10 Tempat Wisata di Jepara yang Tak Boleh Terlewat

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 14 April 2020

Jepara adalah sebuah kabupaten kecil yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Mungkin tak banyak yang tahu tentang kabupaten ini. Namun, seorang pahlawan nasional yang menjadi pelopor kebangkitan perempuan, R.A Kartini, lahir di kabupaten ini.

Kabupaten Jepara dekat sekali dengan Pati dan Kudus. Selain itu, posisinya yang sangat dekat dengan laut membuat Jepara terkenal akan wisata lautnya yang indah. Apa saja tempat wisata di Jepara yang akan dibahas di sini? Yuk, baca ulasan selengkapnya di bawah.

1. Kepulauan Karimunjawa

tempat wisata di jepara Kepulauan Karimunjawa

Nama Karimunjawa baru dikenal oleh masyarakat lokal dan mancanegara akhir-akhir ini. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sini untuk melihat keindahan dari Karimunjawa ini. Kepulauan yang terdiri dari 27 pulau ini berada di Laut Jawa.

Karimunjawa sebenarnya adalah sebuah taman nasional tempat di mana cagar alam laut yang dilindungi berada. Keindahan alam bawah laut di Karimunjawa memang tidak kalah dengan Bunaken atau Raja Ampat. Ada Sekitar 90 jenis terumbu karang, 242 ikan hias, dan 133 genera aquatik di bawah laut Karimunjawa ini.

Untuk sampai di Karimunjawa, jarak yang harus ditempuh dari pusat Kabupaten Jepara adalah 83 Km. Jika Anda ingin berwisata ke sini, Anda juga bisa ikut dalam paket perjalanan yang banyak disediakan oleh jasa tour and travel.

2. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Bisa dibilang bahwa Pantai Bandengan ini adalah Pantai Senggigi-nya Jepara. Hamparan pasir putih di pantai ini tidak kalah bersih dengan pantai yang ada di Seminyak – Bali atau Senggigi – Lombok, lho. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, terutama pada saat hari libur.

Jarak Pantai Bandengan sendiri tidak terlalu jauh dari pusat Kabupaten Jepara. Anda cukup menempuh perjalanan sejauh 7 Km saja dari pusat Kabupaten Jepara, maka Anda akan tiba di pantai yang indah ini. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Bandengan antara lain adalah voli pantai, sepeda santai, hingga bersantai menikmati sunset.

3. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk

Sudah menjadi rahasia umum bila tempat wisata di Jepara memang didominasi dengan objek wisata pantai yang cantik. Sekitar 7 KM dari pusat Kota Jepara ada sebuah pantai yang tidak boleh terlewatkan, yakni Pantai Pungkruk.

Daya tarik dari pantai ini adalah banyaknya rumah makan seafood yang berjajar di tepi pantai. Bahkan, rumah makan tersebut mengusung konsep gazebo sehingga Anda bisa menyantap hidangan yang lezat sembari menatap ke laut.

Banyak wisatawan yang berkunjung kemari pada saat sore hari untuk melihat matahari terbenam. Nah, berminat untuk menyantap hidangan laut sembari menikmati sunset? Datang saja ke Pantai Pungkruk.

4. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati

Wah, melihat namanya yang cukup seram mungkin Anda jadi berpikir yang bukan-bukan. Nama pantai ini tidak ada kaitannya dengan dunia mistis, lho. Dinamakan Pantai Ombak Mati karena laut di pantai ini tidak memiliki ombak sama sekali.

Selain itu, suasana di pantai ini terasa lebih tenang karena tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan. Anda bisa bersantai di tepi pantai sembari melihat aktivitas para nelayan yang hendak mencari ikan di tengah laut. Pantai Ombak Mati sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan suasana yang tenang dan damai.

5. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan

Tak ada salahnya Anda berwisata religi ketika berkunjung ke Jepara. Di sini ada sebuah majid yang konon dibangun pada zaman Kesultanan Demak. Adalah Masjid Mantingan yang merupakan masjid dengan sentuhan arsitektur bergaya Tiongkok. Hal ini bisa Anda lihat dari ubin khas Tiongkok serta undak-undakan pada masjid ini. Di samping itu, bubungan atap masjid ini juga bergaya Tiongkok.

Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1559 ini berada sekitar 5 KM di arah selatan pusat Kota Jepara. Jadi, akses menuju ke masjid ini memang tidak jauh dari pusat kota. Sempatkan diri Anda untuk menunaikan ibadah shalat di Masjid Mantingan ketika sedang berada di Jepara.

6. Museum R.A. Kartini

Museum R.A. Kartini

Raden Ajeng Kartini atau yang lebih dikenal dengan R.A. Kartini adalah tokoh nasional kebanggaan masyarakat Jepara. Tak hanya masyarakat Jepara saja, beliau juga dikagumi oleh seluruh rakyat Indonesia hingga saat ini. Berkat beliau, kaum wanita kini memiliki hak dan derajat yang sama dengan kaum pria.

Di sebelah utara alun-alun Kota Jepara terdapat museum yang didirikan dengan nama R.A Kartini. Isi dari museum ini adalah barang-barang peninggalan dan foto-foto masa lalu dari R.A Kartini dan keluarganya. Saat berada di Jepara, tak ada salahnya kan jika berkunjung ke Museum R.A Kartini untuk melihat potret hidup R.A Kartini semasa hidup.

7. Pantai Kartini

Pantai Kartini

Di dekat pendopo Kantor Bupati Jepara terdapat suatu pantai populer yang bernama Pantai Kartini. Setiap orang yang ingin pergi ke Karimunjawa dan Pulau Panjang pasti melewati pantai ini. Pantai dengan luas 3,5 Hektar ini adalah lokasi digelarnya sebuah ritual bernama “Lomban”. Ritual ini biasa digelar seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, di pantai ini juga tersedia berbagai wahana menarik, seperti mandi bola, komedi putar, perahu arus, dan masih banyak lagi. Banyak wisatawan yang datang ke sini menyempatkan diri untuk mandi di Pantai Kartini. Mengapa? Konon air laut di pantai ini bisa menyembuhkan penyakit rematik dan gatal-gatal.

8. Pulau Panjang

Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah pulau yang memiliki luas 19 Hektar. Pulau ini hanya berjarak 2,5 Km saja dari Pantai Kartini. Laut yang ada di sekitar pulau ini dangkal dan memiliki air yang jernih. Jadi, para wisatawan bisa bermain air di tepi laut dengan aman. Di Pulau Panjang, Anda pun bisa melakukan berbagai jenis kegiatan air, seperti snorkeling, berperahu kano, dan berenang.

Overall, pemandangan yang ditawarkan oleh Pulau Panjang ini sangat menarik. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki menyusuri pulau ini saja mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang jernih, pasir putih yang bersih, dan pepohonan hijau yang rindang di sekitar pulau.

9. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur

Karena Jepara sangat dekat dengan laut, maka banyak tempat wisata di Jepara yang berupa pantai indah dan eksotis. Setelah Pantai Bandengan dan Pantai Kartini, kini kami akan mengajak Anda untuk berkunjung ke Pantai Teluk Awur. Pantai yang satu ini mungkin tidak sepopuler kedua pantai lainnya yang ada di Jepara. Akan tetapi, justru itulah daya tarik dari pantai ini.

Tak banyak wisatawan yang datang ke pantai ini membuat Anda merasa seperti berada di private beach. Untuk masuk ke Pantai Teluk Awur, Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun. Di samping itu, Pantai Teluk Awur ini sangat dekat dengan Jepara. Jaraknya hanya sekitar 5 Km saja dari pusat Kabupaten Jepara.

10. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit

Setelah puas mengunjungi tempat wisata di Jepara yang berupa pantai atau pulau, kini saatnya Anda berkunjung ke sebuah objek wisata alam yang berbeda, yakni Air Terjun Songgolangit. Songgolangit adalah bahasa Jawa yang artinya adalah menopang langit. Konon, bila Anda memandang ke atas air terjun dari bawah, maka Anda akan melihat air terjun ini memang nampak sedang menyangga horizon langit.

Air di sungai yang berada di bawah air terjun ini sangat jernih dan membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa ingin mandi di air terjun tersebut. Selain udara yang sejuk, di sekitar Air Terjun Songgolangit ini juga banyak kupu-kupu cantik dengan berbagai warna.

Pantai memang mendominasi tempat wisata di Jepara. Namun, pantai-pantai yang ada di Jepara ini bukan sekedar pantai biasa, lho. Setiap pantai di Jepara memiliki keistimewaannya tersendiri. Dari berbagai objek wisata di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram