10 Tempat Wisata Musim Dingin di Jepang yang Menyenangkan

Ditulis oleh Randi Mulyadi

Jepang kini telah menjadi negara favorit untuk dikunjungi wisatawan Indonesia. Banyak alasan yang membuatnya untuk dikunjungi. Kamu pun pasti punya, kan?

Beberapa alasannya antara lain, keragaman budaya, keindahan alam, taman wisata buatan, dan musim dingin. Musim dingin? Ya, Jepang punya musim dingin yang otomatis membuatnya punya salju. Sementara di Indonesia, musim hanya ada dua.

Kamu ingin nggak berlibur musim dingin di sana? Kalau mau atau sudah ada rencana, sebaiknya kunjungi 10 wisata musim dingin ini di Jepang. Dari sekian banyaknya kegiatan, Keluyuran telah merangkumnya untuk kamu.

1. Sapporo Snow Festival

Sapporo Snow Festival

* sumber: www.insidejapantours.com

Satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat musim dingin di Jepang adalah Sapporo. Kota kecil yang berada di Hokaido ini punya festival musim yang bernama Sapporo Snow Festival. Festival musim dingin ini yang berlangsung selama 7 hari penuh. Tak hanya itu, festival itu pun tidak terpusat di satu titik saja. Melainkan tersebar di beberapa titik.

Kegiatan tahunan ini merupakan yang terbesar di Jepang. Telah rutin diadakan sejak tahun 1950.

Satu yang paling terkenal adalah banyaknya patung dan benda-benda lain yang dibangun dari es. Ukurannya mulai dari yang terkecil hingga paling besar. Kamu bakalan dibuat takjub dengan detail mahakarya tersebut. Pahatan-pahatan itu kemudian dikompetisikan. Pembuatnya tidak hanya berasal dari Jepang, tapi berasal dari berbagai negara.

Titik terbaik untuk kamu agar puas dengan festival ini adalah Sapporo TV Tower yang terletak di timur taman Odori. Tempat ini akan dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 22.00 waktu Jepang. Untuk masuknya, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar 720 yen per orang.

Selain pameran patung-patung tadi, kamu juga bisa menikmati sejumlah kuliner, kerajinan, dan lainnya yang dijajakan di sana. Untuk menikmatinya, biasanya festival ini diadakan pada dua minggu pertama bulan Februari.

2. Shirakawa-Go

Shirakawa-Go

* sumber: en.blog.kkday.com

Setelah festival musim dingin di Sapporo, kamu bisa berkunjung di Shirakawa Go. Ini adalah sebuah tempat yang berada di Desa Shirakawa. Tempatnya ada di pegunungan dan terletak di aliran lembah Shogawa. Tempat ini merupakan yang paling besar memiliki curah hujan salju di negara Sakura.

Kalau Sapporo punya pahatan-pahatan dari es, di sini kamu akan menikmati pemandangan desa yang menakjubkan. Rumah-rumah warga setempat yang masih berbentuk rumah tradisional atau disebut gassho-zukuri menjadi daya tarik utama. Katanya, rumah-rumah di sana ada yang telah bertahan selama lebih dari 100 tahun. Bahkan ada yang mengatakan ada rumah berusia 4 abad.

Gassho-zukuri sendiri mempunyai bentuk atap meruncing, dengan derajat kemiringan yang tinggi dan mempunyai ukuran besar. Kemiringan itu sengaja dibuat untuk menahan salju tebal sehingga tidak merusak atap. Biasanya, orang Jepang akan mengganti atap tersebut dalam jangka waktu 20 tahun.


Apabila berkunjung ke sana, ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari menginap, berendam air panas di Onsen, dan berkeliling desa.

Saking unik dan dianggap sebagai kebudayaan, Shirakawa Go telah diakui UNESCO sehingga gassho-zukuri terus dipelihara dan dilestarikan.

3. Gala Yuzawa Snow Resort

Gala Yuzawa Snow Resort

* sumber: enjoyniigata.com

Gala Yuzawa Snow Resort adalah tempat yang sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba bermain ski. Yuzawa memiliki ketinggian sekitar 1,181 meter di atas permukaan laut. Meski tinggi, kamu tidak usah khawatir untuk mencapai puncaknya, di sana ada kereta gantung yang terhubung langsung dengan stasiun di bawah.

Untuk bermain ski, kamu akan dikenakan tarif kurang lebih sebesar 550 ribu untuk orang dewasa. Sementara anak-anak, harganya setengah dari itu. Biaya itu sudah termasuk biaya naik gondola menuju atas gunung.

Selain bermain ski dan snowboard, kamu bisa berendam di pemandian kolam air panas dan mengelilingi area gunung. Hanya saja, jangan sampai lebih dari jam 5 sore, ya. Yuzawa beroperasi mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

4. Niseko

Niseko

* sumber: www.niseko.ne.jp

Niseko terletak di Pulau Hokkaido. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan saat musim dingin. Daya tariknya adalah bermain ski, berendam air panas, dan pemandangan alamnya yang begitu memesona. Apalgi di danau air panas Oyonuma.

Untuk bermain ski, kamu bisa pergi ke Niseko Gramd Hirafu Ski. Resort ini adalah yang terbesar di sana. Untuk tiket masuk terbilang mahal. Kamu harus membayar sebesar 4.700 yen atau kurang lebih 600 ribuan rupiah selama 8 jam. Itu pun belum termasuk peralatan ski dan tiket gondola.

5. Takaragawa Onsenkaku

Takaragawa Onsenkaku

* sumber: id.pinterest.com

Ketika musim dingin tiba, apalagi yang paling enak selain berendam air panas. Onsen atau tempat pemandian air panas di Jepang bisa ditemukan di berbagai tempat. Salah satunya adalah Takaragawa Onsenkaku. Bedanya dari tempat lain, di sini kamu akan berendam dengan air panas di ruang terbuka. Jadi, pemandangan di sekelilingmu adalah alam yang bersalju.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram