10 Tempat Wisata di Jogja yang Selalu Jadi Favorit Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yogyakarta menjadi destinasi wisata paling favorit di Pulau Jawa. Daerah istimewa ini memiliki sejumlah tempat wisata, baik itu tempat wisata budaya, alam, sampai dengan yang ‘ramah’ untuk anak-anak. Di samping itu, akomodasi yang cukup murah di Yogyakarta membuatnya selalu menjadi jujugan wajib bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Jumlah tempat wisata di Jogja sangat banyak, bahkan jumlahnya mencapai ratusan. Jika kamu bingung memilih destinasi wisata saat berada di Jogja, Keluyuran punya rekomendasi tempat wisata yang selalu jadi favorit bagi wisatawan, nih!

1. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

* sumber: id.wikipedia.org

Wisatamu di Jogja tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Jalan Malioboro. Landmark Yogyakarta ini merupakan sebuah jalan yang ditempati oleh para pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai macam barang, mulai dari pakaian, makanan, sampai dengan souvenir. Selain pedagang kaki lima, toko-toko yang ada di jalan ini juga menjual barang yang kurang lebih sama sehingga cocok untuk Anda yang ingin wisata belanja di Jogja.

Suasana khas Jawa begitu kental di Jalan Malioboro. Apalagi di sini masih banyak delman yang nampak berseliweran. Akomodasi di sini juga cukup mudah, karena terdapat banyak hostel dan hotel di sekitarnya. Nah, jika kamu benar-benar berkunjung kemari, jangan lupa untuk berfoto di papan jalan bertuliskan “Jl. Malioboro” yang ada di ujung jalan, ya!

  • Alamat: Jalan Malioboro (dekat Tugu Yogyakarta), Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari 24 jam (untuk toko dan pedagang kaki limanya tidak 24 jam)

2. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

* sumber: paketwisata.id

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang wajib banget untuk dikunjungi, yaitu Keraton Yogyakarta. Komplek tempat tinggal Sri Sultan ini memang dibuka untuk umum. Siapapun boleh berkunjung kemari, termasuk wisatawan asing. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat-lihat lukisan, benda pusaka, sampai dengan alat musik Jawa.

Menariknya, di Keraton Yogyakarta ini terdapat pagelaran seni yang diadakan setiap hari, tepatnya di pukul 09:30. Pagelaran seni ini berupa pertunjukan tari, macapat, wayang kulit, dan masih banyak lagi. Kapan lagi nih kamu bisa melihat pertunjukan seni langsung di area komplek keraton?

  • Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
  • Telepon: (0274) 373721
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 14:00 (Jumat buka hanya sampai pukul 12:00)
  • Harga Tiket: Rp 7.000/orang (Wisatawan Lokal) & Rp 15.000 (Wisatawan Asing)

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan

* sumber: www.infobudaya.net

Candi Prambanan merupakan candi paling terkenal setelah Candi Borobudur. Candi yang dibangun pada abad ke-9 masehi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa di agama Hindu, yaitu Brahma sang dewa pencipta, Wishnu dewa pemelihara, dan Siwa dewa pemusnah. Di komplek Candi Prambanan terdapat sekitar 240 candi.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta ‘wajib’ hukumnya untuk mampir di situs bersejarah warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO ini. Selain menikmati kemegahan candi-candinya, kamu pun akan sangat dimanjakan dengan pemandangan asri di sekitar komplek candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini.

  • Alamat: Jalan Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Telepon: (0274) 496401
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 20.000/orang (Anak usia 3-10 tahun) & Rp 40.000 (Usia 10 tahun ke atas)

4. Kampung Wisata Taman Sari

Kampung Wisata Taman Sari

* sumber: www.starjogja.com

Usai berkunjung ke Keraton Yogyakarta, mampirlah sejenak ke Kampung Wisata Taman Sari yang jaraknya hanya sekitar 1km saja dari keraton. Taman Sari merupakan situs taman dan kebun yang masih berkaitan dengan Keraton Yogyakarta. Arsitektur bangunan di Taman Sari terbilang unik karena memadukan gaya Portugis dan Jawa.

Spot paling menarik di tempat ini adalah kolam pemandian dengan air yang jernih. Kolam ini dulunya digunakan oleh para putri, selir, dan sang raja sendiri. Namun, sebagai wisatawan kamu hanya boleh memotret atau mengagumi keindahan kolamnya saja karena pengunjung dilarang berenang atau mandi di kolam tersebut.

  • Alamat: Wisata Taman Sari Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 08:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang (Wisatawan Lokal), Rp 12.000/orang (Wisatawan Asing), dan Rp 2.000 (Tiket Perizinan Kamera)

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

* sumber: www.tanahnusantara.com

Jogja memang istimewa! Selain menawarkan tempat wisata budaya, Jogja juga memiliki sejumlah pantai. Salah satu pantai paling terkenal di Jogja adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini tidak memiliki pasir seputih pantai-pantai di Bali, tapi tetap saja banyak wisatawan lokal yang tertarik berwisata kemari.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di sini? Kamu bisa berfoto-foto, bermain air di tepi pantai karena ombaknya tidak terlalu besar, bersantai di pasir hitam yang eksotis, sampai dengan berkeliling pantai dengan menyewa bendi. Waktu paling tepat untuk berkunjung kemari adalah saat matahari mulai terbenam karena pemandangannya sangat cantik.

  • Alamat: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta (25km di sebelah selatan Yogyakarta)
  • Telepon: (0274) 368465
  • Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
  • Harga Tiket: Rp 5.000/orang

6. Merapi Park

Merapi Park

* sumber: pesona.travel

Tempat wisata di Kaliurang, Jogja yang berikut ini boleh dibilang merupakan tempat wisata baru. Meskipun baru, Merapi Park sudah berhasil mencuri perhatian wisatawan dari dalam maupun luar Yogyakarta. Tempat ini menawarkan konsep wisata yang menyuguhkan sejumlah landmark terkenal dari berbagai negara, mulai dari Menara Pisa, Kincir Angin, sampai dengan Menara Eiffel.

Merapi Park adalah tempat yang Instagramable banget! Kamu bisa berfoto di hampir setiap spot yang ada di tempat ini. Namun, saran Keluyuran sebaiknya kamu membawa payung jika ingin berkunjung kemari di siang hari karena sinar mataharinya cukup terik.

  • Alamat: Jalan Kaliurang KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Telepon: 0877-0079-9000
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 09:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 15.000/orang (Word Landmark Senin-Jumat), Rp 20.000/orang (World Landmark Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional), dan Rp 10.000/orang (Kids Waterpark)

7. Situs Ratu Boko

Situs Ratu Boko

* sumber: paketwisata.id

Hanya berjarak 3km di sebelah selatan Candi Prambanan, Situs atau Candi Ratu Boko ini merupakan istana termegah pada masanya. Candi ini sendiri dibangun pada abad ke-8. Saat ini, Ratu Boko menjadi salah satu tempat wisata yang paling hits di Yogyakarta karena keindahan pemandangannya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Situs Ratu Boko adalah saat pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit atau sore hari untuk melihat matahari terbenam. Dari tempat ini kamu bisa melihat Candi Prambanan dari ketinggian dengan bonus berupa background Gunung Merapi.

  • Alamat: Jalan Raya Piyungan – Prambanan KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta
  • Telepon: (0274) 496510
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17:00
  • Harga Tiket: Rp 20.000/orang (Anak usia 3-10 tahun) & Rp 40.000 (Usia 10 tahun ke atas)

8. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo

* sumber: www.mediawisata.id

Hutan Pinus Mangunan Dlingo mungkin lebih dikenal dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Ini merupakan salah satu tempat wisata terindah di Yogyakarta. Lahan yang ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi ini nampak sebagai pemandangan alam yang indah.

Rimbunnya pohon pinus menghalangi sinar matahari masuk. Jadi, suasana di dalam hutan pinus ini terasa sejuk dan teduh. Tak hanya piknik atau camping saja, wisatawan yang datang kemari juga pasti mengambil foto di sini. Bahkan, Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini juga sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding.

  • Alamat: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta
  • Telepon: 0897-7316-799
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 06:00 – 17:30
  • Harga Tiket: Rp 3.000/orang

9. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

* sumber: www.outingjogja.com

Bosan dengan padatnya kehidupan di kota besar? Mungkin kamu butuh refreshing sejenak dengan berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo. Kebun teh ini tidak hanya menawarkan pemandangan hamparan kebun teh berwarna hijau yang menyejukkan mata, tapi kamu juga bisa menghirup udara segar bebas polusi di sini.

Hawa sejuk di sekitar kebun teh membuat kita betah berlama-lama di sini. Selain itu, wisatawan yang datang kemari pasti mengabadikan dirinya atau pemandangan di Kebun Teh Nglinggo yang terletak di Kulon Progo ini.

  • Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:00 – 18:00
  • Harga Tiket: Rp 3.000/orang

10. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ASBivQ6S3Ig

Warga Yogyakarta pasti sudah sangat familiar dengan kebun binatang yang satu ini. Ya, Kebun Binatang Gembira Loka adalah satu-satunya kebun binatang di kota pelajar. Kebun binatang ini menempati lahan seluas 20 hektare dengan koleksi satwa yang cukup beragam.

Selain dapat melihat-lihat koleksi satwa yang ada di sini, pengunjung juga bisa melihat atraksi hewan, memberi makan satwa tertentu, sampai dengan bermain di sejumlah wahana permainan yang tersedia di dalam kebun binatang. Tempat ini sangat cocok dikunjungi saat berwisata dengan anak-anak.

  • Alamat: Jalan Kebun Raya No. 2, Yogyakarta
  • Telepon: (0274) 373861
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 07:30 – 17:30
  • Harga Tiket: Rp 25.000/orang (Senin-Jumat) & Rp 35.000 (Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional)

10 tempat wisata di Yogyakarta ini siap untuk kamu kunjungi, lho. Jika kamu ingin menambahkan rekomendasi tempat wisata lainnya yang ada di Yogyakarta, silakan tulis nama tempatnya di kolom komentar yang tersedia di bawah ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *