Keluyuran / Malaysia / 6 Tempat Wisata di Johor Bahru yang Asyik untuk Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Johor Bahru yang Asyik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Selain Kuala Lumpur, Johor Bahru adalah kota lainnya di Malaysia yang laik kamu kunjungi. Ini tak lepas tempat wisatanya yang tak sedikit dan pastinya menarik. Keunggulan lainnya dari kota satu ini adalah letaknya yang berdekatan dengan Singapura. Jadi, kalau kamu lagi di Singapura dan mau ke Johor Bahru, kamu tinggal menempuh perjalanan darat jarak dekat saja.

Kalau kamu pertama kali piknik ke Johor Bahru, sejumlah rekomendasi tempat wisata di artikel ini sangat patut untuk diperhatikan. Siapa tahu rekomendasi kami cocok buatmu nanti. Apa saja rekomendasi itu? Yuk, simak langsung di bawah ini.

1. Thomas Town & Sanrio Hello Kitty Town

Thomas Town & Sanrio Hello Kitty Town

Tempat wisata di Johor Bahru ini merupakan tempat wisata yang menghadirkan karakter Thomas dan Hello Kitty sekaligus. Beragam wahana bernuansa Thomas si Kereta Api dan Hello Kitty bisa kamu jumpai di sini. Mulai dari taman bermain hingga sejumlah games menarik, bisa kamu jajal di sini.

Sebetulnya, Thomas Town dan Sanria Hello Kitty adalah dua tempat wisata yang kebetulan satu alamat. Kamu bisa langsung memasuki kedua tempat wisata tersebut atau salah satunya saja, sesuai dengan keinginanmu.

  • Alamat : Persiaran Puteri Selatan, Puteri Harbour, 79000 Nusajaya, Johor, Malaysia
  • Telepon : +60 3-2203 9668
  • Jam Buka : Rabu sampai Senin, mulai 10.00 hingga 18.00
  • HTM : RM 85 (Sanrio Hello Kitty Town); RM 85 (Thomas Town saja); RM 125 (area Thomas Town + Sanrio Hello Kitty)

2. Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

Kuil Kaca Arulmigu Sri Rajakaliamman

Untuk kamu yang mau wisata budaya dan religi, tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat. Sesuai namanya, kuil ini dibangun dengan bahan dasar kaca yang dominan. Penggunaan kaca pada kuil ini membuat kuil ini dijuluki sebagai kuil paling mengilap di seantero Malaysia.

Selain kuil paling mengilap, kuil Arulmigu juga merupakan kuil tertua di Johor dan Malaysia. Berdiri sejak 1922, kuil ini mulanya hanya sebuah pondok kecil. Seiring waktu, pondok kecil itu pun terus dibangun dan kini telah menjadi kuil megah berbahan kaca.

Ide penggunaan kaca pada kuil ini tak muncul begitu saja. Adapun ide tersebut muncul dari pendeta Sri Sinnathamby Sivasamy (pendiri kuil ini) yang saat itu hendak ke Bangkok. Di tengah perjalanan menuju Bangkok, sosok pendeta itu melihat sebuah kilauan cahaya cermin dari kejauhan.

Sang pendeta pun menemui sumber cahaya cermin itu. Dan, cahaya cermin itu ternyata berasal dari sebuah kuil. Cahaya cermin dari kuil itu pun menjadi ilham bagi pendeta Sri Sinnathamby Sivasmy untuk membuat Kuil Kaca Arulmigu.

Sebagai tempat wisata, kamu bisa mengunjungi kuil ini setiap hari; mulai 13.00 sampai 17.00. Kecuali, jika kuil ini sedang dipakai untuk kegiatan ibadah.

  • Alamat : Jalan Tun Abdul Razak 1/1, Wadi Hana, 80300 Johor Baru, Johor, Malaysia
  • No. Telepon : +60 7-224 5152
  • Jam Buka : Setiap hari, mulai 13.00 hingga 17.00 (kecuali jika ada kegiatan ibadah)

3. Johor Zoo

Johor Zoo

Dari namanya saja pasti kamu tahu, kalau ini adalah kebun binatang dari kota Johor. Kebun binatang tertua di Malaysia ini memiliki 100 lebih spesies hewan, di mana beberapa di antaranya adalah spesies langka.

Beberapa binatang di sini cukup jinak dan bisa berinteraksi. Misalnya, kamu bisa bermain dengan singa di sini sepuas hatimu. Atau, kamu juga bisa menunggangi gajah dan berjalan-jalan di sekitar area kebun binatang.

Bagi kamu yang hobi foto dan swafoto, tempat wisata ini adalah pilihan tepat. Soalnya, ada beberapa spot yahud yang bisa kamu jadikan latar foto atau swafotomu nanti. Tertarik?

  • Alamat : Jalan Gertak Merah, Taman Istana 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia.
  • No. Telepon : +60 7-223 0404.
  • Jam Buka : Setiap hari, mulai 09.00 hingga 18.00.
  • HTM : RM 1 (anak-anak); RM 2 (dewasa).

4. Masjid Sultan Abu Bakar

Masjid Sultan Abu Bakar

Kalau masih mau berwisata religi di Johor, maka Masjid Sultan Abu Bakar adalah rekomendasi terbaik dari kami. Masjid tertua di Johor ini merupakan masjid yang dulunya dibangun oleh Sultan Abu Bakar, Sultan yang mahsyur di Johor.

Masjid ini dibangun saat ibu kota Kesultanan Johor berpindah ke Tanjung Puteri pada 1866. Tanjung Puteri sendiri kelak bakal berganti nama menjadi Johor Bahru seperti yang kita kenal. Sebagai tempat wisata, masjid ini bisa kamu kunjungi setiap hari, kecuali hari Jumat.

Tempat wisata religi ini tak hanya menyajikan keagungan masjidnya saja. Di sini, kamu pun bisa melihat Singapura dengan amat jelas. Ini terjadi lantaran halaman belakang masjid ini amat berdekatan dengan Negeri Seribu Larangan itu.

  • Alamat : Jalan Gertak Merah, Masjid Sultan Abu Bakar, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia
  • No. Telepon : +60 7-223 4935
  • Jam Buka : Sabtu sampai Kamis, mulai 09.00 hingga 16.00
  • HTM : Gratis

5. Pasar Karat

Pasar Karat

Wisata belanja bisa menjadi kegiatan wisata yang pas di Johor Bahru. Untuk melakukannya, kamu bisa datang saja ke Pasar Karat. Tempat yang bernama lain Bazar Karat ini menjual beragam macam barang antik. Beragam kerajinan, aksesoris, dan CD pun bisa kamu beli di sini. Jangan khawatir soal harga, karena rerata harganya relatif terjangkau.

Pasar ini pun juga cocok untuk area wisata kulinermu nanti. Soalnya, pasar ini punya banyak penjaja makanan dan minuman yang lezat rasanya. Kway Teow, Teh Hijau Thailand, dan Ice Cream Batang adalah beberapa di antaranya.

  • Alamat : 26, 20, Jalan Segget, Bandar Johor Bahru, 80000 Johor Bahru, Johor Bahru, Johor, Malaysia
  • Jam Buka : Setiap hari, mulai 18.00 hingga 00.00
  • HTM : Gratis

6. Istana Besar

Istana Besar

Bila Bogor punya Istana Negara, maka Johor punya Istana Besar. Bila Istana Negara di Bogor adalah istana kepresidenan, maka Istana Besar di Johor adalah kediaman bagi kesultanan Johor di Johor Bahru. Istana yang didirikan pendiri Masjid Sultan Abu Bakar ini dibangun dengan paduan arsitektur Anglo dan Melayu.

Selain sebagai kediaman Kesultanan Johor, Istana ini juga punya museum yang bisa kamu kunjungi. Museum Royal Abu Bakar adalah nama museum itu. Di museum itu, kamu bisa melihat beragam artefak dan barang-baang antik peninggalan Kerajaan Johor di masa lalu.

  • Alamat : 107, Jalan Tun Dr Ismail, Taman Istana, 80000 Johor Bahru, Johor, Malaysia
  • No. Telepon : +60 10-960 1817
  • Jam Buka : Sabtu sampai Kamis, mulai 09.00 hingga 17.00
  • HTM : Gratis

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Johor Bahru, untuk kamu yang pertama kali ke salah satu kota besar di Malaysia itu.  Nah, kalau kamu yang sedang berjalan-jalan di Malaysia, sempatkan juga untuk mengunjungi 8 Tempat Wisata di Malaysia yang wajib dikunjungi. Jadi, mau kemana hari ini? Selamat berwisata!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar