Keluyuran / Wisata Jepang / 6 Destinasi Liburan Musim Gugur yang Mengesankan di Jepang

6 Destinasi Liburan Musim Gugur yang Mengesankan di Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Musim gugur di Jepang dimulai pada pertengahan September dan berlangsung hingga Desember. Itulah yang membuat musim gugur di Jepang istimewa karena negara ini akan menikmati musim gugur sekitar total tiga bulan dan warna-warni yang cerah itu bisa dilihat hingga lima minggu.

Daun maple Jepang dikenal memiliki warna merah tua, sementara pohon-pohon musim gugur lainnya menyajikan nuansa kuning, emas, oranye, dan coklat. Di beberapa daerah, kusamomiji atau dikenal juga sebagai rumput musim gugur, menyambut jajaran pepohonan dengan warna merah menyalanya. Selama musim gugur cuaca di Jepang juga sangat menyenangkan.

Menghabiskan liburan musim gugur di Jepang benar-benar sangat memanjakan mata karena tak ada satupun tempat yang tak layak untuk dikunjungi. Bahkan di kota-kota besar pun, taman-taman kota memungkinkan pengunjung menyaksikan keindahan warna dari ribuan pohon.

Jika kamu butuh rekomendasi tempat berlibur musim gugur yang sangat berkesan, Keluyuran akan membahas tempat yang layak kamu kunjungi selama musim gugur di Jepang.

1. Arashiyama, Kyoto

Arashiyama

* sumber: japanbyjapan.com

Salah satu tempat terkenal di Kyoto, Arashiyama, adalah sebuah distrik  yang terletak di pinggiran kota. Arashiyama menawarkan pemandangan pegunungan berhutan yang diselimuti oleh pohon-pohon beraneka warna. Arashiyama juga memiliki kuil-kuil yang bisa kamu kunjungi.

Arashiyama terkenal akan hutan bambunya. Salah satu ujung kuil Tenryuji merupakan jalan masuk menuju hutan bambu yang terkenal di dunia. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Arashiyama.

Selain itu, kamu juga bisa berlayar sambil menyusuri Sungai Katsura. Destinasi wisata ini mungkin merupakan salah satu bagian tersibuk di Arashiyama. Di sini pengunjung berseliweran dan banyak pedagang kaki lima menjual makanan ringan dan suvenir. Kamu bisa menikmati pemandangan daun yang berwarna-warni sambil berlayar di sungai.

Puncak keindahan musim gugur dapat kamu nikmati pada pertengahan sampai akhir bulan November. Arashiyama terletak di Prefektur Kyoto. Untuk menuju Arashiyama, dari Stasiun Kyoto, kamu dapat menggunakan Japan Rail Pass. Naik JR San-In atau JR Sagano Line ke Stasiun Saga-Arashiyama. Perjalanan kereta berlangsung sekitar 20 menit.

2. Taman Rikugien, Tokyo

Taman Rikugien

* sumber: jw-webmagazine.com

Taman Rikugien terletak di pusat kota Tokyo. Tempat ini populer sepanjang tahun tetapi musim gugur adalah saat taman berada di puncak keindahannya. Rikugien dibangun pada tahun 1700-an untuk Tokugawa Shogun. Taman ini sangat besar sehingga dibutuhkan setidaknya satu jam untuk menjelajah dengan berjalan kaki.

Taman ini dibuat dengan gaya taman untuk berjalan-jalan di zaman Edo. Populasi pohon maple yang lebatlah yang menjadikan taman ini lokasi musim gugur yang mengesankan.

Pengunjung biasanya mengunjungi taman ini di antara bulan November dan Desember. Mereka akan berjalan di sekitar jalan taman untuk mengagumi pohon-pohon yang menjulang tinggi saat mereka berubah dari hijau menjadi warna merah, oranye dan emas.

Di pertengahan November dan Desember, taman ini juga menyelenggarakan acara iluminasi tahunan di malam hari saat pengunjung dapat menikmati warna musim gugur setelah matahari terbenam. Taman ini terletak di 6 Chome-16- 3 Honkomagome, Bunkyo City, Tokyo.

Stasiun terdekat dengan Rikugien Garden adalah Stasiun Komagome dari JR Yamanote Line atau Tokyo Metro Namboku Line. Dari Stasiun Tokyo, kamu harus naik JR Yamanote Line menuju Ueno dan Ikebukuro dan turun di Komagome. Berjarak 7 menit berjalan kaki dari stasiun ke Taman Rikugien.

3. Taman Nasional Daisetsuzan, Hokkaido

Taman Nasional Daisetsuzan

* sumber: hokkaido-sightseeing.com

Taman Nasional Daisetzuzan adalah salah satu tujuan hiking terkenal dan terbaik di Jepang. Taman nasional di pusat Hokkaido ini adalah tempat yang ideal untuk menikmati alam Hokkaido yang alami. Di tempat ini dedaunan musim gugur pertama kali muncul di Jepang setiap tahunnya. Biasanya pejalan kaki menjelajahi taman ini sekitar pertengahan September hingga pertengahan Oktober.

Taman besar ini dibagi menjadi beberapa area. Tiap area memiliki pemandangan luar biasa yang dijamin membuat kamu terkesan. Daerah di sekitar Gunung Asahi-dake, yaitu gunung tertinggi di Hokkaido, menyajikan pemandangan yang cukup menakjubkan.

Kamu harus mengunjungi taman nasional ini untuk merasakan hutan belantara yang belum terjamah di kawasan ini, terutama daerah-daerah seperti Gunung Asahi, Sounkyo, Ginsendai, Kogen onsen, dan Gunung Kurodake.

Terletak di utara taman nasional Daisetsuzan, Sounkyo adalah sebuah kota resor sumber air panas, yang adalah tempat yang ideal untuk melihat dedaunan musim gugur di pertengahan bulan Oktober. Jika kamu tak bisa melihat warna musim gugur di akhir September di Asahidake, kamu bisa pergi ke Sounkyo.

Selain menawarkan pemandangan hutan belantara yang masih alami di Hokkaido, taman ini juga menawarkan sejumlah kegiatan mulai dari trekking jarak jauh hingga berendam di pemandian air panas.

Taman nasional Daisetzuan terletak di distrik Kamikawa, Hokkaido. Titik masuk paling populer adalah kota Asahikawa di barat laut taman nasional. Penyewaan mobil tersedia di Bandara Asahikawa dan di pusat Asahikawa serta bandara dan kota-kota besar lainnya di Hokkaido.

4. Danau Kawaguchi, Prefektur Yamanashi

Danau Kawaguchi

* sumber: highlightfinder.toocooljapan.com

Danau Lima Fuji atau Fuji Five Lakes menggambarkan lima danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, yaitu Danau Kawaguchi, Danau Motosu, Danau Yamanaka, Danau Saiko, dan Danau Shoji. Di antara kelima danau itu, Danau Kawaguchi adalah yang paling terkenal karena menampilkan warna musim gugur yang menakjubkan.

Yang paling menonjol terletak di Maple Corridor dan 60 pohonnya yang indah, serta “jalan daun musim gugur” sepanjang 1,5 km. Festival Daun Musim Gugur Danau Kawaguchi atau Lake Kawaguchi Autumn Leaf Festival diadakan setiap tahun di bagian utara danau.

Pohon-pohon berwarna-warni di danau ini menyala di malam hari.  Jajaran kios makanan dan suvenir juga menghiasi Danau Kawaguchi yang menawarkan kerajinan lokal dan barang-barang lainnya. Danau Kawaguchi memiliki latar belakang Gunung Fuji yang megah sehingga tempat ini bisa menjadi tempat liburan musim gugur yang mengesankan.

Untuk menikmati keindahan musim gugur di Danau Kawaguchi, waktu terbaiknya adalah dari pertengahan Oktober hingga pertengahan November. Danau ini terletak di Fujikawaguchiko, distrik Minamitsuru, Yamanashi.

Untuk menuju danau Kawaguchi bisa dari Stasiun Tokyo ke Stasiun Otsuki (Jalur Utama Chuo, sekitar 1 jam 16 menit) dan dari Stasiun Otsuki ke Stasiun Kawaguchiko (Jalur Fujikyuko, sekitar 43 menit).

5. Kereta Hakone Tozan

Kereta Hakone Tozan

* sumber: yukwisata.id

Satu-satunya destinasi wisata yang mobile alias berpindah-pindah adalah Kereta Hakone Tozan. Ini adalah pengalaman menikmati musim gugur dengan kereta. Kereta Hakone Tozan melakukan perjalanan penuh dari stasiun pertama ke yang terakhir selama 40 menit. Sambil menikmati perjalanan di kereta, penumpang diberi kesempatan langka untuk melihat perubahan warna daun.

Kereta berjalan zig-zag menaiki gunung, bergerak lambat di tempat-tempat penting yang menarik untuk memberi kesempatan pada penumpang untuk mengambil dedaunan di sekitarnya. Untuk bisa menikmati pengalaman unik melihat dedaunan musim gugur di Jepang dari dalam kereta yang nyaman, Kereta Hakone Tozan adalah pilihan yang terbaik.

Lokasi kereta api Hakone Tozan berada di Perfektur Kanagawa. Kereta ini berangkat dari stasiun Hakone Yumoto dan berakhir di stasiun Gora.

6. Kasuga Taisha

Kasuga Taisha

* sumber: www.japanistry.com

Sebagai kuil paling terkenal di seluruh Nara, mudah dipahami mengapa orang-orang begitu berminat mengunjungi Kasuga Taisha untuk merayakan keindahan musim gugur. Adalah lentera batu dan kemegahan dedaunan musim gugur yang berubah warna yang menuntun pengunjung  datang menuju bagian depan kuil ini.

Kuil ini selalu memiliki koleksi unik berbagai lentera untuk dilihat dan dikagumi oleh para pengunjung. Perpaduan antara dedaunan yang berubah warna dengan terangnya lentera yang menerangi dedaunan membuat pemandangan yang pasti tak boleh dilewatkan.

Kasuga Taisha terletak di 160 Kasuganocho, Nara 630-8212. Untuk menuju kuil ini dapat diakses dari Stasiun Kintetsu Nara (15 menit berjalan kaki).

Itulah enam destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika kamu berkunjung ke Jepang di musim gugur. Destinasi wisata manakah yang paling menarik perhatianmu? Nikmati juga wisata musim semi di negeri sakura dengan mencari referensi tempatnya di artikel tempat wisata di Jepang saat musim semi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *