeksplorasi air terjun yang satu ini. Selain keindahan air terjunnya, hal menarik lain adalah jalur menuju air terjunnya yang cukup curam.

Air terjun ini berada di sebuah lembah yang berada di dataran tinggi sehingga pengunjung disarankan mengenakan alas kaki yang sesuai dengan medan yang akan dilalui.

7. Lembah Hijau Rumbia Resort

Lembah Hijau Rumbia ResortSumber: efenerr.com
  • Alamat: Jl. Tompobulu, Dsn. Boro, DS. Tompobulu, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • HTM:Rp10.000

Jika kamu mencari tempat yang sejuk, asri, dan menyegarkan maka tempat yang satu ini dapat dijadikan pilihan selain pergi ke air terjun. Lembah Hijau Rumbia Resort menawarkan pemandian alam yang dapat digunakan pengunjung untuk berendam juga berenang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram